15 Kuliner Malam Jogja dari Gudeg Hingga Mie Godog Di 2024

Jogja adalah julukan singkat untuk menyebut Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari sisi sejarah, kota ini memang memiliki peran istimewa, karena pernah menjadi ibukota Republik Indonesia. Dilihat dari sisi budaya, khususnya budaya kuliner, Jogja juga memiliki keistimewaan. Kota Jogja ini terkenal sebagai kota kuliner yang memiliki ragam kuliner lezat, khususnya kuliner tradisional dan kaki lima yang cocok untuk disantap pagi hari hingga malam hari.

Meski wilayah DIY terbilang kecil, namun khazanah kulinernya sangat kaya dengan cita rasa luar biasa. Menu-menu di kota ini, mulai dari menu sarapan hingga hidangan malam hari banyak yang istimewa. Kali ini, Lapakfjbku.com merangkumkan kuliner malam di kota istimewa ini.

Berikut ini rekomendasi 15 kuliner malam Jogja terbaik, enak, legendaris di 2024 yang wajib dicoba. Cita rasanya dijamin istimewa, seperti sebutan kota ini.

1. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Kuliner Malam Jogja: Angkringan Kopi Joss Lik Man

Angkringan Lik Man adalah salah satu legenda kuliner malam Jogja yang tergolong unik.

Salah satu legenda kuliner malam di Jogja adalah Angkringan Lik Man. Pantas disebut legenda, karena angkringan ini sudah berdiri sejak awal 1960-an. Artinya usia angkringan ini sudah lebih dari 60 tahun dan sudah melayani beberapa generasi di Jogja.

Selain usia yang sangat panjang, kreasi hidangan juga membuat angkringan ini layak mendapat predikat legenda. Kopi jos adalah kreasi dari angkringan ini. Sudah tahu apa itu kopi jos? Itu loh, kopi yang viral karena memasukkan bara api ke dalam cangkir sebelum disajikan. Sangat unik.

Pecinta kuliner malam di Jogja pasti akrab dengan angkringan yang lokasinya menempel di tembok Stasiun Tugu Jogja. Sudah lazim penampang kereta yang datang malam langsung mampir ke angkringan ini untuk makan.

Alamat:

Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Jogja

Jam operasional:

Sabtu-Minggu, 17.00-01.00

Kisaran harga menu:

Rp20 ribu-Rp30 ribu / orang untuk makanan dan minuman

2. Sate Klathak Pak Bari

Pemburu kuliner malam Jogja, coba juga Sate Klathak Pak Bari yang enak. Namanya semakin melejit sejak jadi sebuah setting di film AADC 2.

Pemburu kuliner malam Jogja, coba juga sate klathak yang enak. Namanya semakin melejit sejak jadi sebuah setting di film AADC 2.

Sate klathak tak bisa dipisahkan dari kuliner malam Jogja. Sate yang ditusuk dengan jeruji sepeda dengan potongan besar ini jadi sajian khas daerah Jogja Selatan, khususnya Bantul.

Sate dengan potongan daging jumbo ini sebenarnya sudah tekenal sejak dulu. Sekarang, namanya semakin melejit sejak menjadi setting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Tentu saja yang paling terkenal adalah Sate Pak Bari yang jadi setting film ini.

Setiap pelancong dari luar kota berlomba-lomba untuk menyambanginya. Efeknya sudah jelas. Antrean semakin panjang. Anda yang ingin mencoba sate di warung ini harus punya kesabaran ekstra. Sebab, waktu antrean bisa satu jam bahkan lebih.

Alamat:

Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 17.30-23.30 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp50 ribu / per orang untuk makanan dan minuman

3. Gudeg Permata Bu Narti

Gudeg Permata Bu Narti

Kuliner malam Jogja gudeg Bu Narti atau akrab disebut Gudeg Permata adalah salah satu gudeg paling ramai di Kota Jogja.

