Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun!

By | April 28, 2020

Kita semua pasti sering mendengar istilah 4 sehat 5 sempurna bukan? Nah, salah satu yang terdapat dalam makanan 4 sehat 5 sempurna itu adalah buah-buahan.

Ya bener banget, karena buah-buahan mengandung banyak vitamin yang diperlukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh manusia, seperti Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, Vitamin C untuk mencegah terjadinya sariawan dan gusi berdarah, serta masih banyak lagi vitamin yang terkandung di dalam buah-buahan.

Tapi jujur , ane sendiri jarang bisa makan buah-buahan, bukannya nggak mau beli atau pelit, tapi memang karena terkadang saat masih tanggal muda pun uang ane sudah habis buat bayar cicilan atau keperluan yang lainnya wkwkwk.

Untuk itu ane siasati dengan menanam sendiri, pohon buah yang bisa di tanam di pekarangan rumah, seperti menanam buah pepaya. Buah ini selain mudah untuk ditanam dari bijinya sampai menjadi pohon yang mampu menghasilkan buah, juga sangat kaya akan kandungan vitamin dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan manusia.

Hati-Hati! Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun

Tapi , dibalik segudang manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi buah-buahan, ternyata beberapa bagian dari buah-buahan yang sering kita konsumsi ini, mengandung racun yang membahayakan bagi kesehatan tubuh manusia, ada pun beberapa buah-buahan tersebut antara lain :

1. Buah Apel

Hati-Hati! Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun

Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini? Bahkan saat kita duduk di bangku SD dan belajar menghafalkan huruf alfabet pun buah ini sering diucapkan oleh Ibu atau Bapak guru kita dahulu, “A … Apel.” Kurang lebih seperti itulah dulu cara guru mengajarkan muridnya untuk mengahapalkan huruf satu per satu.

Buah ini sering kita konsumsi secara langsung, atau pun kita olah menjadi jus apel yang sangat nikmat rasanya.

Trus, apa yang perlu kita perhatikan saat mengkonsumsi buah ini, sehingga dianggap bisa meracuni manusia bila mengkonsumsinya secara berlebihan?

Nah, ternyata biji dari buah apel ini mengandung zat yang bernama amygdalin . Zat ini apabila masuk kedalam perut dan terkena enzim pencernaan, maka akan melepaskan atau menimbulkan terciptanya zat sianida di dalam tubuh.

Sudah kebayang kan gimana jadinya kalau di dalam perut kita terdapat racun sianida? Pasti kita bakalan mengalami sakit perut yang teramat sangat. Untuk itu sebelum mengkonsumsi buah apel, sebaiknya pisahkan dulu antara buah dan bijinya ya.

2. Buah Ceri

Hati-Hati! Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun

Buah yang biasanya dipergunakan sebagai hiasan dalam membuat kue ulang tahun ini, juga ternyata mengandung racun , sama halnya seperti buah apel, bagian dari buah ini yang mengandung racun yaitu pada bijinya, yang juga mengandung zat amygdalin dan seperti yang sudah ane jelaskan di atas, apabila terkena enzim pencernaan, zat amygdalin akan menimbulkan zat sianida.

Untuk itu sebelum dikonsumsi, sebaiknya hilangkan dahulu biji yang terdapat di dalam buah ceri.

3. Buah Persik

Hati-Hati! Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun

Jujur ane belum pernah sekalipun makan buah ini , entah seperti apa rasa buahnya, tapi mendengar atau membaca kata persik, yang muncul di benak ane malah goyang gergaji-nya DP, wkwkwk, ketahuan dah ane juga kadang suka nonton acara dangdut.

Jadi, biji buah persik juga mengandung zat yang sama dengan biji buah apel dan buah ceri, yang menghasilkan zat sianida bila tercampur dengan enzim pencernaan.

4. Buah Tomat

Hati-Hati! Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun

Siapa yang suka mengkonsumsi buah tomat mentah? Ane paling demen , apalagi kalo buah tomat ini dicampur dengan gula pasir atau dibuat jadi rujak tomat yang pedesnya nampol abis, hmmm … nyam-nyam bisa bikin hidung auto meler dan melek seharian , wkwkwk.

Tapi ternyata, mengkonsumsi tomat mentah secara berlebihan terutama tomat yang masih berwarna hijau, tidak baik untuk kesehatan kita, karena buah tomat yang belum masak sempurna pada bagian kulitnya mengandung zat gikoalkoloid yang mampu menyebabkan sakit perut.

Namun, apabila kita rajin mengkonsumsi bubur buah tomat yang dimasak dengan air mendidih dan diberi campuran satu sendok minyak zaitun sebelumnya, malah mampu menangkal terjadinya kangker prostat , karena apabila dimasak dengan minyak zaitun, tomat mampu menghasilkan zat likopen yang baik untuk memelihara kesehatan prostat. Minyak zaitun juga diperlukan agar zat likopen dapat diserap dengan mudah oleh usus kita.

5. Buah Leci

Hati-Hati! Selain Mengandung Vitamin, 5 Buah Ini Ternyata Juga Beracun

Buah yang satu ini juga jadi salah satu buah kegemaran ane , karena rasanya yang manis dan bau harumnya yang khas. Daging buahnya hampir mirip seperti buah lengkeng dan buah rambutan menurut ane.

Tapi ternyata mengkonsumsi buah ini dalam keadaan perut kosong, terutama saat baru bangun di pagi hari, akan menjadi sangat berbahaya lo .

Karena buah leci mengandung toksin yang bernama hypoglycin A yang dapat menghambat tubuh untuk memproduksi glukosa.

Saat perut dalam keadaan kosong, sudah pasti kadar gula di dalam tubuh kita masih sangat rendah, apabila kita kemudian dalam keadaan perut kosong tersebut memakan buah leci, maka tubuh kita akan menjadi lemas, otak juga tidak mampu bekerja secara normal, karena gula yang sebagai sumber tenaga di dalam tubuh manusia tidak ada lagi.

Bila hal tersebut dibiarkan saja terjadi tanpa diberikan penanganan yang tepat, maka seseorang akan mengalami kejang-kejang bahkan kematian. Buah leci juga tidak baik diberikan kepada seseorang yang mengalami manultrisi atau gizi buruk.

Comments

comments