9 Contoh Ide Inspirasi Kerajinan Limbah Keras Anorganik Di 2024

Menghias interior rumah tidak harus selalu menggunakan barang baru. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan limbah keras anorganik yang terbuat dari limbah bersifat keras dan padat yang tidak mudah diubah serta diolah bentuknya.

Beberapa limbah keras anorganik berasal dari plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan potongan logam. Karena tidak mudah diolah, butuh alat dan proses khusus agar limbah bisa berubah jadi aneka pajangan yang menarik.

Kegiatan daur ulang tersebut tentu sangat baik karena mampu mengurangi jumlah sampah dan menghasilkan barang baru bernilai seni. Penasaran apa saja contoh kerajinan bahan limbah keras anorganik? Artikel lapakfjbku.com ini akan membahas beberapa hasil dari pengolahan limbah seperti berikut:

1. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Vas Bunga

Perpanjang usia botol plastik atau kaca dengan menjadikannya vas bunga cantik. (Foto: Pexels - Jessica Lewis)

Botol plastik merupakan salah satu sampah yang sulit terurai. Karena itulah, sebisa mungkin kita mendaur ulang atau mengkreasikan botol plastik ini menjadi barang yang bermanfaat. Anda bisa mengkreasikan botol plastik menjadi berbagai macam barang lho, seperti vas bunga. Tinggal letakkan beberapa tangkai bunga ke dalam botol plastik yang sudah diisi air, hunian Anda akan terlihat asri dan cantik.

Limbah keras anorganik dapat merusak lingkungan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mendaur ulang bekas-bekas barang yang terbuat dari bahan-bahan keras anorganik agar tidak menjadi sampah dan limbah yang merusak lingkungan.

2. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Keramik Lantai

Anda bisa menggunakan pecahan keramik untuk material lantai rumah. (Foto: Pexels - Monstera)
Untuk Anda yang sedang membangun rumah dengan tema anti mainstream, Anda bisa menggunakan pecahan keramik untuk material lantai rumah Anda. Pecahan keramik ini dapat Anda temui di toko bahan bangunan atau ecommerce kesayangan.

BACA JUGA :  Pengertian, Fungsi, Contoh, Elemen Pada Strategi Pemasaran Adalah?

Jika tertarik mengaplikasikan lantai dengan pecahan keramik dan melakukannya secara mandiri, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan Anda mempersiapkan alat pemotong keramik (tile cutter) yang berkualitas baik. Begitu juga dengan pemilihan lem keramiknya agar hasilnya rapi. Selain itu, pastikan memilih material keramik yang bagus agar pemakaiannya awet.

3. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Tempat Pensil

Desain dan warna kemasan pada sampah plastik menjadi motif unik tersendiri. (Foto: Twitter - Shabby Sheuk)

Punya banyak sampah bekas stik es krim? Jangan dibuang, dijadikan tempat pensil saja. Daripada membeli lagi, lebih baik mendaur ulang sampah yang ada. Salah satu bentuk prakarya dari stik es krim adalah tempat pensil. Cara membuat tempat pensil dari stik es krim juga cukup mudah dan aman dilakukan untuk anak.

Selain stik kayu, Anda juga bisa menggunakan kemasan plastik bekas minuman atau makanan sebagai bahan baku. Plastik yang cukup tebal membuatnya tidak mudah rusak dan desain yang berbeda di tiap kemasan menghasilkan corak unik ketika digabungkan.

4. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Kap Lampu

Kesan eksotis sekaligus hangat akan terpancar apabila Anda menggunakan frame lampu dari pecahan kaca. (Foto: Lushome.com)
Barang kerajinan ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai hiasan sekaligus pemanis tampilan ruang tamu di rumah. Kesan eksotis sekaligus hangat akan terpancar apabila Anda menggunakan frame lampu dari pecahan kaca. Kerajinan dari pecahan kaca memang memiliki nilai seni yang sangat bagus sekaligus unik.

5. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Hiasan Meja dan Dinding

Sisa potongan kayu dapat menjadi hiasan dinding bernilai seni tinggi. (Foto: Pinterest - Rock n roll problems)

Pernah melihat meja tamu dengan tampilan elegan? Nah, itu sudah biasa. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika Anda menghias meja ruang tamu dengan limbah pecahan kaca? Pasti akan menjadi sebuah karya seni yang luar biasa indahnya.

Hiasan meja yang terbuat dari limbah kepingan kaca pasti termasuk jenis hiasan yang anti mainstream. Anda bisa untung banyak dengan mengkreasikan limbah tidak terpakai ini menjadi karya seni bernilai. Caranya juga relatif mudah.

  • Siapkan bahan-bahan yang kamu butuhkan terlebih dahulu yaitu limbah pecahan kaca, lem serta cat.
  • Desain model hiasan terlebih dahulu.
  • Padupadankan pecahan-pecahan kaca tersebut dengan lem agar membentuk pola hiasan yang kamu mau. Misalnya, hiasan bunga, dedaunan, dunia satwa dan sebagainya.
  • Lakukan berulang sampai motif atau model yang kamu mau selesai.
BACA JUGA :  Syarat Cara Pelunasan KPR BTN Sebelum Masa Tenor

6. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Bingkai Foto

Sisa potongan kayu dapat dikreasikan menjadi bingkai foto. (Foto: Pexels - Pixabay)

Tumpukan kayu yang tidak terpakai di rumah sebaiknya jangan dibuang dulu. Dari limbah yang sulit terurai ini, masih bisa dimanfaatkan menjadi kreasi kerajinan tangan dari kayu, salah satunya bingkai foto. Bentuknya yang unik dijamin bisa membuat foto-foto Anda lebih “hidup” dan menjadikan hunian Anda lebih estetik.

7. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Tas Belanja

Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Tas Belanja: Aneka tas cantik anti air dari sampah plastik. (Foto: Medium.com)

Akhir-akhir ini berita mengenai limbah plastik semakin mengkhawatirkan. Pasalnya limbah plastik ini bukan hanya ada di daratan saja, melainkan di lautan. Namun tak semua yang berbahan plastik harus berakhir menjadi limbah. Pasalnya ada pula yang menggunakan plastik sebagai bahan kerajinan dan juga meningkatkan kreativitas.

Salah satu yang sering digunakan ialah bungkus kopi. Bungkus kopi sendiri cukup sering dikreasikan menjadi berbagai hal seperti dompet maupun tas, terutama oleh para ibu-ibu pelaku UKM. Tas bungkus kopi bisa Anda gunakan sebagai kantong belanja ke pasar/supermarket. Bahannya kokoh, kuat dan mampu menampung belanjaan Anda.

8. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Bunga Hias

Aneka bunga cantik dari plastik atau sedotan dapat dibuat dengan mudah. (Foto: Pexels - Jonathan Cooper)

Sedotan bekas banyak tergeletak di tempat sampah, padahal barang bekas ini memiliki nilai jual yang tinggi apabila dibuat sebuah kerajinan tangan. Seperti dibuat bunga dari sedotan bekas. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan sedotan, gunting, lem perekat, dan pot bunga. Berikut ini cara membuatnya:

  • Sediakan bahan serta perlengkapan yang diperlukan.
  • Potong sedotan dengan ukuran yang sama.
  • Lipat serta gabungkan sampai membentuk bunga.
  • Berikan tangkai. Tangkainya bisa menggunakan sedotan yang keras.
  • Gunakan lem untuk menjadikan satu tangkai beserta bunganya.
  • Masukkan ke dalam pot bunga.
  • Bunga dari sedotan bekas pun siap untuk dipajang.

9. Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Bros

Contoh Kerajinan Limbah Keras Anorganik Bros: Kain perca dapat dijahit kembali dan dibentuk menjadi bros yang cantik. (Foto: Bakti.or.id)

Kain perca memang dapat dijahit kembali atau dapat dimanfaatkan untuk kerajinan tangan dengan berbagai bentuk dan fungsi, misalnya bros. Untuk membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan benang, peniti, jarum, dan kancing. Bros dari kain perca siap dipasang di baju dan dapat mempermanis penampilan Anda.

Tips Lapakfjbku.com

Sampah fashion seperti sepatu bisa Anda manfaatkan sebagai pot bunga cantik untuk taman di rumah.

Contoh Tips Menjaga Lingkungan Akibat Limbah Keras Anorganik

Di era modern ini limbah pun dapat disulap menjadi produk yang ekonomis. Mari manfaatkan keberadaan limbah di sekitar kita dengan baik agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga.

BACA JUGA :  Contoh Surat Keterangan Ahli Waris untuk Bank

1. Pisahkan Sampah Sesuai Dengan Jenisnya

Langkah pertama adalah memisahkan sampah sesuai jenisnya, yaitu sampah organik (sisa makanan, daun, rumput, tulang ikan) dan sampah anorganik (karet, kaca, plastik, kaleng, kertas).

Siapkan dua tempat sampah yang berbeda di rumah yang dikhususkan untuk setiap jenis sampah, sehingga pembuangannya tidak tercampur dan tidak menimbulkan bau tak sedap.

2. Pengelolaan Sampah Anorganik

Sebagian sampah anorganik dapat didaur ulang, seperti kertas, kardus, botol kaca, botol plastik, kaleng dan lainnya.

Selain dibuat kerajinan seperti penjelasan di atas, sampah-sampah ini bisa dibawa ke pusat daur ulang sampah atau diberikan langsung ke pemulung.

3. Pengelolaan Sampah Berbahaya

Pisahkan sampah-sampah berbahaya untuk dibawa ke pusat daur ulang.

Petugas pusat daur ulang pasti tau cara untuk mendaur ulang sampah berbahaya agar tidak merusak lingkungan.

Untuk barang-barang elektronik yang sudah rusak, Anda dapat mengembalikannya ke perusahaan yang memproduksinya.

Beberapa perusahaan elektronik menerima barang elektronik bekas untuk mereka daur ulang kembali menjadi produk elektronik baru.

4. Pengelolaan Sampah Organik

Cara pengelolaan sampah organik yang paling mudah adalah dengan membuatnya menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan untuk berkebun.

Namun jika Anda kurang suka berkebun karena aroma yang ditimbulkan selama pembuatan pupuk kompos, Anda dapat mendonasikan sampah organik ke penjual tanaman.

Mereka pasti dengan senang hati menerimanya untuk dibuat menjadi pupuk kompos.

5. Reduce, Reuse and Recycle!

Budayakan gaya hidup Reduce, Reuse and Recycle atau biasa dikenal dengan 3R.

Biasakan untuk mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai.

Kemudian jangan lupa memanfaatkan barang bekas agar bisa digunakan kembali.

Seperti memanfaatkan botol plastik bekas untuk dijadikan pot tanaman.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mendaur ulang sampah-sampah yang dapat didaur ulang kembali.

Dengan membawa sampah tersebut ke pusat daur ulang, seperti yang telah dibahas mengenai pengelolaan sampah anorganik di atas.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com