Contoh Proposal Pengajuan Dana yang Baik dan Benar

Proposal usaha adalah rencana kegiatan atau kerja yang dituliskan untuk kemudian diajukan kepada pihak lain. Proposal bersifat hanya sebagai usulan tertulis yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berhubungan dalam suatu kegiatan. Kegiatan tersebut dapat berupa kegiatan bisnis, pengajuan, dana, proyek, hingga penelitian. Salah satu yang bakal dibahas dalam artikel di bawah ini adalah contoh proposal pengajuan dana.

Bagi Anda yang pernah menjadi bagian dari kepanitiaan sebuah kegiatan, pasti sudah tidak asing dengan keberadaan proposal pengajuan dana. Untuk membuat dan mengajukan contoh proposal pengajuan dana, Anda harus dapat meyakinkan calon pemberi dana untuk mensponsori produk, program, maupun layanan yang ditawarkan. Pada umumnya, proposal pengajuan dana berisikan informasi, statistik, dan argumen persuasif. Di bawah ini adalah sejumlah contoh proposal pengajuan dana yang bisa dijadikan referensi.

1. Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan

Proposal pengajuan dana harus memiliki struktur atau format yang baik dan benar. Mengingat proposal pengajuan dana memiliki peranan cukup penting dalam kelancaran sebuah acara. Anda pun perlu mengetahui bagaimana format dalam penyusunan proposal pengajuan dana yang benar. Mulai dari cover atau sampul proposal. Pada bagian ini terdapat judul dari proposal pengajuan dana serta informasi mengenai pembuat serta tahun pembuatan dari proposal.

Cover ini dapat dibuat semenarik dan seinformatif mungkin agar dapat menarik perhatian dari pemberi dana. Agar mendapatkan gambaran cover yang baik, pembuatannya kurang lebih sama seperti dengan cover yang digunakan dalam makalah. Simak format yang perlu untuk diperhatikan seperti dalam contoh proposal pengajuan dana ke perusahaan di bawah ini.

Proposal Pengajuan Dana ke PT……………

I. PENDAHULUAN

Sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Bandung, Teras Cihampelas memiliki daya tarik yang sangat kuat baik bagi pembeli maupun penjual. Salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh Teras Cihampelas adalah banyaknya para pelaku usaha yang menawarkan berbagai macam produk unggulan seperti kaos souvenir, tas, oleh oleh khas Bandung, dan juga kuliner.

Banyaknya pelaku usaha yang berlomba lomba menarik konsumen dengan berbagai macam cara, membuat sebagian pelaku usaha yang lain meredup dan harus mempunyai inovasi yang berbeda dengan pelaku usaha yang lain. Namun tak jarang, sebagian dari pelaku usaha tersebut memiliki kendala salah satunya adalah kendala modul usaha yang terbatas. Maka dari itu, melalui proposal ini saya mengajukan permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha keluarga di Teras Cihampelas.

II. LATAR BELAKANG

Selain banyaknya pelaku usaha yang menjual produk yang sama di Teras Cihampelas. Salah satu maksud kami mengajukan proposal ini adalah………………… Saya adalah seorang……….. berusia……………… tahun. Saya tinggal bersama keluarga di……………. Dalam keseharian kami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masih bisa tercukupi, namun saya merasa perlu berusaha lebih karena kebutuhan hidup semakin hari semakin tinggi. Maka atas dasar tersebut, saya bermaksud membantu keluarga bibi saya dengan mengajukan sebuah proposal permohonan bantuan dana untuk tambahan modal usaha.

III. MAKSUD DAN TUJUAN

Pengajuan permohonan bantuan dana untuk mengembangkan usaha di Teras Cihampelas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup bagi anggota keluarga.

IV. USAHA

Jenis usaha yang kami ajukan untuk bantuan modalnya adalah……………… yang memang di sekitar tempat kami berjualan belum banyak. Sehingga saya merasa ini merupakan sebuah peluang bagi kami dalam menciptakan sebuah inovasi yang berbeda dengan pelaku usaha lain. Selain itu, usaha tersebut juga dapat ditunjang dengan produk minuman seperti air mineral, kopi dan lain-lain.

