10 Rumah Sakit di Bali Terbaik dan Berkelas Internasional 2024

Salah satu yang mulai dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali adalah wisata medis. Bahkan sejumlah rumah sakit di Bali telah mendirikan Bali Medical Tourism Association (BMTA). Inilah bentuk keseriusan Bali untuk menggarap wisata medis. BMTA sendiri telah resmi menjadi bagian dari Bali Tourism Board (BTB).

Dengan pencanangan program wisata medis ini rumah sakit-rumah sakit di Bali semakin meningkatkan kualitas dan fasilitasnya. Berbagai kerja sama untuk mengembangkan teknologi kesehatan dilakukan. Kompetensi dan skill dari para petugas medis pun semakin diasah.

Semua itu membuat pelayanan rumah sakit di Bali menjadi terdepan, setara dengan fasilitas kesehatan di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, bahkan negara lain. Dari 61 rumah sakit umum dan 11 rumah sakit khusus di Bali, inilah 10 rekomendasi rumah sakit yang terbaik dan berkelas internasional di Pulau Dewata.

1. Rumah Sakit Siloam Hospitals Denpasar Bali

1. Rumah Sakit di Bali: Siloam Hospitals Denpasar

Rumah sakit yang telah terakreditasi secara internasional dengan fasilitas lengkap dan modern.

Siloam Hospital Denpasar adalah rumah sakit swasta pertama di Bali yang mendapat akreditasi dari Joint Commision Internatioanal (JCI). JCI adalah badan akreditasi internasional dari Amerika Serikat untuk sektor pelayanan kesehatan berskala internasional.

Akreditasi JCI sangat penting bagi rumah sakit karena merupakan bukti bahwa pelayanan kepada pasien di rumah sakit tersebut sudah berstandar internasional. Sehingga pasien dari seluruh dunia tak perlu ragu untuk berobat ke sini. Selain memiliki fasilitas kesehatan, ada pula fasilitas seperti minimarket, cafe, dan resto.

Rumah sakit ini juga memiliki unit rumah sakit keliling. Di mana di rumah sakit keliling tersebut dilengkapi dengan unit penanganan trauma dan evakuasi medis. Ada pula hemodialisis dan kemoterapi sehari. Siloam Hospitals Denpasar memiliki 124 tempat tidur untuk rawat inap, 11 layanan radiologi, dan 28 jenis layanan spesialis.

Alamat: Jl. Sunset Road no 818, Kuta, Badung

2. Kasih Ibu Hospitals Denpasar

2. Rumah Sakit di Bali: Kasih Ibu Hospitals Denpasar

Rumah sakit yang memberikan perawatan layaknya kasih sayang seorang ibu.

Layaknya kasih ibu, rumah sakit ini mengedepankan keselamatan dan perawatan pasien dengan sentuhan kasih. Pelayanan yang ramah ditunjang dengan sarana dan prasarana yang canggih membuat rumah sakit yang berdiri tahun 1987 ini menjadi piilhan utama bagi masyarakat ketika memerlukan pelayanan kesehatan.

Awalnya, rumah sakit yang berada di bawah Kasih Ibu Hospital Group ini merupakan sebuah klinik bersalin. Didirikan oleh dr. Suanda Duarsa Sp.OG dan Ibu Asmariani Duarsa. Klinik bersalin tersebut lalu berkembang dengan pesat menjadi rumah sakit bersalin, dan akhirnya menjadi rumah sakit umum pada tahun 1991.

BACA JUGA :  Tips Touring Jarak Jauh Dengan Sepeda Motor

Layanan unggulan di rumah sakit ini adalah stroke center, endoscopic center, dan brain and spine center. Selain itu rumah sakit ini juga menyediakan layanan homeclinic, yaitu layanan medis di rumah oleh dokter dan tim medis. Di sini juga tersedia terapi hiperbarik untuk mempercepat penyembuhan pasien.

Alamat: Jl. Teuku Umar no. 120, Denpasar

3. Rumah Sakit BIMC Nusa Dua

3. Rumah Sakit di Bali: Rumah Sakit BIMC Nusa Dua

Rumah sakit pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi internasional dari ACHS.

Rumah sakit yang berada di Kompleks Pengembangan Pariwisata Bali (BTDC) ini menyediakan layanan kesehatan kelas satu. Kualitasnya sudah diakui secara nasional dan internasional dengan dikantonginya akreditasi nasional tingkat paripurna dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

BIMC juga merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi internasional dari Australian Council on Healthcare Standards (ACHS). International Assistance Group (IAG), aliansi global dari perusahaan bantuan independen, juga mengakui BIMC sebagai penyedia layanan kesehatan nomor satu di Indonesia.

