12 Tren Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk, Terasa Teduh Di 2024

Memilih warna cat eksterior rumah sangat penting dalam menentukan kesan keseluruhan bangunan. Selain sedap dipandang, memilih warna cat luar rumah yang sejuk dapat membuat hunian terasa lebih nyaman dan membawa aura yang positif bagi Anda maupun orang di sekitar.

Karena itu, jangan sembarangan memilih warna cat untuk dinding luar rumah ya! Jika saat ini Anda yang sedang mencari inspirasi warna fasad rumah, yuk simak artikel berikut ini untuk mendapatkan referensinya seperti berikut:

1. Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk Putih

Putih sangat mudah di mix and match bersama warna atau elemen lain. (Foto: Pexels - Live on Shot)

Putih jadi rekomendasi utama untuk warna cat luar rumah yang sejuk. Selain memberi tampilan yang bersih, putih sangat mudah di mix and match bersama warna atau elemen lain seperti kayu dan batu alam.

2. Warna Abu-Abu

Anda bisa berkreasi dengan menggabungkan beberapa gradasi warna cat luar rumah abu abu. (Foto: Home Decor Bliss)
Meskipun termasuk dalam warna gelap, memilih warna abu-abu untuk fasad tetap bisa membuat hunian terasa sejuk lho. Kuncinya terletak pada pemilihan tone warna abu-abu muda. Anda bisa berkreasi dengan menggabungkan beberapa gradasi warna abu.

Sempurnakan dengan memilih lis kayu warna hitam agar bagian tembok rumah lebih stand out.

Warna cat rumah abu-abu, terutama abu muda, banyak dipilih karena memberikan kesan minimalis dan bersih. Cocok untuk warna cat interior atau eksterior hunian modern.

3. Warna Beige

Anda bisa bermain tekstur dan motif dengan menggabungkan warna beige bersama batu alam. (Foto: Wallpaperflare.com)

Selain putih, beige atau krem sering jadi pilihan favorit untuk warna eksterior rumah. Dengan warna beige, hunian terlihat bersih namun tidak terlalu polos dan monoton.

BACA JUGA :  14 Ide Bingkai Foto Unik Mudah dan Gampang Bikin Sendiri

Untuk tampilan yang lebih elegan, Anda bisa bermain tekstur dan motif dengan menggabungkan warna beige bersama batu alam seperti gamping yang diletakkan di bagian bawah tembok atau pilar.

4. Warna Sage Green

Lengkapi penampilan hunian Anda dengan memilih warna cat luar rumah coklat kayu pada kusen pintu dan jendela.(Foto: Home Decor Bliss)

Agar terlihat menyatu dengan alam sekitar, warna sage green mampu membuat fasad rumah terlihat sejuk.

Jika ingin terlihat lebih klasik dan mewah, padukan warna sage green dengan batu alam.

Lengkapi penampilan hunian Anda dengan memilih warna coklat kayu pada kusen pintu dan jendela.

5. Warna Sky Blue

Dipadukan dengan warna kusen putih dan tanaman hijau di sekitarnya, dijamin hunian Anda akan terlihat teduh. (Foto: Houzz.com)

Tampilan eksterior rumah yang sejuk bisa diwujudkan dengan mengaplikasikan warna sky blue. Dipadukan dengan warna kusen putih dan tanaman hijau di sekitarnya, dijamin hunian Anda akan terlihat teduh dan nyaman. Jika ingin terlihat lebih mewah, Anda bisa tone down sedikit dengan memilih warna biru yang lebih gelap.

6. Warna Kuning Muda

Kombinasikan bersama atap dan kusen berwarna hitam untuk menetralisir warna kuning agar tidak terlalu mencolok. (Foto: Silive.com)

Ingin memberi tampilan anti mainstream pada bagian luar rumah? Cobalah warna kuning! Agar tidak terlihat norak, Anda bisa memilih jenis warna buttery yellow atau marigold. Kombinasikan bersama atap dan kusen berwarna hitam untuk menetralisir warna kuning agar tidak terlalu mencolok.

Warna cat luar rumah yang sejuk banyak disukai dan jadi pilihan orang karena warna yang sejuk mampu membuat nuansa rumah menjadi lebih hidup dan bikin betah tinggal di dalamnya.

7. Warna Tosca

Warnanya yang cerah bak air laut mampu membuat bagian depan rumah lebih sejuk dan memberi kesan playful. (Foto: Fivestargulfrental.com)

Siapa bilang warna tosca hanya bisa digunakan untuk interior? Warnanya yang cerah bak air laut mampu membuat bagian depan rumah lebih sejuk dan memberi kesan playful.

