10 Daftar Rumah Sakit di Bogor Terbaik Di Tahun 2024

Rumah sakit di Bogor terbaik saat ini terus bertambah dan semakin banyak. Jumlah perumahan yang tumbuh di Bogor, diikukti dengan meningkatnya jumlah penduduk.

Semakin banyaknya jumlah penduduk tentu saja diikuti dengan bertambahnya fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Berbagai fasilitas ditawarkan rumah sakit di Bogor mulai dari fasiltas dasar hingga fasilitas paling modern.

Pertumbuhan rumah sakit di bogor juga semakin merata di berbagai daerah, mengikuti perkembangan perumahan di daerah tersebut.

Artikel ini akan mengulas 10 rumah sakit di Bogor terbaik. Kategori terbaik dalam daftar ini berdasar tipe rumah sakit, khususnya tipe A dan tipe B yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan. Berikut ini daftarnya.

1. Rumah Sakit Marzuki Mahdi Bogor

1. Rumah sakit di Bogor Marzuki Mahdi

Rumah Sakit Marzuki Mahdi adalah salah satu rumah sakit tertua di Bogor.

Rumah Sakit Marzuki Mahdi adalah rumah sakit bertipe A yang ada di Bogor. Rumah sakit tipe A adalah rumah sakit dengan fasilitas terlengkap. Standar layanan minimalnya harus memiliki paling sedikit 4 medik spesialis dasar, 5 spesialis penunjang medik, 12 medik spesialis lain, dan 13 medik subspesialis.

Rumah sakit ini termasuk salah satu yang tertua di Bogor. Dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda pada 1 Juli 1882. Nama awal rumah sakit ini adalah Krankzinnigengestich te Beuitenzorg dan sudah memiliki 400 tempat tidur di awal pembangunan.

Pada 1 Juli 2002 rumah sakit ini resmi berganti nama menjadi RS. Dr. H. Marzuki Mahdi. Cuci darah adalah salah satu layanan yang cukup terkenal di rumah sakit ini. Selain itu, ada juga layanan psikologi yang jadi andalan rumah sakit.

Alamat:

Jl. DR. Sumeru No.120, RT.03/RW.01, Menteng, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor

2. RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo

2. Rumah sakit di Bogor RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo

Gerbang Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo.

Rumah sakit terbaik berikutnya yang masuk daftar adalah Rumah Sakit Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG). Rumah sakit ini juga masuk kategori tipe A dan termasuk salah satu yang tertua di Bogor. RSPG berdiri pada 1908.

BACA JUGA :  11 Daftar Rumah Sakit di Makassar Milik Pemerintah, Swasta, hingga yang Terbesar

Rumah sakit ini memiliki visi menjadi pusat pelayanan paru dan bedah toraks nasional. Layanan spesialis terbaiknya tentu saja di kesehatan paru. Layanan paru terbilang lengkap mulai dari infeksi paru, kanker paru, intervensi paru, dan bedah thorax.

Selain pelayanan khusus paru, rumah sakit ini juga melayani pemeriksaan umum. Jadi pas untuk memeriksakan kesehatan di rumah sakit ini.

Alamat:

Jl. Raya Puncak – Gadog No.KM.83, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor

3. RS PMI Bogor

3. Rumah Sakit di Bogor RS PMI

Rumah Sakit PMI berlokasi di jantung Kota Bogor, dekat dengan Kebun Raya.

Rumah sakit di Bogor lainnya yang umurnya cukup lama adalah Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (PMI). Rumah Sakit PMI berdiri sejak 1931 dan diprakarsai oleh kelompok sosial Belanda waktu itu.

Rumah sakit ini masuk kategori tipe B dan menyediakan berbagai layanan medis dengan fasilitas terbaik. Terdapat sekitar 15 poliklinik dan 83 dokter dari 27 spesialisasi di RS PMI.

RS PMI berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu di Jalan Pajajaran, seberang dari Kebun Raya Bogor. Layanan rumah sakit ini buka 24 jam.

Alamat:

Jalan Raya Pajajaran No.80, Tegallega, Kota Bogor

4. Rumah Sakit RS Sentra Medika Bogor

4. Rumah sakit di Bogor RS Sentra Medika

Sentra Medika adalah salah satu rumah sakit terbaik di Kabupaten Bogor.

Rumah Sakit Sentra Medika jadi pilihan rumah sakit terbaik berikutnya di Bogor. Rumah sakit ini terletak di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor. Rumah sakit ini berdiri pada 2011. Terbilang masih cukup baru.

Meski begitu, pelayanan rumah sakit bertipe B Unggulan ini terkenal cukup baik. Kebersihannya terjaga dan pelayanannya cukup cepat. Rumah sakit ini terakreditasi KARS Paripurna dengan kapasitas 210 tempat tidur.

Layanan unggulan di rumah sakit ini adalah layanan periksa kardiovaskular dan otak.

Alamat:

Jalan Mayor Oking Jayaatmaja No.9, Cibinong, Bogor

5. RS EMC Sentul

5. Rumah sakit di Bogor RS EMC Sentul

RS EMC berada di daerah yang bertumbuh pesat yaitu Sentul City.

Pertumbuhan properti di Sentul City yang semakin pesat, diikuti juga dengan pertumbuhan fasilitas kesehatan. Salah satu fasilitas kesehatan yang ada di Sentul City adalah RS EMC yang berada di jalan protokol daerah tersebut.

BACA JUGA :  Ini Dia Fungsi Tanaman Kaktus Ditaruh Di Kamar!

