Pesona Kebun Teh Nglinggo di Bukit Menoreh Kulon Progo

Salah satu tempat wisata yang mulai naik daun adalah Kebun Teh Nglinggo yang berada di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Kebun teh ini masuk ke dalam Desa Wisata Nglinggo yang terletak di perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Kebun teh yang berada di ketinggian 700-1.000 mdpl ini adalah satu-satunya kebun teh di Jogja.

Selain menikmati kesejukan alam yang masih hijau, wisatawan juga bisa melihat langsung bagaimana para petani memetik teh. Kebun teh tersebut memang perkebunan swadaya masyarakat. Selain itu beragam aktivitas menarik juga bisa dilakukan di sini, karena desa wisata ini memang sedang dikembangkan.

Itulah beberapa alasan mengapa kebun teh seluas sekitar 200 hektare ini wajib masuk daftar tujuan wisata ketika Anda berlibur ke Jogja. Simak informasi lebih lengkap mengenai pesonanya, cara menuju ke sana, plus fasilitasnya di artikel ini.

Pesona Kebun Teh Nglinggo

Pesona Kebun Teh Nglinggo

Pesona Kebun Teh Nglinggo tak habis untuk dieksplorasi.

Bentuk geografis Nglinggo yang berupa lereng-lereng gunung yang cukup curam justru membuat daerah ini terlihat makin eksotis. Ketika kabut mulai menghilang di ujung Utara perbukitan Manoreh, lereng-lereng itu akan membentuk seperti sebuah undak-undakan raksasa yang dilapisi permadani hijau.

Ada beberapa cara untuk menikmati pesona Kebun Teh Nglinggo:

Menuju Bukit Ngisis

Bukit yang berada di ketinggian lebih dari 800 mdpl ini bisa dikatakan merupakan titik nol kilometer Kebun Teh Nglinggo. Dari atas bukit itu Anda bisa melihat area kebun teh secara menyeluruh. Untuk menuju ke sana bisa dengan trekking di antara pepohonan teh yang memiliki undakan tanah dan bambu atau naik jeep.

BACA JUGA :  Yuk Ke Tempat Wisata Belanja Skywalk Cihampelas Bandung

Di atas bukit Anda bisa duduk-duduk di gardu pandang sambil melihat perlahan warna oranye langit saat matahari terbit atau tenggelam. Dari sini Anda juga bisa melihat puncak-puncak gunung, seperti puncak Gunung Jaran, Gunung Kukusan lengkap dengan perbukitannya, Gunung Merapi, Merbabu, dan Sindoro.

Pesona Kebun Teh Nglinggo

Menuju puncak bukit lain

Ada beberapa puncak bukit yang bisa dicapai dari sisi Utara Kebun Teh Nglinggo, yaitu Puncak Dempok dan Puncak Kendeng yang lebih tinggi dari Puncak Dempok. Kedua puncak ini berjarak beberapa ratus meter dari Kebun Teh Nglinggo, dan merupakan puncak dari Gunung Kukusan yang masuk ke wilayah Magelang.

Kedua puncak ini kerap diburu wisatawan yang menyukai sunrise. Karena dari sini terlihat panorama delapan gunung yang ada di Jogja dan Jawa Tengah, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro, dan Prau. Juga bisa melihat Candi Borobudur menggunakan teropong dari Bukit Jaran.

Melihat tarian

Setelah berjalan-jalan di sekitar kebun teh, wisatawan bisa beristirahat di Desa Nglinggo sambil menyaksikan Tari Lengger Tapeng, yaitu tari tradisional menggunakan topeng. Tarian tersebut memiliki kisah dengan beberapa peran, seperti hanoman, bidadari, raksasa, dan lain-lain.

Konon tarian yang bermakna penyampaian doa atau nazar kepada Sang Pencipta tersebut mempunyai unsur magis. Beberapa penari terasuki arwah dari leluhur ketika sedang menari. Mereka bisa menari tanpa sadar, hanya mengikuti gending dan bergerak mengikuti alur tarian dengan tatapan kosong.

Ikut bertani dan lain-lain

Bagi yang ingin menikmati kehidupan pedesaan, bisa melakukan aktivitas seperti layaknya penduduk desa, seperti bertani, beternak kambing, dan bercocok tanam. Atau pencinta seni bisa belajar membatik, membuat topeng, bahkan belajar menari lengger dan jathilan.