BIMC yang dikelilingi oleh hotel-hotel bintang lima dan pantai-pantai yang indah ini memiliki layanan unggulan berupa Pusat Kecelakaan dan Darurat 24 jam, Pusat Medis 24 jam, Pusat CosMedic, Pusat Dialisis, dan Pusat Gigi. Letak rumah sakit ini juga sangat strategis, yaitu berjarak hanya sekitar 20 menit dari Bandara Ngurah Rai.

Alamat: Kawasan ITDC Blok D, Nusa Dua.

4. Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara

4. Rumah Sakit di Bali: RSUD Bali Mandara

Rumah sakit umum daerah dengan layanan unggulan pada penyakit kanker, stroke, jantung, dan ginjal.

Anggaran pembangunan rumah sakit yang berdiri pada tahun 2017 ini sepenuhnya berasal dari APBD Provinsi Bali. Saat ini RSUD Bali Mandara tengah mengembangkan diri terutama pada layanan unggulan seperti kanker, stroke, jantung dan ginjal sebagai bagian dari medical tourism.

Rumah sakit yang menjadi rujukan bagi para delegasi saat KTT G20 di Bali pada November 2022 ini telah mengantongi akreditasi tingkat Paripurna dari KARS dan sudah bertaraf internasional. Terdapat 198 tempat untuk tidur rawat inap, 13 instalasi, dan 25 bidang layanan kesehatan di rumah sakit ini.

Saat ini RSUD Bali Mandara tengah menjalin kerja sama dengan pemerintah Australia untuk pengembangan layanan kanker. Ini tentu merupakan salah satu keunggulan dari RSUD Bali Mandara. Tak heran rumah sakit ini menjadi pusat rujukan layanan kanker untuk area Indonesia Timur.

Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai no. 548, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

5. Rumah Sakit BaliMed

5. Rumah Sakit di Bali: BaliMed

Pusat medis bertaraf internasional dengan pelayanan kesehatan terbaik di Bali.

Rumah sakit yang berdiri pada tahun 2008 ini memiliki standar perawatan internasional. Selain itu BaliMed Hospital telah mengantongi akreditasi tertinggi, yaitu Paripurna dari KARS. Dengan visi menyediakan pusat medis bertaraf internasional dalam satu atap, rumah sakit ini menjadi penyedia layanan kesehatan terbaik di Bali.

Terdapat sekitar 104 dokter spesialis dan 20 dokter umum di rumah sakit ini. Dokter-dokter tersebut merupakan dokter yang hebat yang selalu mencari pengetahuan medis terbaru. Para staf medisnya pun dituntut untuk selalu berintegritas tinggi dan memberikan pelayanan terbaik bagi pasien.

BACA JUGA :  Lima Hal Kecil yang Dapat Mengubah Hidup

Fasilitas di sini lengkap, mulai dari ambulans 24 jam, laboratorium kateter, laboratorium kliniks, IGD, hemodialisis, hingga TACE/TACI untuk perawatan kanker. Di sini juga terdapat spesialis akupuntur dan kedokteran olahraga serta pulmonologi atau paru-paru.

Alamat: Jl. Mahendradatta no. 57X, Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

6. RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah

6. Rumah Sakit di Bali: RSUP Prof. Dr. I.G.N.G Ngoerah

Rumah sakit terbesar di Bali milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Rumah sakit ini lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Sanglah, nama awal rumah sakit ini saat berdiri tahun 1959. RSUP Prof. Ngoerah merupakan rumah sakit terbesar di Bali dan milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Akreditasi dari JCI dan KARS telah dikantongi oleh rumah sakit ini.

RSUP Prof. Ngoerah juga telah ditetapkan sebagai RS Pendidikan Tipe A. Layanan unggulan dari rumah sakit ini adalah Pelayanan Jantung Terpadu, Pelayanan Kanker Terpadu, Pelayanan Kesehatan Terpadu Ibu dan Anak. Selain itu juga tersedia layanan kesehatan tradisional seperti akupuntur, hipnoterapi, prana, dan akupresur.

Pada tahun 2016, RSUP Prof. Ngoerah membuka pelayanan cangkok ginjal, dan tahun 2021 menyediakan pelayanan Beauty Center dan wisata medis dengan keunggulan pada layanan bedah jantung. Tersedia juga paviliun Wing Amerta untuk pelayanan VIP rawat jalan dan rawat inap.

Alamat: Jl. Diponegoro no. 45, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

7. Rumah Sakit Bali Royal Hospital

7. Rumah Sakit di Bali: Bali Royal Hospital

Bali Royal Hospital telah memiliki unit pelayanan khusus untuk pasien dari luar negeri.

