Cerita Dibalik Ide Cerita Sebuah Manga

By | February 8, 2019
Rate this post

Lapakfjbku.com – Pernah terpikirkan enggak? Bagaimana sebuah mangga dibuat? Terutama bagaimana seorang komikus atau mangaka menemukan ide untuk cerita sebuah manga. Tentunya enggak segampang bikin mie rebus dong. Nah, buat yang penasaran, ini dia Cerita Dibalik Ide Cerita Sebuah Manga yang perlu kalian ketahui

1. Shingeki no KyojinCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah MangaPada tahun 2006 Hajime Isayama sudah membuat One-shot untuk AOT
– Pada awalnya dia menyerahkan karya nya ke Shueisha (JUMP), namun oleh pihak Shueisha hajime disuruh untuk mengubah style art nya agar lebih layak untuk diterima oleh pembaca mereka.
– Namun Hajime menolaknya, dan mencoba membawa karyanya lagi ke Kodansha. Dimana akhirnya manga nya diterima.
– Ketika bekerja di Internet Cafe(sebelum membuat manga-red). Hajiime bertemu dengan pengunjung yang mencekram kerah bajunya. Inilah peristiwa yang memberitahunya “rasa takut bertemu dengan orang yang tidak bisa di ajak berkomunikasi.”
– Perasaan inilah yang ingin disampaikan Hajime di manga nya.
– Hajime mendesain karakter Titan Eren berdasarkan Martial artist Yushin Okami. Sedangkan Armored Titan berdasarkan Brock Lesnar.

2. Fairy Tail

Setelah selesai dengan Rave Masters. Mashima merasa endingnya manga nya tersebut cukup terasa sedih. Jadi di manga selanjutnya dia ingin tema yang mempunyai rasa “ceria untuk semua orang”.
– Mashima mengakui ia merupakan seorang yang menyukai Magicians dan Wizards.
– Dikarenakan ia hobi bermain game dengan teman-teman nya. Ia mempunyai ide untuk membuat manga yang bercerita tentang sekelompok teman, yang mana dia dan semua temannya itu merupakan Magicians/Wizards.
– Jadi dibuatlah Fairy Tail. Yang berkisah tentang Guilds of Wizards. Dan bagaimana mereka melaksanakan tugas yang mereka tanggung.

3. Dragon Ball

Akira Toriyama menciptakan Dragon Ball berdasarkan novel klasik Tiongkok “Journey to the west.” Dan juga merupakan pengembangan dari One-shot manga sebelumnya Dragon boy.
– Manga ini bersetting pemandanga alam Tiongkok.
– Karena di serialisasi di Shonen Magazine. Ia menambahkan ide kepada manganya seolah bercerita permainan mengumpulkan sesuatu, yaitu Bola-bola Naga (Dragon Balls).
– Akira-sensei meng-klaim bukan karena ceritanya yang mudah di mengerti, berarti ini hanya ditujukan untuk kalangan remaja saja. Tetapi juga ditujukan untuk para pembaca dewasa.

4. Fullmetal AlchemistCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah MangaSetelah membaca konsep tentang Philosopher Stone. Arakawa tertarik untuk memakai ide ini dimana para karakter nya menggunakan Alchemy untuk bertarung.

– Untuk Teori Equivalent Exchange, dia terinspirasi oleh pekerjaan orang tuanya. Yang memilik peternakan di Hokkaido, dan bekerja keras menghasilkan uang untuk dapat makan.
– Arakawa ingin memasukan masalah sosial kedalam manga nya. Penelitiannya termasuk menonton berita dan berbicara (Mewawancarai) dengan para pengungsi, veteran perang dan Yakuza
– Ketika mengciptakan dunia Fullmetal Alchemist. Arakawa terinspirasi setelah membaca tentang revolusi Industri di Eropa. Dia terutama tertarik dengan Inggris pada periode itu dan memasukkan ide itu ke dalam manganya

5. Sailor MoonCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah Manga\Naoko Takeuchi mengembangkan sailor moon dari manga sebelumnya yaitu Codename : Sailor V, dimana karakter utama nya adalah Sailor Venus
– Naoko ingin membuat manga tentang gadis remaja yang berasal dari luar angkasa sebagai tema nya.
– Ketika berdiskusi dengan editornya, dia mengusulkan untuk menambahkan Sailor Fuku (seragam sekolah) di manga nya.
– Karakter Sailor Venus dimasukkan lagi kedalam team Sailor Moon.
– Akhir nya manga nya menghasilkan tema yang mirip dengan gabungan Magical Girls dan Super Sentai.
– Menggabungkan unsur astronomi, astrologi, mitos yunani dan roma, geologi, elemen-elemen Jepang, fashion remaja dan Kelakuan gadis remaja.
– Sebelum proses pembuatan manga nya, Naoko sebenarnya ingin ending diman Usagi meninggal di akhir cerita, tapi ditolak oleh editornya.
– walaupun di manga Usagi tidak meninggal. Tetapi di anime Usagi meninggal di pertarungan terakhir, walaupun akhirnya dia dibangkitkan lagi dari kematiannya.