Ingin makan gudeg di Kota Jogja? Anda harus mencoba Gudeg Bu Narti atau lebih sering disebut Gudeg Permata. Nama Permata bukan diambil dari jenis batu permata ya. Permata adalah nama bioskop yang terletak di depan warung gudeg ini. Meski bioskopnya sekarang sudah tutup, nama Gudeg Permata tetap melekat.

Gudeg Permata memang sudah masuk daftar warung legenda Jogja. Bagaimana tidak, gudeg ini sudah berdiri sejak 1961. Sudah lebih dari 60 tahun umurnya. Warung ini bukan saja jadi langganan warga Jogja, tapi juga wisatawan luar kota.

BACA JUGA :  Makanan Spesial Di Pesawat Yang Perlu Kamu Tahu

Bagaimana dengan harganya? Sangat terjangkau. Makan dengan minum dengan menu standar bisa diperoleh dengan harga mulai Rp20 ribu. Soal rasa tak perlu ditanya. Setiap hari, ratusan pembeli menyambangi warung ini. Hal tersebut jadi bukti kelezatan gudeg di warung ini.

Alamat:

Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 20.00-01.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp20.000 / orang untuk makanan dan minuman

4. Nasi Rames Demangan

Nasi Rames Demangan

Ingin kuliner malam di Jogja makan menu ala rumahan dengan pilihan lauk beragam? Nasi Ramesan Demangan jawabannya.

Menu rumahan, terkadang jadi menu yang ngangenin. Bila Anda sedang ingin kuliner malam di Jogja dan ingin makan menu rumahan, langsung saja meluncur ke Nasi Ramesan Demangan.

Warung ini menyajikan menu sangat beragam. Apa saja? Ada sayur labu, sayur lodeh, sayur nangka, gudeg telur dadar, telur ceplok, balado telur, telur asin, ayam goreng, balado ayam, ikan mujair, ikan lele, ikan pindang, dan lainnya. Banyak banget ya.

Meski umumnya masakan Jogja terkenal dengan cita rasa gurih manis, warung ini agak berbeda. Nasi Rames Demangan menawarkan aneka rasa pedas. Jadi bagi Anda pecinta pedas dan merasa kelaparan di malam hari. Langsung meluncur ke Pasar Demangan. Lokasinya persis di seberang Pasar Demangan.

Alamat:

Jl. Affandi No.5B, Klitren, Kec. Gondokusuman, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, 21.00-04.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp10 ribu/ per orang untuk makanan dan minuman

5. Oseng Bu Endang

Coba kuliner malam Jogja di Oseng Bu Endang manawarkan aneka masakan oseng yang memanjakan lidah.

Coba kuliner malam Jogja di Oseng Bu Endang manawarkan aneka masakan oseng yang memanjakan lidah.

Oseng-oseng alias tumisan adalah salah satu jenis maknan sederhana tapi banyak disuka oleh orang Indonesia. Anda yang menginkan menu ini saat kulineran malam di Jogja, bisa mencoba sajian di Warung Oseng Bu Endang.

Warung ini menghadirkan aneka macam oseng yang lezat, mulai dari oseng bunga pepaya, oseng jengkol, hingga oseng cumi bisa Anda temukan di sini. Selain aneka oseng, warung ini juga menyediakan beragam lauk untuk menemani hidangan utama. Lokasinya sangat mudah ditemukan, tidak jauh dari Ambarukmo Plaza.

Soal harga, siap-siaplah untuk terkejut. Mahal? Tidak. Justru sangat murah. Bermodal uang belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa makan kenyang.

Alamat:

Jl. Laksda Adisucipto No.264, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 19.00-04.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai dari Rp10.000 / per orang untuk makanan dan minuman.

6. Bakmi Kadin Bintaran

Bakmi Kadin Bintaran

Bakmi Kadin Jogja adalah legenda kuliner malam Jogja yang sudah berdiri sejak masa agresi militer Belanda.

Selain gudeg, menu wajib yang harus dicoba saat di Jogja adalah bakmi godog. Bila Anda mencari bakmi godog legendaris yang mudah dijangkau dari tengah kota, Bakmi Kading Bintaran adalah jawabannya.