RS EMC Sentul mulai beroperasi sejak 28 Oktober 2013. Rumah sakit ini memiliki fasilitas ruang radiologi, ruang kardiak centre, IGD, ruang farmasi, ruang persalinan, ruang NICU-PICU, dan kamar operasi.

Selain itu, rumah sakit ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruang fisioterapi, MCU, ICU, dan ICCU. Layanan rumah sakit ini menangani masalah seputar neuromuskuler, musculoskeletal, geriatric, kardiorespirasi, THT, dan kandungan. Terbilang lengkap.

Alamat:

Jl. MH. Thamrin No.Kav. 57, Citaringgul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor

6. RSUD Kota Bogor

6. Rumah sakit di Bogor RSUD Kota Bogor

RSUD Kota Bogor merupakan rumah sakit pemerintah dengan pelayanan yang lengkap.

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor adalah rumah sakit pemerintah daerah bertipe B. Saat ini, RSUD Kota Bogor sedang mengajukan persyaratan untuk menjadi rumah sakit rujukan regional Provinsi Jawa Barat.

Kapasitas RSUD Kota Bogor saat ini cukup banyak, yaitu 400 tempat tidur. Untuk memenuhi persyaratan rumah sakit rujukan, RSUD Kota Bogor akan menambah kapasitas menjadi 500 tempat tidur.

Fasilitas layanan kesehatan juga terus ditambah di rumah sakit ini seperti MRI dan CT Scan.

Alamat:

Jalan Semeru, Menteng, Kec. Bogor Barat Kota Bogor

7. RS Hermina

7. Rumah sakit di Bogor RS Hermina

Rumah Sakit Hermina lokasinya strategis, dekat dengan Tol BORR.

Rumah sakit yang masuk daftar berikutnya adalah RS Hermina Bogor. Rumah sakit ini merupakan bagian dari RS Hermina Group yang total memiliki 45 cabang di berbagai daerah.

RS Hermina Bogor terdiri dari enam lantai dengan kapasitas 200 tempat tidur. RS Hermina memiliki moto pelayanan yang Aman, Rasional, Efektif, Efisien, dan Nyaman. Rumah sakit ini masuk kategori tipe B.

Layanan unggulan di RS Hermina Bogor adalah pelayanan klinik tumbuh kembang, perinatology, ICU/NICU/PICU, gigi spesialistik, USG 4D, dan pelayanan jantung anak.

Alamat:

Jl. Ring Road I Kav Perumahan, Jl. Ring Road Taman Yasmin No.23, 25, 27, RT.08/RW.08, Curugmekar, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor

8. RSUD Ciawi

8. Rumah sakit di Bogor RSUD Ciawi

RSUD Ciawi adalah rumah sakit pemerintah daerah dengan fasilitas modern. (Foto: maps.google.com)

Selain RSUD Kota Bogor, RSUD Ciawi juga pantas masuk sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Bogor. Rumah sakit ini merupakan RS miliki Pemerintah Kabupaten Bogor dan masuk RS tipe B juga.

BACA JUGA :  6 Tradisi Mudik Unik Dari Berbagai Belahan Dunia

Salah satu layanan unggulan yang dimiliki oleh RSUD Ciawi adalah pelayanan penyakit nyeri. Layanan ini merupakan yang pertama ada di Indonesia. Belum ada di rumah sakit lain.

Kualitas RSUD Ciawi juga diakui dunia internasional dengan menjadi rumah sakit rujukan atlet saat digelar ASIAN Games 2018.

Alamat:

Jl. Raya Puncak Gadog No.479, Bendungan, Kec. Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16720, Bogor

9. Rumah Sakit Bogor Medical Center

9. Rumah sakit di Bogor RS Bogor Medical Center

Bogor Medical Center merupakan rumah sakit swasta yang lokasinya sangat strategis.

Bogor Medical Center adalah rumah sakit yang masuk daftar terbaik berikutnya. Rumah sakit ini berlokasi di Jalan Pajajaran, tidak jauh dari RS PMI. Lokasinya terbilang sangat strategis.

RS BMC memiliki 58 dokter spesialis dan 329 tenaga medis. Fasilitasnya terbilang lengkap seperti ruang rawat inap, poliklinik, ruang bayi, ruang operasi, ICU, IGD, dan ruang bersalin.

Rumah sakit ini juga menangani penyakit jantung coroner. Salah satu fasilitas unggulan untuk layanan jantung adalah Cath Lab (laboratorium kateterisasi jantung dan otak).

Alamat:

Jl. Pajajaran Indah V No.97, RT.01/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Bogor

10. RS Azra

10. Rumah sakit di Bogor RS Azra

RS Azra adalah salah satu rumah sakit dengan desain modern di Bogor.

Satu lagi lokasi rumah sakit di Bogor yang bisa Anda pilih, yaitu Rumah Sakit Azra. Rumah sakit ini awalnya adalah sebuah klinik bersalin, namun seiring berjalannya waktu klinik tersebut berubah menjadi rumah sakit umum.

Salah satu keunggulan dari rumah sakit ini adalah fasilitas modern dengan layanan serba digital. Untuk melihat jadwal dokter, calon pasien cukup cek informasi jadwal dokter hingga booking secara online.

Letak rumah sakit ini juga sangat strategis, yaitu di Jalan Pajajaran. Tidak jauh dari RS PMI dan BMC. Jadi cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umu.

Alamat:

Jl. Raya Pajajaran No.219, RT.02/RW.11, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com