Ini Tipe Orang Indonesia Merespon Virus Corona COVID19

Virus Corona itu apa sih? Virus ini ditemukan pada sekitar akhir 2019 ini tepatnya di Wuhan, Tiongkok dan menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan yang ditandai dengan gejala2 seperti Demam, Pilek, Sesak Napas pada umumnya.

Bisa dikatakan udah jadi wabah yah virus ini dengan penyebaran terakhir 46 Negara dan positif sekitar 82 ribu jiwa dengan korban jiwa 2800an Jiwa.
Alhamdullilahnya banyak jg pasien yang sembuh loh dengan total 32 ribuan jiwa hingga hari ini (Amiinnnnn)

Ane ingin membahas dalam Thread ini 1 pertanyaan penting yg bikin ane bertanya2 setelah banyak membaca komentar dan response Netizen Indonesia tentang rakyat kita begitu optimis bahwa republik ini bisa bebas Corona?? ada berbagai tipe yg ane jelaskan secara super simpel & mungkin beberapa menusuk yg merasa seperti ini gan!!

Tapi ini forum terbuka dan demokratis yah jadi jangan hujat2an kalo ada yg mau komentar silahkan!! sapa tau ane yg salah hehehe

Ini Tipe Orang Indonesia Ketika Respon Virus Corona COVID19

Ini Tipe Orang Indonesia Ketika Respon Virus Corona COVID19

Cekidot!!

1. TIPE RELIGIUS

Yah ini sih uda ngga usah diragukan lagi, kalo orang Religius itu katanya cuma takut sama Yang Di Atas. Ini adalah statement yang BETUL sekali.

Pola pikir ini muncul karena kepasrahan hakiki yg muncul akibat permasalahan kehidupan yg mendera si pemegang mindset ini gan jadinya dia bener2 pasrah jangankan CORONA, selepel HIV mah lewaaaatt gan!!

Tipe kyk gini biasanya suka Bersyukur kalo denger Indonesia bebas Corona, selalu membawa Yang Di Atas jika dengar kabar seperti ini. Intinya Berdoa terus.

BACA JUGA :  Lakukan 7 Cara Ini Untuk Meredam Emosi Di Perjalanan

Contoh Komentar: Semoga Indonesia bebas Corona dan berada dalam lindunganNya. Amiiiinnnn.

2. TIPE SANTUY

Nah tipe yang 1 ini biasanya cuek bebek kalo denger berita2 tentang ini, intinya mereka gak peduli meskipun wabah ini bisa sampai membuat seisi Bumi ketar ketir!!

Mindset mereka tercipta karena pada dasarnya orang2 seperti ini memang cuek pada semua hal yg mereka anggap tidak penting. Memang persepsi manusia terkadang berbeda menyikapi masalah yg terjadi.

Ane paling salud sama tipe 1 ini deh, Anti Panik, keep santuy seperti pegawai Kemenkes yah yg sore2 bisa ngemil gorengan & ngopi a.k.a Istirahat Sore hehehehehe

Contoh Komentar: Duh pada ngarepin Indonesia kena Corona ya? Udah bagus kita masih bebas Corona kenapa sih lu nyumpahin negara kita kena Corona? lu aja yg kena kalo mau!!

3. TIPE FOLLOWER

Tipe yg 1 ini ane banyak banged jumpai dalam forum2 di Indonesia, biasanya mereka ini dalam meresponse wabah Corona ini dengan mengikuti pattern yang ada di sekitarnya.

Misalnya gini nih ada yg bilang Corona bisa nyebar lewat pantad maka mereka akan percaya gitu aja!!

Tipikal ini kurang kritis dalam meresponse berbagai hal jadi yah mereka akan terus ikud2an pendapat masyarakat umum aja yg notabene kalo pendapat itu salah yah terjadi kebodohan massal.

Contoh: Percaya sama Kemenkes lah, Indonesia bebas Corona kok!! Saya percaya banget sama Kemenkes mereka sudah memberikan yg terbaik untuk Bangsa & Tanah Air kita loh!!

4. TIPE KELEWAT PINTER

Tipe ini entah kelewat pinter atau sebaliknya, ane cukup bingung kadang dgn mindsetnya. Mereka meyakini pendapat & teori yg mereka ciptakan dan berlangsung dalam kehidupan nyata bisa di aplikasikan untuk wabah virus yg sedang berlangsung ini meskipun sebenarnya tdk masuk akal & tidak dapat di pertanggung jawabkan oleh medis.