Berdiri pada tahun 2010, Bali Royal Hospital (BROS) memang sangat siap menjadi tujuan wisata medis. Diawali dengan gedung BROS yang alih-alih seperti rumah sakit, gedung rumah sakit ini sepintas mirip sebuah hotel dengan berbagai fasilitas yang membuat pasien nyaman.

BROS juga telah meluncurkan Royal International Patient Assistance Centre (RIPAC), unit yang khusus menangani pasien dari luar negeri. Termasuk pasien asing yang memerlukan jasa visa, tiketing, imigrasi, juga evakuasi. Lokasi BROS pun sangat strategis, yaitu di kawasan Civic Center Renon yang mudah diakses.

BROS memiliki keunggulan pada layanan in vitro fertilisasi (IVF), yaitu klinik terpadu untuk masalah infertilitas. Selain itu ada pula sport therapy, yaitu layanan yang mengintegrasikan antara fisioterapi dengan pengawasan dokter spesialis ortopedi yang menangani cedera olahraga serta pelayanan tim medis dalam event olahraga.

Alamat: Jl. Tantular no. 6, Renon, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar.

8. RS Universitas Udayana

8. Rumah Sakit di Bali: RS Universitas Udayana

Rumah Sakit Universitas Udayana berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pembangunan rumah sakit yang biasa disebut RS Unud ini menggunakan dana APBN. Pembangunannya dimulai pada tahun 2010 dan baru beroperasi pada tahun 2013. Rumah sakit yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini berada di lahan seluas 41.500 meter persegi.

BACA JUGA :  Ini 10 video Game klasik yang bertahan hingga sekarang

RS Unud telah mengantongi akreditasi Paripurna dari KARS pada tahun 2019. Di rumah sakit ini juga tersedia layanan Travel Medicine Center. Di mana unit ini memberikan pelayanan konsultasi medis maupun tindakan pencegahan bagi wisatawan, meliputi kegiatan pra-travel, post travel, dan during travel.

Ada empat besar pelayanan di RS Unud, yaitu obstetri dan ginekologi (obgyn), anak, bedah, dan internal. Empat kamar operasi yang ada di RS Unud dilengkapi dengan teknologi fire pressure untuk mengantisipasi kebakaran. Karena merupakan rumah sakit pendidikan tinggi maka riset menjadi salah satu keunggulannya.

Alamat: Jl. Rumah Sakit Universitas Udayana no. 1, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung.

9. RRS Prima Medika

9. Rumah Sakit di Bali: RS Prima Medika

RS Prima Medika mengusung konsep boutique hospital, yaitu rumah sakit dengan pelayanan setara hotel.

Rumah sakit yang telah berdiri selama 20 tahun ini memiliki konsep boutique hospital. Artinya, selain perawatan kesehatan dengan standar pelayanan medis berkualitas, pelayanannya juga setara sebuah hotel. Tak heran bila rumah sakit ini berhasil mengantongi akreditasi tertinggi, yaitu paripurna dari KARS.

Beberapa layanan prima tersebut antara lain berupa perawatan hingga di rumah pasien. Dokter dan perawat akan berkunjung ke rumah pasien bila diperlukan. Selain itu rumah sakit juga menyediakan kid ground atau tempat bermain anak bagi pembesuk. Bagi pasien anak juga disediakan ruang bermain yang didampingi guru.

Ada empat layanan unggulan di rumah sakit ini, yaitu layanan kanker terpadu “Endrawati Cancer Centre”, klinik bayi tabung, layanan trauma terpadu dan bedah akut, serta layanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. RS Prima Medika juga menyediakan layanan telekonsultasi dengan menggunakan aplikasi.

Alamat: Jl. Raya Sesetan no. 10, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

10. RS Internasional Bali

10. Rumah Sakit di Bali: RS Internasional Bali

Rumah sakit internasional berkelas dunia pertama di Indonesia.

Bali International Hospital atau Rumah Sakit Internasional Bali memang masih dalam tahap pembangunan dan diharapkan akan beroperasi tahun depan. Namun rumah sakit yang prosesi groundbreaking-nya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo ini akan menjadi rumah sakit internasional berkelas dunia pertama di Indonesia.

Bali International Hospital dibangun oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan Mayo Clinic, pusat kesehatan akademis nirlaba dari Amerika Serikat. Nantinya, di rumah sakit ini tidak hanya ada dokter-dokter dari Indonesia, namun juga dokter dari luar negeri seperti dokter dari Mayo Clinic.

Bali International Hospital dibangun di lahan seluas 9,5 hektare yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur yang memiliki luas keseluruhan 41,3 hektare. Rumah sakit ini akan terkoneksi dengan kawasan komersial berkelas dunia, Inna The Grand Bali Beach Hotel, dan Pantai Sanur.

Lokasi: Kawasan Wisata Sanur, Denpasar.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com