Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami, Obat, atau Salep

Mungkin Anda pernah merasakan masa muda yang sangat aktif dan penuh dengan berbagai bentuk aktivitas di luar. Masa-masa muda tersebut sering menjadi sebuah kenangan yang sangat indah dan tidak bisa terlupakan begitu saja dengan mudah. Tidaklah mudah untuk melupakan masa muda dan mungkin diantara Anda pernah ada yang terjatuh ketika sedang melakukan aktivitas dan mengalami luka yang cukup parah. Luka yang didiamkan hingga sembuh terkadang masih sering menyisakan bekas luka yang sangat mengganggu. Oleh karena itulah, Anda perlu untuk mengetahui beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan alami, atau menggunakan obat dan salep.

Tidak semua bekas luka bisa sembuh dengan mudah. Oleh karena itulah Anda harus mengobati luka dengan cepat sebagai salah satu cara untuk mencegah supaya bekas luka tidak muncul terlalu besar dan mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan bekas luka yang sudah terlanjur membekas, Anda bisa mencoba untuk mengikuti cara menghilangkan bekas luka seperti yang akan dibahas pada artikel lapakfjbku.com kali ini.

Jenis-Jenis Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami, Obat, atau Salep

Ketika Anda sedang bepergian, sudah sewajarnya untuk berhati-hati dan lebih memperhatikan kondisi di sekitar Anda. Dengan mencoba untuk berhati-hati maka Anda bisa terhindar dari berbagai bentuk kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan selama bepergian. Meskipun begitu, seringkali masih banyak orang yang tidak berhati-hati dan bisa mengakibatkan Anda mengalami masalah dikarenakan orang tersebut.

Sebuah kecelakaan yang tidak bisa dihindari tentu akan mengakibatkan berbagai masalah seperti terkilir, bengkak hingga luka-luka. Apabila tubuh Anda mengalami luka, maka hal tersebut tidak boleh dianggap sepele karena apabila luka dibiarkan begitu saja bisa mengakibatkan bekas luka. Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis bekas luka yang berbeda? Bekas luka tersebut tidak hanya bisa muncul diakibatkan oleh kecelakaan saja. Anda bisa mengetahui jenis bekas luka lainnya seperti yang dilansir dari nhs.uk di bawah ini:

1. Keloid

Jenis bekas luka yang pertama adalah keloid. Perlu Anda perhatikan bahwa bekas luka jenis ini bisa menjadi lebih besar dari luka itu sendiri. Salah satu hal yang membuat bekas luka keloid menjadi sangat mengganggu adalah bisa meninggalkan bekas berwarna gelap, bahkan tidak sedikit orang yang akan merasakan sakit dan rasa nyeri yang berkepanjangan.

BACA JUGA :  12 Ide Hampers Lebaran untuk Orang Tersayang. Unik dan Menarik!

2. Hipertrofik

Bekas luka yang timbul dan muncul diakibatkan bekas kondisi cedera adalah bekas luka hipertrofik. Bekas luka ini biasanya hanya terjadi pada lokasi cedera dan akan terasa gatal apabila luka tersebut akan segera sembuh.

3. Atrofi

Bekas luka atrofi merupakan sebuah bekas luka yang akan muncul sebagai lubang atau kondisi kulit yang menjadi cekung pada tempat luka yang mulai mengering. Kondisi ini umumnya bisa terjadi diakibatkan oleh penyakit cacar dan jerawat pada wajah.

4. Kontraktur

Apakah Anda pernah terkena luka bakar dan meninggalkan bekas luka yang sangat mengganggu? Kondisi tersebut bisa disebut sebagai bekas luka kontraktur. Bekas luka kontraktur ini bisa Anda rasakan dari permukaan kulit yang mengeras dan mengalami kaku sehingga sulit digerakkan.

5. Bekas Luka Meluas

Jenis bekas luka yang terakhir adalah bekas luka yang meluas. Hal ini seringkali menjadi masalah yang besar, terutama apabila Anda baru saja selesai melewati proses operasi. Bekas luka bisa menjadi lebih luas apabila sayatan pisau membentang dan menjadi lebih lebar.

