Ini Cara Terbaik Memanfaatkan Barang Bekas Di Rumah

Barang bekas di rumah sebaiknya tidak segera dibuang. Anda bisa memanfaatkannya menjadi berbagai barang yang sangat berguna dan bernilai untuk kebutuhan rumah.

Beberapa barang atau benda yang tidak terpakai di rumah mungkin masih bisa dimanfaatkan. Anda bisa menggunakan barang tersebut untuk keperluan lain. Daripada membeli barang baru, lebih baik memanfaatkan yang sudah ada, bukan? Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi cara terbaik untuk menggunakan kembali barang bekas yang Anda miliki di rumah.

1. Botol Bekas Sabun Cair

Anda bisa memanfaatkan botol bekas sabun untuk berbagai keperluan. Anda bisa memakai kembali botol itu untuk mengisi ulang sabun cair yang Anda beli. Bisa juga mengisinya kembali dengan air, untuk kemudian dipakai sebagai alat penyemprot tanaman. Caranya yaitu dengan mencuci bersih bekas sisa sabun di dalamnya, kemudian rendam isi botol dengan air hangat. Hal ini akan mensterilkan isi botol dari kuman dan bakteri sehingga bisa digunakan kembali.

2. Wadah Telur Dari Karton

Wadah Karton tempat telur yang sudah tidak terpakai dapat Anda manfaatkan untuk meletakkan bahan makanan lain seperti donat, bakso, atau keju. Anda juga bisa menggunakannya sebagai mainan. Wadah bekas ini juga cocok dijadikan pupuk untuk tanaman Anda.

3. Pecahan Ubin Lantai

Sisa hasil renovasi rumah seperti pecahan ubin yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai karya seni yang bernilai. Anda bisa menyusun pecahan ubin berbagai warna untuk mengoptimalkan karya seni yang dibuat. Pecahan ubin ini juga layak ditempel pada permukaan meja atau kursi sebagai pernak-pernik tambahan pada interior rumah Anda.

BACA JUGA :  15 Dekorasi Ramadhan di Rumah, Bikin Puasa Lebih Khusyuk

4. Kaus Kaki Bekas

Kaus kaki bekas umumnya dibiarkan begitu saja, atau bahkan jika sudah benar-benar tidak dipakai akan dibuang. Padahal kaus kaki bekas dapat Anda pakai sebagai wadah penyimpanan untuk mainan anak anak. Selain itu bila sedang mengecat dinding, Anda bisa membungkus sepatu dan sandal dengan menggunakan kaus kaki ini, agar terhindar dari cat yang jatuh. Kelebihan lainnya yakni kumpulan kaus kaki bekas dapat Anda gunakan sebagai mainan kucing atau anjing. Caranya adalah dengan mengumpulkan beberapa kaus kaki hingga berbentuk menyerupai bola. Lalu rekatkan dengan karet atau tape isolasi.

5. Baju Bekas

Bila memiliki baju bekas yang cukup banyak di rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kain lap bersih di rumah. Anda juga bisa memilih pakaian yang masih layak untuk dijual atau disumbangkan ke orang yang membutuhkan. Selain itu, pakaian bekas juga berguna sebagai bahan pengisi bantal atau guling.

6. Plastik Belanjaan

Jika Anda sangat hobi belanja dan menumpuk banyak plastik di rumah, sudah saatnya menggunakan plastik tersebut untuk hal yang lebih berguna. Anda dapat memakainya sebagai pembungkus tempat sampah di rumah, sehingga mudah untuk membuang sampah nantinya. Plastik ini juga layak dimanfaatkan sebagai pelapis rak atau lemari agar gula dan tepung yang Anda simpan tidak berantakan.

7. Kotak Sepatu

Anda memiliki banyak sekali kotak sepatu yang dibiarkan begitu saja. Mulailah untuk menata dan menyusunnya dalam sebuah tempat. Berikan tanda untuk tiap wadah sepatu agar memudahkan Anda kala mengambilnya kembali di kemudian hari. Selain itu, kotak Sepatu bekas juga cocok Anda jadikan media untuk bermain anak dan mengasah kreativitas mereka dalam menggambar.

BACA JUGA :  Daftar Harga Kaca per Meter Berbagai Jenis dan Ukuran Terbaru

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com