10 Kuliner Makassar Wajib Coba, dari Camilan hingga Makanan Besar

Wisata kuliner Makassar menjadi salah satu daya tarik bagi para pelancong. Ya, kekayaan dan cita rasa khas kuliner Makassar begitu legendaris serta menjadi budaya yang melekat di kalangan masyaratnya. Tak heran jika ragam makanan khas Makassar ini menjadi incaran para pencinta hidangan Nusantara.

Bukan hanya satu atau dua macam jenis kuliner Makassar yang memiliki kelezatan khas. Mulai dari makanan ringan, seperti pisang epe dan otak-otak, menu utama yang terbuat dari olahan iga sapi dan ikan laut, hingga pencuci mulut semisal es pisang ijo, semuanya bikin lidah bergoyang.

Uniknya lagi, sebagian kuliner Makassar akan terasa lebih maknyus jika dinikmati pada malam hari. Oleh karenanya, banyak restoran atau tempat makan di Kota Daeng—julukan Kota Makassar—yang baru buka pada waktu menjelang malam.

Tertarik untuk memperkaya pengalaman bersantap dengan masakan khas Makassar? Anda boleh simak rekomendasi kami tentang 10 kuliner Makassar yang wajib dicoba berikut ini:

1. Kuliner Makassar Coto Nusantara

1. Kuliner Makassar: Coto Nusantara

Coto Makassar, kuliner Makassar yang istimewa ini kaya akan rasa rempah. Cocok dinikmati dengan buras atau ketupat.

Coto Nusantara adalah tempat makan yang menjajikan makanan Makassar paling khas, yakni coto Makassar. Karenanya, Anda dikatakan belum ke Makassar kalau belum mencicipi hidangan yang sudah dikenal orang di seluruh Indonesia ini.

Coto Makassar berisi jeroan sapi yang telah direbus dalam kadar waktu tertentu. Rebusan jeroan ini kemudian dicampur dengan potongan daging sapi lalu disiram kuah kental yang kaya akan rempah. Biasanya, coto Makassar dinikmati dengan buras atau ketupat.

Kuliner Makassar yang satu ini memang mudah dijumpai. Namun yang paling direkomendasikan adalah Coto Nusantara. Mulai dari kalangan biasa hingga figur publik banyak yang terkesan saat bersantap di Coto Makassar.

Alamat:

Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 07.00-17.00 WITA

Menu Unggulan:

  • Coto Makassar
  • Buras dan ketupat

Harga:

Mulai dari Rp32.500

2. Pallubasa Onta

2. Kuliner Makassar: Pallubasa Onta

Dinikmati siang atau malam, pallubasa memiliki cita rasa yang tetap luar biasa.

Makanan khas Makassar yang satu ini sepintas mirip dengan coto, yakni sama-sama berbahan utama olahan daging dan jeroan sapi dengan kuah rempah yang kuat. Selain sapi, pallubasa bisa juga menggunakan bahan dasar jeroan kerbau.

Untuk memperkuat rasa, pallubasa dilengkapi telur ayam kampung. Sementara untuk kuahnya, beragam bumbu dan rempah disatukan untuk menghasilkan cita rasa gurih yang khas. Nah, jika coto dinikmati bersama buras atau ketupat, maka pallubasa biasa disajikan dengan nasi hangat.

BACA JUGA :  10 Tempat Buka Puasa di Jakarta Barat Ini Terkenal Lezat

Pallubasa Onta menjadi salah satu tempat wisata kuliner Makassar yang cukup dikenal. Penggunaan nama onta bukan berarti pallubasa di sini berbahan dasar daging onta. Kata onta hanyalah nama sebuah jalan di mana tempat makan ini berada.

Alamat:

Jl. Onta Lama No. 103, Mandala, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 09.00-22.00 WITA

Menu Unggulan:

Pallubasa

Harga:

Rp25.000-Rp30.000

3. Konro Karebosi

3. Kuliner Makassar: Konro Karebosi

Kuliner Makassar yang berbahan dasar iga sapi ini memang begitu menggoda. Jangan sampai Anda lewatkan!

Wisata kuliner Makassar yang tidak boleh dilewatkan adalah olahan konro. Bagi Anda penggemar iga sapi, pasti langsung jatuh cinta dengan salah satu kuliner khas masyarakat Bugis ini.

Konro adalah olahan iga sapi, baik dengan cara direbus ataupun dibakar. Konro bisa dihidangkan sebagai menu sup konro, dengan kuah rempah berwarna cokelat kehitaman. Untuk iga sapi yang dibakar biasanya dilumuri dengan bumbu kacang, lalu kuah sup dihidangkan terpisah.

