12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di Tahun 2024 Ini!

Merawat tanaman hias merupakan aktivitas yang berharga. Dengan perawatan yang cermat, tanaman dapat menyegarkan dan mempercantik rumah Anda. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tren tanaman hias untuk tahun 2024 telah ditentukan seperti yang diulas lapakfjbku.com disini.

Selama beberapa tahun terakhir, orang tidak hanya menjaga dan merawat tanaman, tetapi juga mulai membudidayakan tanaman hias sebagai sumber pendapatan tambahan. Jenis tanaman yang populer dan harganya melonjak tajam pun muncul secara tiba-tiba. Untuk memulai perawatan tanaman hias di rumah, artikel ini akan membahas hal berikut:

Manfaat Tanaman Hias di Rumah

Manfaat Tanaman Hias di Rumah

Banyak orang menganggap merawat tanaman hias sebagai tugas yang rumit. Meskipun demikian, merawat tanaman hias sebenarnya cukup mudah bahkan bagi mereka yang masih baru dalam dunia perkebunan. Penggunaan tanaman hias sebagai dekorasi interior rumah telah menjadi tren yang populer dalam beberapa waktu terakhir. Menurut laporan dari “The Spruce,” memiliki tanaman hias memiliki beberapa manfaat yang signifikan, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  1. Tanaman hias berperan dalam membersihkan udara di dalam rumah. Ukuran variasi tanaman hias memungkinkan Anda dengan mudah menempatkannya di berbagai sudut rumah.
  2. Kehadiran tanaman hias dapat memengaruhi suasana hati dan meredakan stres. Menempatkan tanaman hias di ruang kerja dapat meningkatkan produktivitas selama bekerja.
  3. Menanam tanaman hias di halaman depan rumah juga berkontribusi mengurangi suara bising dari luar. Suara bising dan polusi suara dapat menyebabkan ketidaknyamanan di dalam rumah.

Dengan demikian, merawat tanaman hias bukan hanya menghadirkan keindahan, tetapi juga memberikan manfaat positif untuk lingkungan dan kesejahteraan Anda.

 

6 Tanaman Hias Daun

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024
Popularitas tanaman hias daun meningkat berkat keindahan bentuk dan warna daunnya. Tanaman jenis ini khususnya cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan, memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan. Berikut adalah enam jenis tanaman hias daun yang populer dan layak untuk dijadikan pilihan perawatan:

BACA JUGA :  11 Keramik Lantai Kamar Mandi Anti Licin, Aman, dan Tidak Mudah Berkerak!

1. Sukulen

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Sukulen
Sejak pertengahan tahun 2020, tanaman hias daun berjenis sukulen telah meraih popularitas yang besar. Menurut Wikipedia, tanaman sukulen dikenali dari daunnya yang tebal dan mampu menyimpan banyak air. Salah satu contoh tanaman sukulen yang terkenal adalah aloe vera. Tanaman sukulen juga termasuk dalam jenis tanaman yang mudah dirawat. Jadi, bagi yang belum terbiasa merawat tanaman, memilih tanaman ini sebagai pilihan utama bisa menjadi langkah yang baik.

2. Monstera

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Monstera
Janda bolong adalah salah satu varian dari tanaman hias Monstera yang telah mengalami lonjakan popularitas yang luar biasa, mengakibatkan peningkatan harga yang kadang tidak masuk akal. Walaupun begitu, tanaman populer ini masih relatif mudah didapat dan dapat menjadi pilihan menarik sebagai tanaman hias yang unik dan menawan. Tanaman monstera janda bolong ini juga mudah untuk diperbanyak, karena termasuk dalam jenis tanaman merambat dan memerlukan proses stek batang yang tidak terlalu rumit untuk dijalankan.

3. Anthurium

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Anthurium

Tanaman hias jenis anthurium telah mengalami siklus popularitas yang menurun namun kini kembali meraih perhatian dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu contoh anthurium yang terkenal adalah tanaman hias gelombang cinta, yang namanya sesuai dengan bentuk daunnya yang indah. Tanaman ini termasuk mudah untuk dibudidayakan di rumah karena pertumbuhannya yang tidak memerlukan ruang luas.

Tips dari Lapakfjbku.com

Agar tanaman gelombang cinta memiliki daun yang indah, berikan pupuk secara teratur untuk mendukung pertumbuhannya.

4. Sansevieria

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Sansevieria
Sansevieria, sebuah jenis tanaman hias daun, menjadi populer dan sangat diminati karena memberikan manfaat positif di dalam rumah Anda. Salah satu varian sansevieria yang terkenal adalah tanaman lidah mertua, atau sering disebut sebagai “snake plant” karena daunnya yang panjang dengan paduan warna hijau dan aksen kuning yang memikat. Tanaman ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk tumbuh, oleh karena itu, sedikit kesabaran diperlukan dalam merawatnya.

