Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!

By | January 21, 2019
Rate this post

Dilaporkan oleh NHK pada tanggal 28 Juli, pemerintah Jepang memutuskan untuk bekerjasama dengan 15 perusahaan produsen anime dan penerbit manga di Jepang dan memulai operasi besar-besaran untuk menumpas habis 580 situs yang secara ilegal mengupload anime dan manga di internet tanpa meminta izin dari pemegang hak cipta dimulai dari bulan Agustus yang akan datang.

Meskipun pemerintah Jepang telah mendukung anime dan manga sebagai salah satu bentuk ekspor kebudayaan yang penting, tampaknya situs yang mengupload anime dan manga secara ilegal tidak ada habis-habisnya, khususnya situs yang berasal dari negara China. Diperkirakan kerugian yang diakibatkan situs-situs ilegal tersebut telah mencapai 560 Milyar Yen, atau sekitar 64 Trilyun Rupiah.

Mulai dari tanggal 1 Agustus, Pemerintah Jepang secara serentak akan mengirimkan permohonan untuk menghapus konten anime dan manga ilegal kepada pengurus dari 580 situs tersebut. Selain itu, mereka juga akan menyediakan sebuah situs yang dapat membantu penggemar anime dan manga untuk menemukan 250 judul anime dan manga terbaru dengan biaya beberapa ratus Yen.

Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!


UPDATE :

Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Pemerintah Jepang telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai gerakan anti pembajakan anime dan manga dimulai dari bulan Agustus yang akan datang, pada operasinya nanti mereka akan mulai meminta kepada para situs-situs yang selama ini mengupload anime dan manga tanpa meminta izin dari pemegang hak cipta untuk menghapus konten tersebut dari situs mereka, sebagai gantinya mereka akan mengarahkan para penggemar anime untuk mengunjungi sebuah situs dimana mereka dapat menikmati anime dan manga secara legal, dan kini tampaknya situs tersebut sudah dapat diakses.
Situs Manga-Anime-Here ini merupakan sebuah proyek kolaborasi antara penerbit manga dan perusahaan anime untuk “masa depan yang cemerlang” dari Manga dan Anime. Dengan cara membuat sebuah tempat dimana versi resmi dan legal anime dan manga dapat dinikmati secara mudah, hingga akhirnya membuat para penggemar dapat membuat kreasi mereka sendiri dan mendukung versi resmi tersebut dan memungkinkan terciptanya masa depan dimana industri anime dan manga tetap dapat memupuk bakat-bakat tersebut.Kalian sudah dapat mulai mencari judul yang kalian sukai dan bagaimana cara memperoleh judul tersebut secara legal, hanya saja tampaknya opsinya masih terbatas dalam bahasa Inggris.
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Pada bagian penjelasan mengenai proyek Manga-Anime Guardians mereka menampilkan beberapa alasan mengapa mereka memutuskan untuk memulai operasi ini. Berikut adalah video dan pesan yang juga ditampilkan pada situs tersebut

Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!

 

‘Untuk semua orang yang mencintai Manga dan Anime

Terima kasih telah mencintai produk ini.
Terima kasih atas selera yang baik terhadap konten.
Terima kasih telah melindungi masa depan Manga dan Anime.

Terus hentikan pembajakan
Kami adalah Manga-Anime Guardians’.

Proyek ini diimplementasikan oleh Kementerian Ekonomi, Perdangan dan Industri Jepang bersama Asosiasi Distribusi Konten Luar Negeri (CODA), bekerja sama dengan produsen konten anime dan manga yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kalian: Aniplex, Kadokawa, Good Smile Company, Kodansha, Sunrise, Shueisha, Shogakukan, ShoPro, Studio Ghibli, Tezuka Productions, Toei Animation, TMS Entertainment, Bandai Namco Games, Pierrot dan Bushiroad.
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Pada situs tersebut mereka juga membagikan beberapa fakta mengenai kerugian yang diperoleh dari pembajakan anime dan manga, METI memperkirakan bahwa dampak dari pembajakan secara online selama ini telah mencapai 2 Trilyun Yen (sekitar 230 Trilyun Rupiah).

MAG juga menyadarai bahwa hingga beberapa saat lalu, beberapa “pembajak” mengupload anime dan manga terbaru hanya untuk mendapatkan perhatian secara online. Ada juga yang beberapa diantaranya sangat menyukai anime dan manga sehingga memutuskan untuk menerjemahkannya dan menambahkan subtitle untuk kepuasaan pribadi. Namun saat ini banyak yang sudah berbeda; dimana mereka yang melakukan pembajakan benar-benar untuk mencari keuntungan.
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Saat ini, menurut MAG situs-situs pembajak anime dan manga mengeksploitasi anime dan manga untuk mendapatkan keuntungan dari iklan, penghasilan dari situs penyimpan file, kerjasama dengan situs jual beli online dan juga menjual aplikasi. Produsen Manga dan Anime telah berusaha untuk menangani pembajakan dengan cara mereka sendiri, tapi tidak ada kemajuan. Mereka menghapus konten untuk sementara waktu namun kembali mengupload konten tersebut dan membuka situs baru.

