Punclut Bandung, Puncak Ciumbuleuit, Cek 7 Wisata Unggulannya

Jika Anda pernah mendengar kata Punclut, sebenarnya itu merupakan singkatan dari Puncak Ciumbuleuit. Bertaut jarak kurang dari 10 km dari pusat Kota Bandung, Punclut menjelma sebagai kawasan wisata yang tidak pernah sepi pengunjung.

Ya, Punclut menjadi kawasan yang sangat digemari, terutama oleh para kawula muda untuk hang out. Menampilkan suasana khas dataran tinggi yang sejuk dan asri, Punclut menghadirkan romantisme di tengah alam terbuka.

Ada apa saja di Punclut? Yuk, kita eksplorasi kawasan di utara Kota Bandung yang menawarkan wisata kekinian ini!

Wisata Punclut Bandung

Wisata Punclut Bandung

Tak hanya menikmati surga kuliner, Punclut juga memanjakan mata setiap pengunjung dengan bentangan alam Kota Bandung menakjubkan.

Sebenarnya, Punclut adalah kawasan wisata kuliner yang menghadirkan berbagai macam kafe, restoran, dan warung kaki lima. Ragam makanan dan minuman yang disajikan di sini pun cukup banyak, mulai dari hidangan khas Nusantara hingga internasional.

Di Punclut, Anda akan menjumpai menu makanan tradisional, seperti nasi timbel, nasi kucing, sayur asem, pecel, kopi, wedang jahe, dan banyak lagi. Sementara menu modern yang disajikan juga variatif, seperti pizza, es krim, dan menu kekinian lainnya.

Yang menariknya, Punclut bukan sekadar tempat mengisi perut, tapi Anda juga bisa melakukan beragam aktivitas wisata lain, seperti rekreasi, aktivitas fisik, hingga selfie di spot-spot yang Instagramable.

Nah, lazimnya kawasan dataran tinggi, maka Anda dapat memanjakan mata dengan suguhan panorama yang cantik dari Punclut. Di kawasan ini, Anda bisa menyaksikan keindahan Kota Bandung berikut isinya jika hari cerah. Apalagi pada malam hari, Bandung nampak bertabur cahaya.

Kawasan Punclut tergolong sangat luas, yakni sekitar 286 hektare. Saking luasnya, Punclut dijadikan kawasan yang bisa menampung cukup banyak destinasi wisata kuliner dan rekreasi.

Jangan khawatir soal fasilitas yang tersedia di Punclut. Berbagai fasilitas umum, seperti tempat parkir, musala, dan toilet tersedia secara memadai untuk para pengunjung.

Lokasi Punclut

Lokasi Punclut berada di wilayah Pagerwangi, tepatnya berada di Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan wisata ini berjarak cukup dekat dari Kota Bandung.

Dari Alun-alun Kota Bandung misalnya, ke Punclut hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja dalam kondisi lancar dengan jarak sekitar 10 km. Nah buat Anda yang datang dari Jakarta, tinggal perkirakan saja waktu tempuh perjalanan Anda hingga tiba di Punclut.

Cara Menuju Punclut

Untuk sampai ke Punclut, perjalanan yang akan dilalui tidaklah terlalu sulit. Karena terhitung dekat dengan pusat kota, akses jalan menuju Punclut terbilang cukup baik dan mulus. Hanya saja, Anda akan menghadapi jalan yang menanjak dan berkelok khas kawasan puncak.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk sampai di Punclut. Berikut ini rute dan akses perjalanan yang bisa Anda lalui:

Menggunakan kendaraan pribadi

Berangkat dari Kota Bandung tentu menjadi alternatif termudah untuk tiba di Kawasan Punclut. Misal titik awal keberangkatan Anda dari Alun-alun Kota Bandung, maka arahkan kendaraan Anda ke Jl. Wastukencana dan Jl. Ir. H. Juanda.

BACA JUGA :  Wisata Semarang Klenteng Sam Poo Kong

Rute berikutnya yang Anda tuju adalah Jl. Citra Green di Dago. Dari sini, Anda tinggal masuk ke Jl. Punclut hingga tiba di tujuan Anda. Sepanjang Jl. Punclut jalurnya tidak lebar, menanjak, dan berkelok. Sebaiknya siapkan stamina Anda dan berkendara dengan hati-hati.