BACA JUGA :  Komik 'Panti Jomblo', Rumahnya Para Tuna Asmara.

Uniknya tipe seperti ini kalo sudah terpojokkan oleh kenyataan sains mereka akan langsung berubah menjadi tipe RELIGIUS loh. Mereka menolak hipotesis & fakta yg disajikan oleh pihak luar dgn keyakinan pendapat mereka yg paling benar.

Contoh:

Corona mah gak bakal masuk Indonesia, Obatnya cukup dengan Kerokan dan Tolak Angin!!
Fakta: yg di diamond princess minta tolak angin di kasi tapi tetep aja beberapa keinfeksi – FAILED

Orang Indonesia mah kebal Virus Corona, kita udah biasa makan emperan yg mangkoknya dicuci pake air seember seharian!!
Fakta: TKW di Singapore & WNI di Princess Diamond tetep aja kena dan mereka adalah KRU

Kita tinggal di negara Tropis makanya virusnya ga bakal bisa masuk ke sini!!
Fakta: Brazil, Malaysia, Filipina yang sama2 iklim tropis tetep aja positif

5 . TIPE KONSPIRASI

Tipe ini paling nyeleneh sekaligus ngakak kalo denger statement mereka yg kadang2 ga masuk akal hahahaha. Mereka kebanyakan ntn film2 CIA atau konspirasi asing ala mamarika gitu deh, dan ini menyebabkan mereka menjadi ga logis dalam merespon wabah tsb. Tipe ini hampir sama dgn tipe Kelewat Pinter yaitu merasa pendapatnya yg plg bener, perbedaannya adalah teori mereka lebih “EXPERT” dan terstruktur.

Contoh: Professor Harvard bilang kita harusnya kena Corona? Itu Pembohongan, pasti supaya alat2 Medis Amerika bisa laku dijual disini!! Jangan tertipu orang2 harvard itu ga pinter yg pinter itu Kemenkes kita!! Kemenkes kita itu hasil dari saringan Putra Putri Terbaik Ibu Pertiwi kita loh!!  Mereka sangat bekerja keras dari pagi ampe subuh hanya untuk memerangi virus ini!!

6 . TIPE KRITIS

Tipe ini yg paling ane suka gan!! Biasanya tipe ini Wawasannya luas dan ga terpaku pada pemikiran tertutup mereka sendiri, Tipe ini umumnya open minded terhadap perubahan yang memajukan dirinya sendiri maupun sekitarnya.

BACA JUGA :  Cara Buat Masker Sendiri Di Rumah

TIDAK MUDAH PERCAYA adalah 3 kata terbaik utk tipe ini, mereka ga akan nelan kotoran dgn mudahnya tanpa menanyakan apakah efek dan manfaatnya.

Tipe ini paling dibenci oleh TIPE KELEWAT PINTER dan TIPE KONSPIRASI karena memang berkebalikan mindsetnya. mereka akan baru benar2 percaya jika ada DATA atau sesuatu YANG DAPAT DI PERTANGGUNGJAWABKAN secara data maupun metodenya.

Contoh: Pemeriksaan terhadap suspect corona sudah dilakukan berapa kali? Yang di Natuna sudah diperiksa berapa kali? Apakah sudah SWAP pada air liur mereka? Apakah sudah melakukan uji banding ke negara tetangga utk metode pendeteksian virus tsb? Bisa dijelaskan kepada masyarakat tindakan2 nyata yg udah dilakukan? Apakah dengan cuma BERDOA bisa menangkal penyebaran virus tsb di Negara kita ini?

Demikian penjelasan dari ane untuk tipe2 NETIZEN di Indonesia dalam menanggapi wabah virus yg lg populer di awal 2020 ini.

Tujuan dari semua tipe ini adalah SAMA yaitu Tidak mau Negara tercinta ini terkena Virus kupret tersebut, NAMUN sebagai rakyat kita perlu membantu pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus tsb jangan sampai ke republik kita ini. Gimana caranya?? Ya Kritis gan!! Kita harus kritis terhadap pemerintah tentang metode & transparansi mereka mengatasi virus ini agar semua rakyat Indonesia selalu di jaga dari ancaman virus ini!! Amiinnnn!!

Comments

comments