Owabong Waterpark Purbalingga Punya 7 Wahana Wajib Coba!

Owabong Waterpark adalah sebuah tempat wisata taman air yang sebenarnya merupakan singkatan dari Objek Wisata Air Bojongsari. Wisata taman air ini juga menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di daerah Purbalingga.

Ada banyak wahana yang bisa dinikmati di tempat wisata ini dan tidak sebatas pada wisata air. Apa saja? Cek selengkapnya di bawah ini ya.

7 Wahana Owabong yang Wajib Dicoba

Kolam raksasa di Owabong dengan nuansa pantai.

Kolam raksasa di Owabong Waterpark dengan nuansa pantai.

Ada banyak wahana yang bisa Anda nikmati di Owabong. Agar tak bingung wahana mana yang harus dipilih, berikut ini rekomendasi 7 wahana yang wajib dicoba saat mengunjungi Owabong:

Kolam Sagara

Wahana Kolam Sagara diambil dari kata segara yang artinya laut. Wahana kolam renang ini menghadirkan sensasi berenang di pantai, lengkap dengan ombak dan pohon kelapa di tepinya.

Wahana ini cocok dinikmati bersama-sama dengan teman dan anggota keluarga. Rasakan sensasi diterjang ombak saat berenang. Bedanya, air di Kolam Sagara tidak lengket dan asin. Jadi lebih nyaman untuk berenang dalam waktu lama.

Agar semakin lengkap sensasi renang di Kolam Sagara, Anda bisa menggunakan ban yang sudah disediakan di wahana ini. Oh ya, wahana ini airnya dangkal ya. Jadi anak-anak tetap bisa bermain di wahana ini. Meski begitu, anak-anak tetap perlu pengawasan dari orang dewasa ya.

Spiral Slider

Wahana lain yang jadi favorit pengunjung di Owabong Waterpark adalah Spiral Slider. Wahana seluncur ekstra besar dengan alur melingkar ini memang jadi untuk uji adrenalin. Bagaimana tidak, tinggi menara luncurnya mencapai 15 meter.

Kombinasikan cara berseluncur dengan atau pun tanpa ban. Sensainya akan terasa beda saat meluncur di atas ban dengan saat kulit bergesekan langsung di pipa peluncur raksasa. Di wahana ini, Anda akan ingin mengulang dan mengulang lagi sensasinya.

BACA JUGA :  Wisata Bukit Gantole Wonogiri Untuk Penikmat Sunset!

Oh ya, saat berada di atas menara, jangan buru-buru meluncur. Di ketinggian tersebut, Anda bisa melihat pemandangan sekeliling dengan jelas. Satu spot yang perlu Anda nikmati pemandangannya adalah ke arah Gunung Slamet.

Ember Tumpah

Wahana ini jelas jadi favorit anak-anak. Menunggu ribuan liter air tumpah dari ember raksasa menjadi pengalaman seru tak terlupakan. Tapi faktanya, yang menyukai wahana ini tidak hanya anak-anak. Banyak orang dewasa juga menjadikan wahana ini sebagai favorit.

Ember raksasa tersebut akan menumpahkan air dalam intensitas cukup rapat, yaitu empat menit sekali. Terbayang kan keseruan saat air tumpah setiap empat menit. Keseruan di wahana Ember Tumpah pas untuk dijadikan spot dokumentasi saat bermain di Owabong Waterpark.

Coralia 3

Ingin menguji adrenalin? Cobalah wahana Coralia 3. Di wahana seluas 2.000 meter ini, aneka permainan menantang sudah menanti. Tapi ingat, wahana ini tidak disarankan untuk anak-anak ya. Sebab, permainan di wahana ini sangat menantang adrenalin.

Salah satu yang paling populer di wahana ini adalah Psicobloc, yaitu panjat dinding tanpa tali di atas kolam. Jadi, bila terpeleset, langsung akan tercebur ke kolam. Psicobloc termasuk wahana yang jarang disediakan water park. Selain di Owabong, wahana yang terkenal adalah di Utah, Amerika Serikat dan Catalonia, Spanyol.

Selain Psicobloc, masih ada permainan lain yang tak kalah menantang seperti Highline, yaitu berjalan pada seutas tali di atas kolam. Sama dengan Psicobloc, bila tak bisa menjaga keseimbangan tubuh, peserta akan tercebur ke kolam.

Kolam Busa

Kolam busa adalah sebuah kolam dangkal yang berisi busa yang menumpuk di dalam kolam. Wahana ini sudah pasti jadi favorit anak-anak. Sebab, ada banyak tumpukan busa di kola mini.

Anak-akan akan saling ciprat dan lempar busa di kola mini. Mandi busa akan jadi pengalaman tak terlupakan bagi anak-anak. Secara umum, kolam ini aman untuk anak-anak, karena relatif dangkal. Namun, orang dewasa tetap perlu mengawasi anak-anak saat bermain di kolam ini.

