10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia Game

By | November 12, 2018

Lapakfjbku.com – Meskipun 21 April telah berlalu. namun, Indonesia selalu memperingatinya sebagai hari Kartini, yang menandai hari lahir salah satu pahlawan yang sangat menginspirasi wanita modern. Ibu Kartini bukan hanya menginspirasi banyak wanita untuk berjuang di bidang masing-masing, tetapi juga menyampaikan pesan emansipasi wanita, bahwa wanita pun tidak kalah dibandingkan pria dalam hal melakukan banyak pekerjaan. Begitu pula di dalam game yang didominasi oleh kaum laki-laki, baik dari segi karakter maupun dari gamer-nya itu sendiri.

Meskipun dominasi tersebut sangat kuat, namun bukan berarti tidak ada wanita yang tampil sebagai sosok yang menginspirasi. Nah, kali ini saya ingin mengajakmu untuk menengok beberapa karakter wanita yang sangat inspirasional di tengah menjamurnya karakter laki-laki di dalam dunia game. Inspirasional di sini selain menghadirkan nilai-nilai positif bagi siapa saja yang memainkannya, juga memberikan banyak inspirasi bagi wanita modern untuk mengikuti jejak karakter fantasi tersebut. Langsung Check it out!!

1. Ellie (The Last of Us)


10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia GameMeskipun baru muncul tahun 2013 lalu, Ellie banyak menyita perhatian gamer. Ellie adalah seorang wanita muda yang merupakan produk dari lingkungan. Lingkungan yang keras membantu membentuk pribadi yang tangguh dalam dirinya untuk bertahan hidup dalam kondisi tersebut. Naughty Dog juga tidak hanya sekedar membuat Ellie sebagai “putri yang harus diselamatkan” dalam game tersebut dan membentuk hubungan ayah dan anak dengan Joel, tetapi juga memberikan kemampuan untuk beradaptasi, yang membuat Ellie tampak semakin realistis.

Yah, meskipun di dunia modern sampai saat ini para wanita tidak dihadapkan dengan bencana seperti yang dialami Ellie, tetapi Ellie bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tetap percaya pada kemampuan diri sendiri saat menghadapi kondisi lingkungan yang keras dan tidak dapat diprediksi.

2. Jade (Beyond Good and Evil)


10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia GameAwalnya, Jade hanyalah seorang jurnalis dan fotografer. Namun, kondisilah yang memaksanya untuk memimpin pergerakan untuk memberontak terhadap adanya korupsi dan diktator militer. Jade juga merupakan seorang atlet yang menguasai beberapa gerakan martial arts.

Jade menunjukkan, bahwa wanita juga bisa menjadi motor perubahan yang signifikan di lingkungannya. Tidak harus memiliki kedudukan yang tinggi, tetapi yang dibutuhkan adalah sifat kepemimpinan dan juga keahlian dalam menyelesaikan masalah.

3. Faith (Mirror’s Edge)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia GameKarena berbasis first person, mungkin di beberapa titik kamu tidak merasa bahwa tengah memainkan seorang karakter wanita dalam Mirror’s Edge. Ya, DICE dianggap sudah berhasil membuat gender bukan menjadi persoalan yang berarti dalam diri Faith. Artinya, selama permainan aksi-aksi yang dilakukan oleh Faith setara dengan apa yang bisa dilakukan oleh karakter laki-laki. Dan kembali karena first person, mungkin kamu tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Sisi inspirasionalnya? Tentu dalam karakter yang dimilik Faith dalam game ini. Selain tangguh dan menunjukkan bahwa wanita juga mampu melakukan aksi-aksi yang lazim dilakukan oleh pria, Faith juga merupakan tipikal karakter yang tidak banyak bicara, namun langsung bertindak. Ya, untuk menghadapi sebuah masalah, wanita (ataupun juga pria) dituntut untuk tidak banyak mengeluh dengan masalah yang dihadapi, dan langsung bertindak mencari solusi untuk menyelesaikannya..

4. Bayonetta (Bayonetta)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia Game
Bagi sebagian gamer, sosok Bayonetta mungkin terlihat sebagai sosok karakter wanita yang tangguh dan memiliki segala aspek yang diinginkan para pria sebagai karakter fantasi mereka. Tetapi di sisi lain, Bayonetta juga memiliki sisi kelembutan seorang ibu, yang rela mengorbankan apa saja untuk melindungi putrinya. Bagi yang sudah memainkan Bayonetta, mungkin masih ingat dengan sosok Cereza, yang terus menguntit Bayonetta kemana saja dan memanggilnya “Mummy”. Di tengah dunia yang keras, Bayonetta terus berusaha untuk melindungi Cereza (yang tidak lain adalah versi mudanya sendiri) dari serangan musuh.

Bayonetta bisa menjadi inspirasi, karena seluruh wanita di dunia pastinya akan menjadi seorang ibu. Dan menjadi seorang ibu, tentunya harus mencurahkan seluruh energinya untuk melindungi dan peduli kepada anak mereka…

5. Lara Croft (Tomb Raider)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia GameSama seperti Ellie, Lara Croft adalah produk dari lingkungan. Ditempa di lingkungan yang keras dan banyak tantangan membentuk karakter dirinya menjadi sosok wanita yang tangguh dan tahan banting. Lara Croft lahir di era 90-an, di saat tidak banyak karakter wanita memegang peranan penting dalam sebuah game. Itulah sebabnya, banyak gamer yang menganggap dirinya adalah ikon wanita dalam video game.

