22 Macam-macam Warna Hijau, Kode, dan Keterangan Warnanya

Secara psikologi, warna hijau melambangkan keseimbangan, kedamaian, serta kesegaran. Karena itu, hijau banyak dipilih sebagai cat untuk dinding eksterior maupun interior rumah.

Tapi tahukah kamu, ada banyak sekali macam-macam warna hijau yang bisa dipilih? Semua warna hijau tersebut memiliki karakter tersendiri ketika diaplikasikan pada ruangan lho. Nah, jika kamu sedang mencari warna hijau untuk dekorasi hunian, melalui artikel ini berikut 22 macam warna hijau beserta kode warnanya:

1. Warna Hijau Lime

Contoh warna hijau lime (Foto: Color-name.com)

Jenis warna hijau yang pertama dikenal dengan lime green. Warna ini menggambarkan kulit buat sitrus seperti jeruk limau dan memiliki kode warna #32CD32.

2. Warna Hijau Tea

Contoh warna hijau teh. (Foto: Htmlcsscolor.com)

Warnanya yang pucat menggambarkan teh hijau yang telah diseduh. Kode warna dari jenis green tea adalah #D0F0C0.

3. Warna Hijau Sage

Contoh warna hijau sage yang sedang populer. (Foto: Color-name.com)

Jenis warna hijau yang sedang populer ini terlihat gelap karena merupakan campuran dari warna hijau dan abu-abu. Sage sendiri mendefinisikan sifat bijaksana sehingga warnanya mengekspresikan kebijaksanaan. Color code sage green sendiri adalah #B2AC88.

tanaman-dalam-ruangan-agar-tubuh-makin-sehat-12658","image":"https://lapakfjbku.com/wp-content/uploads/22-Macam-macam-Warna-Hijau-Kode-Warna-dan-Keterangan-Warnanya.jpg"}”>

BACA JUGA :  9 Desain Dinding Kayu Cantik yang Bikin Betah di Rumah

4. Warna Hijau Artichoke

Contoh warna hijau artichoke. (Foto: Color-name.com)

Dengan kode warna #8f9779, jenis warna hijau ini diambil dari tunas bunga thistle, artichoke. Cukup mirip dengan hijau sage, namun porsi warna hijau pada artichoke lebih dominan dibanding abu-abu.

5. Warna Hijau Islamic

Contoh warna hijau Islamic. (Foto: Colorxs.com)

Dikenal sebagai hijau Islamic karena warna ini sering digunakan pada simbol-simbol dalam dalam agama Islam. Salah satu pengaplikasiannya dapat terlihat pada warna bendera Organization of Islamic Cooperation. Kode warna dari hijau Islamic sendiri adalah #009000.

6. Warna Hijau Olive

Contoh warna hijau olive atau zaitun. (Foto: Color-name.com)

Warna hijau olive cukup populer digunakan dalam berbagai hal seperti pakaian, tas, dan cat dinding. Dengan kode warna #808000, warna olive paling banyak digunakan dalam seragam militer.

7. Warna Hijau Emerald

Contoh warna hijau emerald. (Foto: Colorxs.com)

Nama hijau emerald mulai digunakan pada tahun 1598 setelah dinamai dari batu bernama serupa. Karena terinspirasi dari batuan berharga, warna hijau emerald sering dikaitkan dengan sifat makmur serta royalti. Kode warna dari emerald green adalah #50C878.

8. Warna Hijau Pastel

Contoh warna hijau pastel. (Foto: Colorxs.com)

Kita tahu bahwa hijau tercipta dari gabungan warna biru dan kuning sehingga masuk dalam warna sekunder. Untuk warna pastel sendiri, ada penambahan warna putih sehingga tampilannya lebih lembut. Kode warna untuk hijau pastel adalah #77DD77.

Tips Lapakfjbku.com

Padukan warna hijau tua dengan aksen emas untuk tampilan yang mewah dan klasik.

9. Warna Hijau Teal

Contoh warna hijau teal. (Foto: Colorxs.com)

Jenis warna hijau yang satu ini memiliki nama unik karena terinspirasi dari bebek teal. Bebek tersebut umum terlihat di Amerika Utara dan memiliki ciri khas bulu warna hijau di daerah matanya. Kode warna dari hijau teal adalah #006D5B.

10. Warna Hijau Neon

Contoh warna hijau neon. (Foto: Htmlcsscolor.com)

Warna hijau neon sering kali disebut dengan hijau stabilo. Hampir mirip dengan hijau lime namun neon memiliki lebih sedikit warna merah pada campurannya. Kode warna hijau neon adalah #39FF14.

BACA JUGA :  21 Pilihan Souvenir Pernikahan Murah Bermanfaat!

