Hii! Ternyata Ini Jumlah Urine Di Kolam Renang Umum!

Saat masih kecil pasti kamu pernah sembunyi-sembunyi pipis saat berada di kolam renang. Tahukah kamu berapa jumlah air urine dalam kolam renang yang pernah kamu singgahi?

Ternyata kadar air urine di kolam renang menjadi sebuah objek penelitian dari Universitas Alberta di Kanada. Mereka melakukan penelitian untuk menghitung kadar air urine di kolam renang yang berada di dua kota di Kanada.

Para peneliti ini mengambil 250 sampel dari 31 kolam renang termasuk kolam rendam air panas di dua kota di Kanada. Hasilnya ternyata sangat mengejutkan. Kandungan air urine di dalam kolam renang ternyata berada di atas ambang rata-rata.

Renang bersama keluarga (shutterstock)

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam 830.000 liter air di kolam renang yang diteliti setidaknya terkandung 75 liter air urine yang sudah tercampur. Padahal ukuran kolam tersebut merupakan ukuran sepertiga kolam renang untuk perlombaan Olimpiade. Sedangkan untuk kolam yang lebih kecil lagi diperkirakan ada sekitar 30 liter air urine dalam kolam renang.

Menurut penelitian tersebut bahwa keberadaan urine dalam kolam renang bisa saja membahayakan kesehatan orang-orang yang berenang di dalamnya. Pasalnya terdapat campuran urine dan bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan dan menjaga warna air kolam renang tetap bersih.

Sebetulnya ada beberapa cara untuk mengurangi terkena risiko bahan-bahan berbahaya di dalam kolam renang. Misalnya dengan mandi terlebih dahulu sebelum berenang. Selain bisa mengurangi bakteri yang masuk ke kolam renang juga membuat kulit terlindungi secara alami.

Infinity Pool (shutterstock)

Gunakan kacamata renang untuk melindungi mata, karena pasti akan terasa sangat pedih jika kandungan bahan kimia di kolam renang sangat tinggi. Selain itu hindari sebisa mungkin untuk menelan apalagi meminum air dalam kolam renang.

BACA JUGA :  Rekomendasi Tempat Wisata Madura Terbaik!

Setelah selesai berenang langsung bilas tubuh mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Gunakan shampo dan sabun agar badan benar-benar bersih dan gunakan handuk khusus untuk berenang. Setelah digunakan untuk bilas, handuk tidak boleh dipakai lagi di rumah kecuali jika sudah dicuci dengan bersih.

Jangan sekali-kali mencoba kencing atau pipis sembarangan saat berada di kolam renang karena ternyata air urine akan tetap mengendap di dalam kolam renang yang jarang dikuras atau dibersihkan.

Comments

comments