 

6. Hunter x HunterCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah MangaHobi dari Yoshiro Tagashi adalah mengumpulkan macam-macam benda untuk di koleksi.
– Jadi dia terinspirasi untuk menciptakan manga yang menyangkut tentang mengumpulkan sesuatu yang ber-title “Hunter”
– Dia memberi judul Hunter x Hunter setelah menonton acara Downtown di TV.
– Sang Istri yang merupakan mangaka dari sailor moon, Naoko Takeuchi. Melahirkan anak pertama mereka pada awal proses produksi Hunter x Hunter
– Togashi merasa kelahiran anak nya ini membawa perubahan di hidupnya dan juga kerja nya. Sehingga ia membuat tema dimana seorang anak mencari ayahnya sebagai plot manga nya.

7. GintamaCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah MangaSorachi himself defined Gin Tama as a “science fiction human drama pseudo-historical comedy.”
– Pada awalnya Sorachi ingin membuat manga yang ber-setting tentang era historic Jepang.
– Jadi dipilih lah Pasukan kepolisian Shinsegumi sebagai fokus ceritanya.
– Toshiro Hijikata dipilih sebagai Karakter utama nya, yang mana didasarkan oleh figur nyata anggota Shinsegumi yaitu Hijikata Toshizo.
– Tapi karena suatu alasan, Sorachi tidak jadi membuat series yang berdasarkan Shinsegumi.
– Namun ia tidak membuang Setting cerita nya, yaitu tentang era historic Jepang
– Ia lalu menambahkan elemen Science Fiksi, dikisahnya. Seperti ada nya Alien dan teknologi modern di setting ceritannya.
– Ia mengaku kepada Fans nya bahwa Karakter di manga nya hampir semua berdasarkan Figur nyata, Terutama para anggota Shinsegumi.
– Lalu ia membuat Karakter utama di manga nya bernama Sakata Gintoki. Yang berdasarkan tokoh di kisah rakyat, “Folk Hero Sakata Kintoki.”
– Hijikata Toshiro di masukkan lagi kedalam cerita, tapi bukan sebagai karakter utama, melainkan karakter pendukung. Bersamaan dengan Para anggota Shinsegumi lainnya.
– Setelah perdebatan yang panjang soal Judul manga tersebut, ia akhirnya memilih Gin Tama sebagai judulnya, yang mana itu juga hasil diskusi bersama keluarganya.

 

THE BIG THREE

1. NarutoCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah MangaOne-shot Naruto pertama kali keluar di Akamaru Jump pada Agustus 1997.
– Walau mendapat respon positif dari pembaca, kishimoto merasa bahwa cerita dan art dari manganya kurang bagus, sehingga tidak diserialisasi.
– Ketika mengerjakan manga Karakuri untuk Hop Step Award. Kishimoto mengerjarkan manga lainnya yang mana akan menjadi Naruto.
– Walau banyak menggunakan lambang tangan yang didasarkan oleh kebudayaan Jepang, dia percaya kalau itu masih dapat diterima oleh masyarakat luar.
– Naruto berdasar pada “Japanese Fantasy World”.
– Desain Konohagakure didasarkan pada kampung halamannya di Okayama Prefecture di Jepang.
– Kishimoto juga memasukkan elemen modern pada Manganya, Namun bukan teknologi yang terlalu canggih tentunya.
– Untuk material manganya, Kishimoto melakukan penelitian tentang Kebudayaan Jepang.

2. BleachCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah MangaTite Kubo menginginkan membuat cerita yang menyangkut soal Shinigami memakai Kimono, sehingga tercipta lah storyline dari Bleach.
– Awalnya ia menamakan manga nya “Black”, namun karena merasa itu sudah terlalu mainstream, ia menggantinya menjadi “White”. Karena suatu alasan tertentu, ia akhirnya memilih “Bleach” sebagai namanya. Ia mengatakan memilih itu dikarenakan arti dari “Bleach” hampir menyerupai “white” dan juga serasa lebih misterius.
– Ia tertarik menggambar monster dan hal supranatural dikarena kan manga GeGeGe no Kotaru.
– Bentuk Senjata dan Gaya pertarungan didasarkan oleh manga Saint Seiya.
– untuk Choreography pertarungan ia membuat nya sambil mendengarkan musik Rock.
– Nama dari Katana yang digunakan para Shinigami berdasarkan literature Jepang.
– Hollows dan Arrancars menggunakan istilah bahasa Spanyol.
– Fullbringers Menggunakan English Vocabulary.
– Sedangkan, Quincy dan Bounts berdasarkan bahasa Jerman.

3. One PieceCerita Dibalik Ide Cerita Sebuah Manga– Ketika bekerja sebagai asisten mangaka, Oda sudah mengerjakan One Piece, disanalah terbentuk One-Shot manga Romance Dawn yang akan diubah menjadi One Piece.

– Oda pada awalnya hanya ingin One Piece bertahan selama 5 tahun, tapi tanpa ia sadari. Ketika mengerjakan cerita One Piece ia merasa Enjoy sekali. Sehingga sampai sekarang pun ia tak tau kapan One Piece akan berakhir.

– Ketika menciptakan “Devil Fruit”, Oda memikirkan buah yang akan mengabulkan seluruh Keinginan manusia.

– Beda dengan mangaka lainnya. Oda menggambar semua yang bergerak dimanga nya. Termasuk keramaian, hewan, asap, awan, dan lautan. Sehingga ada suara gerakan dari background tersebut,

– Ketika ditanya siapa Pasangan dari Nami. Oda menjawab, bahwa tidak akan ada Romance di antara para Crew Straw Hat Pirates.

Comments

comments