Terbongkar Sudah! Ini Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

By | October 9, 2018

Lapakfjbku.com – Sudah menjadi rahasia umum kalau Jepang adalah sebuah negara yang begitu maju. Teknologi tinggi banyak dimiliki oleh negara ini. Perekonomian mereka juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tentu saja semua itu tidak luput dari pendidikan yang diajarkan di negara tersebut.

Nah, kira kira seperti inilah resep rahasia pendidikan anak ala masyarakat Jepang. Sehingga negara ini bisa menjadi begitu maju, tetapi kebudayaan mereka juga tetap terjaga dan lestari.

Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

Terbongkar Sudah! Ini Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

Terbongkar Sudah! Ini Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

1. Katei Houmon

Guru berkunjung ke rumah siswa satu per satu, untuk mengetahui keseharian siswa. Tujuannya adalah agar mudah memahami perilaku siswa dan menjalin keakraban dengan setiap murid dan orang tua. Kalau kalian pernah nonton film Doraemon, mungkin kalian sering lihat kalau pak guru sering datang ke rumah Nobita. Bener nggak?

2. Anak Diajarkan Rapi Dan Mandiri

Anak dibiasakan mengeluarkan sendiri seluruh isi tas, dan meletakkanya di tempat yang telah disediakan seperti tas, sepatu, buku, cangkir dan sikat gigi juga peralatan lainnya.

3. Anak Diajarkan Untuk Saling Menyapa

Pada pagi hari, akan banyak ditemukan suasana yang akrab dan hangat di sekolah. Itu karena anak-anak begitu ramai saling menyapa dan mengucapkan salam antara dengan satu dan lainya. Dengan begitu, sekolah seperti bukan hal yang membosankan lagi deh.

Terbongkar Sudah! Ini Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

Mereka diajarkan mandiri sejak kecil

4. Anak Diajarkan Untuk Disiplin Dan Mandiri

Misalnya, seperti ketika di toilet, mereka dijarkan untuk menggunakan air seperlunya, membersihkan dengan benar setelah menggunakannya, juga mematikan lampu setelah memakai toilet. Itu mungkin terlihat sederhana, tetapi sebenarnya ini adalah pelajaran tentang kedisiplinan yang sangat berharga.

5. Doutaku Atau Pendidikan Moralitas

Aspek penting dari Doutaku ini yaitu, pelajaran menghargai diri sendiri, menghargai orang lain, menghargai lingkungan dan keindahan, juga menghargai kelompok dan komunitas. Dengan begitu, mereka akan bisa hidup berdampingan tanpa ada konflik nantinya.

6. Seikatsu Atau Ilmu Kehidupan

Pelajaran ilmu kehidupan ini bertujuan untuk melatih anak mandiri, juga terampil dalam kehidupannya nanti. 4 target dari Seikatsu ini adalah dengan belahar mengenal dirinya, belajar berhubungan dengan orang lain di masyarakat, belajar berhubngan baik dengan alam, juga belajar berpikir dan mengekspresikan diri lewat lisan dan tulisan.

7. Ongaku Atau Musik

Unik memang, tetapi musik ini termasuk salah satu pelajaran pokok di Jepang. Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak. Biasanya, pelajaran musik di sekolah Jepang akan diberikan 2-3 kali dalam seminggu.

Terbongkar Sudah! Ini Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

Musik buat mereka nggak kalah penting artinya dalam belajar

8. Kateika Atau Kerumahtanggaan

Kateika ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan partisipasi anak-anak di dalam kehidupan keluarga. Contohnya, si anak harus menghargai ibunya, membantu pekerjaan rumah tangga, atau bahkan hingga memasak dengan keluarga.

9. Shakai Atau Ilmu Pengetahuan Sosial

Shakai ini biasanya adalah mempelajari tentang teknologi, bencana alam dan tindakan mengantisipasinya, geografi dunia hingga hubungan Jepang dengan negara lainya. Biasanya, buku Shakai ini sedikit teks, tetapi penuh gambar yang berwarna-warni.

10. Sansu Atau Matematika

Mungkin kadang pelajaran Matematika ini dianggap membosankan buat anak-anak. Namun, di Jepang mereka belajar matematika seperti penjumlahan, pengurangan dan pembagian dengan carai unik dan menarik. Yaitu dengan menggunakan kartu hitung Keisan Kado.

Terbongkar Sudah! Ini Rahasia Pendidikan Anak Ala Masyarakat Jepang

Anak-anak sekolah di Jepang

Kira-kira, rahasia pendidikan di Jepang ini bisa diterapkan di Indonesia nggak ya? Menurut kalian bagaimana? Jangan lupa juga untuk melihat video dibawah ini ya! Video yang menceritakan bagaimana sih, sebenarnya kegiatan sekolah di Jepang setiap harinya.

Video Kegiatan Sehari-Hari Sekolah Di Jepang

Comments

comments