Kini mereka memutuskan untuk bekerja sama sembari berterima kasih kepada semua penggemar anime dan manga yang bersedia untuk menghargai mereka yang bekerja di industri yang memungkinkan untuk terciptanya anime dan manga.


Berikut ini Q & A mengenai Program M.A.G Poject :

Apa itu MAG-Project?
MAG-Project (Manga-Anime Guardians) adalah proyek kerja sama pemerintah Jepang, dalam hal ini METI, dan 15 perusahaan konten untuk mengurangi maraknya konten bajakan di internet. Eksekusinya dilaksanakan oleh CODA (Content Overseas Distribution Association) dengan dana cadangan yang dianggarkan untuk METI dalam APBN tahun fiskal 2013.
Menurut dokumen yang dirilis, program ini bekerja dengan tiga mekanisme berikut ini:1. Mengirimkan permohonan penurunan konten (DMCA) mulai 1 Agustus 2014 ke situs-situs yang memuat 580 judul yang dicakup dalam proyek ini. Dari 580 judul tersebut, tercakup 500 judul komik dan 80 judul kartun.
2. Meluncurkan situs manga-anime-here.com, situs katalog yang mengumpulkan cara mengakses kartun dan komik secara legal.
3. Memberi penyuluhan pentingnya membeli yang asli. Pada permulaan, klip Youtube “Thanks, friends” sudah diunggah dan berisikan ajakan kreator untuk membeli yang asli. Anda bisa menyaksikan videonya di bawah ini.

Siapa yang menjadi sasarannya?
Sasaran utama program MAG ini adalah seluruh dunia, namun difokuskan pada Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, dan Jepang. Sedangkan dari sisi penyedia konten, tidak ada informasi resmi dari METI namun sejumlah situs populer penyedia konten bajakan mungkin saja akan menjadi target program ini.

Apa benar mulai 1 Agustus anime tidak lagi bisa didapat secara gratis?
Kegiatan pembajakan tidak akan menemui hari kiamat pada 1 Agustus. 1 Agustus adalah tanggal pengiriman teguran kepada situs-situs yang memuat 580 judul tersebut secara ilegal.

Penurunan konten adalah tanggung jawab situs termohon dan pemilik situs bisa memilih untuk memenuhi atau menolak menanggapi teguran tersebut.

Selain itu, program MAG hanya menyisir 580 judul (termasuk 80 anime) saja dalam pencariannya. 80 judul bukan apa-apa mengingat setiap tiga bulan sekali, ada 20-an seri anime baru di Jepang yang tayang di televisi per musimnya.

Lalu apa maksud daftar tautan dalam dokumen METI?
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Wah! Pemerintah Jepang Memulai Operasi Anti Pembajakan Anime Mulai!
Dokumen yg dimaksud adalah dokumen studi kelayakan seputar pembajakan konten komik dan kartun Jepang di internet, yang dikerjakan oleh konsultan Roland Berger dan dilaporkan ke METI pada 31 Maret 2014.

Dalam dokumen tersebut, tautan-tautan yang dimuat adalah bagian dari survei Roland Berger terhadap populasi situs-situs konten bajakan, terbagi ke dalam tiga kolom: situs streaming/baca komik, situs berbagi berkas, dan situs umum seperti Nicovideo dan Youtube.

Hal terpenting adalah dokumen tersebut sama seperti dokumen kajian pada umumnya, bisa dilaksanakan, bisa juga tidak, dan bukan merupakan produk perundangan berkekuatan hukum.

Bisa saja tautan yang tercantum akan menjadi target eksekusi program MAG, namun bisa saja tidak, itu pun kembali kepada pemilik situs untuk memenuhinya atau tidak.

Sejauh mana MAG-Project akan memengaruhi saya? Apa relevansi program ini dengan Indonesia?
MAG-Project menyasar Amerika Serikat di mana kerugian akibat pembajakan ini mencapai sekitar 2 triliun yen. MAG-Project melengkapi usaha situs sebelumnya seperti Crunchyroll, Viz Media, maupun Funimation dalam menyediakan konten berbayar berkualitas kepada pengguna di Amerika Serikat.

Sampai saat ini, MAG-Project belum diketahui apakah akan menyasar Indonesia atau tidak.

