Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Puasa di tengah pandemi virus Corona yang belum berakhir ini, benar-benar kita harus berhemat, membeli sesuatu secukupnya saja, barang yang nggak penting nggak usah dibeli dulu. Yang mana kebutuhan perut lebih penting, karena kita dianjurkan untuk di rumah saja, guna memutus rantai virus Corona.

Di desa itu, harga-harga masih terjangkau, ingin sayur daun singkong tinggal petik, ingin sayur daun pepaya tinggal petik. Ingin masak jantung pisang tinggal petik juga. Jadi pada kondisi sekarang, yang mau berhemat bisa mencoba memasak sendiri.

Kali ini buat yang ingin masak menu sedepan wong kampung yang murah meriah bikin perut kenyang tapi tetap bergizi bisa mencontek di tulisan ini. Gimana nggak murah wong bahan dasarnya tinggal nggambil di kebun.

Sedepan berbuka puasa ala wong Ndeso, apa sajakah itu? Berikut beberapa pilihan menunya
Apa saja ya?

1. Lodeh Jantung pisang

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Berbuka puasa dengan lodeh jantung pisang, pokoknya sedep deh apalagi ditambah sambal tapi nggak usah pedes ntar perutnya mules lagi habis puasa seharian.

Yuk cap cus ke dapur bagaimana memasak lodeh jantung pisang.

Bahan yang digunakan untuk memasak lodeh jantung pisang antara lain adalah sebagai berikut :

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

 

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

 

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

1 jantung pisang kepok
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 siung kemiri
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt ketumbar
2 lb daun salam
1 ruas lengkuas
200 ml santan kelapa
Gula, garam dan minyak secukupnya

Cara Membuat Lodeh Jantung Pisang
adalah sebagai berikut :

1. Kupas jantung pisang sampai ke warna putih, cuci bersih belah jadi dua dan potong kecil-kecil.

2. Rebus jatung pisang sampai empuk angkat tiriskan.

3. Goreng bumbu halus, tambahkan lengkuas, salam, garam dan gula, masukan jatung pisang, kemudian tambahkan santan. Aduk-aduk sampai bumbu meresap tes rasa dan angkat.

BACA JUGA :  Pengertian Empon - Empon Dan Manfaatnya Untuk Menangkal Virus

2. Ikan Asin

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Ikan asin peda goreng ini bisa untuk menghemat pengeluaran juga, makan satu saja udah kerasa. Ditambah sayur dan sambal yumy sedapnya deh.

3. Pecak panggang pari/Cucut

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Berbuka puasa dengan pecak panggang cucut ditambah sayur asem wow mantap banget.

4. Oseng Mlinjo campur Gembus

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Oseng mlinjo campur gembus, olahan kampung yang sedap, mlinjonya jangan lupa direbus dulu sebelum dimasak

5. Ayam Bakar Madu

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Ayam bakar madu, sekali-kali berbuka puasa dengan ayam, ini juga sedap mantap.

6. Bawal Bakar

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Bawal bakar juga bisa dijadikan menu berbuka yang pastinya digemari anak-anak.

7. Lodeh labu

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

 

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Lodeh labu juga bisa dijadikan alternatif untuk berbuka puasa bareng keluarga.

8. Sambal Panggang Gejug

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Sambal panggang gejug, ini kampung banget, panggangnya digoreng dulu, kemudian buat sambalnya semua bahan sambal mentah, campuran cabe, tomat, bawang putih, garam sedikit minyak panas. Suwir-suwir ikan panggangnya, campukan di cobek, penyet/gejug pake ulekan. Jadi deh sambal panggang gejugnya. Penasaran cobain deh.

9. Sambal panggang campur cambah

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Ini juga menu kampung yang tak kalah sedap, sambal panggang campur cambah, seperti membuat sambal tomat pada umumnya tinggal ditambahkan ikan layang panggang yang sudah digoreng dan kecambah.

10. Oreg tempe

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Oreg-oreg tempe, murah meriah dan bergizi pula.

11. Sambel tahu

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Kalau ada sambal tempe, boleh ganti besoknya dengan sambal tahu, ini juga sedap. Bumbu untuk sambalnya digoreng dahulu, ada tambahan kacang gorengnya mantap.

12. Tahu sambal bawang merah

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Ini juga sambal tahu tapi paki bawang merah mentah, seperti membuat sambal kores, cabe, bawang merah, garam, tahunya digoreng dulu.

13. Tauto

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Tauto kerbau juga menu kampung yang luar biasa endes bagi orang kampung seperti kami. Seperti membuat soto tapi ada tambannya tauco.

BACA JUGA :  15 Macam Variasi Kue Khas Lebaran Yang Enak!

14. Lalapan daun pepaya

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Daun pepaya yang metik di kebun bisa dijadikan lalapan juga lho.

15. Acar bandeng

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Menu kampung berikutnya adalah acar bandeng, pakai timun, wah top dah.

16. Megono Bung

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Megono bung juga merupakan bagian dari menu berbuka sedap orang kampung.

17. Sayur Rebung

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Sayur bening rebung, bisa dijadikan alternatif untuk menu berbuka.

18. Gulai ikan

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Sekali-kali buat yang sedap, enak dan mantap, gulai ikan.

19. Sayur Jamur Tiram Campur Tahu

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Sayur jamur tiram campur tahu putih, menjadi bagian menu berbuka ala kampung juga.

20. Pindang tetel
Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Menu msakan khas Pekalongan pindang tetel, juga bagian dari masakan kampung, pokoknya sedap dah.

Ide Menu Berbuka Puasa Ala Wong Ndeso

Untuk makan menu di atas yang penting ada nasi angetnya, Alhamdulillah luar biasa nikmat.

(sumber)

Comments

comments