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami, Obat, atau Salep

Anda bisa memanfaatkan produk alami seperti ekstrak lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka dengan mudah atau beberapa lainnya seperti dilansir dari heathline:

1. Menggunakan Kapsul Vitamin E

Vitamin E adalah salah satu vitamin yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Apabila Anda memiliki beberapa buah Vitamin E dalam bentuk kapsul gel maka Anda bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Buka potongan kapsul vitamin E dan oleskan minyak gel vitamin tersebut pada kulit Anda yang memiliki bekas luka secara merata.
  • Selama 10 menit, pijatlah bagian bekas luka dengan menggunakan minyak dari vitamin E tersebut.
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat dan ulangi proses selama 3 hari berturut-turut.

2. Mengoleskan Ekstrak Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas luka. Di bawah ini adalah tahapan yang bisa Anda coba ikuti untuk memanfaatkan lidah buaya dalam menghilangkan bekas luka:

  • Potonglah bagian hijau dari daun lidah buaya untuk memunculkan bagian bening berupa gel dari lidah buaya.
  • Potong sedikit bagian dari gel tersebut lalu pisahkanlah dari sisa lidah buaya lainnya.
  • Oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit Anda yang memiliki bekas luka hingga merata dan diamkanlah selama setengah jam.
  • Setelah itu, barulah Anda bisa membersihkan gel lidah buaya yang menempel di kulit hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

3. Olesan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki wangi yang segar dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka. Ikuti cara berikut ini untuk menghilangkan bekas luka dengan menggunakan olesan minyak kelapa:

  • Cairkan terlebih dahulu minyak kelapa yang masih dalam keadaan kental.
  • Setelah menghangat, oleskan minyak kelapa yang cair tersebut pada bekas luka yang ada pada permukaan tubuh Anda.
  • Diamkan setidaknya selama 1 jam supaya olesan minyak kelapa bisa masuk dan meresap sempurna ke dalam kulit.
  • Ulangi proses ini setidaknya dua kali dalam seminggu.
BACA JUGA :  Contoh Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank

4. Manfaatkan Madu Murni untuk Menghilangkan Luka

Selain memiliki rasa yang nikmat, madu murni ternyata juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka yang sangat mengganggu penampilan. Ikuti cara mudah berikut ini:

  • Sebelum Anda tidur, oleskanlah madu hingga merata pada bekas luka.
  • Tutuplah bekas luka yang sudah dioleskan madu dengan menggunakan perban bersih.
  • Ketika sudah pagi, bersihkanlah bekas luka tersebut dengan menggunakan air hangat dan ulangi proses ini sampai bekas luka menghilang.

5. Campuran Cuka Apel

Cuka apel bisa dimanfaatkan untuk campuran olahan makanan dan menghilangkan bekas luka yang membandel di tubuh Anda. Di bawah ini adalah contoh pemanfaatan campuran cuka apel untuk menghilangkan bekas luka yang bisa Anda coba:

  • Larutkan terlebih dahulu 2 sendok makan cuka apel ke dalam 4 sendok makan air bersih.
  • Dengan menggunakan bola kapas, Anda bisa mengoleskan campuran air cuka pada permukaan bekas luka hingga merata.
  • Diamkan hingga mengering dan ulangi kembali proses ini setiap malam sebelum tidur.

6. Perasan Jeruk Lemon untuk Mengembalikan Kekencangan Kulit

Dibalik rasa masam yang menyegarkan, ternyata air perasan jeruk lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan luka dan mengembalikan kekencangan kulit Anda. Ikuti langkah seperti yang ada di bawah ini:

  • Potong dan belah jeruk lemon menjadi 2 bagian.
  • Ambillah satu bagian jeruk lemon yang sudah dipotong lalu usapkan secara perlahan pada bekas luka sambil menekan jeruk secara perlahan untuk mengeluarkan air perasannya.
  • Diamkan selama 10 menit barulah Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air dingin.
  • Ulangi proses ini setiap hari sampai bekas luka berkurang jauh.