Apa ada hubungannya antara tindakan METI dengan Internet Positif?
Internet Positif adalah kebijakan pemfilteran situs yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Indonesia. Pemfilteran dilakukan berdasarkan kriteria situs phising, SARA, proxy, judi, ataupun pornografi. Internet Positif maupun Kemenkominfo tidak berurusan sama sekali dengan legalitas konten dalam situs tersebut karena hanya pemilik properti-lah yang bisa mengeksekusi hal tersebut.

Bila ada situs komik atau kartun yang diblokir, adalah karena faktor tersebut dan tidak ada hubungannya dengan program METI.

Apa yang bisa saya lakukan dalam menghadapi hal ini?

Tetap kalem, woles, dan biasa aja, kale! Jangan terpancing menyebar kepanikan yang tidak perlu kepada teman-teman Anda yang justru malah memperkeruh suasana.

Anda (mungkin) akan dimudahkan untuk mendapatkan konten legal, sekaligus (mungkin) dipersulit untuk mendapat konten ilegal.

Dari pengamatan chatbox Nyaatorrents, tidak ada rencana untuk mengambil tindakan khusus bila program ini dilaksanakan walau sempat ada usulan untuk melarang pengguna Jepang, RRT, dan Korea (Selatan) untuk mengakses situs ini.

Situs Batoto sendiri akan melayani permintaan DMCA yang dikirimkan secara valid dan benar oleh sang pemilik konten. Dalam diskusi di forum mereka, “hanya ada 500 judul dan sebagian di antaranya bahkan tidak ada sejak awal di Batoto.”

Walau begitu, mengingat perjalanan ThePirateBay dan Mega, bisa dipastikan pembajakan kartun dan komik masih akan terus berlanjut sampai masa mendatang. Terlebih selama Horriblesubs, situs yang melakukan mirror konten berbayar dari Crunchyroll, masih tetap ada.


Ini Link Berisi Daftar Situs2 Manga & Anime yg Mungkin akan di hapus :

http://pastebin.com/apXW67aP

Ini adalah beberapa anime/manga yang akan terancam punah edaran ilegalnya :

