13 Jenis Pohon Untuk Penghijauan!

By | November 19, 2016

1.Pohon Akasia (Acacia Auriculiformis)

Tahu gak pohon akasia ??
itu lo yang biasanya tumbuh subur di daerah rawa-rawa, nah kalian tau gk di palembang sangat banyak pohon akasia …karna palembang termasuk daerah yang memilki daerah rawa yang sangat luas..Akar, daun dan buah Acacia sieberiana mengandung saponin, di samping itu daun dan buahnya mengandung flavonoida dan buahnya juga mengandung polifenol. Akasia juga mengandung suatu zat antimikroba yang melawan Streptococcus fecalis..

2.Pohon Matoa

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah asli khas Papua, Matoa berasal dari keluarga (family) rambutan (Sapindaceae). Matoa sebenarnya tumbuh liar di hutan-hutan Papua, sejenis tumbuhan pohon besar, tinggi pohon rata-rata 16 meter dengan diameter rata-rata maksimum 90 cm. Matoa berbuah sekali dalam setahun, berbunga pada bulan Juli hingga Oktober.

3.Angsana (Pterocarpus Indicus)

Angsana adalah Pohon kayu yang berkualitas tinggi.Kayunya cukup keras dan daunya yang rindang cocok dijadikan untuk penghijauan .

4.Pohon Bambu

Tanaman bambu merupakan tanaman yang sangat baik bagi lingkungan karena tanaman ini mampu menyerap empat kali lipat lebih banyak karbondioksida daripada tanaman biasa lain.
Tanaman bambu menghasilkan 35 persen lebih banyak oksigen daripada tanaman lain pada umumnya.

5.Bungur (Lagerstroemia Speciosa)

Daun bungur adalah jenis pohon Crepe Myrtle yang menghasilkan bunga berwarna merah muda atau putih.Selain bagus untuk penghijauan pohon bungur juga banyak khasiatnya .

6.Cemara Bundel (Cupressus Retusa)

Pohon cemara biasanya sering di tanam di pinggir jalan,selain cocok untuk penghijauan juga indah loh di lihatnya.Selain tumbuh di hutan, cemara kini menjadi tanaman hias.

7.Johar (Cassia Siamea)

Johar merupakan pohon yang sangat umum ditanam di pinggir jalan sebagai tanaman peneduh. Johar ini sangat mudah dikenali dengan bunganya yang berwarna kuning dan daun majemuk menyiripnya ditambah untaian buah polongnya yang biasa kering di tangkainya.
Johar termasuk tanaman yang cepat tumbuh dan mampu beradaptasi pada daerah kering, sehingga sering dimanfaatkan sebagai pohon pelindung atau sebagai tanaman perintis.

8.Keraipayung

Kerai payung merupakan tanaman peneduh yang berbentuk menyerupai payung. Daun-daunnya yang berbentuk sirip memanjang, berjarak rapat, dan cocok ditanam di negara beriklim tropis.

9.Kihujan

Pohon Ki Hujan merupakan tumbuhan pohon besar dengan ketinggian bisa mencapai hingga 20 meter dan tajuknya sangat lebar.

Pohon Trembesi mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan. Paling cocok ditanam di taman atau halaman yang luas.

10.Pohon Mahoni

Pohon mahoni bisa mengurangi polusi udara sekitar 47% – 69% sehingga disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Daun-daunnya bertugas menyerap polutan-polutan di sekitarnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepaskan oksigen (O2) yang membuat udara di sekitarnya menjadi segar.

11.Palem Putri

Palem putri memiliki bentuk seperti palem raja,Namun Bentuknya lebih kecil(makanya disebut palem putri).Palem ini menunjukan kecantikanya ketika memiliki buah layaknya putri cantik pake perhiasan .

12.Palem Raja

Spoiler for pic

Nah Palem raja ini banyak di temukan di daerah jawa,Palem raja adalah pohon yg ga bercabang hampir mirip sama pohon kelapa.Dan bisa tumbuh sampai 20m

13.Pohon Tanjung

Pohon tanjung sudah ditanam dari jaman dulu oleh pemerintah dari jaman dulu.karena daunya rimbun sangat cocok untuk orang berteduh.Tanjung tergolong tanaman yang dapat bertahan hingga usia tua. Konon pohon tanjung tercatat dapat hidup hingga usia ratusan tahun

Nah mungkin ada yang pernah liat pohon pohon di atas tapi ada juga yg tau namanya,tanaman yg sangat cocok untuk penghijauan juga.Mungkin segini dulu ya gan  Jika ada kekurangan silakan agan tambahkan

Banyak Dicari

Comments

comments