5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!

Mobil dan juga sepeda motor adalah moda transportasi yang paling umum dapat dijumpai sampai saat ini, dan sejak kecil ane paling suka sama yang namanya mobil atau sepeda motor yang menurut ane keren seperti mobil sport. Yang unik dan klasik juga ane suka.

5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!
Nissan Fairlady Z432R

Misalnya jenis mobil, seperti Nissan Fairlady, Toyota AE86, Shelby Mustang, dan masih banyak lagi mobil-mobil lawas maupun baru yang ane minati walaupun ane nggak banyak punya ilmu tentang mobil. Ane juga suka melihat mobil-mobil jadul yang nyentrik, karena ane jadi serasa terbawa ke era diproduksinya mobil-mobil tersebut.

Sama halnya dengan sepeda motor jadul, yang notabene masih menggunakan mesin dengan sistem kerja dua langkah atau yang lebih dikenal dengan mesin 2 tak, ternyata dahulu juga ada mobil yang menggunakan mesin 2 tak sebagai dapur pacunya Gan-Sist.

Berikut ini beberapa mobil yang pernah menggunakan mesin 2 tak, dan beberapa di antaranya pernah mengaspal di Indonesia.

1. Subaru 360

5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!

Mobil yang sekilas mirip dengan VW kodok ini diproduksi pada tahun 1958 sampai dengan tahun 1971, menggandeng mesin 2 tak berkapasitas 360 cc. Mobil ini tergolong ke dalam jenis Kei car, yaitu mobil kecil yang juga memiliki mesin kecil di bawah 660cc. Kei car di buat di Jepang guna mengatasi masalah peraturan dan pajak kendaraan yang ada di Negeri Sakura tersebut.

Bobotnya yang cukup ringan untuk sebuah mobil yaitu hanya 410 kg ini memiliki 3 percepatan dengan kecepatan maksimal hanya mencapai 96 KM/jam. Pembatasan kecepatan di Jepang juga membuat pabrikan mobil ini tidak mendongkrak tenaganya seperti mobil-mobil buatan Eropa atau Amerika.

Yang ane suka dari mobil ini yaitu bentuknya yang klasik, seandainya ane punya mobil ini pasti dah bakal ane bawa buat jalan-jalan keliling kota wkwkwkw.

BACA JUGA :  4 Kendaraan Teknologi Tinggi Berbahan Bakar Udara Yang Unik

2. Daihatsu Fellow atau Daihatsu 360

5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!

Tak mau kalah dengan pabrikan mobil Jepang lainnya, Daihatsu juga memproduksi Kei Car dengan nama Daihatsu Fellow atau Daihatau 360 . Mobil bermesin 2 tak 2 silinder dengan penggerak roda belakang ini berkubikasi murni 356cc dengan 4 percepatan. Mobil ini pertama kali di produksi pada tahun 1966. Baru kemudian pada tahun 1972 dibuat varian Kei Car Daihatsu Fellow Max dengan empat pintu. Pada masanya di Indonesia mobil ini juga pernah populer dan bahkan beberapa diantaranya masih ada sampai sekarang.

3. Suzuki Carry ST20

5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!

Mobil berjenis pick up ini juga menggunakan dapur pacu 2 tak, kalian yang lahir tahun 80 dan 90-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil yang satu ini, suara khasnya yang hampir mirip seperti suara bajaj yang berbunyi “trung … tung … tung” selalu membuat ane kembali bernostalgia kemasa lalu, dan berkat suara khasnya tersebut, sampai sekarang mobil ini dikenal dengan nama “Mobil Truntung” dimana waktu ane masih SD mobil ini masih banyak berlalu-lalang di jalanan.

Awalnya Kei Car pick up ini dibuat pada tahun 1976 di Jepang, dan didatangkan dari Jepang secara utuh atau Completely Build Up (CBU), ke Indonesia dengan nama Suzuki ST10, karena memiliki banyak peminat di tanah air, akhirnya pada tahun 1977 mobil ini dirakit di Indonesia dengan nama Suzuki ST20, mobil pick up ini menggunakan mesin 2 tak 3 silinder, 4 percepatan manual berkapasitas mesin 550cc dan sudah berpendingin cairan.

4. Daihatsu Hijet S37

5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!

Mobil ini juga menggunakan mesin 2 tak 360 cc berpendingin cairan yang juga pada mulanya didatangkan ke Indonesia secara CBU pada tahun 1972, sebagai bantuan dari pemerintah Jepang dalam upaya penanggulangan bencana alam gunung meletus di Indonesia.

BACA JUGA :  Baca! Tweet Cerita Pengalaman Suspect Corona!

Daihatsu Hijet S37 ini pun mengalami perubahan demi perubahan menjadi Hijet S38, dan Hijet S55 yang berkapasita mesin lebih tinggi yaitu 547cc.

5. Daihatsu Midget atau Bemo

5 Mobil Bermesin 2 Tak Unik Jadul Tapi Keren!

Nah, mobil dengan tiga roda yang satu ini juga legend banget di Indonesia, secara langsung sih ane belum pernah naikin ni Bemo (Becak Motor), tapi ane pernah lihat di pilem Si Doel Anak Sekolahan yang dulu seneng banget ane tonton, dih ane jani nostalgia ke masa kecil ane dah wkwkwk.

Kalau di film itu pemeran utamanya nggak make Midget sih cuma dalam bebera tayangan ane lihat ada Midget-nya. Kalau tidak salah dalam film itu pemainnya make mobil Oplet jenis Morris Minor 100 Traveler 1000cc buatan Inggris, yang juga pernah mengaspal di kota-kota besar di Indonesia.

Kata Bapak sama Ibuk ane yang pernah naikin si Bemo Daihatsu Midget ini, setiap kali belok dan jumlah penumpangnya sedikit pas lajunya agak ngebut pasti dah si Bemo jadi oleng kiri atau kanan, trus kata Bapak sama Ibuk ane, mereka juga pernah jalan-jalan malam mingguan numpang Bemo ini pas lagi hujan cuma duduk berdua di belakang wkwkw. Ane jadi kebayang so sweet-nya pacaran numpang bemo 2 tak yang asepnya ngebul wkwkwk.

Walaupun dipergunakan untuk mengangkut barang bahkan penumpang, ternyata Daihatsu Midget yang diproduksi di Jepang pada tahun 1957 dan pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1962 ini, hanya menggunakan mesin 2 tak satu silinder berkapasitas 250cc saja.

Comments

comments