Wisata Air Terjun Sedinding Karanganyar

By | October 20, 2019

Tempat wisata alam kini jadi destinasi favorit untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Sebab, kamu bisa merasakan ketenangan sekaligus kebahagiaan yang membuat “vakansi” jadi lebih berkualitas.

Salah satu destinasi wisata alam terbaik dan cukup anyar adalah Air Terjun Sedinding Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat wisata tersebut baru dibuka pada September 2015 lalu, lho.

Karena masih terhitung baru dan belum banyak pengunjung yang tahu lokasi Air Terjun Sedinding membuat tempat ini cocok didatangi oleh kamu yang menginginkan suasana damai di liburan kali ini.

Wisata Air Terjun Sedinding Karanganyar

Kira-kira hal seru apa saja yang bisa kamu lakukan di tempat air terjun tersebut? Ini dia ulasannya.

Aktivitas Seru di Air Terjun Sedinding Karanganyar

Berenang

Saat berada di tempat wisata alam ini, berenang atau sekadar bermain air tentu jadi kegiatan wajib yang harus dilakukan. Saat sampai ke lokasi, kamu jumpai akan jumpai air terjun setinggi 7 meter dan kolam dengan kedalaman 50 cm sampai 2 meter.

Dengan air bening nan segar tersebut, kamu pasti nggak bakal tahan deh untuk berdiam atau berfoto saja. Kalau kamu tak bisa berenang, sewa saja ban pelampung yang disediakan oleh pengelola di sana.

Disarankan untuk datang ke Air Terjun Sedinding pada saat musim kemarau. Sebab, kondisi kolam sedang jernih-jernihnya. Kamu pasti makin puas bermain air di sana!

Bersantai

Setelah menanjak untuk bisa sampai lokasi kamu tentu merasa kelelahan. Kalau belum mood buat menikmati segarnya air yang ada di Air Terjun Sedinding Karanganyar,  kamu bisa kok melakukan aktivitas lain seperti bersantai misalnya.

Ya, sambil menikmati keindahan panorama alam di sana diringi dengan suara gemericik air yang turun serta cuitan burung-burung yang tinggal di hutan sekitar tentu akan menambah syahdu momen liburanmu.

Take a Selfie

Wah, kalau yang satu ini sih pasti kamu nggak bakal lupa untuk melakukannya. Ya, mengabadikan momen lewat selfie perlu kamu lakukan. Selain bisa dijadikan kenang-kenangan, foto di Air Terjun Sedinding ini bisa bikin kamu hits saat mengunggahnya di media sosial. Pasalnya, hasil bidikan kameramu pasti tambah bagus karena panorama air terjun yang melatarbelakangi gambar.

Lokasi & Cara Menuju Air Terjun Sedinding Karanganyar

Air Terjun Sedinding ini lokasinya berada di Dusun Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Karanganyar. Jarak dari pusat kota Karanganyar sekitar 25 kilometer.

Kalau kamu ingin ke sana, bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Ada dua jalur yang bisa ditembuh. Pertama Solo – Grompol – Batu Jamus – Kerjo – Balong – Trengguli. Kedua Solo – Karanganyar – Karangpandan – Ngargoyoso – Kemuning – Trengguli. Disarankan sih lewat jalur kedua sebab kamu bisa melihat tempat wisata lain seperti Candi Ceto.

Kalau sudah sampai di sana, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 dan parkir sebesar Rp 2.000.

Dari gerbang masuk, kamu harus menanjak 300 meter untuk sampai lokasi air terjun. Walaupun aksesnya cukup curam, pemandangan di sekeliling jalanan tersebut cukup indah. Rasa lelah karena menanjak nggak bakal terasa deh.

Comments

comments