9 Mall di Jogja Terbesar, Pas Buat Wisata Belanja Di 2024

Berikut adalah daftar rekomendasi 9 Mall di Jogja terbesar, pas buat wisata sekaligus belanja oleh oleh khas Yogyakarta di 2024!

Jogja atau lengkapnya Yogyakarta memang istimewa. Bukan hanya karena ditetapkan sebagai daerah istimewa setingkat provinsi, namun karena masyarakatnya masih memegang teguh nilai-nilai tradisional atau budaya Jawa. Kearifan budaya Jawa masih diterapkan dan dijalankan oleh masyarakat setempat.

Kekayaan budaya inilah yang menjadi daya magnet terbesar Jogja dalam menarik wisatawan dalam maupun luar negeri. Selain juga karena di Jogja maupun daerah sekitarnya banyak terdapat bangunan bersejarah, seperti candi dan keraton. Wisata alamnya pun tak kalah memesona, seperti pantai-pantai yang indah.

Tetapi selain mengandalkan wisata budaya dan alam, Jogja juga mematut diri dengan kemodernitasan. Gedung-gedung bertingkat dengan arsitektur modern juga tampak di Jogja. Termasuk mall-mall dengan arsitektur megah dan mewah. Mall-mall ini cukup besar dengan fasilitas yang lengkap dan beragam.

Itulah keunikan Jogja. Di satu sisi begitu bersahaja dalam ketradisionalannya, namun di sisi lain merangkul kemoderenan. Kedua sisi tersebut saling mendukung, membuat Jogja semakin memikat sebagai destinasi wisata. Tak heran bila Jogja tak pernah sepi oleh wisatawan.

1. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo, Salah satu mall terbesar dan terbaik di Jogja

Salah satu mall terbesar dan terbaik di Jogja.

Masyarakat Jogja sering menyebut mall ini dengan nama “Amplas”, singkatan dari Ambarrukmo Plaza. Sejak diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2013, mall ini tak pernah sepi pengunjung. Karena memang mall ini mampu memenuhi segala kebutuhan, mulai dari wisata kuliner, shopping, hingga hiburan.

Dengan perpaduan desain arsitektur klasik dan desain interior modern, mall yang memiliki luas 45.000 meter persegi ini sangat nyaman. Apalagi di kawasan Plaza Ambarrukmo dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO) Ambaramarga yang ramah bagi disabilitas. JPO ini menghubungkan mall dengan hotel di kawasan ini.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Baru Di Bali Wajib Kunjungi!

Alamat: Jl Laksda Adisucipto no 80, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

2. Jogja City Mall

Jogja City Mall

Dengan arsitektur ala Romawi, mall di Jogja ini mampu mencuri perhatian masyarakat maupun wisatawan.

Bagaimana bila desain arsitektur Romawi dipadukan dengan desain interior khas Keraton Yogyakarta dalam satu bangunan? Jogja City Mall (JCM) wujud nyatanya. Pilar-pilar tinggi ala Romawi di bagian fasad menyatu indah dengan tegel-tegel kunci dan railing khas Keraton Yogyakarta pada bagian interiornya.

Keunikan bangunan inilah yang membuat mall di Jogja ini selalu ramai pengunjung, walau hanya sekadar untuk berfoto-foto. Dengan luas bangunan sekitar 45.000 meter persegi dan 230 tenant, JCM sangat menyenangkan sebagai tempat belanja. Terlebih The Sahid Rich Hotel Yogyakarta berada satu kawasan dengan JCM.

Alamat: Jl Magelan KM 6 No 18, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

3. Malioboro Mall Jogja

Malioboro Mall Jogja

Berada di kawasan wisata paling hits di Jogja, Malioboro Mall selalu ramai pengunjung.

Walaupun merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jogja, Malioboro Mall selalu ramai pengunjung. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, yaitu di kawasan wisata paling hits di Jogja, namun karena mall yang mulai beroperasi pada tahun 1993 ini juga memiliki berbagai outlet dari fashion, sport, hingga kuliner.

Mall dengan enam lantai tersebut memiliki total luas sekitar 22.000 meter persegi. Selain bisa melihat-lihat 105 tenant yang ada, pengunjung juga dapat mengunjungi berbagai pameran dan bazaar produk-produk kerajinan masyarakat setempat yang kerap digelar di lantai dasar.

Alamat: Jl Malioboro no 52-58, Kecamatan Danurejan, DI Yogyakarta.

4. Lippo Plaza

Lippo Plaza

Walaupun tampak megah, mall ini termasuk ramah untuk kantong.

Meski baru berumur tujuh tahun, mall di Jogja ini telah menjadi lokasi favorit khususnya bagi kaum muda untuk hangout. Dengan luas lebih dari 50.000 meter persegi, mall yang memiliki sembilan lantai dan sekitar 300 tenant ini mampu memuaskan hasrat belanja para shopaholic.

