Seluk Beluk Terong Yang Banyak Manfaatnya

By | June 11, 2018
Lapakfjbku.com – Terong atau terung banyak dikenal secara umum sebagai salah satu jenis sayur-sayuran, meski sebenarnya tanaman ini secara ilmu botani termasuk ke dalam jenis buah-buahan.Terong yang termasuk ke dalam family solanaceae ini diduga kuat berasal dari asia,terutama dari India,kemudian pada abad ke 5 tersebar ke China.
Disebut eggplant (dalam bahasa Inggris) dikarenakan bentuknya yang menyerupai telur dan bagian dagingnya yang berwarna putih.Namun,tahukah anda,ternyata terong termasuk ke dalam golongan berry?Ini disebabkan terong memiliki banyak biji kecil seperti halnya buah-buahan berry.Selain itu, kenyataan unik lain yang didapati pada terong adalah adanya kandungan nikotin dalam bijinya.Terong juga ‘berkerabat’ dengan tomat dan kentang.

JENIS-JENIS TERONG


Terong Telunjuk
Terong Belanda


Terong Ungu


Terong Putih


Terong Pipit

FAKTA UNIK SI TERONG:
1. Terong adalah tanaman asli India, dinamai eggplant oleh dunia Barat karena bentuknya menyerupai telur dan berwarna putih (sebelum mengalami pengembangbiakan seperti sekarang).2. Termasuk golongan berry karena memiliki banyak biji kecil yang lembut. Bijinya ini layak konsumsi namun rasanya pahit karena mengandung nikotin. Ia juga “saudara dekat” kentang dan tomat. Secara umum, terong tergolong sayuran, namun secara ilmu botani, terong termasuk buah-buahan.

3. Penggunaannya di dapur orang Asia, baru dimulai sekitar tahun 3, dan “tiba” di Eropa sekitar tahun 1500. Awalnya, orang Eropa mengira terong adalah buah beracun. Malah, di Amerika Serikat, sampai abad ke 20, terong hanya digunakan sebagai penghias meja.

4. Dari sejarah Cina, diketahui kalau terong digunakan untuk mengilatkan gigi mereka.Hasilnya tentu bukan putih bersih ala bintang iklan pasta gigi melainkan agak perak keabu-abuan. Ada-ada saja, ya!

5. Indonesia masuk lima besar produsen terong di dunia, setelah Cina, India, Mesir, dan Turki..

ATURAN BELI DAN KONSUMSI
  1. Baiknya membeli terong yang segar dengan permukaan kulit mengilat, tidak layu, dan keras agar semua manfaatnya bisa didapat.
  2. Kalau ingin yang tak terlalu pahit, pilih yang masih belum matang.
  3. Jangan membeli terong dengan bintik-bintik cokelat.
  4. Terong yang segar tak terlalu lembek jika ditekan dengan jari. Untuk memastikan bijinya tidak kering, ketuk-ketuk kulitnya dengan buku jari, jika bunyinya kosong, jangan dibeli, ya.
  5. Seiring bertambah umurnya, terong mudah busuk dan pahit, karenanya simpan di tempat dingin yang kering, jangan lupa bungkus dengan plastik. Dan, gunakan tak lebih dari 2 hari setelah membelinya. Sebelum mengolahnya, keluarkan dan diamkan di suhu ruangan terlebih dulu.
  6. Tak semua orang bisa memakan terong mentah, usahakan memasaknya dulu sebelum dihidangkan. Karena terong mengandung racun solamine yang bisa menyebabkan alergi.
MANFAAT TERONG UNTUK KESEHATAN
Banyak mengandung vitamin C
manfaat terong yang pertama yaitu, terong terdapat banyak vitamin C yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati sakit sariawan, bukan hanya itu Vitamin C juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh kita.Baik untuk kesehatan tulang
Di dalam terong terdapat senyawa yang di sebut dengan fosfor dan juga senyawa magnesium. Fungsi dua senyawa ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang agr kuat dari kini dan nanti.

Sebagai antioksidan tubuh
Di dalam terong juga terdapat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi dan menjaga tubuh kita dari serangan radikal bebas yang sangat buruk bagi kesehatan.

Mencegah kanker
Di dalam terong memilki kandungan inhibitor yang sangat berfungsi menjegah tumbuhnya sel kangker di dalam tubu kita.

Menurunkan darah tinggi
Terong memilki kandungan kalium sedikitnya 217mg /100gram ini cukup untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

 

Comments

comments