Kolam Renang Olimpic

Hobi renang dengan standar atlet? Kolam renang Olimpic di Owabong bisa jadi pilihannya. Kolam renang ini memiliki standar kolam renang Olimpiade. Terbayang kan kerennya kolam renang ini.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Di Bandung Terbaru Untuk Liburanmu Selanjutnya!

Bila ingin mencoba kolam renang ini, Anda harus memiliki skill renang yang mumpuni. Sebab, jarak dan kedalaman kolam renang ini memang ditujukan untuk atlet renang.

Kolam Arus

Satu lagi wahana yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, yaitu Kolam Arus. Wahana yang satu ini benar-benar menyajikan kenyamanan, tapi tetap seru. Anda tinggal duduk di atas ban dan mengikuti arus sungai buatan.

Kolam renang ini relatif aman bagi anak-anak, karena kedalamannya kurang dari satu meter. Menelusuri kolam sepanjang 200 meter bisa jadi pengalaman menyenangkan. Di titik tertentu, Anda akan menemukan kejutan seperti guyuran ember tumpah.

Lokasi Owabong Waterpark

Owabong memiliki beberapa kolam yang sangat luas.

Owabong memiliki beberapa kolam yang sangat luas.

Bila Anda ingin merasakan berbagai keseruan di Owabong, langsung saja meluncur ke Jl. Raya Owabong No.1, Dusun Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Rasakan kesegaran air di Owabong yang berasal dari sumber mata air Gunung Slamet. Sumber mata air alami ini jadi kelebihan saat berenang atau sekadar bermain air di Owabong. Air di Owabong bebas kaporit dan tentu saja menyegarkan.

Wisata air ini sendiri memiliki sejarah panjang dan sudah mulai dibangun sejak 1946 oleh seorang warga negara Belanda. Pada perkembangan selanjutnya sempat berpindah ke pemilik lain dan terakhir pada 2004 akhirnya dibeli oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga. Tempat wisata yang awalnya memiliki luas 1 hektar ini, sekarang sudah berkembang dengan luas 4,8 hektar.

Cara Menuju Owabong Waterpark

Cara Menuju Owabong

Salah satu wahana di Owabong yang desain dan penampilannya mirip dengan pantai, lengkap dengan ombaknya. (Foto: liputan6.com)

Lokasi Owabong ada di daerah Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. Bila Anda menuju Owabong dengan kendaraan pribadi, caranya cukup gampang. Pertama Anda arahkan kendaraan ke arah Kota Purbalingga.

Bila sudah berada di Kota Purbalingga dan menemukan Kantor Bupati Purbalingga, berarti tujuannya Anda sudah dekat. Dari Kantor Bupati Purbalingga ke Owabong Waterpark, jaraknya sekitar lima kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit dalam kondisi lancar.

BACA JUGA :  Camping Gayatri: Rute, Fasilitas Unggulan, dan Tiket Masuk

Anda cukup mencari SMPN 1 Bojongsari atau SDN 1 Bojongsari. Lokasi kedua sekolah ini bersebelahan dan sangat mudah menemukannya. Bila sudah ketemu dengan kedua sekolah ini, tanya saja warga setempat, pasti akan ditunjukkan dengan mudah. Jarak dari kedua sekolah tersebut ke Owabong kurang dari satu kilometer.

Bila Anda naik bus, tempuh perjalanan ke Terminal Purbalingga. Dari terminal Purbalingga, jarak ke Owabong hanya sekitar tujuh kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Dari terminal Anda bisa naik ojek ke lokasi.

Sementara bila Anda naik kereta, stasiun terdekat adalah Purwokerto. Dari Stasiun Purwokerja, jarak ke Owabong sekitar 22 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit. Jadi, tinggal pilih moda transportasi favorit Anda untuk menuju Owabong.

Harga Tiket Masuk Owabong Waterpark Di 2024

Harga tiket masuk ke Owabong dibedakan saat hari biasa dan akhir pekan. Tempat wisata air ini menerapkan tarif Rp25.000 untuk hari Senin-Jumat. Sementara di akhir pekan dan hari libur nasional, tarifnya adalah Rp35.000. Oh ya, untuk anak-anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis ya.

Harga tiket tersebut sudah untuk menikmati seluruh arena permainan di Owabong. Anda bisa menikmati banyak wahana di Owabong dalam sehari, karena jam operasional Owabong terbilang panjang, pukul 07.00-17.00. Datanglah pagi agar bisa menikmati seluruh wahana di tempat ini.

Selain wahana bermain, Anda juga bisa menginap di Owabong. Di tempat ini tersedia cottage yang bisa digunakan untuk menginap bersama keluarga. Ada tiga tipe cottage yaitu junior cottage (Rp350.000/malam), family room (Rp500.000/malam), dan VIP (Rp850.000/malam). Tinggal pilih cottage yang sesuai dengan selera Anda.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com