Lokasinya ada di daerah Bintaran, Pakualaman, tidak jauh dari Gudeg Permata. Sekali jalan, Anda bisa mencicipi dua kuliner legendaris sekaligus. Dari Malioboro, lokasi Bakmi Kadin bisa ditempuh dalam waktu 10 menit. Benar-benar di jantung kota, tepat untuk kuliner malam hari di Jogja..

Soal rasa, tak perlu diragukan lagi. Pelanggan yang berjubel adalah buktinya. Bagaimana soal antrean? Tak perlu khawatir. Di warung ini ada beberapa tukang masak yang bertugas. Jadi hidangan bisa tersaji dalam waktu relatif cepat. Oh ya, jangan lupa menyeruput segarnya wedang bajigur khas Jogja juga ya.

Alamat:

Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, Pukul 10.30-23.30 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp50.000 / orang untuk makanan dan minuman

7. Soto Sampah Pasar Kranggan

Soto Sampah Pasar Kranggan

Jangan terkecoh dengan nama soto sampah. Kuliner malam Jogja berupa soto ini menawarkan kesegaran yang juara!

Ingin makan soto saat kuliner malam di Jogja? Datang saja ke Soto Sampah di Kranggan. Lokasinya sangat strategis dan mudah dijangkau. Hanya sekitar 200 meter dari Tugu Jogja. Hanya perlu waktu 5 menit jalan kaki.

Nama sampah sendiri muncul karena penampilan isi soto yang terkesan awut-awutan. Tapi soal rasa, berani diadu dengan warung lain. Koyor sapi dalam soto menambah rasa gurih pada soto ini.

BACA JUGA :  15 Kuliner Malam Surabaya Paling Juara, Buka 24 Jam Pula!

Harganya yang terjangkau, membuat warung soto ini jadi idola para mahasiswa. Warung Soto Sampah buka sampai pukul 03.00. Jadi kapan pun Anda ingin kuliner malam di Jogja, langsung datang ke warung ini. Jangan lupa berfoto dengan latar belakang Tugu Jogja ya.

Alamat:

Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Jogja

Jam operasional:

Senin-Minggu, pukul 19.00-03.00 WIB.

Kisaran harga menu:

Mulai Rp10.000 / per orang untuk makan dan minum

8. Mi Ayam Grabyas

Lapar di malam hari saat jalan-jalan di sekitar Tugu Jogja? Mi Ayam Grabyas bisa jadi pilihan untuk kuliner malam di Jogja.

Lapar di malam hari saat jalan-jalan di sekitar Tugu Jogja? Mi Ayam Grabyas bisa jadi pilihan untuk kuliner malam di Jogja.

Selain Soto Sampah, ada hidangan segar di dekat Tugu yang bisa dinikmati saat kuliner malam di Jogja, yaitu Mi Ayam Grabyas. Mi ayam ini memiliki isian unik, yaitu keripik kulit ayam. Kerenyahan keripik kulit menyempurnakan kenikmatan makan mi ayam di tempat ini.

Bila ingin tahu cita rasa mi ini, cukup baca testimoni dari pelanggan yang pernah makan di tempat ini. Banyak yang merekomendasikan mi ayam dan keripik kulitnya. Dari tugu Jogja, lokasi sedikit lebih jauh dibanding Soto Sampah. Anda perlu jalan 10 menit untuk sampai warung mi ayam ini.

Alamat:

Jl. Kranggan No.88, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 07.00-21.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp20.000 / per orang untuk makanan dan minuman

9. Burger Monalisa

Burger Monalisa

Burger Monalisa adalah legenda kuliner malam Jogja yang tak kalah populer dibanding brand internasional.

Saat di Jogja dan ingin makan burger, jangan buru-buru ke gerai cepat saji jaringan internasional. Di kota ini, terdepat burger lokal legendaris yang sangat akrab dengan mahasiswa. Namanya adalah Burger Monalisa.