Menumpang transportasi umum

Jika pilihan Anda naik kendaraan umum, disarankan untuk berangkat dari Terminal Leuwipanjang atau Terminal Cicaheum. Apabila dari Terminal Leuwipanjang, naik bus Damri jurusan Leuwipanjang-Ledeng lalu turun di pertigaan Pasirkaliki-Sukajadi-Eyckman. Dari sini lanjut dengan naik angkot 11A jurusan Stasiun Hall-Eyckman-Ciumbuleuit dan turun di Terminal Ciumbuleuit, kemudian naik ojek.

Sementara kalau Anda berangkat dari Terminal Cicaheum, bisa naik angkot 05 jurusan Cicaheum-Ledeng atau angkot 06 jurusan Cicaheum-Ciroyom, turun di pertigaan Jalan Ciumbeluit-Siliwangi. Dari sini lanjutkan dengan naik angkot 11A jurusan Stasiun Hall- Eyckman-Ciumbuleuit lalu turun di Terminal Ciumbuleuit, lanjut dengan naik ojek.

Temukan juga beragam tips, panduan, dan informasi mengenai pembelian rumah, kpr, pajak, hingga legalitas properti di Panduan Lapakfjbku.com.

Harga Tiket Masuk Punclut

Kawasan Punclut dengan warung-warung kaki lima sebenarnya bisa diakses 24 jam dan gratis. Namun jika yang dituju adalah spot-spot wisata, seperti kafe, restoran, dan tempat rekreasi, maka jam operasionalnya memang terbatas.

Jam operasional:

Setiap hari, pukul 08.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Sebagai kawasan wisata, Punclut kian berkembang dan menyajikan berbagai objek wisata kekinian yang menarik. Mulai dari wisata kuliner, rekreasi, hingga selfie semuanya ada. Berikut ini 7 destinasi wisata unggulan di Punclut:

Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut, kafe dengan bangunan kastil klasik Eropa yang megah dan ikonik.

Melihat desain bangunannya yang mengundang decak kagum, kita tentu patut bertanya-tanya apa sebenarnya Dago Bakery Punclut itu? Ternyata, spot wisata yang satu ini adalah sebuah restoran.

Bangunannya sangat unik, bak kastil di negeri dongeng. Dengan konsep desain klasik ala Eropa, bangunan Dago Bakery Punclut telihat sangat estetik dan indah sekali. Banyak orang datang ke sini karena tergoda untuk berpose.

Saking latar foto yang keren, tempat ini sering juga dijadikan untuk kegiatan foto prewedding. Ya, banyak spot foto yang unik dan lucu di Dago Bakery Punclut, termasuk Supertree Grove di Gardens By The Bay Singapura dalam versi kecilnya.

Selain spot foto Instagramable sebagai daya tarik, Dago Bakery Punclut juga menyajikan aneka makanan dan minuman dengan beragam olahan. Mulai dari menu tradisional hingga internasional. Soal harga, jangan khawatir karena cukup terjangkau oleh kantong Anda.

Jam Operasional:

Senin-Kamis, Pukul 09.00-21.00 WIB

Jumat-Minggu, Pukul 08.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Senin-Jumat Rp20.000

Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional Rp25.000

D’DieuLand

Tempat wisata di Punclut yang satu ini menyediakan beragam wahanan permainan yang seru, terutama buat anak-anak.

D’DieuLand merupakan salah satu destinasi wisata di Punclut. Tempat wisata yang mengetengahkan taman bermain sekaligus wisata kuliner ini dilengkapi banyak wahana yang bisa kamu coba. Sebut saja giant swing, flying fox, perosotan, kolam bola plastik warna-warni, dan sederet permainan lainnya.

Sebagai tempat wisata kekinian, tentu D’Dieuland memiliki banyak spot foto yang hasilnya instagenic. Ada jembatan gantung desain piano, terowongan lampu, sayap fallen angel, dan masih banyak lagi.

Sambil kulineran ditemani sejuknya hawa pegunungan. Setelah itu lanjut beraktivitas fisik yang menyenangkan di D’DieuLand. What a wonderful place!

