Ternyata Barang-Barang Ini Memiliki Banyak Kegunaan!

Anda mungkin tidak menyadari bahwa barang-barang yang terdapat di rumah ternyata memiliki beragam kegunaan selain fungsi utamanya. Ya, sebut saja seperti pasta gigi yang ternyata tidak hanya berguna untuk membersihkan gigi tapi juga membersihkan noda krayon.

Dan bukan hanya pasta gigi, benda-benda lain yang ada di rumah ternyata juga punya beragam kegunaan. Untuk itu, kenali setiap benda yang ada di sudut rumah dan pahami apa saja kegunaannya berikut ini.

1. Pasta Gigi: Lebih dari Sekadar Pembersih Gigi

Pasta gigi adalah salah satu benda yang paling umum ditemukan di rumah, dan kita biasanya hanya mengenalnya sebagai pembersih gigi yang efektif. Namun, tahukah Anda bahwa pasta gigi memiliki beragam kegunaan lain yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya?

  1. Menghilangkan Noda Krayon

    Salah satu kegunaan pasta gigi yang kurang diketahui adalah untuk menghilangkan noda krayon dari dinding. Krayon seringkali menjadi alat gambar favorit anak-anak, tetapi terkadang mereka bisa ‘berkreasi’ di dinding rumah. Untuk membersihkannya, keluarkan sedikit pasta gigi (pastikan pasta giginya dalam bentuk pasta biasa, bukan gel) dan oleskan di area yang terkena noda krayon. Gosok perlahan dengan kain lap yang lembut, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih. Pasta gigi akan membantu menghilangkan noda krayon tanpa merusak cat dinding.

  2. Menghilangkan Bau Tak Sedap di Tangan

    Setelah memasak dengan bawang atau bahan-bahan lain yang berbau kuat, seringkali bau tak sedap tersebut menempel di tangan kita. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencuci tangan dengan pasta gigi. Pasta gigi memiliki sifat pemutih yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Gosokkan pasta gigi di tangan Anda seperti mencuci tangan biasa, kemudian bilas dengan air bersih. Anda akan merasakan perbedaan yang signifikan dalam menghilangkan bau tidak sedap.

  3. Memutihkan Sepatu Olahraga

    Sepatu olahraga putih adalah pilihan yang populer, tetapi seringkali mereka rentan terhadap kotoran dan noda. Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkan sepatu olahraga putih Anda. Caranya cukup sederhana, oleskan sedikit pasta gigi pada sikat gigi bekas dan gosokkan secara lembut ke permukaan sepatu. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Pasta gigi akan membantu memutihkan dan membersihkan sepatu olahraga Anda sehingga terlihat seperti baru.

  4. Membersihkan Kacamata Renang

    Jika Anda memiliki kacamata renang, Anda mungkin pernah mengalami masalah dengan embun atau uap yang terbentuk di dalam kacamata tersebut. Uap tersebut seringkali dapat mengganggu penglihatan Anda saat berenang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan kacamata renang dengan menggunakan pasta gigi. Caranya, oleskan sedikit pasta gigi di bagian dalam kacamata, lalu gosok secara merata. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Pasta gigi akan membantu menghilangkan embun dan membuat kacamata renang Anda tetap bersih dan berkilau.

2. Selotip: Lebih dari Sekadar Perekat

Selotip adalah salah satu benda yang seringkali kita gunakan sebagai perekat dalam berbagai situasi. Namun, selotip memiliki kegunaan yang lebih beragam daripada yang mungkin Anda kira.

  1. Melindungi Dinding

    Ketika Anda hendak memasang paku di dinding, seringkali cat dinding di sekitarnya bisa tergores atau retak. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menggunakan selotip. Ambil sedikit selotip dan tempelkan di dinding di area yang akan Anda pasangi paku. Selotip akan melindungi cat dinding sehingga tidak rusak ketika Anda memasang paku dengan palu.

  2. Menghaluskan Bagian Label Baju

    Label baju di bagian kerah seringkali terasa kasar dan mengganggu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat meletakkan selotip di bagian tersebut. Selotip akan membuat permukaan label menjadi lebih halus dan nyaman saat digunakan.

