Menara SUTET Dekat Hunian, Amankah untuk Ditinggali?

Harga jual sebuah properti dipengaruhi oleh banyak aspek. Salah satu aspek yang dapat berdampak signifikan pada harga properti adalah lokasi di mana properti tersebut dibangun. Properti yang terletak di kawasan yang strategis dan dekat dengan berbagai fasilitas umum cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, terdapat juga faktor-faktor yang dapat menyebabkan harga properti menurun, dan salah satunya adalah adanya Sistem Transmisi Tenaga Listrik (SUTET).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Properti dan Dampak SUTET: Perlu Diketahui

SUTET adalah salah satu faktor yang dapat berkontribusi pada penurunan harga properti. Kehadiran SUTET seringkali dihubungkan dengan potensi dampak negatif pada kesehatan manusia. Banyak pandangan yang mengklaim bahwa SUTET menghasilkan radiasi yang berisiko menyebabkan penyakit. Untuk memahami secara lebih lengkap, lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai agar Anda mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai fakta seputar tinggal di dekat kawasan SUTET.

  1. Risiko dan Dampak SUTET
  2. Mengenal Sistem Transmisi Tenaga Listrik (SUTET)
  3. Perbedaan Antara SUTT dan SUTET
  4. Tegangan Kabel pada SUTET
  5. Langkah Meminimalisir Dampak SUTET

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga properti serta dampak dari adanya SUTET, Anda akan lebih mampu membuat keputusan yang bijak terkait pembelian dan investasi properti. Mencari informasi yang akurat dan menyeluruh tentang efek SUTET adalah langkah yang penting untuk mengambil langkah terbaik bagi masa depan hunian Anda.

Bahaya dan Dampak SUTET

Menara SUTET Dekat Hunian, Amankah untuk Ditinggali?

Manfaat dan Dampak SUTET: Perlunya Pemahaman Lebih Mendalam

Sistem Transmisi Tenaga Listrik (SUTET) merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan akses listrik merata ke seluruh wilayah, termasuk daerah terpencil. Namun, di balik manfaatnya, struktur tiang penyalur tegangan listrik ini juga menghasilkan radiasi yang dianggap berdampak pada kesehatan manusia. Pertanyaannya, apa sebenarnya bahaya dan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh SUTET?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Dr. Gerald Draper bekerjasama dengan Childhood Cancer Research Group, ditemukan bahwa anak-anak yang tinggal dalam radius 200 meter dari jalur listrik tegangan tinggi memiliki risiko 70% lebih tinggi untuk menderita leukemia dibandingkan dengan yang tinggal lebih dari 600 meter jauhnya. Riset ini mengungkapkan bahwa medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh SUTET berpotensi membawa risiko kesehatan, terutama bagi anak-anak.

BACA JUGA :  22 Macam-macam Warna Hijau, Kode Warna, dan Keterangan Warnanya

Mengacu pada penelitian Dr. dr. Anies, M.Kes. PKK, medan elektromagnetik dari SUTET 500 kV bisa memicu gejala sensitivitas elektrik yang disebut “electrical sensitivity”. Gejala ini meliputi rasa tidak nyaman, sakit kepala, hingga kelelahan kronis. Beberapa individu dengan sensitivitas elektrik mungkin merasakan berdenging di telinga, akibat gelombang suara frekuensi tinggi yang dihasilkan SUTET. Meskipun tak terdengar, gelombang ini mampu menciptakan sensasi berdenging yang tidak nyaman.

Radiasi SUTET juga berpotensi mengganggu produksi hormon melatonin yang mengatur pola tidur. Gangguan hormon ini berdampak pada kualitas tidur dan berpotensi menyebabkan gangguan tidur. Ketidakcukupan tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh dan produktivitas. Untuk meningkatkan kualitas tidur, memilih hunian di lingkungan yang tenang dan nyaman menjadi pilihan bijak.

Melalui pemahaman yang lebih dalam mengenai manfaat dan dampak SUTET, Anda dapat mengambil tindakan bijak dalam mempertimbangkan lingkungan hunian serta menjaga kesehatan dan kenyamanan hidup Anda dan keluarga.

Pengertian SUTET

SUTET: Memahami Struktur dan Regulasi yang Mengelilinginya

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi, atau lebih dikenal sebagai SUTET, menjadi pondasi penting dalam transmisi dan distribusi daya listrik jarak jauh. SUTET membawa tenaga listrik ke tempat yang terpencil melalui saluran yang terdiri dari satu atau lebih konduktor, yang dipasang pada menara atau tiang.

Menara yang menjulang untuk mendukung jalur SUTET umumnya terbuat dari baja yang kokoh dan tahan lama. Ada pula menara yang digunakan pada saluran listrik rendah yang terbuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, reinforced plastics, dan beton.

Meski kontroversial, Indonesia telah mengambil keputusan terkait hunian yang berada di sekitar SUTET. Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 8 Tahun 2015, terdapat peraturan mengenai jarak yang harus dijaga saat membangun rumah dekat tiang transmisi listrik tegangan tinggi.

Pertanyaannya, bolehkah mendirikan rumah di dekat SUTET? Jawabannya adalah iya, namun dengan beberapa persyaratan. Pemerintah menetapkan radius steril yang harus dijaga di sekitar SUTET. Dalam radius steril tersebut, tidak diperbolehkan adanya pembangunan. Pelanggaran akan dianggap ilegal dan dapat berujung pada pembongkaran bangunan.

Sesuai aturan Kementerian ESDM, rumah yang berada dekat SUTET dengan tegangan 275-500 kV harus menjaga jarak vertikal minimal 9 meter. Seiring dengan peningkatan tegangan, jarak antara rumah dan tiang juga harus diperbesar untuk menjaga keselamatan.

