Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman teman jumpa lagi di lapakfjbku.com, kali ini ane mau ngebahas tanaman lagi. Kali ini bakal dibahas jenis tanaman Buah Delima dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Walaupun pengetahuan ane tentang tanaman masih dangkal banget, tapi entah kenapa sedari ane masih kecil ane udah kepincut sama ciptaan Tuhan yang satu ini.

Karena tumbuh-tumbuhanlah yang menghasilkan oksigen untuk kita dapat hidup dan bernapas di dunia ini. Ane paling suka buat ngumpulin tanaman bunga maupun tanaman buah yang menurut ane langka.

Berasa ada kepuasan tersendiri aja lah pokoknya, kalau tanaman yang ane inginkan berhasil ane dapat. Baik itu dengan cara membeli, nanem sendiri bibitnya, atau minta ke teman yang punya. Tapi ingat kalau nggak dikasih minta jangan sampai nyolong punya tetangga ya teman teman ! wkwkwk.

Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Di thread kali ini ane mau ngebahas tentang tanaman buah delima. teman teman udah pada tau kan ya buah delima itu kaya apa bentuknya?

Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jadi punya pohon delima juga menjadi salah satu cita-cita ane dari kecil wkwkwk, receh banget ya cita-cita ane.

Setau ane secara umum buah delima itu ada tiga jenis, yaitu delima hitam, delima putih, dan delima merah. Dan sekarang ane sudah punya dua jenis, yaitu yang buahnya warna merah sama yang buahnya warna hitam.

Sementara ini yang sudah mulai berbuah itu pohon delima ane yang buahnya berwarna hitam. Ane dulu minta buahnya buat dipake obat, trus iseng aja bijinya ane jemur trus semai di tanah halaman. Eh taunya tumbuh.

Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Delima Hitam

Nah, jadi tanaman buah delima itu diperkirakan berasal dari daerah Timuh Tengah yaitu Iran yang kemudian tersebar dan dikembangkan sampai ke daerah Mediteranian.

BACA JUGA :  Axolotl Si Monster Air Yang Terancam Punah!!

Tanaman ini juga banyak dikembang biakkan di Cina Selatan sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Buah delima juga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia lo teman teman, karena mengandung berbagai zat penting yang membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Seperti, ion kalium (potasium), vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folic, serta flavonoid yaitu salah satu zat antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta mampu memberikan perlindungan dari penyakit jantung, kanker kulit, serta kanker prostat. Antioksidan dalam buah delima juga mampu digunakan sebagai pencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah arteri pada jantung.

Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Delima Putih

Dari pengalaman ane sendiri, buah delima pernah ane konsumsi sebagai obat, karena dada kiri ane sering nyeri, nah akhirnya ada saudara yang nyaranin buat make buah delima ini sebagai obatnya.

Yaitu dengan mencampur ketiga jenis buah delima ini, yang warna merah, putih dan hitam ane blender trus ane saring airnya buat diminum. Syukurlah setelah seminggu ane rutin buat mengkonsumsi jus delima, dengan takaran sehari satu kali, akhirnya ane bisa sembuh, sampai sekarang nggak pernah nyeri dada lagi.

Harusnya sih minimal dua kali sehari kata saudara ane yang udah nyoba duluan, tapi berhubung harga buahnya dulu mahal banget, terutama yang hitam sama yang merah saat itu kisaran harga 10.000 rupiah sampai 50.000 rupiah per bijinya, tergantung besar kecilnya ukuran, alhasil ane hanya minum jusnya sekali dalam sehari.

Nah, hal itu juga yang bikin ane ngebet banget buat punya tanaman buah delima sendiri. Dan sekarang ane masih buat bibitnya lagi, buat ane tanam di halaman belakang rumah. Bagusnya lagi, setau ane tanaman buah delima ini juga mampu untuk berbuah sepanjang tahun, artinya nggak pake musim-musiman.

BACA JUGA :  Pahlawan Tahun 2020 Adalah Para Petugas Medis Yang Melawan Virus Covid-19

Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh
Delima Merah

Tanaman buah delima juga dapat teman teman kembangbiakkan dengan cara menanam bijinya atau dengan cara mencangkok. Karena tingkat keberhasilannya akan lebih tinggi.

Bedanya kalau dengan menanam bijinya pengalaman ane sih tanaman delima ini akan baru berbuah setelah kurang lebih 2,5 tahun dari awal nanam, dan kalo pake metode cangkok maka tanaman yang masih kecil pun akan bisa berbuah, karena induk tanaman yang kita cangkok adalah tanaman yang sudah bisa berbuah.

Jenis Tanaman Buah Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Comments

comments