7 Wisata Adventure Super Seru di Pulau Derawan!

By | October 14, 2017

Lapakfjbku.com – Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless.

Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga.Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata adventure menyelam terbaik di dunia.


Tapi kenapa Pulau Derawan layak untuk di kunjungi? Ini dia 7 Wisata Adventure Super Seru di Pulau Derawan!




1. Surganya Para Penyelam

Pulau derawan sangat disukai petualang dalam air. Diving di laut ini seakan-akan membawa sensasi tersendiri buat penyelam. Gimana ngga?pecinta petualangan dalam air bisa melihat kehidupan bawah laut yang sesugguhnya, mulai dari kura-kura, penyu hijau yang berukuran besar. Kita akan menyelam bersama puluhan hewan yang dilindungi ini karena sangat langka.



2. Keindahan Taman Bawah Laut Yang menakjubkan

Kepulauan Derawan juga terkenal dengan keindahan taman bawah lautnya. Taman bawah laut Derawan ini yang paling diminati wisatawan mancanegara, bahkan para penyelam kelas dunia. Berbagai species laut ada di Derawan, jadi gak heran kalo Derawan jadi destinasi nomor 3 sebagai teratas sebagai tempat menyelam terindah di dunia, pulau impian para penyelam, setelah Raja Ampat Papua. Spesies unik berupa ratusan terumbu karang dapat kita saksikan disini. Kejernihan lautnya pun sudah tidak perlu ditanyain lagi.




3. Snorkling Bersama Ratusan Ubur-Ubur

Di Kepulauan Derawan ada yang namanya Danau Kakaban. Disana wisatawan bisa snorkeling sambil hunting moon jelly dan sting-less jelly fish, ubur-ubur yang paling terkenal disana. Namun sebenarnya Danau Kakaban mempunyai keragaman ubur-ubur terbanyak di dunia lhooo. ada 4 jenis ubur-ubur disana, ada ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Di Kakaban, Anda dapat menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.



4. Berjumpa dengan Manta Ray – Ikan Pari Raksasa

Selain di Danau Kakaban, ada lagi spot diving yang gak kalah keren, yaitu di Sangakali. Di kedalaman tertentu, wisatawan bisa ketemu sama Manta Ray-ikan pari raksasa warna hitam selebar 3-5 meter yang cantik. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah banyak hingga 50 ekor dapat kita saksikan sedang makan bersama di perairan Derawan.


5. Dikelilingi Ribuan Barracuda

Sensasi lain yang bisa agan dapatkan di pulau derawan adalah agan dapat merasakan diving seru bersama ratusan barracuda di Maratua. Di maratua ada fenomena yang cukup menarik, dimana ada arus pertemuan antara lagoo (muara sungai besar) dengan lauat. Hasilnya adalah arus berputar tempat hidup ikanikan besar. Karena itu dive spot ini terkenal dengan sebutan Big Fish Country. Pantas saja, disini agan bisa menemukan ribuan ikan Barracuda yang ngumpul membentuk formasi putting beliung.


6. Sensasi Diving Dengan Arus Kencang

No pain no Gain, mungkin ini istilah yang bisa agan dapatkan ketika diving seru di derawan. Untuk bisa masuk ke Big Fish Country, agan mesti masuk cepat ke kedalaman 15 meter sambil kebawa arus lumayan kenceng, sekitar 3 knot gan. Gak lama sesudah itu agan harus merangkak di karang keras sampai kedalaman 30 menit. Disini agan akan bertemu dengan hiu blacktip yang lagi berkumpul. Tenang aja gan, kalo hiu ini lagi berkumpul, itu berarti mereka gak sedang berburu. Kebayang kan serunya adventure dimari gan?


7. Petualang Malam Hari di tepi Pantai

gak hanya sampai disitu aja gan, kita juga dapat berpetualang menikmati pantai lepas di malam hari melihat ikan dan cumi-cumi mencari makan di sekitar jetty, atau juga bisa sekedar hunting penyu yang sedang bertelor di tepi pantai dengan bermodalkan sebuah senter.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *