Beberapa Hal Ini Dilarang Di Arab Saudi, Apa Saja Ya?

Larangan di Arab Saudi memang sangat bekelindan dengan penerapan aturan hukum syariat Islam di negara tersebut. Bukan hanya berlaku bagi traveler namun juga larangan-larangan ini diberlakukan untuk masyarakat umum yang tinggal di Arab Saudi.

Beberapa Hal Ini Dilarang Di Arab Saudi, Apa Saja Ya?

Agar tidak mengalami masalah saat traveling di Arab Saudi, berikut beberapa larangan yang wajib kamu ketahui saat bepergian ke Arab Saudi dari informasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber.

1 .  Pakaian Terbuka

Pakaian atau busana memang menjadi salah satu yang paling sensitif. Sebagai negara Islam, Saudi Arabia memberlakukan agar para wanita menutupi tubuhnya dengan pakaian yang panjang dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Umumnya pakaian yang digunakan adalah pakaian abaya berwarna hitam. Wanita yang didapati tidak menggunakan abaya akan ditangkap dan diberikan hukuman.

2 . Berinteraksi dengan bukan mahram

Mahram adalah keluarga yang haram untuk dinikai dikarenakan satu keturunan, satu ibu persusuan dan karena sebab pernikahan dalam syariat Islam.

Traveling ke Arab Saudi bagi wanita wajib ditemani oleh mahram, terutama bagi mereka yang hendak beribadah seperti ibadah umrah dan haji.

Untuk itu jangan pernah menatap perempuan yang bukan mahram. Apalagi berinteraksi beda jenis yang bukan mahram. Dalam Islam, menyentuh kulit seperti bersalaman pun sangat dilarang dengan yang bukan mahram.

shutterstock

3. Memotret Gedung Perkantoran Pemerintah

Memotret sangat dilarang di Arab Saudi terutama gedung-gedung perkantoran pemerintah. Dan jangan pernah memotret wanita-wanita di Arab Saudi jika tidak ingin bermasalah dengan pihak keamanan.

BACA JUGA :  Puncak Sendaren Wisata Hits Purbalingga Gaes!

Untuk selfie bisanya masih diizinkan jika sedang berada di tempat wisata baik sendiri ataupun berfoto secara rombongan. Pastikan tidak berfoto dengan yang bukan mahram.

4. Toko Tutup Saat Salat 5 Waktu

Sebagai salah satu pusat kiblat Umat Islam dunia di Kota Makkah, toko-toko dan perkantoran biasanya menghentikan sementara aktivitasnya saat adzan berkumandang dan langsung tutup untuk melaksanakan salat.

Semua dilakukan dalam kurun waktu 5 kali dalam sehari, shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya.

5. Pintu Khusus di Restoran

Hampir beberapa restoran di Arab Saudi memiliki pintu khusus seperti pintu toilet yang membedakan jenis kelamin. Pastikan kamu masuk ke pintu yang sesuai dengan jenis kelamin kamu ya.

Terlebih ada area yang dibedakan untuk lelaki jomblo dan mereka yang sudah berkeluarga. Jika masih jomblo, makan kamu harus makan di area para jomblo. Sedangkan yang sudah berkeluarga bisa makan di area keluarga seperti dikutip dari Quora.

6.  Makan dan Minuman yang dilarang

Dalam Islam larangan mutlak adalah mengkonsumsi daging babi, darah dan alkohol atau minum-minuman keras. Jadi, jangan pernah berharap bisa menemukan makanan dan minuman terlarang ini di Arab Saudi.

7.  Wanita Bepergian Sendiri dan Menyetir

Saudi Arabia melarang wanita bepergian sendirian tanpa mahram. Aturan lain yang juga diberlakukan adalah larangan untuk menyetir bagi para wanita. Meskipun aturan ini sempat ditentang oleh warga asli.

Comments

comments