Burger ini sudah berdiri sejak 1988, sudah cukup lama. Lokasinya sangat mudah dijangkau. Berada di depan Fakultas MIPA UGM. Di mana pun Anda berada, bila bertanya kepada abang ojek, dijamin tahu lokasi warung burger kaki lima ini.

Soal rasa, sudah pasti menggoda. Bisa bertahan lebih dari 30 tahun adalah bukti cita rasa burger di warung ini disukai. Soal harga, sudah pasti ramah di kantong, karena jadi langganan mahasiswa.

Alamat:

Jl. Kaliurang, Sendowo, Mlati, Jogja

Jam operasional:

Pukul 17.00- 22.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp20.000/ per orang untuk makanan dan minuman

10. Sop Kambing Bang Udin

Sop Kambing Bang Udin

Sop Kambing Bang Udin adalah salah satu warung sop kambing paling direkomendasikan jika ingin kuliner malam di Jogja. (Foto: shopback.co.id)

Masih dari sekitar Kampus UGM Jogja, ada satu lagi hidangan legendaris untuk kuliner malam Jogja. Namanya adalah Sop Kambing Bang Udin. Para penyuka sop kambing, sudah pasti harus mencoba hidangan di warung tenda ini.

Kuahnya terasa gurih dengan irisan daging daging kambing yang empuk. Sop kambing ala Betawi ini tidak hanya menawarkan isian daging kambing. Anda bisa mencoba isian lain seperti babat, lidah, otak, paru, usus, kaki, iga, tulang muda, kuping, torpedo, dan sumsum. Lengkap bukan?

Warung Sup Kaki Kambing Bang Udin ini menawarkan menu sup bergaya Betawi dengan kuah susu. Gurihnya membekas di lidah. Lokasinya tepat berada di seberang RS Panti Rapih.

Alamat:

Jl. Cik Di Tiro No.29, Terban, Kec. Gondokusuman, Jogja

Jam operasional:

Pukul 17.00- 23.00 WIB

Kisaran harga menu:

Harga mulai Rp50.000 / per orang untuk makanan dan minuman

11. Angkringan KR

Angkringan KR

Angkringan KR merupakan salah satu angkringan paling ramai dikunjungi para pemburu kuliner malam Jogja. (Foto: tripzilla.id)

Selain Angkringan Lim Man, ada satu lagi angkringan yang sangat populer untuk kuliner malam di Jogja, yaitu Angkringan KR (Kedaulatan Rakjat). Lokasi angkringan ini berada tepat di depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakjat, di Jalan Mangkubumi.

Lokasi Angkringan KR ini sebenarnya tidak jauh dari Angkringan Lik Man. Jaraknya kurang dari 1 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 10 menit berjalan kaki. Tempat duduknya berupa lesehan tikar dengan kapasitas puluhan orang.

Menunya sangat beragam mulai dari sate telur puyuh, sate usus, sate bakso, dan lainnya. Aneka gorengan tentu juga tersedia. Selain aneka minuman jahe, Anda bisa mencoba minuman khas angkringan ini, yaitu es susu tape ijo. Sangat segar dan memanjakan kerongkongan.

BACA JUGA :  5 Kuliner Khas Pamekasan Wajib Coba!!

Alamat:

Jl. Pangeran Mangkubumi, Gowongan, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 19.00-04.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp1.000/ per jenis makanan

12. Nasi Goreng Padmanaba

Nasi Goreng Padmanaba

Nasi Goreng Padmanaba adalah legenda kuliner malam Jogja, bisa disejajarkan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. (Fo:to: selerarasa.com)

Anda pecinta nasi goreng dan ingin makan malam di Jogja dengan menu ini? Langsung saja datang ke Nasi Goreng Padmanaba. Nama Padmanaba sendiri diambil dari julukan SMAN 3 Jogja yang biasa disebut SMA Padmanaba.

