Jenis-Jenis Pipa PVC Yang Perlu Anda Ketahui

Banyak jenis Pipa PVC (polyvinyl chloride) yang saat ini banyak dipakai sebagai pengganti pipa besi.

Memang dari sisi kekuatan, pipa besi lebih kuat, namun pipa PVC memiliki kelebihan lain.

Dibanding pipa besi, pipa PVC lebih ringan, ekonomis, lentur, tidak berkarat, tahan asam alkali, non-konduktor, dan instalasi mudah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat memilih pipa untuk rumah Anda:

Jenis Pipa PVC

Pipa PVC (Poly Vinyl Chloride) adalah salah satu jenis pipa yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi dan perumahan.

Dikenal karena keandalannya dan beragam keunggulan, pipa PVC memiliki beberapa jenis yang perlu Anda ketahui sebelum memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Pipa PVC Standar JIS

Pipa PVC Standar JIS adalah jenis pipa PVC yang memenuhi standar JIS (Japanese Industrial Standards) serta SNI (Standar Nasional Indonesia).

Standar ini menjamin kualitas dan keamanan pipa PVC dalam penggunaan di berbagai proyek konstruksi.

Pipa PVC Standar JIS umumnya digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk sistem saluran air bersih, saluran air limbah, serta instalasi pipa untuk kebutuhan industri.

2. Pipa PVC Standar Nasional Indonesia (SNI)

Pipa PVC Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah pipa PVC yang telah disertifikasi sesuai dengan standar nasional yang berlaku di Indonesia.

Sertifikasi ini menjamin bahwa pipa PVC tersebut memenuhi persyaratan teknis dan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

BACA JUGA :  Perilaku Konsumen Cerdas, Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Pipa PVC SNI umumnya digunakan dalam berbagai proyek konstruksi dan instalasi pipa di seluruh Indonesia.

3. Pipa PVC AW

Pipa PVC AW adalah jenis pipa PVC dengan ketebalan yang paling tebal. Pipa ini dirancang untuk menahan tekanan yang tinggi, hingga mencapai 10 kg/cm2.

Sebagai hasilnya, pipa PVC AW cocok digunakan untuk saluran air yang memiliki tekanan tinggi, seperti sistem distribusi air minum di perkotaan atau instalasi pipa industri yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan yang tinggi.

4. Pipa PVC D

Pipa PVC D adalah jenis pipa PVC yang memiliki ketebalan yang lebih rendah dibandingkan dengan pipa PVC AW.

Pipa ini cocok digunakan untuk saluran air yang memiliki tekanan rendah, seperti sistem saluran air limbah domestik, sistem drainase, atau instalasi pipa untuk kebutuhan pertanian dan perkebunan.

Meskipun memiliki ketebalan yang lebih rendah, pipa PVC D tetap memiliki kekuatan dan ketahanan yang memadai untuk digunakan dalam berbagai aplikasi.

Tipe Pipa

Jenis-Jenis Pipa PVC Yang Perlu Anda Ketahui

Ada tiga tipe pipa yang beredar di pasaran, yakni tipe AW, D, dan C.

Pipa tipe AW merupakan pipa paling tebal yang mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm2.

Pipa jenis ini baik untuk saluran air minum, terutama bagian penghisapan hingga saluran air ke keran.

Pipa tipe D merupakan pipa dengan ketebalan sedang yang mampu menahan tekanan hingga 5 kg/cm2.

Pipa jenis ini cocok untuk saluran pembuangan dan limbah.

Pipa tipe C merupakan pipa paling tipis. Pipa jenis ini kurang baik untuk saluran air dan sering dipakai sebatas untuk pelindung, seperti pelindung kabel listrik.

Ukuran Pipa

Untuk ukuran, pipa PVC biasanya beredar di pasaran memiliki panjang 4 meter dengan diameter 5/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, dan 6 inci.

BACA JUGA :  Gambar, Fasilitas dan Aktivitas Masjid Agung Sunda Kelapa

Bentuk Pipa

Pipa PVC memiliki beberapa bentuk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni pipa polos, MOF, fitting, dan talang.

Pipa polos memiliki diameter yang sama. Untung menyambung dua pipa polos memerlukan pipa penyambung (increaser).

Pipa MOF memiliki ujung berdiameter lebih besar, sehingga untuk menyambung dua pipa tidak memerlukan increaser.

Pipa fitting digunakan untuk menyambung dua hingga empat pipa. Pipa jenis ini memiliki beragam bentuk, mulai increaser, bentuk T, L, dan lain-lain.

Pipa talang memiliki bentuk penampang seperti huruf U. Pipa ini biasa dipasang di ujung jurai atap rumah(di bagian lisplang) untuk mengalirkan air hujan.

Manfaat Pipa PVC

Selain memiliki berbagai jenis, pipa PVC juga memiliki beberapa manfaat yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi konstruksi dan perumahan:

Tahan Terhadap Bakteri

Salah satu keunggulan utama pipa PVC adalah kemampuannya untuk tahan terhadap pertumbuhan bakteri.

Hal ini membuat pipa PVC menjadi pilihan yang ideal untuk sistem saluran air bersih di rumah, perkantoran, atau fasilitas umum lainnya.

Dengan sifatnya yang tahan terhadap bakteri, pipa PVC membantu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Tahan Terhadap Korosi

Pipa PVC memiliki sifat tahan terhadap korosi atau karat, bahkan dalam kondisi lingkungan yang basah dan lembab.

Hal ini membuat pipa PVC sangat cocok digunakan dalam sistem saluran air yang terpapar air secara terus menerus atau lingkungan yang rentan terhadap korosi, seperti saluran air limbah atau sistem drainase di daerah tropis.

Harga yang Kompetitif

Salah satu keuntungan besar dari penggunaan pipa PVC adalah harganya yang kompetitif dibandingkan dengan jenis pipa lainnya.

Pipa PVC umumnya lebih terjangkau dalam hal harga pembelian dan instalasi, sehingga membuatnya menjadi pilihan ekonomis untuk berbagai proyek konstruksi dan perumahan.

BACA JUGA :  10 Universitas di Bali dari Universitas Negeri Hingga Swasta Terbaik

Kesimpulan

Dengan mengenal jenis-jenis pipa PVC yang ada serta manfaat-manfaat yang ditawarkannya, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih pipa PVC yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah jenis pipa PVC yang cocok untuk aplikasi dan kondisi lingkungan tempat pipa akan dipasang, serta pastikan untuk memperhatikan standar kualitas yang berlaku.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan kelancaran dan keberhasilan proyek konstruksi atau instalasi pipa Anda.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com