Lara Croft versi awal memberikan banyak inspirasi agar wanita tangguh dalam menghadapi tantangan. Lantas, Crystal Dynamics menghadirkan sosok Lara Croft yang lebih inspirasional lagi saat me-reboot Tomb Raider tahun lalu. Bukan hanya sosok wanita tangguh baik fisik maupun mental yang siap menghadapi tantangan, tetapi juga menampilkan sisi humanisnya yang lembut, pintar, kreatif dan rela berkorban untuk menyelamatkan orang-orang yang disayanginya.

6. Samus Aran (Metroid)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia GameSamus Aran lahir di tahun 1986, atau bahkan jauh sebelum Lara Croft muncul di dunia game. Pada saat itu, Nintendo menjaga identitasnya agar tetap menjadi rahasia, agar gamer tidak memandangnya berbeda dibandingkan karakter pria. Namun akhirnya, Nintendo pun membuka tabir siapa di balik armor tersebut, di bagian akhir dari Metroid.Sama seperti Faith, dengan beraksi di balik armor memberikan kesempatan kepada Samus untuk beraksi tanpa harus dipandang berbeda dengan karakter pria. Dia juga membuktikan, bahwa seorang wanita pun bisa melakukan banyak aksi seperti pria, bahkan orang pun sulit untuk memandangnya berbeda dengan karakter pria saat beraksi di balik armornya.

7. Major Greenland (Battlefield 4)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia GameTunggu dulu. Siapa Major Greenland? Nama Major Greenland mungkin tidak setenar karakter-karakter wanita lain di daftar ini. Namun dia berhasil menarik banyak perhatian saat hanya muncul beberapa menit saja dalam Battlefield 4. Battlefield 4 memang menghadirkan banyak karakter pria tangguh, dan kehadiran Greenland sebagai pemimpin mereka pun cukup menarik. Mungkin hanya sekitar tiga hingga lima menit saja dia muncul dalam game, namun dalam waktu sesingkat itu dia berhasil menunjukkan aura kepemimpinannya dan keahliannya dalam memimpin pasukan yang mayoritas adalah pria.

Pesannya jelas. Menjadi pemimpin sudah bukan monopoli pria. Bahkan, wanita pun bisa menjadi pemimpin bukan hanya untuk kaum wanita saja, melainkan juga memimpin sekelompok pria. Sudah siap?

8. The Boss (Metal Gear Solid 3)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia Game

The Boss adalah seorang tentara legendaris Amerika, yang membentuk unit The Cobra, sekaligus dikenal sebagai “Ibu” dari tentara khusus Amerika Serikat. Meskipun tampil sebagai karakter antagonis, The Boss memiliki kekuatan dan karakteristik yang unik dan jarang ditemukan di karakter wanita lainnya. Salah satunya adalah meskipun dia hamil, dia tetap menjalankan tugasnya di medan peperangan.

Selain tangguh, The Boss juga memiliki kharisma yang tidak hanya disegani oleh anak buahnya bahkan juga oleh lawannya sekalipun. Big Boss juga pernah mengungkapkan, bahwa membunuh The Boss adalah seperti membunuh bagian dari tubuhnya sendiri.

9. Haruka (Yakuza)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia Game
Yakuza dikenal sebagai sebuah seri game yang menampilkan banyak karakter wanita di dalamnya. Namun jika ditanya siapa yang paling inspirasional, jawabnya ada dalam diri Haruka. Haruka adalah putri angkat dari Kazuma Kiryu, sang protagonis utama dalam game ini.

Ketika Kazuma menyelesaikan misi-misinya, Haruka menjalankan Sunshine Orphanage di Okinawa. Dia mengasuh anak-anak yang lebih muda darinya, yang membuat sisi kedewasaannya muncul. Di beberapa bagian game, Haruka tampak seperti Ellie sebagai seorang “putri yang harus diselamatkan”. Namun hubungannya dengan Kaz dan juga bagaimana dia menyayangi anak asuhnya menjadi sosok inspirasional tersendiri yang lebih kuat dibandingkan dengan kekuatan karakternya.

10. Alyx Vance (Half Life 2)

10 Wanita Paling Inspiratif dalam Dunia Game
Sosok wanita yang tangguh dan independen, Alyx adalah gambaran dari karakter wanita yang serba bisa, termasuk melakukan segala hal yang biasa dilakukan oleh kaum pria. Dia memiliki keahlian dalam hacking, mengutak-atik mesin dan memiliki kemampuan bertarung yang hebat.

Selain itu, Alyx juga memiliki sisi emosional yang kuat. Mungkin beberapa kali kamu menemukan dirinya membunuh musuh selama permainan, namun dia tidak kehilangan koneksi dengan sisi humanisnya. Menjadi seorang wanita yang tangguh dan bisa melakukan banyak hal termasuk pekerjaan para pria, serta masih memiliki sisi emosional dan kelembutan layaknya seorang wanita. Cukup memberikan inspirasi bukan?

Itulah beberapa karakter wanita dalam game yang mungkin bisa memberikan inspirasi kepada wanita di masa modern. Adakah karakter wanita inspirasional lainnya dalam game menurut versimu? Share pendapatmu di kolom komentar ya!

Comments

comments