Cara Check In Garuda Indonesia Paling Mudah!

By | May 20, 2019
Cara Check In Garuda Indonesia Paling Mudah!
5 (100%) 5 votes

Kamu cari cara check in Garuda Indonesia dan check in online Garuda Indonesia? Disini akan dijelaskan bagaimana cara chek in Garuda Indonesia dan dimana sih ada garuda web checkin link! Memang ada beberapa cara check in Garuda Indonesia. Apalagi sebagai salah satu maskapai besar Indonesia, Garuda indonesia tentu menyediakan kemudahan.

Sampai sekarang in ada 5 cara check in Garuda Indonesia yang bisa dimanfaatkan penumpangnya. Beberapa cara tersebut adalah : Mobile Check In, Web Checkin, City Check In, Kiosk Check In dan phone Chek in. Untuk kamu yang senantiasa akftif dan tidak punya waktu, tentu Mobile Check In dan Web Check In bisa menjadi pilihan. Tinggal download aplikasi mobile Garuda Indonesia atau klik garuda web checkin link.

Nah, untuk yang belum paham cara check in Garuda Indonesia dan check in online Garuda Indonesia kamu bisa membaca tulisan ini sampai selesai ya. Karena disini akan dibagikan bagaimana cara check in Garuda Indonesia secara offline dan check in online Garuda Indonesia untuk yang belum tahu atau yang ingin mencobanya.

Prosedur Check In Garuda Indonesia

begini cara check in Garuda Indonesia paling mudah!

begini cara check in Garuda Indonesia paling mudah!

Sebelum melakukan proses check in Garuda Indonesia atau check in Online Garuda Indonesia, kamu harus tahu beberapa prosedur yang ada untuk hal ini. Beberapa hal tersebut adalah :

1. Persiapan Sebelum Check In

Jika kamu mempunyai permintaan khusus, pastikan kamu beri tahu customer service Garuda Indonesia ketika melakukan pemesanan tiket. Kamu harus menunjukkan bukti pemesanan tiket ke petugas check in Garuda Indonesia dan memberi tahu kalau kamu punya permintaan atau membutuhkan perhatian khusus.

Persiapkan juga beberapa dokumen yang akan diperlukan saat akan check in, terutama untuk kamu yang akan check in offline atau di kiosk. Persiapkan ID atau kartu pengenal diri seperti KTP dan passport, juga kode booking atau bukti pemesanan saat check in Garuda Indonesia di Bandara.

Pastikan juga hadir tepat waktu, dan jangan telat. Karena biasanya counter checkin akan ditutup beberapa saat sebelum terbang (biasanya 45 menit sebelum boarding). Usahakan datang sekitar 1,5 jam sebelum waktu boarding untuk penerbangan domestik, dan 2,5 jam sebelum boarding untuk penerbangan internasional.

2. Saat di Konter Check In Garuda Indonesia

Pastikan semua dokumen yang berhubungan dengan perjalanan sudah siap, karena kamu bertanggungjawab terhadap dokumen perjalanan yang akan diperlukan. Dokumen seperti tiket, pasport, visa untuk masuk, keluar, dan transit atau persyaratan lain di negara yang dituju mungkin akan ditanyakan saat check in Garuda Indonesia.

Kalau kamu tidak bisa menunjukkan dokumen yang diminta saat check in Garuda Indonesia, mungkin kamu tidak akan diijinkan untuk masuk ke dalam pesawat terbang. Faktanya, kamu akan tidak diizinkan memasuki suatu negara jika tidak memiliki dokumen perjalanan seperti visa yang sah. Kurang lengkap dokumen perjalanan yang sah atau hal lainnya, tidak akan menjadi tanggug jawab Garuda Indonesia dan petugas check in Garuda Indonesia.

Cara Check In Garuda Indonesia Paling Mudah!

Sekarang bisa check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, dan mobile apps check in.

Sekarang bisa check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, dan mobile apps check in.

Berikut dibawah ini adalah check in Garuda Indonesia dan check in online Garuda Indonesia paling mudah untuk kamu yang akan terbang dengan menggunakan Garuda Indonesia.

1. City Check in Garuda Indonesia

Mungkin layanan check in Garuda Indonesia yang jarang digunakan pelanggannya. Mungkin karena layanan City Check-in ini hanya tersedia di Kantor Pemasaran Garuda Indonesia (Kantor cabang dalam negeri karena Saat ini City Check-in hanya tersedia di Kantor Penjualan GA di Indonesia saja). Fasilitas City Check ini ini hanya bisa dilakukan mulai dari 48 hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Mungkin untuk kamu yang beli tiket secara mendadak di kantor pemasaran Garuda Indonesia bisa memanfaatkan fasilitas City Check-in Garuda Indonesia ini.

2. Web Check In Garuda Indonesia

Ya, lewat Garuda web checkin link disini, kamu bisa check in online Garuda Indonesia sebelum berangkat. Jadi di website garuda kamu nggak cuma bisa cek jadwal penerbangan Garuda Indonesia atau beli tiket saja. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link.

