Kisah Penemu Kendaraan Bermotor

By | August 14, 2019

Lapakfjbku.com – Karl Friedrich Benz (lahir 25 November 1844) Adalah seorang insinyur otomobil Jerman. Benz bersama Gottlieb Daimler merupakan sebagai salah satu pencipta/penemu mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia. Ia juga putra seorang masinis.

Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, sebuah mobil bermesin empat langkah (4 tak) dengan bahan bakar bensin. Benz juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator.

Kisah Penemu Kendaraan Bermotor

Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler dan temannya Wilhelm Maybach juga telah berhasil membuat mobil berbahan bakar bensin, tapi Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan bersejarah ini dan mematenkan mobil karyanya pada 1886.

Pada tahun 1903, Benz pensiun dari Benz & Co, tapi tetap sebagai anggota dari struktur pengawas sampai pada akhirnya beliau meninggal. Perusahaan Benz dan Daimler bergabung membentuk Daimler-Benz di tahun 1926, yang kemudian berganti nama menjadi Mercedes-Benz. Benz meninggal pada 4 April tahun 1929 di Ladenburg di Neckar, Jerman, pada umur 84 tahun.

Pada tahun 1893, Henry dan Wilhelm Hildebrand mengembangkan sepeda motor mereka bekerja sama dengan Alois Wolfmuller dan mekaniknya, Hans Geisenhof. Sepeda motor ini adalah yang pertama dijual untuk umum.

Motor ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai seperti mesin silinder ganda kembar (twin cylinders) berpendingin air, empat langkah dengan kapasitas 1.488cc. Walau bermesin besar, ternyata tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5 horse power (hp) saja pada 240 rpm. Kecepatan maksimal yang bisa diraih adalah 30 mil/jam atau sekitar 48 km/jam.

Karena merekalah kini bro-sis dapat menikmati asiknya berkendara dan menembus batas waktu dengan gaya hidup. So.. sudah selayaknya kita nggak lupa jasa-jasa mereka.

Videonya :

Comments

comments