7. Gunakan Potongan Kentang

Apakah Anda memiliki potongan kentang yang tidak terpakai di rumah? Manfaatkanlah potongan kentang untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh Anda dengan cara berikut ini:

  • Bersihkan potongan kentang dengan menggunakan air.
  • Usapkan kentang yang sudah dipotong pada bekas luka dan lakukan gerakan berputar.
  • Jika potongan kentang sudah mulai mengering, gantilah potongan tersebut dengan potongan lain yang masih segar.
  • Ulangi proses hingga selama 20 menit lalu bersihkanlah bekas luka dengan menggunakan air hangat.
  • Ulangi proses setidaknya setiap 3 hari dalam satu minggu.

Sesungguhnya ada banyak cara untuk menghilangkan bekas luka baik dengan obat-obatan, salep, hingga cara yang alami.

BACA JUGA :  Mengenal HPL, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Terbaru!

Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami, Obat, atau Salep

Sudah tersedia beberapa obat pilihan yang bisa menghilangkan bekas luka pada tubuh Anda.

1. Cica-Care Gel Sheet

Bekas luka hipertrofik yang membandel masih bisa dihilangkan dengan menggunakan obat Cica-Care Gel Sheet yang berupa lembaran. Obat ini bisa diaplikasikan dengan menempelkannya pada kulit yang mengalami bekas luka. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menghemat karena lembaran ini bisa dicuci dan dipakai berulang kali.

2. Keloplast

Bekas luka keloid sangatlah mengganggu dan tidak nyaman. Anda bisa memanfaatkan obat bernama Keloplast yang memiliki bentuk lembaran untuk menghilangkan bekas luka keloid pada tubuh. Gunakan Keloplast secara teratur selama 12 jam setiap harinya pada bekas luka keloid di tubuh Anda.

3. Salep Penghilang Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Alami, Obat, atau Salep

Selain obat-obatan, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai bentuk salep penghilang bekas luka yang dijual secara bebas di apotek. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi salep penghilang bekas luka yang bisa Anda coba gunakan:

a. Dermatix Ultra

Rekomendasi salep penghilang luka yang pertama jatuh kepada Dermatix Ultra. Salep ini memiliki kandungan silikon yang memiliki tekstur layaknya sebuah gel. Salep Dermatix Ultra memiliki kandungan cyclopentasiloxane atau CPX dan digabungkan dengan Vitamin C Ester untuk membantu kulit menghilangkan bekas luka.

b. Bio-Oil

Bio-Oil merupakan salep dengan tekstur yang menyerupai minyak dan cocok untuk digunakan pada jenis kulit yang berbeda-beda tanpa efek samping. Di dalamnya terdapat banyak sekali kandungan bermanfaat yang ampuh untuk menghilangkan stretch mark yang membandel.

c. Mederma Advanced Scar Gel

Mederma Advanced Scar Gel adalah salep penghilang bekas luka yang diproduksi oleh Amerika Serikat dan sangat laris di negara-negara Eropa. Formula dari salep ini terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang membandel seperti luka bakar, luka keloid dan bekas luka lainnya.

d. Breylee Acne Scar Removal Cream

Jerawat yang membandel bisa membuat bekas luka yang sangat mengganggu penampilan wajah Anda. Untuk menghilangkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat, Anda bisa memanfaatkan Breylee Acne Scar Removal Cream. Salep yang memiliki kandungan Allantoin sebesar 0.5% mampu untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah Anda.

e. Strataderm Scar Therapy Gel

Strataderm Scar Therapy Gel adalah salah satu salep yang mampu untuk menghilangkan bekas luka dan kulit kemerahan dengan ampuh dan cepat. Salep dalam bentuk gel ini juga aman untuk digunakan bagi orang-orang yang memiliki kulit sensitif seperti anak-anak hingga orang tua.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami, obat-obatan, dan salep yang dapat Anda coba lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Usahakan untuk selalu memeriksa kondisi bekas luka secara berkala supaya bekas luka tersebut tidak semakin membesar. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat mengembalikan keindahan kulit Anda dan merasa lebih percaya diri tanpa harus khawatir tentang bekas luka yang mengganggu.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com