Fasilitas Internet Check in atau Web Check in yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia ini memudahkan untuk kamu yang ingin  check in melalui halaman website Garuda Indonesia. Layanan check in online Garuda Indonesia ini tersedia baik untuk rute penerbangan dalam dan luar negeri. Untuk cara check in Garuda Indonesia dan persyaratan check in online Garuda Indonesia bisa kamu baca dibawah ini :

  1. Buka website Garuda Indonesia di garuda-indonesia.com , lalu pilih menu Check In.
  2. Sebelum melanjutkan check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, baca lagi dengan teliti syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah oke, centang bagian “Saya sudah membaca Online Check-in informasi”, lalu pilih Lanjutkan.
  3. Lanjutkan proses check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link dengan memaasukkan : “Tanggal Keberangkatan” dan “Nomor Booking Reference” atau “Nomor E-ticket” Kamu. Pilih Lanjutkan.
  4. Pada bagian “Summary” pastikan kamu membaca dan memperhatikan dengan teliti, barang apa saja yang dilarang untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat, dan apa saja yang boleh. Jangan membawa barang yang dilarang, karena kamu akan kena masalah. Setelah yakin dan selesai, centang bagian “I have read and understood the restrictions on dangerous goods forbidden for transport in carry-on or checked baggage”. Setelah it klik Continue.
  5. Pastikan semua informasi penumpang yang kamu masukkan benar. Jika kamu punya frequent flyer, pilih menu “Perbaharui Frequent Flyer”. frequent flyer ini berguna untuk kamu yang ingin menambah poin GarudaMiles dari penerbangan ini. Kamu juga bisa memilih tempat duduk jika tidak suka dengan tempat duduk yang sudah dipilihkan secara otomatis oleh sistem check in online Garuda Indonesia. Caranya adalah dengan klik tombol “Ubah Seat”. Jika sudah selesai, tinggal pilih Konfirmasi Check In.
  6. Selesai! Begitulah cara check in Garuda Indonesia, check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link. Pastikan untuk mencetak bukti check in Garuda Indonesia untuk ditunjukan saat proses verifikasi di Bandara.

Untuk jangka waktu check in Garuda Indonesia, check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link bisa kamu temukan dibawah ini.

Keberangkatan dari Rute Periode check in online Garuda Indonesia

lewat Garuda web checkin link

Semua Bandara Domestik 24-2 jam sebelum berangkat.
Semua Bandara Internasional 24-4 jam sebelum berangkat.

3. Airport Check In Garuda Indonesia

Ini adalah layanan check in Garuda Indonesia yang sudah umum. Layanan Airport Check in ini adalah alternatif untuk kamu yang lupa melakukan check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, mobile apps atau phone checkin. Layanan Airport Checkin ini bisa dilakukan di konter check in masing-masing yang terseda di Bandar Udara keberangkatan. Layanan ini juga tersedia untuk rute penerbangan baik dalam dan luar negeri. Untuk waktu check in Garuda Indonesia di bandara adalah sebagai berikut.

Bandara  Rute Waktu check-in
Jakarta (CGK) Domestik 120-45 menit sebelum berangkat.
Jakarta (CGK) Internasional 180-60 menit sebelum berangkat.
Selain Bandara Jakarta Domestik 120-30 menit sebelum berangkat.
Selain Bandara Jakarta Internasional 180-45 menit sebelum berangkat.

Perlu dicatat kalau waktu pembukaan konter Airport check in Garuda Indonesia bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan, tergantung pada status penerbangan tiap Bandara.

Layanan Airport Check in ini adalah alternatif untuk kamu yang lupa melakukan check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, mobile apps atau phone checkin.

Layanan Airport Check in ini adalah alternatif untuk kamu yang lupa melakukan check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, mobile apps atau phone checkin.

4. Phone Check In Garuda Indonesia

Untuk kamu yang ingin check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, atau mobile app check in namun terkendala dengan koneksi internet, kamu bisa check in melalui telepon ke Call Center Garuda Indonesia. Layanan check in Garuda Indonesia lewat telepon ini tersedia mulai dari 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Layanan check in Garuda Indonesia ini sementara hanya tersedia melalui Contact Center Garuda Indonesia di 0804 1 807 807 & +62 21 2351 9999.

5. Mobile Check In Garuda Indonesia

Ini adalah cara check in Garuda Indonesia yang cocok untuk para millenial. Untuk kamu tidak ingin melakukan check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, Mobile Check In Garuda Indonesia adalah solusinya. Check in Garuda Indonesia melalui mobile app ini cukup mudah, kamu tinggal download aplikasinya ke smartphone kamu, dan langsung bisa kamu gunakan. Layanan Mobile Check In Garuda Indonesia ini tersedia untuk penerbangan dalam dan luar negeri dengan ketentuan;

Keberangkatan dari Rute Periode check-in
Semua Bandara Domestik 24-2 jam sebelum berangkat.
Semua Bandara Internasional 24-4 jam sebelum berangkat.

