Cara Pantau Lalu Lintas, Situasi Terkini, Bisa Online dan Real Time

Yogyakarta selangkah lagi menuju smart city. Kesungguhan pemerintah daerah untuk mewujudkan visinya ini dibuktikan dengan dipasangnya closed circuit television (CCTV) di beberapa titik yang ada di sekitar Kota Jogja ini. CCTV ini berkualitas high definition (HD) sehingga terlihat cukup jelas meski malam hari.

Ada sekitar 248 CCTV yang dipasang di jalan raya, area publik dan strategis di Kota Jogja, Bantul, Sleman, hingga Kulon Progo. Beberapa di antaranya yaitu di Simpang Galeria, Simpang Gramedia 2, simpang nol km, simpang jokten kulon, simpang jokten wetan, dan masih banyak lagi.

Beberapa CCTV juga dipasang di sejumlah sungai dan tempat wisata. Seperti Malioboro, Alun-alun Kidul, Alun-alun Utara, Tugu, Candi Prambanan, Gunung Merapi, Gunung Pathuk, Kalibiru di Kulon Progo, dan Parangtritis.

CCTV-CCTV tersebut terhubung dengan Polda DI Yogyakarta. Dengan begitu daerah-daerah dapat terpantau, sehingga kriminalitas dan kejahatan jalanan dapat ditekan. CCTV ini juga bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat melalui website resmi dan aplikasi yang dibuat oleh pemerintah daerah setempat.

Salah satu keuntungan dari CCTV yang diakses oleh masyarakat adalah masyarakat dapat mengetahui kondisi jalanan, seperti macet atau lancar secara real time. Sehingga bisa mengatur rute perjalanan. Bagi wisatawan, CCTV ini juga mempermudah mereka untuk memantau kondisi objek wisata yang akan dikunjungi.

Bisa dibilang, CCTV yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat secara real time ini merupakan sebuah terobosan. Bila Anda hendak ke Jogja, simak cara-cara mengakses CCTV Jogja di artikel berikut.

CCTV Jogja tersebar hampir di seluruh penjuru kota Jogja, baik yang memantau lalu lintas jalan, hingga lokasi objek-objek wisata. Jadi tertarik mau punya rumah di Jogja? Cek pilihan rumahnya di sini!

Cara Cek CCTV Jogja Online via Website

Cara Cek CCTV Jogja Online via Website

Ada beberapa website yang bisa digunakan untuk melihat CCTV Jogja. (Foto: tangkapan layar)

BACA JUGA :  17 Panduan Hidup Penting Untuk Anak Kost!

Inilah salah satu cara paling mudah untuk melihat CCTV Jogja. Anda bisa mengaksesnya menggunakan laptop, komputer, maupun telepon selular melalui website. Ada beberapa website yang bisa Anda buka. Berikut caranya:

Melalui link mam.jogjaprov.go.id

  1. Ketik laman tersebut di pencarian.
  2. Scroll ke bawah hingga terlihat gambar CCTV (berupa video).
  3. Untuk mencari lokasi yang Anda inginkan, klik tanda panah kanan atau kiri hingga Anda menemukan lokasi tersebut.

Melalui link dishub.jogjaprov.go.id

  1. Ketik laman tersebut di pencarian.
  2. Klik icon CCTV Jogja.
  3. Scroll ke bawah hingga terlihat gambar CCTV.
  4. Untuk mencari lokasi yang Anda inginkan, klik tanda panah kanan atau kiri hingga Anda menemukan lokasi tersebut.

Melalui link CCTV.jogjakota.go.id

  1. Ketik laman tersebut di pencarian.
  2. Begitu terbuka Anda akan melihat gambar sebuah peta dengan titik-titik biru berisi ikon CCTV.
  3. Cari daerah yang ingin Anda lihat, arahkan ke salah satu CCTV.
  4. Bila nama daerah di CCTV tersebut sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, klik ikon CCTV tersebut.
  5. Akan muncul video CCTV tersebut.

Cepat tidaknya kemunculan video tergantung pada kecepatan jaringan internet Anda.

Lagi cari rumah untuk dihuni atau untuk investasi? Simak 100 Rumah Dijual Terpopuler di Indonesia

Cara Cek CCTV Jogja Online via Aplikasi

Cara Cek CCTV Jogja Online via Aplikasi. Ada beberapa website yang bisa digunakan untuk melihat CCTV Jogja. (Foto: tangkapan layar)

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta membuat aplikasi “Jogja Istimewa”. (Foto: tribunjogja.com)

Selain menggunakan website, Anda juga bisa mengecek CCTV Jogja dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi “Jogja Istimewa” ini dibuat oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa mengunduh secara gratis aplikasi ini melalui Playstore. Untuk sementara aplikasi ini hanya tersedia bagi pengguna Android.

Berikut cara melihat CCTV Jogja melalui aplikasi Jogja Istimewa:

  1. Cari aplikasi Jogja Istimewa di kolom pencarian Playstore, lalu install atau unduh.
  2. Open/buka aplikasi tersebut, klik “Mulai”.
  3. Klik “Setuju” pada Privacy Policy.
  4. Klik ikon “Lainnya”.
  5. Cari ikon “Streaming” lalu klik ikon tersebut.
  6. Pilih “Jogja Istimewa CCTV” lalu klik gambar tersebut.
  7. Ada beberapa pilihan, yaitu ATCS Dishub DIY, ATCS Kota Yogyakarta, CCTV Diskominfo Bantul, CCTV Diskominfo Gunung Kidul, CCTV Diskominfo Sleman, CCTV Diskominfo Kulonprogo, CCTV Diskominfo DIY, CCTV Dishub Sleman, CCTV Sungai BPBD Kota Yogyakarta, dan CCTV UPT Malioboro.
  8. Pilih CCTV mana yang ingin Anda lihat.
BACA JUGA :  Kenapa Kita Bisa Jadi Ceroboh

Selain CCTV, ada banyak fitur di aplikasi ini. Seperti informasi tentang daerah-daerah wisata, budaya Jogja, layanan publik, belajar (berisi informasi mengenai berbagai perguruan tinggi di Jogja), kuliner, Museum Sonobudoyo, E-lapor, transportasi, event, galeri, e-ticketing wisata, makam Imogiri.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.comuntuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com