Warna Olive Seperti Apa? Cari Tahu Bedanya dengan Warna Hijau

Warna olive biasa disebut sebagai warna zaitun, karena warnanya yang menyerupai warna buah zaitun. Saat ini warna tersebut mulai digandrungi oleh orang-orang, terutama untuk interior rumah. Mulai dari cat dinding hingga pemilihan furnitur di dalam ruangan, sudah banyak yang menggunakan palet ini.

Selain memberi kesan elegan, warna ini juga menjadi salah satu warna yang memberi kesan mewah. Jika Anda ingin memberi kesan elegan dan mewah pada hunian, cobalah menggunakan warna yang cantik ini pada salah satu ruangan di dalam rumah Anda. Dijamin hunian akan terlihat berbeda dari sebelumnya.

Temukan selengkapnya penjelasan mengenai warna olive dalam artikel ini:

Warna Olive Seperti Apa?

Jadi bisa disimpulkan warna olive itu merupakan kombinasi antara warna hijau tua dan kuning. (Foto: Paintzen.com)

Jika Anda mempertanyakan tampilan warna olive seperti apa, Anda bisa langsung melihat tampilan dari buah zaitun. Ya, dominasi warna kuning dengan sentuhan hijau tua. Jadi bisa disimpulkan warna olive itu merupakan kombinasi antara warna hijau tua dan kuning. Warna inilah yang mulai digunakan oleh orang-orang mulai dari furnitur, interior ruangan, hingga fashion.

Jika Anda ingin menggunakan warna ini pada interior ruangan atau cat dinding, Anda bisa menemukan warna tersebut dengan kode warna heksadesimal #808000. Warna dengan gelap sedang bayangan dari kuning hijau. Dalam model warna RGB #808000 terdiri dari 50.2% merah, 50.2% hijau dan 0% biru. Di ruang warna HSL #808000 memiliki hue 60° (derajat), 100% saturasi dan 25% penerangan.

BACA JUGA :  10 Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu Minimalis yang Elegan Abis!

Banyak juga yang menyamakan tampilan warna zaitun dengan warna hijau army, namun kedua warna tersebut sangatlah berbeda. Jika Anda perhatikan dengan seksama, warna hijau army cenderung didominasi oleh warna hijau tua. Sedangkan warna zaitun cenderung didominasi oleh warna kuning.

Meski sekilas, Anda pasti bingung membedakan antara kedua warna tersebut. Namun jika dijejer secara bersamaan Anda akan melihat kedua perbedaannya yang sangat mencolok. Warna hijau army cenderung lebih gelap, sedangkan warna zaitun memiliki tampilan yang lebih menyegarkan dan asri.

Apa Perbedaan Warna Olive dengan Warna Hijau Lain?

Warna zaitun memiliki warna hijau agak kekuning-kuningan tapi lebih gelap. (Foto: Photos-Public-Domain.com)

Seperti yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya, banyak yang mengira antara warna zaitun dan warna hijau army memiliki kesamaan. Namun ada banyak perbedaan antara warna zaitun dengan warna hijau army serta warna hijau lainnya.

Warna zaitun memiliki warna hijau agak kekuning-kuningan tapi lebih gelap. Warna ini diambil dari buah zaitun yang masih mentah. Warna zaitun tercatat sebagai nama warna pada tahun 1912. Sejak saat itulah, warna ini mulai dikenal dan diproduksi massal untuk dijadikan sebagai pewarna produk, contohnya untuk pakaian.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa warna olive punya kode hex #808000. Anda bisa mengecek kodenya ini di aplikasi desain. Selain itu, warna ini juga ada warna turunannya yakni olive green, olive grey, dan olive coklat.

Warna Olive dari Sisi Psikologi

Warna zaitun melambangkan kebijaksanaan, kasih sayang, kemanusiaan, dan membangkitkan nuansa ruang. (Foto: Homenish.com)

Dalam psikologi warna, dikatakan bahwa warna hijau sendiri melambangkan keseimbangan emosi yang membentuk ketenangan, perasaan rileks, dan menurunkan stres. Di luar sisi psikologis, tampilannya yang fleksibel dan cocok untuk warna atau tekstur lain membuat warna hijau seringkali masuk ke dalam tren desain interior.

