Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Saat merasa jenuh, mencari suasana baru untuk merilekskan tubuh dan pikiran menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Anda tentu menginginkan tempat yang baru untuk menghabiskan waktu dan mengalihkan diri dari rutinitas sehari-hari, tetapi tetap ingin merasa nyaman seperti di rumah sendiri. Jika demikian, Anda mungkin bisa mempertimbangkan opsi penginapan berupa bungalow. Menurut definisi dari Britannica, bungalow adalah rumah satu lantai dengan atap miring, memiliki ukuran yang kecil, dan dilengkapi dengan teras.

Asal usul nama “bungalow” berasal dari kata dalam bahasa Hindi yang mengacu pada gaya arsitektur Bengali, kemudian masuk ke dalam bahasa Inggris selama periode kekuasaan Inggris di India. Di Inggris Raya, istilah “bungalow” pernah digunakan secara merendahkan karena banyaknya rumah tipe bungalow yang dibangun dengan kualitas rendah. Namun, desain ini menjadi populer di Amerika pada era 1920-an, terutama dalam perkembangan perumahan di kota-kota. Biasanya memiliki langit-langit tinggi, pintu dan jendela besar, serta atap atau beranda yang memberikan naungan.

Bungalow seringkali dijadikan tempat tinggal musim panas atau rumah di daerah yang hangat. Karena memiliki satu lantai, bungalow juga cocok untuk orang tua. Selain memiliki biaya yang lebih hemat, bungalow juga memberikan privasi yang lebih tinggi dibandingkan sebagian besar rumah tradisional, karena sering tertutup oleh pepohonan dan semak. Keuntungannya, sebagai investasi, nilai bungalow cenderung tetap tinggi. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang bungalow, jangan lewatkan ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Bungalow Perbedaan Antara Bungalow, Villa, dan Resort Keunggulan yang Dimiliki oleh Bungalow

  1. Konsep Ruang Terbuka yang Luas
  2. Menawarkan Tingkat Privasi yang Tinggi
  3. Cocok untuk Keluarga
  4. Harga yang Bersaing Inspirasi Desain dan Contoh Bungalow
  5. Desain Bungalow dengan Nuansa Kontemporer
  6. Desain Bungalow dengan Sentuhan Tradisional
  7. Desain Bungalow dengan Gaya Minimalis
  8. Desain Bungalow dengan Nuansa Bali
  9. Desain Bungalow dengan Pendekatan Modern

1. Apa yang Dimaksud dengan Bungalow

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Kebanyakan orang mengenali bungalow sebagai rumah kecil dengan satu atau satu setengah lantai yang dilengkapi dengan teras depan. Namun, sebenarnya konsep dari bungalow jauh lebih mendalam.

Desain dan popularitasnya didasarkan pada ide bahwa kesederhanaan dan seni dapat digabungkan untuk menciptakan hunian yang terjangkau. Tidak mengherankan bahwa hingga saat ini, bungalow tetap menjadi pilihan hunian yang sangat diminati.

Mengutip Homedit, bungalow memberikan kesan kepada banyak orang bahwa mereka dapat memiliki rumah yang gaya, nyaman, dan terjangkau. Dalam hal ukuran dan luas area, bungalow biasanya cenderung kecil dan sering kali memiliki ciri khas seperti jendela di atap dan beranda.

BACA JUGA :  Jenis Kran Air Beserta Model dan Harga Terbaru

Karakteristik ini membuat bungalow efisien dalam pengeluaran dan perawatan. Desain bungalow yang tidak memanjang ke atas membuatnya membutuhkan lahan yang cukup luas. Ini mengakibatkan biaya awal yang lebih tinggi karena harganya lebih mahal per meter persegi serta kebutuhan bahan untuk atap yang lebih banyak.

Namun, karena bungalow memiliki footprint lahan yang lebih besar dibandingkan dengan rumah bertingkat, ini memberikan lebih banyak ruang untuk modifikasi dan penambahan di masa mendatang. Jika Anda sedang mencari hunian di lokasi wisata, bungalow dengan status hak milik tentu saja ada banyak pilihan yang menarik di Bali.

2. Perbedaan Bungalow, Villa, dan Resort

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Villa, resort, atau bungalow? Mungkin Anda merasa bingung saat harus memilih di antara ketiga opsi tersebut. Namun, jangan khawatir, semua keraguan ini akan teratasi begitu Anda memahami penjelasannya. Penting untuk memahami perbedaan antara istilah-istilah ini sehingga Anda dapat membuat keputusan sewa atau bahkan investasi yang lebih baik dalam hal kepemilikan.

Menurut Housing Man, villa merupakan struktur terbuka dengan akses langsung ke ruang utama dan terpisah oleh veranda. Villa memiliki tata letak lantai yang tetap, sehingga tidak ada ruang ekspansi untuk villa tersebut. Di sisi lain, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bungalow adalah rumah tunggal yang, meskipun awalnya dimaksudkan untuk satu lantai, mampu mencakup beberapa lantai. Sementara itu, resort bisa dilihat sebagai destinasi serba ada yang menyediakan segala kebutuhan Anda dalam satu lokasi. Mulai dari makanan, minuman, hiburan, belanja, hingga fasilitas rekreasi seperti kolam renang, lapangan olahraga, dan beragam aktivitas lainnya. Dengan pemahaman ini, Anda akan dapat memilih dengan lebih bijak dan sesuai dengan preferensi Anda.

Perbandingan Jenis Hunian: Villa, Resort, dan Bungalow

Untuk memahami perbedaan antara jenis hunian seperti villa, resort, dan bungalow dengan lebih jelas, perhatikan tabel di bawah ini:

Jenis Hunian
Deskripsi
Villa
Vila-vila lazimnya adalah hunian mewah dengan sejumlah fasilitas modern kelas atas. Mereka sering kali menyediakan ruang yang luas, fasilitas pribadi seperti kolam renang, dan layanan eksklusif.
Resort
Resort menggabungkan konsep hotel dengan berbagai rekreasi. Selain tempat menginap, resort juga menawarkan fasilitas rekreasi seperti spa, olahraga air, atau restoran yang memanjakan tamu.
Bungalow
Bungalow mewakili hunian yang cenderung lebih tradisional. Mereka sering kali memiliki desain sederhana, terletak di lingkungan yang tenang, dan memberikan nuansa alami yang menyatu dengan alam sekitar.

Perbandingan Karakteristik Tambahan:

Villa
Resort
Bungalow
Dibangun di petak yang telah ditentukan sebelumnya
Properti komersial mandiri yang berusaha memenuhi kebutuhan wisatawan secara komprehensif, termasuk makanan, minuman, hiburan, dan pusat belanja
Hunian yang benar-benar terpisah, dibangun di atas tanah mandiri
Mewakili kehidupan modern dan menawarkan tingkat keamanan lebih tinggi
Pemilik bertanggung jawab atas pengembangan bungalow

Melalui perbandingan di atas, Anda dapat memahami perbedaan karakteristik utama antara villa, resort, dan bungalow. Setiap jenis hunian memiliki keunikan dan manfaatnya sendiri, yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih tempat menginap selama liburan atau perjalanan bisnis Anda.

Tips Lapakfjbku.com

Penting untuk mengetahui perbedaan pengertian “bungalow” di berbagai negara. Di India saat ini, istilah “bungalow” merujuk pada tempat tinggal untuk satu keluarga, tanpa memperhatikan jumlah lantainya. Di Kanada dan Inggris, “bungalow” secara khusus mengacu pada rumah satu lantai. Sementara di California, “bungalow” mengacu pada rumah dengan satu hingga satu setengah lantai, dilengkapi dengan teras luas, atap miring, dan detail desain yang terinspirasi oleh gaya Spanyol. Dengan mengetahui perbedaan ini, Anda akan lebih memahami variasi konsep “bungalow” sesuai dengan wilayahnya.

3. Kelebihan Bungalow

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Rumah bergaya bungalow semakin populer seiring berjalannya waktu. Gaya bungalow menarik minat yang luas dan permintaannya terus meningkat, terutama karena pembangunan rumah model ini semakin jarang. Mengapa demikian? Ternyata, rumah bungalow memiliki sejumlah keunggulan yang sesuai dengan gaya hidup banyak orang.

BACA JUGA :  15 Railing Tangga Minimalis Unik dengan Desain yang Keren

Rumah bergaya bungalow sering kali mengusung konsep terbuka, membawa sinar alami lebih banyak ke dalam interior rumah. Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ. Keuntungan lainnya meliputi privasi yang lebih tinggi dan lebih banyak ruang antara rumah Anda dan tetangga, serta halaman yang lebih luas. Bahkan, masih ada banyak potensi area untuk ekspansi di masa depan jika diperlukan.

Konsep terbuka yang lapang

Gaya desain rumah bungalow umumnya mencakup konsep terbuka, yang memiliki sejumlah kelebihan termasuk pemanfaatan efisien luas ruangan dan tinggi ruang. Peluang untuk jendela lebih besar dan plafon bergaya kubah membantu memberikan kesan ruangan yang luas dan nyaman.

Dengan pandangan yang tidak terhalang dan pencahayaan alami yang lebih banyak, rumah terasa lebih luas secara visual dan memberikan lebih banyak tempat bagi keluarga dan teman.

Keberadaan Privasi

Rumah bergaya bungalow yang terletak di atas lahan luas dan memiliki jarak yang cukup atau terpisah menciptakan tingkat privasi yang tinggi bagi penghuni dan keluarga. Gaya bungalow ideal bagi mereka yang menghargai privasi.

Karena jendela-jendela cenderung berada dekat dengan permukaan tanah, Anda bisa dengan mudah menempatkan pohon, semak, dan pagar untuk menjaga aktivitas di dalam rumah tetap tersembunyi dari pandangan luar.

Cocok untuk Keluarga

Rumah bergaya bungalow juga sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak kecil dan orang tua. Anak-anak dapat bermain di kamar mereka sementara Anda tetap dapat mengawasi mereka dengan mudah.

Terutama pada bungalow berusia lanjut, biasanya memiliki halaman yang lebih luas, memberikan lebih banyak ruang untuk bermain di luar. Selain itu, karena rumah bungalow hanya memiliki satu tingkat, aksesibilitasnya sangat baik bagi orang dengan mobilitas terbatas, manula, atau anak-anak kecil (terutama dalam hal keselamatan, sehingga orang tua tidak perlu khawatir tentang anak-anak jatuh dari tangga).

Anda bisa dengan mudah membuat tangga cenderung ke pintu depan, dan tanpa adanya tangga di dalam rumah, bergerak di sekitar rumah menjadi lebih aman. Konsep terbuka rumah bungalow juga memudahkan bagi mereka yang memerlukan alat bantu berjalan atau kursi roda, karena risiko hambatan menjadi lebih rendah.

Harga yang Kompetitif

Rumah bergaya bungalow juga memiliki potensi sebagai investasi yang sangat menguntungkan. Karena biayanya yang terjangkau, rumah ini banyak diminati oleh pemilik rumah tunggal dan keluarga muda. Selain itu, desain satu lantai meminimalkan biaya perawatan saat Anda tinggal di dalamnya.

BACA JUGA :  Hindari Warna Ini Ketika Mengecat Rumah

4. Inspirasi Gambar Desain dan Contoh Bungalow

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Kelebihan dari tinggal di bungalow satu lantai secara jelas berkaitan dengan aksesibilitas, terutama bagi keluarga dengan anak-anak dan orang tua. Meskipun bungalow menyandang banyak aspek positif, konsep hunian ini masih menyimpan konotasi negatif di mata beberapa orang.

Beberapa di antaranya berkaitan dengan gambaran rumah masa lalu yang sering kali dibangun dengan buruk pasca perang. Bahkan, tidak jarang bungalow sering dianggap sebagai hunian bagi orang tua. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa selalu ada peluang untuk membangun rumah berlantai satu yang baru atau merenovasi sebuah bungalow sehingga sesuai dengan kebutuhan dan cita rasa pribadi.

Tata letak satu lantai pada bungalow berarti tidak ada tangga yang perlu dikhawatirkan, potensi untuk menghubungkan taman dengan kamar tidur, dan kemungkinan untuk mengintegrasikan langit-langit yang tinggi dan lampu atap di ruang tamu sehingga menciptakan interior yang terasa luas dan diterangi oleh cahaya alami. Di bawah ini, kami menyajikan beberapa desain bungalow yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Gambar Desain Bungalow Gaya Kontemporer

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Fasad yang terlihat ini menggabungkan berbagai elemen seperti plesteran, kayu, sirap, dan dinding horizontal. Bagi Anda yang menginginkan tampilan yang lebih mewah dan terinspirasi oleh gaya Inggris, rumah-rumah ini menampilkan atap curam dengan desain cerobong asap yang besar dan megah, memberikan kesan yang mencolok pada penampilan keseluruhan. Selain itu, jendela-jendela mereka yang tinggi dan sempit, didekorasi dengan ukiran kayu yang detail, turut memberi sentuhan dekoratif pada fasad.

2. Gambar Desain Bungalow Gaya Tradisional

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Anda dapat menjajal gaya craftsman bungalow yang terinspirasi oleh elemen-elemen alami dan nuansa pedesaan. Gaya ini umumnya ditampilkan dalam palet warna coklat atau hijau tua untuk menyatu dengan lansekap sekitar. Ciri khasnya adalah atap menjorok yang lebar dengan bentuk atap pelana yang menghadap ke jalan, memberikan ciri khas yang mudah dikenali pada bungalow ini.

3. Gambar Desain Bungalow Gaya Minimalis

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Rumah bungalow minimalis dapat dihadirkan dengan sederhana tetapi tetap memberikan nuansa yang hangat dan nyaman. Fasadnya dihiasi dengan palet warna biru dan abu-abu yang berpadu harmonis.

Atapnya menggunakan genteng yang diberi sentuhan warna cokelat untuk menciptakan kesan yang lebih kaya. Untuk memastikan sirkulasi udara dan cahaya alami yang optimal di seluruh ruangan, beberapa jendela strategis ditempatkan di setiap sisi rumah.

4. Gambar Desain Bungalow Gaya Bali

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Desain tropis mengusung esensi kenyamanan dan kesederhanaan. Alam diintegrasikan dengan harmoni ke dalam interior, menghasilkan suasan oasis Bali yang mengalir dari dalam hingga ke luar. Penggunaan material seperti dinding bata ekspos, tekstur tebal, dan nuansa cerah semuanya menjadi ciri khas yang menggambarkan desain ini secara khas.

5. Gambar Desain Bungalow Gaya Modern

Pengertian Bungalow dan 5 Inspirasi Desain Menarik

Seperti namanya, rumah-rumah ini merujuk pada gerakan modernis dengan penggunaan material beton, kaca, dan logam yang mencolok pada fasadnya. Garis-garis yang tegas dan elegan mengidentifikasi ciri khas bungalow ini, dengan ruang dalam yang umumnya luas, cerah, dan terbuka, mengundang perhatian dengan daya tariknya.

****
Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com