Liburan Ke Vietnam? Kunjungi 9 Tempat Wisata di Teluk Ha Long Yang Keren Ini!

By | November 26, 2019

Teluk Ha Long terdiri dari hampir 2,000 pulau, 59 gua yang ditemukan, dan juga pantai yang belum terjamah dan desa pemancingan yang tua. Ini adalah warisan dunia UNESCO dan juga merupakan mimpi menjadi nyata bagi pecinta alam, fotografer dan siapapun yang menyukai pemandangan menakjubkan dan air sebening kristal. Karena itu, kalau ada kesempatan berkunjung ke Vietnam, usahakan ke daerah ini. Ada 9 tempat yang nggak boleh dilewatkan.

Liburan Ke Vietnam? Kunjungi 9 Tempat Wisata di Teluk Ha Long Yang Keren Ini!

1. The Chopstick (Sumpit)

The Chopstick akan ditunjukkan untuk kamu kalau melakukan perjalanan dengan perahu di sepanjang teluk. Ini merupakan tempat paling terkenal di Teluk Ha Long, dan berbentuk puncak karst (*karst: suatu tempat yang didasari oleh batu kapur yang telah terkikis oleh pembubaran, menghasilkan pegunungan, menara, celah, lubang pembuangan, dan bentuk lahan karakteristik lainnya) yang menonjol dari air pada ketinggian sekitar 40 meter. Bentuknya yang panjang dan tipislah yang membuat namanya menjadi Chopstick (sumpit). Selidik punya selidik, korosi pantai membuat Chopstick mengecil dengan drastis. Jadi sebelum hilang, coba dikunjungi.

2. Pulau Ti Top

Letaknya di jantung Teluk Ha Long dan telah dianggap sebagai lokasi bersejarah yang terpenting disini. Namanya diambil dari Ghermann Titov, mantan pahlawan Persatuan Soviet dalam Perang Dunia ke-2. Yang paling menarik dari Pulai Ti Top adalah pantai pasir putihnya yang berbentuk bulan sabit, serta rute yang sebagian di-paving menuju ke puncak karst, dimana kamu bisa menikmati pemandangan panorama teluk tersebut. Karena akhir-akhir ini menjadi lebih terkenal, Ti Top sering penuh selama musim ramai, terutama musim panas di sore hari.

3. Teluk Bai Tu Long

Berlokasi di timur laut Teluk Ha Long, Teluk Bai Tu Long lebih jarang dikenal tetapi sama-sama mengejutkan dalam hal pemandangan. Bai Tu Long memiliki semua gua yang menakjubkan, pantai dan pulau sama seperti yang orang kenal dari teluk Ha Long, tapi bedanya adalah tidak terlalu ramai. Yang menonjol dari daerah ini adalah gua kuno Thien Canh Son, rumah-rumah berwarna-warni di desa apung Vung Vieng, surga tak tersentuh seperti pantai Ban Chan dan area Cong Do.

4. Teluk Lan Ha

Seperti Teluk Bai Tu Long, Teluk Ha Bay dengan mudah bisa digambarkan sebagai versi sepinya Teluk Ha Long. Teluk Lan Ha sendiri memiliki hampir 400 karsts batu kapur, serta 139 pantai yang sepi yang memenuhi daerah itu. Teluk Lan Ha Bay sebetulnya bagian dari kepulauan Cat Ba yang lebih besar yang bisa dicapai menggunakan perahi seperti di seluruh daerah itu.

Liburan Ke Vietnam? Kunjungi 9 Tempat Wisata di Teluk Ha Long Yang Keren Ini!

5. Pulau Co To

Pulau Co To merupakan salah satu rahasia Teluk Ha Long yang sangat disembunyikan. Kamu perlu menyewa perahu sendiri untuk sampai kesana karena kamu tidak akan kecewa saat kesana. Kawasan pulau Co To terdiri dari 40 pulang yang bervarian ukuran. Tiga pulau terbesarnya adalah Pulau Co To, Pulau Thanh Lan and Pulau Tran. Ketiganya memiliki pantai berpasir putih, air biru bersinar dna tebing berkarang. Dengan berada disana kamu akan merasakan kedamaian dan seperti terasa di surga.

Makanan laut yang murah, segar dan enak bisa ditemukan di restoran depan laut. Bagian pulau yang lebih besar pun menawarkan aktivitas pantai, trekking, dan perjalanan dengan sepeda motor.

6. Desa Pemancingan Vung Vieng

Yang menarik dari Teluk Ha Long sebagai tujuan wisata yang unik adalah orang-orangnya yang bekerja dan tinggal disana. Banyak komunitas kecil sudah tinggal di teluk selama berabad-abad, dan empat dari desa terapung tersebut masih ada sampai sekarang, dengan pekerjaan utama warga disana sebagai pemancing. Yang paling terkenal di adalah desa Vung Vieng dengan rumah-rumah berwarna-warni yang kontras sekali dengan warna air yang biru dan puncak-puncak karst tinggi menjulang.

Komunitas disana sangat senang untuk membuka lebar rumah mereka bagi para turis dan menawarkan loka karya serta menampilkan budaya tradisional Ha Long. Para turis juga bisa mencoba teknik tradisional memancing, menjaring ikan dan bahkan belajar beberapa cara untuk menuai mutiara.

7.Pulau Tuan Chau

Daerah yang baru dikembangkan ini ada di luar kota Ha Long City dan sempurna untuk turis yang membawa anak-anak, atau mereka yang ingin bersantai di atas perahu atau di pantai. Jaraknya begitu kecil, hanya 2.2 kilometer persegi , tapi penuh dengan aktivitas rekreasi untuk semua usia. Atraksi seperti penampilan lumba-lumba, singa dan anjing laut, sirkus hewan, lapangan golf, pusat olahraga budaya, pantai, pasar terpencil dan danau ikan hias, serta vila dan restoran.

8. Pantai Ban Chan

Bagi kamu yang lebih suka untuk melakukan perjalanan terpencil, Pantai Ban Chan bisa bersaing dengan pantai manapun di Asia Tenggara dalam hal keindahan dan keterasingan. Muncul di balik Teluk Bai Tu Long, Ban Chan lebih tidak ramai di waktu kapanpun sepanjang tahun, karena lokasinya langsung dari rute perahu tradisional di daerah itu. Meskipun terpencil dan sepi, aktivitas seperti snorkeling, naik perahu kayak dan voli pantai masih bisa dilakukan.

Liburan Ke Vietnam? Kunjungi 9 Tempat Wisata di Teluk Ha Long Yang Keren Ini!

9. Gua Sung Sot

Kompleks gua Sung Sot adalah rumah bagi gua yang menakjubkan di Teluk Ha Long atau bahkan mungkin di seluruh Vietnam. Meskipun terdapat 59 gua yang ditemukan dan terdaftar di kantor resmi, para ahli memprediksi ada 8 kali lebih banyak jumlah gua disana. Gua Sung Sot adalah yang terbesar dan paling terkenal di kompleks gua tersebut.

Comments

comments