V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN

Terlampir

VI. PENUTUP

Besar harapan saya agar permohonan saya dapat dipertimbangkan untuk kemudian direalisasikan. Dan semoga niat dan usaha baik ini mendapat kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Download Contoh Proposal Pengajuan Dana ke Perusahaan di bawah sini!

2. Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Organisasi

Dalam merencanakan kegiatan organisasi, sebagai panitia atau pihak penyelenggara, Anda harus menentukan kapan dan di mana kegiatan tersebut dilaksanakan. Bagian ini penting juga untuk dicantumkan dalam pembuatan proposal pengajuan dana. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada penyedia dana terkait dengan kegiatan yang akan dibiayai. Pastikan Anda mencantumkan waktu serta tempat dengan jelas dan cukup terperinci.

BACA JUGA :  10+ Contoh Template Surat Lamaran Kerja Lolos Interview HRD

Saat membuat proposal penyusunan dana, Anda juga perlu melampirkan susunan dari kegiatan dari awal hingga akhir. Apalagi jika pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam waktu yang cukup panjang dan panjang. Bagian ini dapat digunakan untuk memberikan gambaran terkait dengan susunan kegiatan secara lebih jelas dan terperinci. Anda dapat mencantumkan nama dari setiap tahapan kegiatan, waktu, hingga juga durasi pelaksanaan.

Tak hanya itu, dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan, tentu saja memiliki panitia yang membantu mensukseskan pelaksanaan kegiatan. Hal ini sebenarnya tidak selalu perlu untuk ditulis, tetapi dapat dicantumkan agar pemberi dana mengetahui siapa penanggung jawabnya. Anda juga dapat memilih untuk melampirkan saja seluruh nama dari panitia yang terlibat di dalamnya. Berikut contohnya.

Proposal Pengajuan Dana Seni Budaya SMA

A. Judul Proposal

Gelar Seni dan Budaya Siswa-Siswi SMA….. dalam rangka acara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

B. Latar Belakang

Pentas seni merupakan ajang yang tepat untuk menggali kreativitas siswa-siswi di luar potensi akademik. Melalui pagelaran pentas seni, siswa-siswi dapat menunjukkan bakat yang dimilikinya kepada publik. Kondisi ini tentu sangat bagus untuk perkembangan siswa-siswi yang bersangkutan maupun pihak sekolah.

C. Tema

Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia telah sepakat untuk mengangkat tema “Menjadi Pemuda Produktif, Kreatif dan Berdikari dalam Meraih Masa Depan”. Melalui tema ini diharapkan seluruh siswa-siswi SMA……… menyadari pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif. Caranya yaitu dengan melakukan berbagai kegiatan kreatif untuk meraih masa depan sesuai cita-cita.

D. Macam-Macam Kegiatan

• Teater

• Pagelaran music band

• Sendra tari

• Drama kolosal

• Seni islami

• Pertunjukan pencak silat

• Stand up comedy

E. Peserta

Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi perwakilan dari setiap kelas X, XI dan XII SMA.

F. Waktu dan Tempat

1. Pentas drama kolosal dan teater

Hari/tanggal: …………………………

Pukul: ……………………………………

Tempat:………………………………

2. Pentas sendra tari, seni islami, pencak silat

Hari/tanggal: :………………………………

Pukul: :………………………………

Tempat: :………………………………

3. Pentas stand up comedy dan music band

Hari/tanggal: :………………………………

Pukul: :………………………………

Tempat: :………………………………

G. Susunan Panitia

Terlampir

H. Anggaran Dana

Terlampir

Download Contoh Proposal Pengajuan Dana Kegiatan Organisasi di bawah ini!