BACA JUGA :  Wisata Pulau Buano Maluku Yang Tersembunyi

Cara Menuju Kebun Teh Nglinggo

Cara Menuju Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo bisa dicapai dari Yogyakarta dan Magelang.

Letak Kebun Teh Nglinggo ada di ujung Barat Yogyakarta, perbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Untuk mencapai lokasi ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena rutenya cukup sulit dan tidak dilalui kendaraan umum. Inilah rute yang bisa Anda tempuh.

1. Dari Yogyakarta

Kebung Teh Nglinggo berjarak sekitar 40 kilometer dari Jogja. Waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam hingga 1,5 jam. Dari Tugu Jogja arahkan kendaraan ke Ringroad Barat ke arah Jalan Godean. Lurus terus ke arah Barat melewati jembatan Sungai/kali Progo. Setelah jembatan Anda akan menemukan lampu merah yaitu lampu merah Kenteng, dari lampu merah belok kanan.

Lurus terus sejauh kurang lebih 18 kilometer, Anda akan menemukan lampu merah kedua. Itulah perempatan Dekso di mana terdapat tugu di tengahnya. Belok ke kiri, ikuti jalan utama hingga bertemu pertigaan Pasar Plono. Di sana akan ada petunjuk arah menuju Kebun Teh Nglinggo hingga sampai ke pintu pembelian tiket.

2. Dari Magelang

Dari Magelang, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Anda bisa melewati Jalan Magelang lurus hingga Pasar Muntilan. Dari sana ambil arah ke Kalibawang hingga bertemu perempatan Dekso Kalibawang, di mana terdapat patung Garuda. Dari perempatan tersebut belok kiri menuju Kecamatan Samigaluh.

Jalan terus menyusuri pinggir sungai hingga bertemu jalan yang menanjak dan berkelok sampai pertigaan Pasar Totogan. Lalu ke kiri hingga melewati SMPN 2 Samigaluh, lurus sampai pertigaan Pasar Plano lalu belok kanan. Ikuti papan petunjuk hingga tempat membeli tiket.

Harga Tiket Kebun Teh Nglinggo Di 2024

Harga Tiket Kebun Teh Nglinggo Di 2024

 

Harga tiket Kebun teh Nglinggo sangat terjangkau.

BACA JUGA :  Mau Berburu Kuliner Legendaris Bandung? Baca Dulu Ini!

Untuk memasuki Desa Wisata Nglinggo Anda tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiketnya sangat murah, yaitu Rp 2.000 untuk biaya retribusi dan Rp 3.000 untuk jasa lingkungan. Ini berarti dengan uang Rp 5.000 rupiah saja Anda sudah bisa masuk ke kawasan wisata ini.

Selain tiket ada biaya parkir untuk kendaraan bermotor, yaitu Rp 5.000 per unit untuk mobil dan Rp 2.000 per unit untuk sepeda motor. Tetapi bila Anda ingin menikmati pemandangan di Bukit Ngisis, Anda akan dikenai biaya lagi. Tenang, tarifnya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB, namun bila Anda ingin melihat matahari terbit, Anda bisa menginap di beberapa penginapan yang ada di sekitar Nglinggo. Harga penginapan berwariasi, sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per malam. Ada sekitar 23 penginapan di daerah tersebut.

Anda juga bisa merasakan sensasi offroad dengan menyewa jeep. Umumnya jeep tersebut disewa dengan harga sekitar Rp 400.000 untuk maksimal 7 orang. Wisata offroad ini terbagi menjadi tiga rute, rute pendek untuk 2 jam, rute sedang selama 4 jam, dan rute panjang selama 6 jam.

Tak perlu khawatir dengan perut, karena di sekitar Kebun Teh Nglinggo tersedia warung-warung sederhana yang menyediakan makanan dan minuman. Wisatawan juga bisa mencoba olahan teh hasil kebun di warung-warung tersebut. Ada pula oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Fasilitas umum di Kebun Teh Nglinggo cukup memadai, seperti toilet yang bersih, musala, dan area parkir yang cukup luas. Fasilitas tersebut membuat wisatawan cukup nyaman menikmati keindahan Kebun teh Nglinggo.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com