Rekomendasi Wisata Bawah Laut Bali Utara

By | May 5, 2019
Rate this post

Bagi kamu yang sudah sering berkunjung ke Bali, mungkin terkadang Pulau Bali terasa membosankan, dengan tempat wisata yang sama untuk dikunjungi. Jangan salah, Bali masih memiliki banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Selain beberapa pantai di Bali, Bali Utara menyimpan banyak keindahan bawah laut yang wajib kamu kunjungi, seperti :

1. Pulau Menjangan

Rekomendasi Wisata Bawah Laut Bali Utara

Pulau Menjangan terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina. Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu menempuh perjalanan darat menuju Gilimanuk, untuk kemudian berlayar menyeberang ke taman nasional ini.

Pulau Menjangan terkenal dengan wall-divingnya, yaitu menyelam dengan mengikuti lajur tebing bawah laut, dengan kedalaman sekitar 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Selain terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan juga memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter.Kamu juga akan menemukan banyak ikan jenis ‘Gorgonial Fanfish’ di sini. Kondisi perairan di sini cukup tenang dan jernih, jadi jarak pandangmu bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

2. Pantai Pemuteran

Rekomendasi Wisata Bawah Laut Bali Utara

Pantai Pemuteran terletak 40km dari lokasi pantai Lovina. Air lautnya yang jernih membuat tempat ini populer untuk wilayah Snorkeling. Meskipun Pantai Pemuteran sempat kehilangan popularitasnya karena koral yang rusak diserbu parasit perusak, kini penyelematan telah dilakukan dan terumbu karangnya pun sudah dikenal.

Kini, Pemuteran dikenal sebagai lokasi dengan semangat konservasi laut yang tinggi, dengan proyek terumbu karang artifisal Biorock-nya yang disebut sebagai paling besar didunia. Ada banyak yayasan yang bergerak dengan cara aktif dalam usaha pelestarian terumbu karang di lokasi ini termasuk hotel, dive shops, serta penduduk lokal di daerah sekitar. Selain itu, pantai indah ini juga memiliki pusat penangkaran penyu yang terletak di Desa Pemuteran.

3. Pura Bawah Laut

Rekomendasi Wisata Bawah Laut Bali Utara

Selain terkenal dengan terumbu karangnya, Pantai di desa Lovina menyimpan keunikan tersendiri berupa pura atau candi bawah laut. Pura Bawah Laut, tepatnya di Desa Pemuteran kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. Sempat diduga sebagai pura peninggalan Atlantis, keraguan muncul ketika candi yang terbuat dari batu itu terlihat utuh, tidak terkorosi air laut.

Belakangan diketahui bahwa bangunan candi tersebut sengaja ditenggelamkan oleh sekelompok penggiat lingkungan sebagai upaya konservasi. Sejak tahun 2000, berbagai benda seni yang dibeli dari pengrajin setempat dan telah ditenggelamkan di teluk tersebut. Saat kamu menyelam di Taman Pura ini, kamu akan menemukan bangunan candi lengkap dengan patung-patung seperti Buddha dan Ganesha

4. Pantai Lovina

Rekomendasi Wisata Bawah Laut Bali Utara

Pantai Lovina yang terletak 7km barat daya kota Singaraja ini bisa di bilang merupakan ikon di wilayah Singaraja. Di pantai ini kamu bisa berlayar dan bertemu dengan lumba – lumba yang ramah dan ceria. Untuk bisa menyaksikan atraksi lumba – lumba ini, kamu harus bangun agak pagi, lalu berlayar dengan kapal yang disewakan oleh nelayan di sekitar pantai. Agar tidak harus melalui perjalanan terlalu lama, kamu bisa menginap di hotel yang tersebar di sekitar pantai ini malam sebelumnya.

Comments

comments