Tempat makan konro di Makassar yang recommended adalah Konro Karebosi. Restoran yang kerap menjadi destinasi wisata kuliner Makassar sudah sangat berpengalaman dan legendaris, yakni beroperasi sejak 1968. Cabangnya pun sudah ada di beberapa daerah di Indonesia.

Alamat:

Jl. Gunung Lompobattang No. 41-43, Pisang Utara, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 10.30-23.00 WITA

Menu Unggulan:

Harga:

Rp38.000-Rp40.000

4. Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah

4. Kuliner Makassar: Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah

Cara asyik menikmati songkolo (ketan hitam) adalah dicampur parutan kelapa manis gurih, ikan teri, dan sambal lalu disantap malam hari.

Songkolo Bagadang merupakan satu di antara sekian banyak kuliner Makassar yang cukup legendaris. Uniknya lagi, kudapan ini dikenal sebagai kudapan malam karena memang sering dijajakan pada malam hari.

Songkolo atau dalam bahasa Bugis disebut sokko adalah jenis kuliner Makassar berupa nasi ketan hitam atau putih yang ditabur dengan parutan kelapa sangrai yang telah dicampur dengan gula aren. Songkolo akan semakin nikmat jika bersama ikan teri asin, telur, dan sambal khas.

Di Makassar, penjual songkolo yang cukup dikenal adalah Songkolo Bagadang Timbang Alhamdulillah. Warung penjaja kuliner khas Makassar ini sudah berdiri puluhan tahun dan selalu menjadi rujukan bagi para wisatawan yang hendak mencicipi songkolo.

Alamat:

Jl. Antang Raya Pannara No.19, Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 12.00-00.00 WITA

Menu Unggulan:

Songkolo Bagadang

Harga:

Rp10.000-Rp12.500

5. Sop Ubi Datumuseng

5. Kuliner Makassar: Sop Ubi Datumuseng

Hj. Haniah, generasi ketiga yang meneruskan usaha kuliner Makassar yang legendaris ini.

Kali ini kita kenalan dengan kuliner Makassar bernama sop ubi. Jenis masakan berkuah ini menggunakan bahan utama ubi, paru atau daging, tauge, dan bihun. Agar kaya rasa, sop ubi mengandalkan rempah-rempah dan biasanya dilengkapi dengan telur rebus, kacang goreng, keripik, atau kerupuk udang.

BACA JUGA :  13 Resep Takjil Buka Puasa Mudah Dibuat, Dijamin Segar!

Nah kalau Anda tergiur menyantap sop ubi, Anda bisa datang ke Sop Ubi Datumuseng milik Hj. Haniah. Tempat wisata kuliner Makassar yang satu ini berdiri sejak 1963, sudah terkenal hampir di seluruh Makassar dan banyak memperoleh penghargaan.

Alamat:

Jl. Datu Museng, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 10.00-21.00 WITA

Menu Unggulan:

Sop ubi

Harga:

Mulai dari Rp25.000

6. Sop Saudara Irian

6. Kuliner Makassar: Sop Saudara Irian

Bersama dengan nasi, menyantap kuliner Makassar yang satu ini menjadi pelipur dari rasa lapar.

Asyiknya di Makassar, kalau pas lapar di tengah malam, kita tidak perlu khawatir sebab banyak tempat makan yang buka hingga larut, bahkan 24 jam nonstop. Salah satu yang bisa diandalkan saat lapar di malam hari adalah tempat kuliner Makassar bernama Sop Saudara Irian.

Ya, selain sop ubi, Makassar juga memiliki kuliner sop saudara yang berbahan dasar daging dan jeroan sapi. Dalam seporsi sop saudara dilengkapi bihun, perkedel, dan juga sepiring nasi sebagai teman bersantap. Dan seperti kuliner Makassar berkuah lainnya, kuah sop ini pun kaya akan rempah sehingga maknyus ketika menyentuh lidah.

Sop Saudara Irian juga menjadi tempat makan yang cukup melegenda di Makassar. Buka 24 jam nonstop membuat Sop Saudara Irian kerap menjadi tujuan di kala lapar melanda.

Alamat:

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No.40, Pattunuang, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, 24 jam

Menu Unggulan:

Sop saudara

Harga:

Mulai Rp15.000

7. Pallumara Ulu Juku’

Dengan kepala ikan kakap ukuran jumbo, menyantap pallumara hadirkan sensasi tersendiri.