BACA JUGA :  Contoh Rumus Cara Menghitung Bunga KPR dengan Mudah

Melalui pemahaman yang lebih dalam tentang struktur SUTET dan regulasi yang mengelilinginya, Anda dapat mengambil keputusan yang bijak dalam membangun hunian dan menjaga keselamatan serta kenyamanan lingkungan hidup.

Tips Lapakfjbku.com

Agar terhindar dari sengatan listrik statis, langkah sederhana yang bisa Anda lakukan adalah selalu menggunakan alas kaki yang terbuat dari bahan karet. Dengan langkah ini, Anda dapat meminimalkan risiko sengatan listrik statis yang mungkin terjadi.

Perbedaan SUTT dan SUTET

SUTET memiliki jenis yang berbeda-beda.

Perbedaan Antara SUTT dan SUTET dalam Mengalirkan Tenaga Listrik

Meskipun keduanya bertujuan untuk mengalirkan tenaga listrik bertekanan tinggi, Sistem Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) memiliki perbedaan yang signifikan. SUTT dan SUTET adalah dua hal yang berbeda dalam dunia ketenagalistrikan.

SUTT, singkatan dari Saluran Udara Tekanan Tinggi, merupakan sistem saluran tenaga listrik yang menggunakan kawat telanjang atau bare conductor di udara. SUTT digunakan untuk mengalirkan tenaga listrik dengan tegangan di atas 35 kV hingga 245 kV, sesuai standar ketenagalistrikan. Fungsi utama SUTT adalah mengalirkan listrik hingga kapasitas 1000 A, menghubungkan pembangkit listrik ke Gardu Induk, serta untuk transmisi jarak menengah antara kota-kota dengan jarak puluhan kilometer. Keuntungan penggunaan SUTT adalah efisiensi biaya transmisi yang lebih ekonomis dibandingkan dengan saluran tegangan rendah.

Di sisi lain, SUTET atau Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi, digunakan untuk mengalirkan listrik dengan tegangan tinggi mulai dari 275 kV hingga 500 kV. SUTET menggunakan kabel konduktor yang terbuat dari aluminium murni yang diperkuat dengan baja. Struktur tiang SUTET lebih besar dibandingkan SUTT, sehingga konstruksinya memerlukan pondasi yang kuat untuk mengatasi potensi goyangan akibat tanah yang tidak stabil.

SUTET dirancang untuk mengalirkan listrik dalam jarak yang lebih jauh, seringkali ratusan kilometer. Dengan adanya SUTET, pemerintah dapat dengan lebih mudah mendistribusikan tenaga listrik dari Gardu Induk ke daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau. Dengan demikian, tercipta pemerataan pasokan listrik dan masyarakat di wilayah tersebut dapat memperoleh pasokan listrik untuk kebutuhan rumah tangga mereka.

Tegangan Kabel Sistem Transmisi Tenaga Listrik

Menara SUTET Dekat Hunian, Amankah untuk Ditinggali?

Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) memiliki kemampuan untuk menghantarkan daya listrik dengan tegangan mulai dari 200 kV hingga 500 kV. Fokus utamanya adalah mencegah terjadinya penurunan tegangan yang signifikan dan mengoptimalkan penampang kawat untuk efisiensi operasional yang tinggi.

BACA JUGA :  Tips, Jenis, Cara Jitu Mendapatkan Lead Dalam Bisnis

Seperti telah disebutkan sebelumnya, untuk mentransmisikan daya listrik yang besar, konstruksi kabel SUTET harus menggunakan bahan yang dapat menahan suhu tinggi dan mengurangi dampak penurunan daya saat proses transmisi. Kabel ini umumnya terbuat dari aluminium murni yang diperkuat dengan baja untuk ketahanan terhadap cuaca buruk atau gangguan eksternal.

Penting untuk diingat bahwa jika suatu kabel SUTET melebihi kapasitasnya dan melampaui spesifikasi, dapat menyebabkan fenomena yang disebut sebagai “power sag“. Fenomena ini dapat mengakibatkan padamnya pasokan listrik di suatu daerah akibat penurunan tegangan yang signifikan. Kejadian ini seringkali terjadi saat penggunaan listrik sangat tinggi di satu wilayah, sehingga daerah lain mengalami penurunan pasokan daya listrik.

Meminimalisir Dampak Ketika Tinggal Di Dekat Sistem Transmisi Tenaga Listrik

Tidak hanya paparan radiasi SUTET yang menjadi penyebab risiko kanker dan penyakit lainnya. Faktor genetik, gaya hidup, dan pola makan yang kurang sehat juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit. Bagi mereka yang tinggal di dekat tiang SUTET, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meminimalisir dampaknya.

  • Disarankan untuk tetap berada di dalam rumah, terutama pada rentang waktu antara jam 17.00 hingga 22.00. Pada periode tersebut, arus listrik dari SUTET mencapai puncaknya.
  • Pastikan untuk tidak masuk ke area yang telah dipagari di sekitar SUTET untuk menghindari radiasi tinggi dan mencegah risiko sengatan arus listrik.
  • Hindari berolahraga di dekat kawasan Sistem Transmisi Tenaga Listrik. Sebelum membeli atau membangun rumah, periksa terlebih dahulu aturan jarak aman yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Berhati-hatilah saat menyentuh benda yang memiliki sifat konduktif. Radiasi SUTET dapat menyebabkan benda tersebut menjadi bermuatan statis yang berisiko menyengat tubuh.

Inilah beberapa fakta penting tentang menara SUTET yang perlu diketahui. Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna, terutama bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang keberadaan menara Sistem Transmisi Tenaga Listrik di dekat lingkungan mereka. Jika Anda mengalami gejala atau keluhan tertentu, segera konsultasikan dengan dokter untuk tindakan lebih lanjut.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com