Lokasi favorit yang sering dikunjungi kaum remaja adalah bagian rooftop, yang biasa disebut Seven Sky. Selain dapat menikmati aneka kuliner, pengunjung juga bisa menikmati senja sambil memandang keriuhan kota Jogja dari atas. Dari sini juga terlihat pesawat yang melintas dan sosok perkasa dari Gunung Merapi.

BACA JUGA :  Pantai Pulau Pandanan Banyuwangi Khusus Untuk Wanita?

Alamat: Jl Laksda Adisucipto no 32-34, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta.

5. Hartono Lifestyle Mall ( Pakuwon )

Hartono Lifestyle Mall ( Pakuwon Jogja )

Mall terbesar di Yogyakarta yang sering dikunjungi masyarakat setempat dan pelancong.

Dengan luas lahan 6,2 hektare dan total luas area pertokoan 77.266 meter persegi tak heran bila mall di Jogja yang dikelola oleh PT Pakuwon Jati Tbk menjadi mall terbesar di Jogja. Ada sekitar 276 tenant yang siap menyambut pengunjung. Parkirannya pun sangat luas, mampu menampung hingga 7.000 kendaraan.

Dengan target pengunjung menengah ke atas, banyak brand terkemuka membuka outlet-nya di mall ini. Segala kebutuhan bisa terpenuhi, mulai dari perlengkapan rumah tangga, fashion, elektronik, kuliner, hingga bioskop. Atrium lantai dasarnya yang luas, sekitar 900 meter persegi kerap digunakan untuk pameran.

Alamat: Jl Ring Road Utara, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

6. Galeria Mall

Galeria Mall

Mall ketiga yang berdiri di Jogja yang cocok sebagai tempat wisata belanja.

Dengan slogan “the unique shopping mall” Galeria Mall ingin menjadi destinasi wisata belanja yang homey sekaligus menyatukan unsur modern dan tradisional Jawa. Luas area pertokoan sekitar 5.350 meter persegi dengan jumlah tenant sekitar 68 buah.

Tenant-tenant tersebut menyebar di tiga lantai utama dan dua lantai ground. Mall ini selalu ramai karena letaknya yang strategis, berada di tengah kota Jogja sehingga sangat mudah diakses dari berbagai arah. Selain itu mall yang berdiri tahun 1995 ini berada sangat dekat dengan kampus, perkantoran, hotel, dan rumah sakit.

Alamat: Jl Jend. Sudirman no 99-101, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta.

7. Sahid J-Walk

Sahid J-Walk

Mall dengan konsep yang berbeda yaitu menghadirkan area terbuka hijau yang luas.

Menempatkan diri sebagai lifestyle mall, Sahid J-Walk ini dirancang untuk masyarakat kelas menengah ke atas. Mall di Jogja berkonsep green mall ini paling cocok sebagai tempat meeting dan nongkrong, juga refreshing. Tak heran target mall ini adalah mahasiswa, eksekutif muda, dan keluarga muda.

BACA JUGA :  5 Tempat Nongkrong di Canggu Bali Paling Asik!

Mall ini menempati lahan seluas 2,2 hektare, dengan luas bangunan sekitar 80.000 meter persegi. Sahid J-Walk mendedikasikan lahan cukup besar untuk ruang terbuka hijau, sehingga ventilasi udara di sini sangat baik. Membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama di mall ini.

Alamat: Jl Babarsari, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

8. Jogja Town Square Mall

Jogja Town Square Mall

Mall favorit kawula muda karena asyik sebagai tempat nongkrong.

Inilah salah satu mall yang sedang hits di kalangan anak muda di Jogja. Kerap disebut dengan J’tos, mall ini mengusung konsep one stop culinary yang berpadu dengan aneka hiburan. Pengunjung bisa menikmati aneka hiburan sambil menikmati beragam kuliner.

Beberapa gerai tempat makan di sini bahkan buka 24 jam. Tak heran meski baru dibuka, tempat ini langsung jadi favorit kawula muda untuk nongkrong dan jalan-jalan. Berbagai kulineran nusantara dan internasional tersedia di sini.

Alamat: Jl Tambak Bayan 4 no 19b, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

9. Sleman City Hall

Sleman City Hall

Jogja makin diramaikan dengan mall yang besar, salah satunya Sleman City Hall yang baru saja dibuka.

Mall di Jogja ini bisa dikatakan berada di pintu masuk Jogja bagian Utara, karena lokasinya ada di perbatasan Jogja-Muntilan-Magelang. Lebih tepatnya berada di wilayah Beran, ibu kota Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Walaupun berada di perbatasan, mall ini sangat luas, mencapai 100.900 meter persegi.

Mall megah dengan arsitektur ala Eropa ini menyediakan tiga ballroom dan dua atrium yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Fasilitas di mall yang baru diresmikan tahun 2019 ini cukup lengkap, dari area bermain anak, bioskop, berbagai tenant fashion, dan berbagai gerai kuliner.

Alamat: Jl Gito Gati no 6, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com