Ada pallubasa, ada juga pallumara. Wah, kuliner Makassar memang beraneka ragam! Kalau pallubasa menggunakan daging sapi, maka pallumara memakai ikan sebagai bahan olahannya.

Dalam bahasa Bugis, pallu berarti masakan dan mara memiliki arti asam. Jadi, pallumara adalah masakan bercita rasa asam karena berbahan rempah-rempah, seperti asam jawa. Biasanya, pallumara menggunakan ikan bandeng. Namun bisa diganti dengan ikan laut lainnya, seperti kakap, tuna, dan ikan lain sesuai selera.

Mau nyobain pallumara yang recommended? Datang saja ke Rumah Makan Ulu Juku’. Tempat wisata kuliner Makassar yang satu ini memiliki ciri khas menggunakan kepala ikan kakap merah sebagai bahan utamanya. Hmmm… yummy!

Alamat:

Jl. Prof. Abdurahman Basalamah, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 09-22.00 WITA

Menu Unggulan:

Pallumara

Harga:

Mulai Rp30.000

BACA JUGA :  4 Tempat Brunch Favorit di Bali Wajib Kamu Kunjungi!

8. Mie Hengki

8. Kuliner Makassar: Mie Hengki

Salah satu kuliner Makassar yang resepnya diturunkan dari generasi ke generasi hingga sekarang tetap menjadi andalan.

Bagi para pencinta mi, Makassar juga punya alternatif menu yang berbahan dasar mi. Hanya saja, yang digunakan adalah mi kering. Nah, di Makassar, resep mi kering pertama digulirkan oleh Angko Cao, keturunan Tionghoa, di era 80-an.

Resep mi kering tersebut kemudian diturunkan ke anak-anaknya, salah satunya muncul Mie Hengky. Mi kering ini kemudian diolah dengan kuah kental, kemudian dilengkapi sawi, irisan ayam, dan hati.

Nah, malam-malam menyantap kuliner Makassar yang satu ini sudah pasti bikin perut hangat, deh!

Alamat:

Jl. Nusantara Kelurahan No.354, Butung, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 18.00-01.00 WITA

Menu Unggulan:

Mi kering

Harga:

Mulai Rp30.000

9. Pisang Epe

9. Kuliner Makassar: Pisang Epe

Kuliner Makassar pisang epe ini dibuat dari pisang raja yang memiliki tekstur manis dan tidak lembek.

Sekarang kita beralih ke kuliner Makassar yang menyajikan makanan ringan. Yang terkenal dan legendaris, namanya pisang epe. Epe adalah bahasa setempat yang berarti dijepit. Setelah pisang dibakar, kemudian dijepit atau dipenyet dengan alat pemipih yang terbuat dari kayu.

Kudapan ini dibuat dari pisang raja yang memiliki tekstur manis dan tidak lembek. Pisang yang sudah dibakar dan dijepit, lalu diberi topping susu, keju, mesis, coklat, atau varian lain sesuai permintaan pelanggan.

Pisang epe bisa dinikmati di sepanjang Anjungan Pantai Losari. Banyak pedagang kaki lima di sini yang menjajakannya dalam berbagai varian rasa. Anda tinggal pilih yang cocok di lidah!

Alamat:

Anjungan Pantai Losari

Jl. Penghibur, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 17.00-00.00 WITA

Menu Unggulan:

Pisang epe

Harga:

Mulai dari Rp10.000

10. Otak-otak Bu Elly

10. Kuliner Makassar: Otak-otak Bu Elly

Otak-otak Bu Elly salah satu kuliner Makassar yang diburu wisatawan.

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan otak-otak. Hampir di setiap daerah bisa kita temukan. Nah, Otak-otak Bu Elly menjadi salah satu kuliner Makassar yang selalu diburu para wisatawan, baik dinikmati di tempat maupun sebagai oleh-oleh khas.

Ya, Otak-otak Bu Elly memang sudah sangat terkenal. Hampir setiap yang datang ke Makassar pasti menyempatkan diri untuk wisata kuliner otak-otak ini. Istimewanya Otak-otak Bu Elly adalah dapat bertahan hingga satu bulan dalam freezer. Sangat cocok sebagai buah tangan, bukan?

Alamat:

Jl. Kijang No. 7C – 7D, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 07.00-22.00 WITA

Menu Unggulan:

Otak-otak

Harga:

Mulai dari Rp4.000

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com