Namun ingat, jangan padu padankan tosca dengan sembarang warna agar tidak terlihat berantakan. Pilih saja warna netral seperti putih untuk bagian kusen dan plafon.

BACA JUGA :  Cari Rumah Subsidi Bekasi Terbaru? Cek 10 Pilihannya

8. Warna Pink

Padukan warna cat luar rumah pink bersama pintu kayu dan hias kedua sisinya dengan tanaman hijau yang memikat mata. (Foto: Unsplash - Patrick Tomasso)

Warna pink memang masih jarang dipilih sebagai cat bagian luar karena dianggap terlalu feminin dan mencolok.

Jangan khawatir, rahasianya pilih saja warna pink muda atau pink pucat. Kedua tone tersebut dapat menjadi warna cat luar rumah yang sejuk dan memberikan kesan manis pada bangunan.

Padukan bersama pintu kayu dan hias kedua sisinya dengan tanaman hijau yang memikat mata.

9. Warna Terakota

Gabungkan dengan atap bata merah, elemen kayu pada pintu serta kusen putih, warna terakota memberikan kesan hangat. (Foto: Archdaily.com)

Warna terakota dapat membuat hunian terasa bagaikan rumah ala mediterania di pinggir pantai. Gabungkan dengan atap bata merah, elemen kayu pada pintu serta kusen putih, warna terakota memberikan kesan hangat dan mewah.

Selain itu, warna cat luar rumah ini akan membuat hunian terlihat klasik yang mengingatkan siapapun pada rumah nenek yang nyaman.

10. Warna Pale Purple

Bisa gunakan warna putih pada kusen serta abu-abu atau biru gelap di bagian atap. (Foto: Bhg.com)

Sama seperti warna pink, warna ungu sering dihindari untuk cat eksterior karena dinilai norak. Padahal, dengan memilih jenis warna ungu pucat atau tone blueberry, bangunan akan terlihat elegan dan klasik lho.

Anda juga tidak akan kesulitan mencari warna pelengkapnya. Bisa gunakan warna putih pada kusen serta abu-abu atau biru gelap di bagian atap. Voila! Hunian Anda kini terlihat makin keren dan unik.

11. Warna Taupe

Warna taupe sebenarnya merupakan gabungan dari warna abu-abu dan coklat yang menghasilkan kesan kalem dan sejuk. (Foto: Behr.com)

Jenis warna ini mungkin kurang familiar. Namun warna taupe sebenarnya merupakan gabungan dari warna abu-abu dan coklat yang menghasilkan kesan kalem dan sejuk jika digunakan untuk eksterior rumah. Tidak hanya itu, jika dikombinasikan bersama batu alam berwarna putih, hunian akan tampak sangat modern dan minimalis.

Tips Lapakfjbku.com

Pilih tone warna lebih muda atau mengarah ke pucat untuk warna vibrant jika tak ingin hunian terlihat terlalu mencolok.

12. Warna Burgundy

Warnanya yang solid membuat hunian terlihat kokoh dan sejuk dengan pohon-pohon rindang di sekitarnya. (Foto: Archived.curbed.com)

Mewah! Itulah kesan yang akan didapatkan jika memilih warna burgundy untuk bagian luar rumah. Warnanya yang solid membuat hunian terlihat kokoh dan sejuk dengan pohon-pohon rindang di sekitarnya.

BACA JUGA :  22 Macam-macam Warna Hijau, Kode Warna, dan Keterangan Warnanya

Jika belum percaya diri untuk mewarnai seluruh dinding dengan burgundy, Anda bisa memulainya dari warna pintu serta kusen jendela. Sisanya, pilih warna putih atau beige agar bangunan terlihat lebih bersinar.

Tips Bikin Bagian Luar Rumah Terasa Sejuk

Selain memilih warna cat luar rumah yang sejuk, ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar hunian makin asri:

  1. Gunakan jendela dengan bukaan besar agar sirkulasi udara makin lancar dan besar. Jendela besar juga memudahkan sinar matahari masuk sehingga pencahayaan alami jadi maksimal
  2. Gunakan dinding roster pada salah satu bagian sebagai alternatif pengganti ventilasi udara
  3. Hindari penggunaan material sintetis seperti kulit pada kursi teras karena terasa lebih gerah ketika diduduki
  4. Sisakan sedikit lahan di bagian depan rumah untuk menanam beberapa pohon dan tumbuhan agar hunian lebih rindang dan sejuk.

Demikian beberapa inspirasi ruangan yang dapat Anda hias dengan tema monokrom. Dalam mendekor rumah, jangan takut untuk bereksperimen dan carilah banyak referensi yang membantu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda ya!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com