Daerah di Kabupaten Bandung Barat dan Perkembangannya Di 2024

Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang umurnya masih terbilang belia. Wilayah ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bandung pada 2008.

Kabupaten ini memiliki sekitar 1,4 juta penduduk. Pusat pemerintahannya berlokasi di Kecamatan Ngamprah yang terletak di jalur utama Bandung–Jakarta.

Potensi paling terkenal dari Kabupaten Bandung Barat adalah Pariwisata. Banyak tujuan wisata populer di Kabupaten ini seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Curug Maribaya, Taman Begonia, Taman Hutan Lembang, Taman Hutan Djuanda, Curug Malela, Waduk Cirata, dan Waduk Saguling.

Namun, Bandung Barat tidak hanya berisi tempat wisata menarik. Ada apa saja potensi yang dimiliki Kabupten ini? Cek selengkapnya di bawah ini.

Daerah di Kabupaten Bandung Barat

Daerah di Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat terkenal dengan potensi wisata alam yang jadi tujuan wisata populer nasional. (Foto: pinhome.id)

Menyebut Kabupaten Bandung Barat, mungkin sebagian orang masih rancu mengenai batas-batasnya dengan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Namun, bila menyebuat tempat wisata di daerah ini seperti Gunung Tangkuban Perahu, Cikole, Floating Market, orang pasti akan terbayang keindahan alama daerah ini.

Bandung Barat memang memiliki banyak spot wisata favorit yang dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, belum semua orang memahami daerah-daerah yang ada di kabupaten ini.

Kabupaten ini sebenarnya merupakan wilayah pemekaran dari Kabupaten Bandung. Tahun ini, umurnya baru 14 tahun tahun. Masih terbilang belia untuk sebuah daerah. Kabupaten ini terdiri dari 16 kecamatan yaitu:

Kecamatan Ngamprah

Ngamprah adalah sebuah ibukota Kabupaten Bandung Barat. Kecamatan Ngamprah memiliki kode pos 40552 yang berlaku untuk seluruh kelurahan atau desa yang berada di Ngamprah. Menurut data tahun 2021, jumlah penduduk Kecamatan Ngamprah sebanyak 172.522 jiwa, dengan kepadatan 5.317 jiwa/km².

Kecamatan Sindangkerta

Sindangkerta adalah sentra pertanian di Kabupaten Bandung Barat. Banyak penduduk daerah ini memiliki mata pencaharian dengan bertani. Kata Sindangkerta diambil dari kata “Sindang” dan “Kerta”, Sindang berarti ke sini dan Kerta berarti prajurit.

Pada zaman penjajahan Desa Sindangkerta adalah salah satu tempat beristirahatnya para prajurit dan pejuang Indonesia. Daerah Cisandawut jadi markas para pejuang waktu itu. Itulah asal mula Sindangkerta.

Kecamatan Rongga

Rongga adalah sebuah kecamatan yang berjarak sekitar 61 Kilometer dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat. Pusat pemerintahannya berada di Desa Bojongsalam.

Kecamatan Rongga merupakan kecamatan terjauh dari pusat kabupaten Bandung Barat. Daerah ini merupakan daerah perbukitan dengan potensi wisata alam yang menonjol. Curug Walet adalah tujuan wisata yang terkenal di daerah Rongga.

Kecamatan Parongpong

Parongpong adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat yang terkenal sebagai sentra tanaman hias. Mayoritas petani di wilayah ini merupakan petani bunga dan tanaman hias lainya.

Sebagian juga ada yang bercocok tanam sayuran. Potensi pertanian ini menjadi daya tarik Kecamatan Parongpong. Bahkan pemerintah Bandung Barat mendeklarasikan wilayah Parongpong sebagai kota wisata bunga.

Kecamatan Saguling

kec saguling

Di Kecamatan Saguling, Kabupten Bandung Barat terdapat PLTA Saguling yang menjadi tulang punggung sistem kelistrikan Jawa-Bali. (Foto: smol.id)

Saguling adalah salah satu daerah di Kabupaten Bandung Barat yang memiliki peran vital terhadap kelangsungan energi nasional. Di Kecamatan ini terdapat PLTA Saguling, sebagai tulang punggung listrik transmisi Jawa-Bali.