Jam Operasional:

BACA JUGA :  Pantai Indah Kapuk 2, Wisata Paling Direkomendasikan di Jakarta

Setiap hari, Pukul 09.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Senin-Jumat Rp15.000

Sabtu-Minggu/Libur Nasional Rp20.000

Masa Liburan Rp25.000

Angkringan de BlankOn

Angkringan de BlankOn

Ankringan de BlankOn, salah satu wisata kuliner di Punclut yang menghadirkan menu khas tradisional Solo, Jawa Tengah.

Bukan hanya di Jogja yang ramai dengan angkringan, di Punclut juga ada, lho! Namanya Angkringan de BlankOn. Tempat wisata kuliner yang satu ini menyajikan makanan khas Solo, Jawa Tengah yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Bagi Anda “penggemar nasi”, di sini tersedia nasi uduk, nasi gudeg, nasi kucing, dan nasi goreng. Ada juga menu bakso, olahan temped an tahu, hingga roti bakar. Untuk harganya, cukup ramah di kantong, kok.

Di Angkringan de BlankOn, Anda bisa makan sambil lesehan ataupun duduk di kursi lengkap dengan mejanya. Anda bisa memilih duduk di dalam ruangan maupun di luar sambil menikmati pemandangan alam yang hijau. Dijamin bikin betah kalau sudah merasakan hembusan angin Punclut yang sejuk.

Dan tidak ketinggalan, spot-spot foto yang ciamik tersedia di Angkringan de BlankOn. Ditambah lagi penampilan live music dan karaoke yang digelar setiap hari membuat suasana nongkrong Anda makin seru, bukan?

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 09.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng Anteng Panoramic Coffee, cara unik menikmati kopi di Punclut.

Bagi penikmat kopi, tempat di Punclut yang satu ini rasanya tidak boleh dilewatkan. Lereng Anteng Panoramic Coffe, begitu nama kedai kopi atau kafe yang kerap dijadikan tempat nongkrong, terutama oleh anak-anak muda ini.

Di Lereng Anteng, kerinduan akan menyesap kopi sembari meresapi panorama alam Bandung yang membentang bisa Anda wujudkan. Tinggal Anda pilih saja mau ngopi di dalam ruangan atau di bagian outdoo-nya yang keren banget.

Di bagian luar kafe, Anda bisa menempati ruangan-ruangan private layaknya tenda camping. Hanya saja Anda bisa memilih mau yang bentuknya segi lima seperti bangunan rumah atau berbentuk dome (kubah). Dinding ruanganya terbuat dari plastik transparan sehingga Anda tetap bisa memandang ke alam bebas.

Anda menyukai jenis kopi apa? Robusta, Arabica, atau Liberica? Di Lereng Anteng semuanya tersedia. Tidak suka kopi tapi tetap mau nongkrong di sini? Tentu bisa dong. Lereng Anteng juga menyediakan minuman selain kopi, seperti teh, yoghurt, jus, dan aneka minuman lainnya.

Jam Operasional:

Senin-Jumat, Pukul 12.00-tutup

Sabtu-Minggu, Pukul 08.00-tutup

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Tafso Barn

Tafso Barn

Tafso Barn, kafe dan restoran di Punclut yang memiliki desain keren, lengkap dengan mini golf.

Kalau Anda berwisata ke kawasan Punclut, jangan lupa mampir ke Tafso Barn. Sebagai salah satu kafe dan restoran yang lagi hits, Tafso Barn selalu diserbu khalayak saat akhir pekan tiba.

Tafso Barn memang unik, dengan konsep taman terbuka dan gudang besar yang di dekorasi membuatnya terlihat sangat menarik. Suasana alam yang sejuk dengan pilihan kuliner yang lezat merupakan perpaduan yang pas di Tafso Barn. Asyiknya lagi, harga tiap menu di sini tidak bikin kantong Anda jebol!

Tafso Barn dilengkapi dengan mini golf yang bisa dimainkan untuk menghilangkan kejenuhan. Selain itu, terdapat spot-spot foto yang keren yang bikin Anda ketagihan berpose.

