Panduan KUR BRI: Pengertian, Jenis, Syarat, Cara Mengajukan

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. selama ini memang dikenal memberikan Kredit Usaha Rakyat atau KUR BRI kepada pelaku usaha mikro dan menengah. KUR adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan.

Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible tapi belum bankable.

KUR BRI diberikan kepada mereka pelaku usaha yang mempunyai usaha produktif dan layak. Kemudian tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.

Tentunya dengan syarat telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan. Hingga memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.

Apa Itu KUR BRI?

Tingkat suku bunga KUR BRI sebesar 6 persen per tahun.

KUR BRI adalah kredit modal kerja kepada debitur yang memiliki usaha layak dan produktif dengan plafon yang ditetapkan dan suku bunga yang lebih rendah sebesar 6 persen per tahun atau dengan suku bunga flat yang setara. Bank BRI sudah mulai menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2023.

Namun jika sudah pernah meminjam lebih dari satu kali, maka suku bunga yang dibebankan ke nasabah akan lebih tinggi. Tingkat suku bunga akan naik menjadi 7% saat mengambil pinjaman KUR yang kedua kalinya. Kemudian naik 8% untuk pinjaman yang ketiga dan seterusnya sampai ke 9%.

Program KUR secara resmi sudah diluncurkan pada tanggal 5 November 2007. Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR. BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR 2023 sebesar Rp270 triliun.

Bagi masyarakat sendiri, ada empat fitur KUR yang dapat dimanfaatkan. Fitur tersebut antara lain pinjaman modal dan kredit investasi, target program pemilik bisnis perseorangan dengan maksimum pinjaman hingga Rp500 juta, bunga murah karena subsidi pemerintah, dan bebas biaya admin.

BACA JUGA :  Properti: Jenis, Bukti Kepemilikan, Keuntungan, Tips Investasi

Jenis Layanan KUR BRI

Bank BRI juga menawarkan 3 jenis layanan pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan debitur.

Bank BRI juga menawarkan 3 jenis layanan pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan debitur atau peminjam. Terdapat tiga jenis KUR yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat. Ketiga jenis KUR adalah mikro,kecil, dan TKI.

Dari setiap jenis KUR yang ditawarkan memiliki limit pinjaman yang berbeda dengan satu sama lainya, termasuk syarat pengajuannya juga berbeda sesuai dengan limit yang diajukan. Berikut ini adalah 3 macam jenis pinjaman KUR BRI 2023 yang disesuaikan dengan limit kebutuhan, di antaranya sebagai berikut:

KUR Mikro

KUR mikro adalah jenis pinjaman untuk pengusaha kecil berskala mikro, dengan besaran maksimal pinjamannya yaitu Rp25 juta. Jumlah ini bisa berbeda tergantung kebijakan bank penyalurnya.

Modal akan dipinjamkan kepada usaha kecil yang dinilai produktif dan prospektif dari segi profit. Karena, bank penyalur harus mempertimbangkan kesanggupan peminjam dalam memenuhi tanggung jawabnya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi peminjam atau debitur sebelum mengajukan program KUR.

Syarat tersebut antara lain keseriusan peminjam dalam menjalankan usahanya, utamanya di 3 bulan terakhir, peminjam pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dibuktikan dengan sertifikat, dan usaha yang dijalankan harus masuk kategori usaha produktif.

KUR Kecil

KUR Kecil adalah KUR BRI yang ditujukan untuk pengusaha kalangan menengah yang berpotensi membayar cicilan dengan bunga flat atau bunga anuitas setara. Batas maksimal pinjaman KUR retail sebanyak Rp500 juta. Selain batas maksimal, KUR ini juga menawarkan jangka waktu pengembalian yang cenderung lebih lama. Batas waktu untuk pinjaman pembiayaan modal kerja yaitu 4 tahun dan pembiayaan investasi selama 5 tahun.

Dari segi syarat, pengajuan KUR ini dengan mikro relatif sama. Hanya saja, bagi yang ingin mengajukan KUR retail dituntut untuk memiliki agunan atau jaminan.Selain itu, ada dua kategori pelunasan pinjaman KUR Mikro, yaitu 3 tahun untuk usaha kredit modal kerja dan 5 tahun untuk Selain untuk pengusaha, ternyata sasaran KUR adalah siapapun yang membutuhkan modal awal, termasuk TKI.

KUR TKI

KUR TKI adalah bantuan permodalan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri tetapi tidak memiliki modal awal. Batas maksimal pinjaman untuk jenis KUR ini yaitu Rp25 juta.