BACA JUGA :  7 Hal yang Serupa Tetapi Tak Sama

Kecamatan ini merupakan kecamatan baru ke-16 di Kabupaten Bandung Barat hasil dari pemekaran Kecamatan Batujajar pada Tahun 2011.

Kecamatan Padalarang

Padalarang adalah sebuah Kecamatan yang berjarak sekitar 7 Kilometer dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat ke arah barat. Pusat pemerintahannya berada di Desa Jayamekar.

Di kecamatan ini terdapat sebuah pabrik kertas pertama di Indonesia.

Prospek Padalarang dianggap sangat baik, karena di Kecamatan ini sedang dibangun salah satu stasiun kereta cepat Jakarta–Bandung. Selain itu, sedang dikembangkan juga kota mandiri Kota Baru Parahyangan.

Kecamatan Lembang

Lembang adalah kecamatan paling timur dari Kabupaten Bandung Barat dan menjadi daerah paling terkenal di kabupaten ini. Penyebabnya adalah banyaknya tempat wisata di daerah ini.

Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya ada di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan, suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C.

Kecamatan Cisarua

Cisarua adalah sebuah kecamatan yang berjarak sekitar 9 Kilometer dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat ke arah timur laut. Pusat pemerintahannya berada di Desa Jambudipa.

Cisarua merupkan sebuah kecamatan yang berpotensi di bidang pertanian dan peternakan. Produk utamanya antara lain jamur, susu, tanaman palawija dan sayur-sayuran.

Kecamatan Gununghalu

Salah satu tujuan wisata andalan di Kecamatan Gununghalu adalah Curug Malela yang sempat viral di media sosial. (Foto: wisatainfo.com)

Salah satu tujuan wisata andalan di Kecamatan Gununghalu adalah Curug Malela yang sempat viral di media sosial.

Gununghalu merupakan kecamatan yang sejuk dengan keindahan alam yang masih terjaga. Salah satu destinasi wisata di Gununghalu adalah Curug Malela.

Sumber air terjun ini berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng. Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 hingga 70 meter dengan lebar curug yang mencapai 70 meter.

Kecamatan Cipongkor

Cipongkor adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, yang berjarak sekitar 42 Kilometer dari ibu kota kabupaten. Pusat pemerintahannya berada di Desa Sarinagen. Kecamatan Cipongkor memiliki potensi wisata alam yang sangat besar. Tapi sampai hari ini belum digarap secara optimal seperti daerah Lembang.

Kecamatan Cipatat

Cipatat adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, yang berjarak sekitar 30 Kilometer dari ibu kota kabupaten ke arah barat. Pusat pemerintahannya berada di Desa Cipatat. Daerah ini merupakan sentra pertanian yang jadi salah satu penopang ketahanan pangan di daerah Kabupaten Bandung Barat.

Kecamatan Cililin

Kecamatan Cililin adalah salah satu wilayah di Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi ketahanan pangan dan energi.

Di kecamatan ini sudah berdiri Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kreatif Petani, Peternakan, Perikanan (Pinbuk). Pangan yang dikembangkan dan dihasilkan daerah ini adalah padi, jagung, singkong, pirang, talas, dan lain-lain.

Kecamatan Cikalong Wetan

Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat, seperti beberapa kecamatan lain, memiliki potensi wisata alam. Salah satunya adalah Desa Pasir Angsana yang direncanakan menjadi desa wisata khusus di Kabupaten Bandung Barat.

Kecamatan Cihampelas

Cihampelas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. Kecamatan ini beribu kota di Desa Cipaten. Asal usul nama Cihampelas berasal dari gabungan 2 kata, yaitu: Ci (air) dan Hampelas (pohon berdaun kasar). Kecamatan ini dilintasi Sungai Citarum, salah satu sungai terpenting di Jawa Barat.

Kecamatan Batujajar

Batujajar adalah sebuah kecamatan yang berjarak sekitar 18 Kilometer dari ibu kota Kabupaten Bandung Barat ke arah selatan. Pusat pemerintahannya berada di Desa Batujajar Timur.

Pada tahun 2011 kecamatan ini mengalami pemekaran wilayah, membentuk Kecamatan Saguling Batujajar menjadi basis militer yang dikembangkan oleh Belanda. Hingga kini dimanfaatkan menjadi Pusat Pendidikan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

BACA JUGA :  Ini Alasan Kenapa Sekarang Orang Lebih Suka Belanja Online

Kecamatan Cipeundeuy

Cipeundeuy adalah sebuah kecamatan di Bandung Barat dengan pusat pemerintahan di Desa Cipeundeuy. Masyarakat di kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta ini kebanyakan berprofesi sebagai pengusaha dan petani.

