Pasar Parung Bogor, Pasar Ikan Hias Terbesar dan Tersohor

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Parung pastinya sudah tak asing lagi dengan Pasar Parung Bogor. Ya, Pasar Parung Bogor yang merupakan pasar ikan hias terbesar di Indonesia. Pandemi justru membuat penjualan di Pasar Parung Bogor terdongkrak.

Hal tersebut terlihat secara nyata di pasar ikan hias yang berlokasi di Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Melansir wartakota.tribunnews.com, omzet pendapatan secara keseluruhan para pedagang ikan hias bisa mencapai miliaran rupiah.

Meski selalu ramai pengunjung Pasar Parung Bogor pun lantas tidak beroperasi setiap hari. Pasar Parung Bogor hanya buka di jam operasional tertentu. Sehingga aktivitas di Pasar Parung Bogor juga cukup terbatas, apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Nah, bagi Anda para pecinta ikan hias atau yang berdomisili di kawasan Parung tak ada salahnya untuk berkunjung ke sini. Ada berbagai macam ikan hias yang bisa ditemukan di sini. Berikut ulasan mengenai Pasar Parung Bogor dari Lapakfjbku.com.

Pasar Parung Bogor: Sejarah Pasar Ikan Hias Terbesar di Indonesia

Pasar Parung Bogor: Sejarah Pasar Ikan Hias Terbesar di Indonesia

Ketika pertama kali beroperasi Pasar Parung Bogor hanya beroperasi pada malam hari.

Pasar Parung Bogor tak serta merta hadir begitu saja, awalnya di 2005 pedagang pasar ikan hias di Parung ini berdagang di pinggir jalan tanpa lapak dan hanya menggunakan tikar sebagai alas. Sebelum Pasar Parung Bogor hadir, para pedagang ikan hias berjualan di pinggir jalan Desa Waru.

Hingga akhirnya pada April 2010, salah satu pendiri dan pengelola pasar ikan hias di Parung yang bernama H. Darmo mendirikan Pasar Parung Bogor. Setelah melalui tahun demi tahun dengan promosi besar-besaran, akhirnya jumlah pedagang pun bertambah.

Ketika pertama kali beroperasi Pasar Parung Bogor hanya beroperasi pada malam hari. Namun jadwal berubah mengingat situasi dan kondisi lalu lintas yang cukup padat, maka jam operasi pasar ikan hias ini dibuka tiga kali seminggu.

BACA JUGA :  Motion Capture, Rahasia Sukses Para 3D Animator Hollywood

Sejak itu pembeli pun mulai berdatangan, tak hanya dari daerah sekitar Kabupaten Bogor saja namun banyak pendatang dari luar daerah. Mulai dari Depok, Jakarta, Sukabumi, Bandung, bahkan ada yang dari Lampung.

Pasar Parung Bogor: Keistimewaan Pasar Ikan Hias Parung

Pasar Parung Bogor: Keistimewaan Pasar Ikan Hias Parung

Tak hanya ikan hias, di Pasar Parung Bogor juga menjual jenis hewan air lainnya seperti kura-kura mini dan berbagai aksesoris akuarium.

Keistimewaan Pasar Parung Bogor dari pasar ikan hias lainnya adalah kelengkapan jenis ikan yang dijual. Tersedia berbagai macam jenis ikan yang dijual di Pasar Parung Bogor. Mulai dari ikan Arwana, Koki, Koi, Guppy, Cupang, dan berbagai ikan hias lainnya.

Tak hanya ikan hias, di Pasar Parung Bogor juga menjual jenis hewan air laut dan tawar lainnya seperti kura-kura mini dan berbagai aksesoris akuarium. Berbagai jenis makanan ikan hingga bibit lele juga dijual di Pasar Parung Bogor.

Harga ikan hias yang ditawarkan juga beragam, berbeda jenis tentu berbeda pula harganya. Jangkauan harga ikan hias yang ada di Pasar Parung Bogor berkisar mulai dari Rp 15 ribuan hingga harga yang cukup fantastis yakni Rp 5 juta ke atas.

Namun dibandingkan dengan harga ikan hias di pasar tradisional lainnya, Pasar Parung Bogor termasuk ke dalam kategori harga yang murah bagi beberapa pengunjung. Tak heran bila pasar ini selalu ramai dikunjungi. Tercatat ada 380 pedagang yang berjualan ikan hias di 270 lapak yang tersedia.

Pasar Parung Bogor: Jam Operasional yang Terbatas

Pasar Parung Bogor: Jam Operasional yang Terbatas

Saat ini, Pasar Parung Bogor dibuka dan tutup dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 01.00 – 09.00 WIB dan 10.00 – 16.00 WIB.

BACA JUGA :  Desa Gondo Mayit - Cerita Horror Misteri Indonesia

Meski selalu ramai dikunjungi, Pasar Parung Bogor memiliki jam operasional yang berbeda dengan pasar ikan hias lainnya. Waktu operasional Pasar Parung Bogor yaitu buka seminggu tiga kali, yakni hari Senin, Rabu, dan Jumat mulai pukul 16.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Namun jadwal buka pasar ini mengalami perubahan sejak pandemi COVID-19 2020 lalu. Saat ini, Pasar Parung Bogor dibuka dan tutup dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 01.00 – 09.00 WIB dan 10.00 – 16.00 WIB.

Jam buka pertama biasanya khusus untuk pembeli ikan grosiran atau pembeli dalam jumlah banyak. Sedangkan untuk jam buka kedua dikhususkan untuk pembeli umum. Adapun hari buka Pasar Parung Bogor selama pandemi COVID-19 yaitu setiap Senin, Kamis, dan Sabtu.

Selama pandemi COVID-19 jumlah pembeli yang berkunjung juga dibatasi. Selain itu para pengunjung juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang ketat seperti cek suhu, memakai sarung tangan, cuci tangan, dan tentunya memakai masker dobel.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com