Warung nasi goreng tenda ini memang berada di depan SMAN 3 Jogja. Nasi goreng sangat terkenal di Jogja, kepopulerannya mirip dengan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Kebetulan, sama-sama menyajikan nasi goreng kambing sebagai menu utama.

Cara memasaknya juga serupa dengan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, yaitu menggunakan wajan raksasa. Selain kelezatan nasi goreng kambingnya, porsinya yang jumbo juga menjadi ikon warung ini.

Alamat:

Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 17.00-23.30

Kisaran harga menu:

Mulai Rp15.000 / per porsi

13. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo

Meski berada di luar kota Jogja, Warung Bakmi Godog Mbah Mo selalu ramai diserbu pengunjung yang ingin kuliner malam Jogja.

Ingin makan bakmi godog dengan nuansa pedesaan? Datang saja ke Bakmi Mbah Mo. Warung ini termasuk salah satu legenda bakmi godog di Jogja dan legenda kuliner malam Jogja yang sudah berdiri sejak 1986.

Lokasinya agak jauh dari Kota Jogja. Dari Malioboro, jaraknya sekitar 15 kilometer ke arah Bantul. Lokasinya memang berada di daerah pedesaan. Tapi soal pembeli warung ini tak pernah sepi. Selalu antre.

Soal rasa, bisa dilihat dari jumlah pengantre yang selalu berjubel. Anda harus sedikit bersabar bila membeli bakmi di warung ini. Sebab, waktu tunggunya terkadang cukup lama karena banyaknya pengantre. Bila Anda rela menunggu satu jam, cobalah bakmi legendaris dengan cita rasa juara ini.

Alamat:

Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari pukul 17.00-23.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp21.000 / per porsi

14. Sate Samirono

Sate Samirono

Sate Samirono adalah salah satu warung satu paling terkenal untuk kuliner malam di tengah Kota Jogja.

Tepat bila Jogja disebut surga kuliner. Banyak sekali kuliner legendaris di Jogja. Bagi Anda penyuka sate, tak harus datang ke sate klathak yang jaraknya belasan kilometer dari Kota Jogja.

Ada warung sate legendaris lainnya yang terletak di jantung kota, yaitu Sate Samirono. Lokasinya tidak jauh dari Kampus UGM dan UNY. Hanya sekitar 100 meter dari gerbang Universitas Negeri Yogyakarta.

Warung sate ini sudah berdiri sejak 1970-an. Cukup lawas. Dagingnya yang empuk dengan cita rasa gurih manis siap memanjakan lidah Anda. Bagi pemburu kuliner malam Jogja, jangan lupa mampir ke sini!

Alamat:

Jl. Colombo Yogyakarta No.40, Karang Malang, Caturtunggal, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari pukul 10.00-22.00

Kisaran harga menu:

Mulai Rp50.000 / per orang untuk makanan dan minuman

15. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Kuliner malam Jogja ini tak hanya menarkan cita rasa gurih dan manis. Pecinta pedas juga dimanja di kota ini.

Ingin makan pedas saat kulineran malam di Jogja? Tak perlu khawatir. Jogja tak hanya menyajikan makanan manis dan gurih. Bila ingin mencoba ketahanan lidah Anda terhadap cita rasa pedas, datang saja ke Oseng-oseng mercon Bu Narti.

Dari namanya Anda sudah bisa membayangkan cita rasa oseng-oseng di warung ini. Siap meledak di mulut. Faktanya memang begitu. Level pedasnya tak jarang membuat pelanggan melelehkan air mata karena kepedasan.

Letaknya sangat strategis, dekat dengan Nol Kilometer Jogja. Dari Nol Kilometer, tanya saja tukan ojek atau tukang becak, pasti mereka tahu. Bila ingin jalan kaki, bisa ditempuh dalam waktu 10 menit.

Alamat:

Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Jogja

Jam operasional:

Setiap hari, 17.00 WIB – 23.00 WIB

Kisaran harga menu:

Mulai Rp20.000 / per orang untuk makanan dan minuman

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com