BACA JUGA :  Jenis Kran Air Beserta Model dan Harga Terbaru

Nah, bagaimana dengan warna zaitun? Warna zaitun melambangkan kebijaksanaan, kasih sayang, kemanusiaan, dan membangkitkan nuansa ruang. Selain itu, warna ini juga melambangkan harmoni, diplomasi, dan percaya diri. Sedangkan warna olive green juga kerap digunakan sebagai lambang warna tradisional untuk perdamaian.

Warna olive yang punya nuansa kalem dan tenang ini memang tepat jika diaplikasikan untuk ruang santai, misalnya kamar tidur.

Tips Lapakfjbku.com

Jika ingin memberi kesan tenang dan harmonis Anda bisa mengaplikasikan warna zaitun pada ruangan di rumah Anda.

Warna Olive Cocok dengan Warna Apa Ya?

Anda juga bisa menambahkan jendela besar di sisi kanan dan kiri pintu untuk menambah keelokan hunian Anda. (Foto: Houzz.com)

Jika Anda masih ragu untuk mengaplikasikan warna ini ke dalam ruangan di rumah Anda, karena masih bingung bagaimana padu padannya dengan warna lain, berikut warna-warna yang cocok dipadukan dengan warna zaitun:

  • Warna Abu-Abu dan Olive, Anda bisa memadukan warna ini dengan abu-abu terutama abu-abu muda. Kedua warna ini akan saling melengkapi satu sama lain, Anda bisa menggunakan karpet abu-abu yang dikombinasikan dengan sofa olive green di ruang tamu. Dijamin, ruang tamu Anda akan terasa nyaman dan hangat.
  • Warna Coklat dan Olive, selain abu-abu warna coklat juga bisa menyatu dengan sempurna. Warna coklat muda pada lantai kayu akan memberi kesan ruangan terasa homey dan estetik.
  • Warna Putih dan Olive, warna putih memang bisa dengan mudah nge-blend dengan warna lain terutama olive. Warna putih akan menjadi palet yang bisa melakukan tone down pada warna olive, agar tidak terlalu dominan.

Rekomendasi Warna Olive Bagi Hunian

Anda juga bisa menambahkan jendela besar di sisi kanan dan kiri pintu untuk menambah keelokan hunian Anda. (Foto: Mymove.com)

Nah, jika Anda sudah mengetahui perpaduan warna zaitun ini cocok dengan warna apa, berikut rekomendasi warna zaitun yang bisa diaplikasikan pada hunian Anda. Mulai dari kamar tidur hingga dapur. Yuk, simak 3 inspirasi dekorasi menggunakan warna zaitun:

BACA JUGA :  10 Pilihan Rumah Subsidi Tangerang Di Tahun Ini!

1. Warna Olive Green di Kamar Tidur

Padupadankan dengan warna-warna netral seperti krem, putih, dan abu-abu untuk tampilan yang lebih maksimal. (Foto: Pinterest.com)

Anda bisa mengaplikasikan warna ini pada cat dinding kamar. Agar tidak terlihat mencolok, tambahkan sarung bantal, selimut, kap lampu, kursi ottoman dengan warna putih, abu-abu, dan krem. Kemudian tirai berwarna putih juga dapat memberi aksen yang menyegarkan dan alami.

2. Warna Olive di Ruang Tamu

Cat beberapa titik di area ruang tamu sebagai aksen atau seluruh dinding dengan warna olive. (Foto: Thenordroom.com)

Untuk ruang tamu yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecat dinding ruang tamu dengan warna olive. Cat beberapa titik di area ruang tamu sebagai aksen atau seluruh dinding dengan warna olive. Karena sudah dominan, seimbangkan warna tersebut dengan furnitur berwarna netral.

3. Warna Olive di Dapur

Cat sebagian area tembok dengan warna putih untuk menyelaraskan desain dengan kabinet dinding di dapur. (Foto: Sncollection.co.uk)

Laci dan kabinet dapur dengan warna zaitun akan jadi aksen yang anti-mainstream untuk menghidupkan dapur rumah Anda. Cat sebagian area tembok dengan warna putih untuk menyelaraskan desain dengan kabinet dinding di dapur.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com