BACA JUGA :  Ciri – Ciri Lingkungan Sehat dan Cara Menjaganya

Jangka waktu pengembaliannya paling lama 3 tahun setelah dana cair. Dengan adanya pinjaman jenis ini, masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri tak perlu khawatir jika belum memiliki modal awal. Dokumen yang harus dipersiapkan untuk mengajukan KUR TKI adalah KTP, KK, surat keterangan domisili dan surat keterangan sehat dari dokter. Tak lupa cantumkan surat perjanjian kontrak kerja.usaha kredit investasi.

Persyaratan KUR BRI

Persyaratan KUR BRI disesuaikan dengan jenis pinjaman yang diajukan.

Bagi masyarakat sendiri, ada empat fitur KUR BRI yang dapat dimanfaatkan. Fitur tersebut antara lain pinjaman modal dan kredit investasi, target program pemilik bisnis perseorangan dengan maksimum pinjaman hingga Rp500 juta, bunga murah karena subsidi pemerintah, dan bebas biaya admin. Sebelum melangkah lebih jauh, simak dulu persyaratan dari tiga jenis KUR BRI:

Persyaratan KUR Mikro

Syaratnya meliputi individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak, telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan, serta tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit. Selain itu, persyaratan administrasi mencakup identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha. Adapun keuntungan yang ditawarkan diantaranya:

  1. Maksimum pinjaman sebesar Rp50 juta per debitur
  2. Jenis pinjaman Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimum masa pinjaman 3 (tiga) tahun
  3. Jenis pinjaman Kredit Investasi (KI) dengan maksimum masa pinjaman 5 (lima) tahun
  4. Suku bunga 6 persen efektif per tahun
  5. Bebas biaya administrasi dan provisi
  6. Persyaratan KUR Kecil

Syaratnya adalah mempunyai usaha produktif dan layak, telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan, tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan kartu kredit, memiliki surat izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang dapat dipersamakan. Adapun keuntungan yang ditawarkan diantaranya:

  1. Pinjaman mulai dari Rp50 juta sampai Rp500 juta
  2. Jenis pinjaman Kredit Modal Kerja (KMK) dengan maksimum masa pinjaman 4 (empat) tahun
  3. Jenis pinjaman Kredit Investasi (KI) dengan maksimum masa pinjaman 5 (lima) tahun
  4. Suku bunga 6 persen efektif per tahun
  5. Agunan sesuai dengan peraturan bank
  6. Persyaratan KUR TKI
BACA JUGA :  Alasan Kenapa Banyak Entrepreneur Gagal

Persyaratan KUR BRI yang satu ini dikhususkan untuk individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan. Persyaratan administrasinya meliputi KTP, Kartu Keluarga (KK), perjanjian kerja dengan pengguna jasa, dan perjanjian penempatan. Lalu dapat menunjukan paspor dan visa, dan persyaratan lain saat pengajuan. Adapun keuntungan yang ditawarkan diantaranya:

  1. Maksimum pinjaman Rp25 juta atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah
  2. Suku bunga 6 persen efektif per tahun
  3. Bebas biaya administrasi dan provisi
  4. Maksimum masa pinjaman 3 (tiga) tahun atau berdasarkan pada kontrak kerja
  5. Penempatan adalah Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Tips Lapakfjbku.com

KUR BRI adalah kredit modal kerja kepada debitur yang memiliki usaha layak dan produktif dengan plafon yang ditetapkan dan suku bunga yang lebih rendah sebesar 6 persen per tahun atau dengan suku bunga flat yang setara.

Cara Mengajukan KUR BRI Di 2024

Cara Mengajukan KUR BRI Di 2024
Siapkan kelengkapan dokumen pengajuan sesuai ketentuan.

Untuk mendapatkan pinjaman modal, pahami dulu proses pengajuan KUR BRI. Beberapa cara mendapatkan KUR adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bidang usaha yang akan Anda ajukan untuk mendapat KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek.
  • Siapkan kelengkapan dokumen pengajuan. Dokumen tersebut antara lain kartu identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan lainnya.
  • Setelah dokumen lengkap, datangi kantor bank penyalur yang masuk dalam daftar pemerintah. Ikuti prosedur yang diterapkan di bank tersebut. Biasanya, bank akan melakukan survey atau wawancara untuk menganalisis kelayakan peminjam.
  • Tunggu hasil pengumuman dari bank penyalur apakah pengajuan Anda akan cair atau tidak.

Itulah beberapa aspek penting yang harus Anda ketahui mengenai Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Selain proses mendapatkan modal usaha, Anda juga harus memperhatikan manajemen keuangan bisnis Anda. Agar modal usaha yang sudah dikeluarkan dapat melunasi pinjaman pemerintah serta memberikan keuntungan bagi Anda.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com