Tips Lapakfjbku.com

Untuk membuat dan mengajukan contoh proposal pengajuan dana, Anda harus dapat meyakinkan calon pemberi dana untuk mensponsori produk, program, atau layanan yang ditawarkan.

3. Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Usaha

Bagian yang tidak kalah pentingnya dalam proposal pengajuan dana yaitu perlu untuk memasukkan penjelasan terkait dengan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut. Tujuan pembuatan proposal pengajuan dana selalu dicantumkan karena setiap kegiatan yang diadakan memiliki tujuannya masing-masing.

BACA JUGA :  Berhenti Bilang 'JANGAN' Ke Anak Kecil!!

Jadi, sebisa mungkin buatlah agar tujuan tersebut jelas dan mudah dipahami yang juga sesuai dengan jenis kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini agar dapat membantu penyandang dana memahami esensi dari kegiatan yang mereka biayai.

Ada tips penting dalam menulis proposal pengajuan dana agar dapat disetujui oleh pemberi dana. Yakni buat format penulisan proposal dengan teliti, sistematis, dan jelas. Dalam menuliskan isi proposal pengajuan dana pun harus memberikan informasi dengan cukup jelas dan serinci mungkin.

Hal ini termasuk dengan tujuan dari kegiatan yang perlu untuk dilakukan dituliskan dengan seinformatif mungkin, agar penyandang dana memiliki kepercayaan tinggi atas kegiatan yang akan dilaksanakan.

Download Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Usaha di bawah ini!

4. Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan

Dalam menulis proposal pengajuan dana, Anda harus menjelaskan dengan baik kepada pihak pemberi dana dan jangan memberikan kesan memaksa. Pada saat menulisnya, buat proposal dengan rinci dan sejelas mungkin. Berikan transparansi termasuk juga jumlah dana yang dibutuhkan dan untuk pengeluaran apa saja. Bahkan jika perlu jelaskan pula pemasukan atas dana pelaksanaan kegiatan berasal dari mana saja kepada para penyandang dana.

Dalam sebuah proposal pengajuan dana yang baik dan benar biasanya terdapat berbagai rincian seperti tujuan pengajuan dana, jumlah dana yang diajukan, dan berbagai daftar lainnya. Itulah garis besar atau contoh proposal pengajuan dana. Dengan menyimak dan mempelajari informasi di atas, Anda setidaknya bisa untuk mulai membuat proposal pengajuan dana dengan lebih baik.

Proposal Renovasi Masjid

1. PENDAHULUAN

Di era globalisasi ini, masyarakat secara umum dan kaum muslimin semakin jauh dari norma agama dan mementingkan kepentingan diri sendiri. Tapi masih banyak juga kaum muslimin yang senantiasa taat pada norma agama, mereka memenuhi tempat ibadah ketika menjalankan perintahNya.

Di salah satu tempat ibadah tersebut adalah………………..pada saat kaum muslimin akan melaksanakan kewajiban di mushola tersebut, maka membutuhkan tempat untuk mensucikan diri (wudhu) sebelum melaksanakan sholat. Tapi karena bangunan untuk bersuci saat ini tidak memenuhi syarat, maka tempat tersebut sangat perlu untuk direnovasi demi kesucian sebelum menegakkan sholat.

2. LATAR BELAKANG MUSHOLLA

Nama Musholla : ………………….

Alamat : …………………

Luas Bangunan : …………………

Jumlah Jama’ah : …………………

Kegiatan : …………………

3. TUJUAN

1. Meningkatkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

2. Meningkatkan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

3. Menumbuhkembangkan masyarakat dalam bersosial agama.

4. Memupuk kebersamaan antara sesama masyarakat.

4. RENCANA ANGGARAN DAN SUMBER DANA

Terlampir

5. SUSUNAN PANITIA

Terlampir

6. PENUTUP

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami …………………. berkenan memberikan bantuan dana. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi langkah dan aktivitas kita.

Download Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan di bawah ini!

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!

BACA JUGA :  Biaya Tetap Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com