11. Warna Hijau Mint

Contoh warna hijau Mint. (Foto: Color-name.com)

Warna mint sering dikonotasikan dengan suasana yang dingin dan cerah. Dinamai karena terinspirasi tanaman mint, kode warnanya adalah #3EB489. Jika digunakan untuk ruangan, mint sangat serasi dikombinasikan bersama warna lilac dan biru.

12. Warna Hijau Forest

Contoh warna hijau forest (Foto: Hexcolor.com)
Sesuai namanya, macam warna hijau satu ini akan mengingatkan Anda pada daun hijau di hutan. Warna hijau forest memiliki kode warna #228C22. Warna hijau yang menyimbolkan kesegaran dan kesejukan ternyata memang banyak sekali ragam macamnya. Mau punya rumah yang kawasannya masih terasa sejuk seperti Depok dengan harga di bawah Rp700 jutaan? Cek pilihan rumahnya di sini!

13. Warna Hijau Celadon

Contoh warna hijau celadon. (Foto: Colorxs.com)

Warna hijau celadon memang kurang familiar di telinga. Namun tampilannya begitu cerah dan vibrant sehingga pas digunakan untuk dekorasi ruangan seperti ruang tamu. Nama celadon sendiri terinspirasi dari warna glasir keramik asal Tiongkok. Kode warna untuk celadon adalah #ACE1AF.

14. Warna Hijau Aquamarine

Contoh warna hijau aquamarine. (Foto: Color-name.com)

Warna aquamarine memiliki kesan menenangkan dan damai karena warnanya yang mengingatkan Anda pada air laut. Kode warna dari hijau aquamarine adalah #7FFFD4.

15. Warna Hijau Seafoam

Contoh warna hijau seafoam. (Foto: HTML color codes)

Sekilas, warna hijau seafoam memang mirip dengan mint. Namun, secara hex color kedua warna tersebut digolongkan berbeda. Kode warna untuk hijau seafoam adalah #98FF98.

16. Warna Hijau Kelly

Contoh warna hijau kelly. (Foto: Colorxs.com)

Warna hijau yang cerah ini diambil dari nama keluarga yang populer di Irlandia, Kelly. Jenis warna hijau ini juga sering dikaitkan dengan Hari St.Patrick. Kode warna untuk hijau kelly adalah #4CBB17.

17. Warna Hijau Hooker’s

Contoh warna hijau hooker’s. (Foto: Color-name.com)

Warna hooker’s diambil dari seorang ilustrator terkenal bernama William Hooker. Ia menciptakan warna ini dengan mencampurkan warna prussian blue dan gamboge. Hijau hooker’s sendiri memiliki kode warna #49796B.

BACA JUGA :  Ukuran Kulkas 2 Pintu dari Berbagai Merek Terbaik

18. Warna Hijau Alpukat

Contoh warna hijau alpukat. (Foto: Color-name.com)

Bagi Anda penggemar alpukat tentu tidak asing lagi dengan jenis warna hijau yang satu ini. Warnanya yang pekat memberikan kesan sehat dan menyegarkan. Kode warna untuk hijau alpukat adalah

19. Warna Hijau Asparagus

Contoh warna hijau asparagus. (Foto: Color-name.com)

Sayur asparagus menjadi inspirasi nama untuk jenis warna hijau ini. Tonenya yang kalem dan tidak terlalu mencolok cocok jika dijadikan warna kamar Anda. Kode warna untuk hijau adalah #87A96B.

20. Warna Hijau Pear

Contoh warna hijau pear. (Foto: Color-name.com)

Sama seperti namanya, jenis warna hijau ini menyerupai kulit buah pear yang segar. Hasil warna pear didapatkan dengan mencampur sedikit warna merah di dalamnya. Kode warna untuk hijau pear adalah #D1E231.

21. Warna Hijau Army

Contoh warna hijau army. (Foto: Colorxs.com)

Tidak hanya olive, warna hijau army juga menjadi mayoritas untuk seragam militer di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, warnanya menyerupai daun sehingga memudahkan saat kamuflase. Kode warna hijau army adalah #4B2530.

22. Warna Hijau Midnight

Contoh warna hijau midnight. (Foto: color-register)

Warna ini menyiratkan suasana langit malam yang indah. Jika digunakan untuk dekorasi ruangan, midnight green akan menampilkan kesan mewah dan elegan. Karena itu pula, perusahaan besar seperti Apple menggunakan jenis warna ini untuk salah satu seri ponsel mereka. Kode warna untuk hijau midnight adalah #004953.

Itulah macam-macam warna hijau. Sangat cantik ya! Semoga daftar warna hijau di atas dapat membantu Anda dalam mencari cat tembok atau palet warna untuk dekorasi rumah. Selamat mencoba!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com