BACA JUGA :  10 Tempat Buka Puasa di Jakarta Timur yang Mantul

Jam Operasional:

Senin-Jumat, Pukul 12.00-20.00 WIB

Sabtu-Minggu dan Hari Libur Nasional, Pukul 09.00-21.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Gratis

Sudut Pandang Bandung

Sudut Pandang Bandung

Sudut Pandang Bandung, destinasi wisata edukasi dan kuliner di Punclut dengan desain bangunan yang artistik.

Kalau Anda ke Punclut dan melihat ada bangunan bundar dengan kaca transparan bertengger di atas tiang, kemungkinan itu adalah Sudut Pandang Bandung. Ya destinasi wisata yang tergolong baru ini memang sangat artistik. Kita bisa masuk ke ruangan-ruangan berbentuk dome sambil menikmati pemandangan alam yang luas.

Sudut Pandang Bandung adalah wisata edukasi dan kuliner yang menghadirkan spot foto Instagramable. Sudut Pandang Bandung terbagi menjadi dua bagian dengan tema berbeda, yakni Sudut Cerita dan Sudut Rasa.

Sudut Cerita adalah sebuah wahana multimedia interaktif yang berisi hiburan berupa karya seni. Wahana Sudut Cerita mempunyai spot foto yang Instagramable dengan mengusung konsep interaksi manusia dan alam. Ada lukisan dari seniman Bandung, ruangan dengan tanaman hijau, layar besar berisi animasi, dan lain-lainnya.

Sementara Sudut Rasa adalah sebuah restoran bertema alam dengan keunikan dari sisi desain interior, serta menyajikan pemandangan 180 derajat (dari mulai pegunungan, hutan, danau dan Kota Bandung). Tak hanya mengandalkan estetika bangunan dan suasana yang dimilikinya, Sudut Rasa pun mengutamakan kualitas food and beverage yang disajikan dengan harga yang terjangkau.

Jam Operasional:

Setiap hari, Pukul 08.00-23.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Sudut Pandang Rp45.000

Cakrawala Nature Sparkling Restaurant

Cakrawala Nature Sparkling Restaurant

Cakrawala Nature Sparkling Restaurant menawarkan tema alam semesta di setiap areanya. Pengunjung dibuat serasa menembus lautan hingga angkasa.

Satu lagi destinasi wisata kuliner di Punclut yang viral di jagad media sosial. Namanya Cakrawala Nature Sparkling, restoran yang didukung desain bangunan yang unik lagi cantik. Ya, zaman kekinian membuat restoran tidak hanya sekadar menawarkan hidangan yang lezat tapi juga suasana yang seru buat nongkrong.

Cakrawala menyajikan menu makanan yang komplet, lezat, dan harga ramah di dompet. Tersedia menu Nusantara, menu Asia, hingga menu Western. Anda tinggal pilih sesuai selera. Selesai bersantap, saatnya mengeksplorasi tiap sudut restoran yang keren banget ini.

Bangunan Cakrawala mengusung gaya arsitektur modern dengan konsep alam semesta. Setiap areanya diberi nama benda-benda yang beredar di alam semesta, misalnya area Pelangi yang ditunjukkan dengan dinding kaca berwarna-warni. Ada Galaxy yang menampilkan sinar surya tengah menerobos bangunan.

Di sudut lain ada area bernama Atlantis yang menghadirkan sensasi makan di bawah samudera. Selain itu, masih ada Aurora, Matahari, Khatulistiwa, Savana, Lorong Bintang, dan gerbang kastel kerajaan. Unik banget, dan Instagramable pastinya!

Oh iya, masih ada satu lagi, lantai kaca transparan di luar ruangan dengan tinggi sekitar 20 meter bernama Skywalk. Lantai ini mampu menampung hingga 30 orang. Nah, Anda bisa berfoto sambil memacu adrenalin di sini. Berani? Seru, lho!

Jam Operasional:

Senin-Jumat, Pukul 10.00-22.00 WIB

Sabtu-Minggu, Pukul 09.00-22.00 WIB

Harga Tiket Masuk:

Rp15.000 (bisa ditukarkan dengan snack)

Nah, gimana pendapat Anda tentang kawasan wisata Punclut di Bandung? Jangan pikir panjang lagi, akhir pekan ini Anda bisa langsung meluncur ke Bandung.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com/ untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com