BACA JUGA :  8 Jenis Bathtub Nyaman Lengkap Dengan Info harga

5. Calathea Black Lipstick

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Calathea Black Lipstick
Memiliki tanaman hias yang unik tentu menjadi impian bagi banyak orang. Salah satunya adalah calathea black lipstick, tanaman hias yang unik berkat warna daunnya yang gelap, serta aksen merah muda yang mencolok. Untuk merawatnya dengan baik, pastikan menempatkan tanaman calathea di dalam ruangan dan menjaga agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

6. Aglaonema

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Aglaonema
Aglaonema, salah satu jenis tanaman hias daun, mengalami popularitas yang meroket pada tahun 2006. Kini, tanaman aglaonema sri rejeki telah kembali menjadi tren. Tanaman ini memiliki daun yang memukau dengan paduan warna merah dan hijau yang menawan.

6 Tanaman Hias Bunga

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024
Popularitas tanaman hias bunga tidak kalah dengan tanaman hias daun. Keindahan bunga-bunga tersebut mampu memberikan daya tarik khusus pada tampilan rumah Anda, terutama saat bunga sedang mekar dan menghiasi ruangan dengan warna-warna cerah. Berikut adalah beberapa opsi tanaman hias bunga yang dapat Anda pertimbangkan untuk dirawat di rumah sendiri:

1. Begonia

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Begonia
Banyak yang sudah mengenal keunikan dari tanaman begonia. Keistimewaan tanaman hias ini terletak pada kombinasi yang menakjubkan antara daun dan bunganya, menjadikannya pilihan sempurna sebagai tanaman pelengkap dalam rumah. Begonia memerlukan waktu yang sedikit lebih lama agar bunga-bunganya tumbuh dan mekar dengan sempurna.

2. Epiphyllum Chrysocardium

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Epiphyllum Chrysocardium
Tanaman Epiphyllum chrysocardium, juga dikenal sebagai wijaya kusuma, merupakan tanaman yang menarik perhatian. Seperti yang dilansir oleh Bibit Bunga, tanaman ini tergolong dalam kelompok tanaman kaktus dan berasal dari Venezuela serta Kepulauan Karibia. Keistimewaan dari tanaman yang indah ini adalah bunganya yang mekar pada malam hari dan hanya bertahan selama beberapa jam.

3. Hoya

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Hoya
Tanaman hoya merupakan pilihan populer berikutnya dalam dunia tanaman hias. Untuk menanamnya, disarankan menggunakan pot dengan sistem pembuangan air yang baik, karena terlalu banyak air dapat menyebabkannya busuk. Tanaman ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai kematangan dan mekar dengan bunga-bunga yang indah.

BACA JUGA :  8 Cara Membuat Kartu Keluarga Online Terbaru!

4. Adenium

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Adenium
Adenium, dikenal juga sebagai tanaman kamboja Jepang, tumbuh subur di daerah kering dan tidak memerlukan banyak air. Saat berada dalam masa berbunga, keindahan tanaman ini semakin terpancar melalui bunga-bunganya yang cantik dan besar.

5. Hortensia

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024 - Hortensia
Hortensia merupakan salah satu tanaman hias bunga yang amat populer berkat keindahan warna bunganya. Warna bunga hortensia bisa berubah-ubah sesuai dengan pH atau tingkat keasaman tanah tempatnya tumbuh. Menyebabkan tanaman ini terasa unik. Cara pembiakannya bisa dilakukan melalui stek batang, dan keistimewaan lainnya adalah pertumbuhannya yang relatif cepat.

6. Bougenville

12 Tanaman Hias Yang Bakal Jadi Tren di 2024
Bougenville, atau dikenal sebagai kembang kertas, merupakan salah satu tanaman yang sangat terkenal di Indonesia. Meskipun memiliki ukuran kecil, tanaman ini sangat cocok ditanam dalam pot berukuran sedang, sehingga tidak memerlukan banyak ruang di dalam rumah untuk tumbuh dengan baik. Merawatnya membutuhkan penyiraman yang teratur untuk menjaga kelembaban tanah, sehingga pastikan tanah selalu dalam kondisi lembab.

Menurut Feng Shui, Inilah Tanaman Hias yang Harus Dihindari

Anda mungkin telah menyadari bahwa tidak semua tanaman memiliki pengaruh Feng Shui yang positif dalam rumah. Tanaman dengan energi Feng Shui yang kurang menguntungkan sebaiknya dihindari, karena bisa berdampak negatif pada energi rumah Anda. Menurut ajaran Feng Shui, kaktus adalah salah satu tanaman yang perlu dihindari karena daunnya yang tajam dapat menghasilkan energi yang tajam dan merusak. Demikian juga dengan tanaman yang memiliki duri tajam, karena dapat menciptakan dampak energi serupa dengan kaktus.

Inilah 12 tanaman hias yang populer tahun 2024 ini yang dapat Anda pilih untuk mempercantik interior rumah. Jangan lupa untuk senantiasa merawat tanaman hias Anda agar tetap segar dan tumbuh dengan baik.


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com