Ajin : Demi-Human
Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)
A Silent Voice (Koe no Katachi)
As the Gods Will – The Second Series (Kamisama no Iutoori Ni)
A Devil and Her Love Song (Akuma to Love Song)
Aishiteruze Baby
Arata : The Legend (Arata Kangatari)
Alice 19th
Absolute Boyfriend (Zettai Kareshi)
Bleach
Blue Exorcist (Ao no Exorcist)
Bakuman
Buso Renkin
Black Cat
Barrage
Biomega
Boys Over Flowers (Hana Yori Dango)
Black Bird
Black Lagoon
Blue Spring (Aoi Haru)
Beast Master
Backstage Prince (Kiwametsuke – Gakuya Ura Ōji)
Bokurano : Ours
Butterflies, Flower (Chou yo Hana yo)
Basara
Beauty Pop
Black Butler (Kuroshitsuji)
Bamboo Blade
Bloody Cross
Coppelion
Cowa!
Cross Manage
Claymore
Cactus’s Secret (Saboten no Himitsu)
Cross Game
Case Closed (Meitantei Conan)
Children of Sea (Kaijū no Kodomo)
Cardfight!! Vanguard
Cardfight!! Vanguard – Anime
Cardfight!! Vanguard Asia Circuit – Anime
Cardfight!! Vanguard Link Joker – Anime
Cardfight!! Vanguard Legion Mate – Anime
Ceres : Celestial Legend (Ayashi no Seresu)
Cat Eyed Boy (Nekome Kozo)
Dragon Ball
Dragon Ball – Anime
Dragon Ball Z – Anime
Dragon Ball GT – Anime
Death Note
Dr. Slump
Dogs
D.Gray-man
Demon Love Spell (Ayakashi Koi Emaki)
Dawn of The Arcana ( Reimei no Arukana)
Dengeki Daisy
Dorohedoro
Doubt
Doubt!!
Detective Opera Milky Holmes (Tantei Opera Milky Holmes) – Anime
Fuuka
Fairy Tail
Fort of Apocalypse (Apocalypse no Toride)
Full Moon (Full Moon o Sagashite)
Fall in Love Like a Comic (Manga Mitaina Koishitai!)
Fushigi Yugi
Firefighter! Daigo of Fire Company M (Megumi no Daigo)
Flame of Recca
Fullmetal Alchemist
Future Card Buddyfight
Future Card Buddyfight – Anime
Gintama
Gimmick!
Genkaku Picasso
GoGo Monster
Gaba Kawa
Gyo
Hunter x Hunter
Hikaru no Go
High School Debut (Koukou Debut)
Honey and Clover (Hachimitsu to Clover)
Honey Hunt
House of Five Leaves (Sarai-ya Goyō)
Hot Gimmick
Hyde & closer (Juhou Kaikin!! Haido & Kurōsā)
Happy Marriage (Hapi Mari)
Happy Hustle High (H3 School!)
Higurashi When They Cry (Higurashi no Naku Koro ni)
I”s
I.O.N
Ikigami: The Ultimate Limit
Itsuwaribito
Imadoki!
Inu x Boku SS
I’ll give it my all…Tomorrow (Ore wa Mada Honki Dashitenai Dake)
Jormundgand
Judge
Knight of Zodiac (Saint Seiya)
Kimi ni Todoke : From Me to You
Kekkaishi
Kaze Hikaru
Kare First Love
Love Live! School Idol Project – Anime
Love*Com
La Quinta Camera
My Wife is Wagatsuma-san (Wagatsuma-san wa Ore no Yome)
Mysterious Girlfriend X (Nazo no Kanojo X)
Muhyo & Roji’s Bureau of Supernatural Investigation (Muhyo to Rōjī no Mahōritsu Sōdan Jimusho)
My Love Story!! (Ore Monogatari!!)
Mistress Fortune ( Zettai Kakusei Tenshi ☆ Mistress Fortune)
Mixed Vegetables
March Story
Maoh : Juvenile Remix
MAR
Magi
Midnight Secretary
Majin Bone – Anime
Naruto
Nisekoi
Nura : Rise of the Yokai Clan (Nurarihyon no mago)
Nana
not Simple
No Matter How I Look at it, It’s you guys fault I’m not Popular! (Watashi ga Motenai no wa dō Kangaetemo Omaera ga Warui! / WataMote)
One Piece
One Piece – Anime
One-Punch Man
Oishinbo A la Carte
O-Parts Hunter
Psyren
Pretty Face
Phantom Thief Jeanne (Kamikaze Kaito Jeanne)
Pandora Hearts
Rurouni Kenshin (Samurai X)
Reborn! (Katekyou Hitman Reborn)
Rosario+Vampire
Ral Grad
Red River (Sora wa Akai Kawa no Hotori)
Space Brother (Uchu Kyoudai)
Shaman King
Sand Land
Seraph of the End (Owari no Serafu)
Strobe Edge
Short-Tempered Melancholic and Other Stories (Kanshakudama no Yuutsu)
St. Dragon Girl
Sakura Hime : The Legend of Princess Sakura (Sakura Hime Kaden)
Stepping on Roses (Hadashi de Bara o Fume)
Sand Chronicles (Sunadokei)
Saturn Apartments (Dosei Mansion)
Seiho Boys’ High School! (Men’s Kou)
Sexy Voice and Robo
Solanin
Sunny
Soul Eater
Soul Eater Not!
Spiral : The Bonds of Reasoning (Spiral: Suiri no Kizuna)
Sumomomo, Momomo : The Strongest Bride on Earth (Sumomo mo Momo mo ~Chijō Saikyō no Yome~)
Space Dandy – Anime
Sailor Moon – Anime
Sabagebu! – Survival Game Club – Anime
Sailor Moon Crystal – Anime
The Seven Deadly Sins (Nanatsu no Taizai)
The Heroic Legend of Arslan (Arusurān Senki)
Toriko
Toriko – Anime
Time Killers : Kazue Kato Short Story Collection
Takama-ga-hara
The Prince of Tennis (Tenisu no Ōjisama)
Terra Formars
Tegami Bachi
Tenjo Tenge
The Earl and The Fairy (Hakushaku to Yōsei)
The Gentlemen Alliance (Shinshi Dōmei Kurosu)
Time Stranger Kyoko
Tail of the Moon (Tsuki no Shippo)
Tesoro
The Law of Ueki (Ueki no Hōsoku)
The Best of Pokemon Adventures
The Record of Fallen Vampire (Vampire Jūji-Kai)
The Drifting Classroom (Hyōryū Kyōshitsu)
UQ Holder!
Ultimo
Ultra Maniac
Until Death Do Us Part (Shi ga Futari wo Wakatsu made)
Umineko When They Cry (Umineko no Naku Koro ni)
Video Girl Ai
World Trigger
Waqwaq
Whistle
We Were There (Bokura ga Ita)
What a Wonderful World! (Subarashii Sekai)
We Wish to be Milky Holmes
Yamada-kun and the Seven Witches (Yamada-kun to 7-nin no Majo)
Yu-Gi-Oh!
Yu-Gi-Oh! R
Yu-Gi-Oh! GX
Yu-Gi-Oh! 5D’s
Yu-Gi-Oh! Zexal
Yuyu Hakusho
Yume Kira Dream Shoppe
Yakitate!! Japan
Zombie Powder

Comments

comments