6. Kiosk Check In Garuda Indonesia

Cara check in Garuda Indonesia lewat Kiosk Check In adalah alternatif dari Airport Check In ketika konter cek in penuh dengan antrian. Ini juga cara cek in untuk kamu yang tidak sempat check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link. Fasilitas kiosk check in Garuda Indonesia ini tersedia untuk keberangkatan dari bandara-bandara berikut ini:

  • Soekarno-Hatta Airport, Jakarta (CGK)
  • Sultan Mahmud Badaruddin II International Airport, Palembang (PLM)
  • Supadio International Airport, Pontianak (PNK)
  • Husein Sastranegara International Airport, Bandung (BDO)
  • Depati Amir Airport, Pangkal Pinang (PGK)
  • Hasanuddin Airport, Ujung Pandang/Makassar (UPG)
  • Juanda Airport Surabaya (SUB)
  • Schiphol Airport, Amsterdam (AMS)
  • I Gusti Ngurah Rai International Airport, Bali (DPS)
  • Sultan Syarif Kasim II Airport, Pekanbaru (PKU)
  • Sultan Thaha Airport, Jambi (DJB)
  • Kualanamu International Airport, Medan (KNO)
  • Sultan Iskandar Muda International Airport, Aceh (BTJ)
  • Silangit International Airport, Tapanuli Utara (DTB)
  • Sepinggan International Airport, Balikpapan (BPN)

Ketentuan Kiosk Check In :

  1. Kiosk check-in ini dibuka dari 4 jam sampai dengan 1 jam sebelum Waktu Keberangkatan. Kecuali T3 CGK Domestik check-in dibuka dari 8 jam sampai dengan 1 jam sebelum Waktu Keberangkatan.
  2. Kiosk check-in di T3 CGK saat ini hanya berlaku untuk tujuan penerbangan domestik saja. Kiosk check in belum berlaku untuk rute penerbangan internasional, kecuali kiosk check-in di Schiphol Airport Amsterdam.
  3. Perlu diperhatikan kalau Kiosk check-in ini tidak berlaku untuk:
    • Penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara yaitu; penumpang dalam kondisi hamil, anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang berpergian sendiri, Unaccompanied Minor (UM), penumpang dengan bayi, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya di bandara.
    • Penerbangan dengan destinasi rute internasional.
    • Penumpang dengan group booking  lebih dari 9 orang.
    • Penumpang tanpa e-ticket yang sudah terkonfirmasi.

Catatan Untuk Layanan Internet Check In, Mobile Check In, dan Phone Check In 

Yang perlu kamu perhatikan untuk Layanan check in Garuda Indonesia Internet Check In, check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, Mobile Check In, dan Phone Check In

Yang perlu kamu perhatikan untuk Layanan check in Garuda Indonesia Internet Check In, check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, Mobile Check In, dan Phone Check In.

Layanan check in Garuda Indonesia Internet Check In, check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, Mobile Check In, dan Phone Check In tidak tersedia untuk:

  • Penumpang yang belum mempunyai tiket atau belum melakukan pembelian tiket terlebih dahulu
  • Untuk penumpang bayi dengan umur di bawah 2 tahun, dan tidak menempati tempat duduk
  • Penumpang yang membutuhkan bantuan khusus di bandara keberangkatan. Misalnya untuk penumpang dalam kondisi hamil, anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, Unaccompanied Minor (UM), membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya di bandara.
  • Penumpang grup, atau grup booking lebih dari 9 orang.

Alasan Kenapa Cara Check In Garuda Indonesia, Check In Online Garuda Indonesia Lewat Garuda Web Checkin Link, dan Mobile Apps Chek In Lebih Menguntungkan?

Cara Check In Garuda Indonesia Paling Mudah!

Dari semua cara check in Garuda Indonesia tersebut, check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, atau mobile apps check in akan lebih menguntungkan karena :

  1. Kamu gak perlu lagi takut gagal melakukan check in Garuda Indonesia karena datang terlalu mepet dengan jadwal terbang. Kios check in di bandara keberangkatan biasany ditutup antara 15-45 menit sebelum penerbangan. Siapa tahu kena macet di jalan, jadinya kamu nggak bisa cek in. Semua itu tidak akan terjadi kalau kamu check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, atau mobile apps check in.
  2. Kemungkinan kamu ditinggal pesawat semakin kecil, karena ada yang bilang kalau pesawat biasanya akan menunggu sampai last minute penumpang yang sudah melakukan online check in.
  3. Check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, atau mobile apps check in ini bisa dilakukan dimanapun, kapanpun asal kamu punya laptop atau smartphone dengan koneksi internet.
  4. Ketika kamu melakukan check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, atau mobile apps check in Garuda Indonesia, kamu bisa lebih bebas memilih kursi.

Nah, diatas adalah semua cara check in Garuda Indonesia termudah untuk kamu yang ingin naik maskapai Garuda Indonesia. Mulai dari cek in Garuda Indonesia secara offline di Bandara, hingga check in online Garuda Indonesia lewat Garuda web checkin link, mobile apps dan kiosk chekin ada semua. Semoga bermanfaat untuk kamu yang memerlukan.

Comments

comments