  3. Menahan Kancing Baju

    Jika Anda memiliki kancing baju yang mulai longgar dan seringkali lepas, Anda dapat menggunakan selotip untuk menahannya. Cukup tempelkan selotip di permukaan kancing yang longgar. Ini akan membantu menjaga kancing tetap pada tempatnya.

  4. Merekatkan Lilin

    Jika Anda suka menggunakan lilin saat listrik padam atau untuk menciptakan suasana dengan lilin aromaterapi, Anda dapat menggunakan selotip untuk membantu lilin tetap berada di tempatnya. Caranya, tempelkan selotip di bagian bawah tempat lilin sebelum Anda menyalakannya. Ini akan membantu mencegah lilin tumpah dan membuatnya lebih aman digunakan.

3. Garam: Bukan Hanya untuk Memasak

Garam adalah salah satu bumbu yang hampir selalu ada di dapur setiap rumah. Namun, garam memiliki kegunaan yang jauh lebih banyak daripada hanya sebagai penyedap masakan.

  1. Mencuci Sayur

    Ketika Anda mencuci sayuran hijau seperti bayam atau kale, terkadang sulit untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan mencucinya dalam semangkuk air garam. Garam akan membantu menghilangkan kotoran dan membuat sayuran lebih bersih.

  2. Menghilangkan Busa

    Saat Anda mencuci pakaian dengan tangan, busa dari deterjen seringkali sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Untuk mengatasi masalah ini, taburkan sedikit garam ke atas busa tersebut. Garam akan membantu menghilangkan busa dengan lebih cepat sehingga proses pembilasan menjadi lebih efisien.

  3. Menghilangkan Kotoran di Setrikaan

    Setrikaan seringkali memiliki kotoran yang menempel pada permukaannya, terutama jika digunakan untuk menyetrika pakaian yang belum sepenuhnya bersih. Untuk membersihkannya, Anda dapat menaburkan sedikit garam di atas kertas coklat dan menggosokkan setrikaan pada kertas tersebut beberapa kali. Garam akan membantu menghilangkan kotoran dengan lebih efektif.

  4. Menghilangkan Noda Air di Permukaan Kayu

    Noda air atau tumpahan makanan pada permukaan kayu seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat adonan dari garam dan minyak sayur, lalu menggosokkannya pada area yang terkena noda menggunakan spons. Biarkan adonan tersebut meresap selama beberapa saat, kemudian bersihkan dengan kain bersih. Garam akan membantu menghilangkan noda tanpa merusak permukaan kayu.

4. Cat Kuku: Lebih dari Sekadar Pewarna Kuku

Cat kuku adalah produk kecantikan yang sering digunakan untuk mempercantik kuku tangan dan kaki. Namun, cat kuku memiliki kegunaan lain yang mungkin tidak Anda ketahui.

  1. Mencegah Warna Perhiasan Memudar

    Perhiasan, terutama yang terbuat dari logam, seringkali dapat menghitam atau memudar seiring waktu. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggunakan cat kuku. Pilih cat kuku yang bening atau transparan dan oleskan tipis-tipis pada perhiasan Anda. Cat kuku akan membentuk lapisan pelindung yang akan mencegah perhiasan Anda dari perubahan warna yang tidak diinginkan.

  2. Merekatkan Amplop

    Jika Anda perlu mengirim surat atau dokumen yang harus ditempelkan amplopnya, terkadang amplop yang disediakan kurang lengket. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan cat kuku. Oleskan cat kuku di bagian belakang penutup amplop, kemudian tekan amplopnya. Cat kuku akan berfungsi sebagai perekat tambahan dan membantu amplop untuk merekat dengan lebih kuat.

Dengan mengetahui beragam kegunaan dari benda-benda sehari-hari di rumah Anda, Anda dapat menghemat waktu dan uang dalam menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari. Pasta gigi, selotip, garam, dan cat kuku adalah contoh bagaimana benda-benda sederhana tersebut dapat memberikan solusi praktis untuk berbagai situasi. Jadi, segera manfaatkan kreativitas Anda dan eksplorasi penggunaan baru untuk benda-benda di sekitar rumah Anda!

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!

BACA JUGA :  15 Aplikasi Desain Rumah Online Gratis dan Mudah

Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com