Alasan Kenapa Banyak Entrepreneur Gagal

By | September 30, 2018

Lapakfjbku.com – Banyak yang bilang kalau sebuah bisnis itu sudah dianggap mampu bertahan adalah ketika bisnis tersebut sudah melewati 5 tahun. Kenapa? Apa Alasan Kenapa Banyak Entrepreneur Gagal?

Karena, memang selama 5 tahun pertama itu cobaannya banyak banget. Dari kesulitan mencari karyawan, membuat sistem, jualannya, sampe ngurusin karyawannya (hal terberat adalah ngurusin sumber daya manusia!). Ini yang saya rasain banget selama 8 tahun terakhir jadi entrepreneur dan sekarang pimpin 2 perusahaan dan jadi shareholder di 3 perusahaan lainnya.

Alasan Kenapa Banyak Entrepreneur Gagal

Lupa pernah baca di mana, tapi ada yang bilang kalau rasio perusahaan yang berhasil melewati 5 tahun pertama dengan yang gagal adalah 1 : 1,000. Dengan kata lain, setiap ada perusahaan yang berhasil melewati 5 tahun, berarti ada 999 perusahaan lain yang gulung tikar. Ngeri, berat, susah? Tapi menjadi enterpreneur perlu usaha yang sangat berat!

Nah, apa penyebabnya? Menurut saya penyebabnya adalah karena kebanyakan orang yang mau usaha itu memilih usahanya hanya berdasarkan ‘opportunity’ (kesempatan). Contohnya gini: “Eh ada temen kita yang buka warnet laku banget loh di daerah Salemba. Buka warnet ah”. Cuma ngeliat enaknya, trus ikut-ikutan.

Padahal, kalau mau buka usaha, NOMOR SATU: harus sesuai PASSION (apa yang kita cintai), dan kalau itu ditunjang dengan keahlian kita, ini menjadi ‘lebih sempurna’. Contohnya gini: Saya cinta sama makanan, berarti saya bisa berbisnis rumah makan / warung. Kalau saya kebetulan juga punya leadership dan manajemen skill (meski ngga jago masak), saya tetap bisa buka rumah makan / warung yang sukses. Tinggal rekrut chef yang jago masak.

Jadi bisnis yang sukses itu kalau dimulai oleh foundernya atas rumusan: PASSION + KEAHLIAN. Fokuskan disitu, tidak akan ada lagi banyak Alasan Kenapa Banyak Entrepreneur Gagal. Kesuksesan bisa diraih karena kerja keras!

Comments

comments