Komoditas dari kecamatan ini antara lain adalah ikan dari hasil jaring terapung di waduk Bendungan Cirata.

Lokasi dan Akses Kabupaten Bandung Barat

Lokasi dan Akses Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat terus berbenah dengan membangun berbagai infrastruktur. Salah satunya adalah jalan layang Simpang Padalarang. (Foto: infobdg.com)

Kabupaten Bandung Barat terletak di tengah Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, dan Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat.

Kabupaten yang memiliki luas wilayah 1.305,77 km2 bisa diakses dengan cukup mudah dari berbagai daerah. Misalnya dari arah Jabodetabek, bila menggunakan mobil pribadi bisa diakses melalui tol Cipularang. Bus tujuan Kabupaten Bandung Barat juga tersedia cukup banyak.

Pilihan transportasi lainnya adalah menggunakan kereta dengan turun di Stasiun Padalarang. Selain kereta biasa, di masa mendatang ada pilihan transportasi lain iaut kereta cepat Jakarta–Bandung.

Akses menggunakan pesawat pun mungkin untuk dilakukan. Dari ibu kota Kabupaten Ngamprah menuju Bandara Husein Sastranegara jaraknya sekitar 10 km yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Berbagai infrastruktur juga terus dibangun di Kabupaten Bandung Barat. Salah satu yang terbaru adalah jembatan layang Simpang Padalarang. Jembatan layang ini menghubungkan Kota Baru Parahyangan dengan pintu tol Padalarang Timur.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat juga terus memperbaiki akses transportasi di beberapa wilayah. Salah atunya adalah jalan bypass dari Padalarang sampai Rongga sepanjang 56 km. Tujuannya agar wilayah yang berada di daerah Selatan kabupaten ini lebih mudah diakses dan perekonomian bisa bergerak lebih cepat.

Pembangunan berbagai infrastruktur baru seperti yang dilakukan di Kota Baru Parahyangan juga akan menjadi pemicu bergeraknya denyut nadi perekonomian masyarakat.

Berbagai pembangunan dan pertumbuhan infrastruktur di Kabupaten Bandung Barat akan menjadi awal pertumbuhan wilayah ini, termasuk meningkatnya nilai properti di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Perkembangan Kabupaten Bandung Barat

Perkembangan Kabupaten Bandung Barat

Berbagai fasilitas terus dibangun di Kabupaten Bandung Barat seperti pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendidikan. (foto: pikiran-rakyat.com)

Berbagai fasilitas penunjang juga terus tumbuh dan dibangun di Kabupaten Bandung Barat. Hal ini menjadi indikator positif bagi tumbuhnya perekonomian di daerah ini. Pertumbuhan berbagai fasilitas penunjang dan infrastruktur ini menjadi penanda bahwa daerah ini semakin cocok untuk tujuan investasi. Termasuk investasi di bidang properti.

Berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di Kabupaten Bandung Barat.

Fasilitas kesehatan

Terdapat tiga RSUD dan beberapa RS Swasta di Kabupaten Bandung Barat. Selain itu terdapat beberapa fasilitas kesehatan di bawahnya seperti puskesmas tentu saja. Berikut ini beberapa daftar rumah sakit Kabupaten Bandung Barat:

  • RSUD Cikalong Wetan. Jl. Cikalong No.290, Ciptagumati, Kec. Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon (022) 86866016
  • RSUD Cililin. Jl. Cintakarya, Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon (022) 6941600
  • RSUD Lembang. Jalan Raya Lembang KM 11,4 No. 11, Gudangkahuripan, Lembang, Jl. Raya Lembang No.11, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon (022) 2786879
  • Rumah Sakit Cahya Kawaluyan. Jalan Parahyangan Raya No.Km 3 Cipeundeuy Padalarang, Kota Baru, Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Telepon (022) 6803700
  • Rumah Sakit Karisma Cimareme. Raya Cimareme No.235, Cimareme, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552. Telepon (022) 6866221
  • Rumah Sakit IMC. Raya Gadobangkong No.173, Cimareme, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552. Telepon (022) 6620965
BACA JUGA :  Jangan Mau Kena Pungli, Ini Biaya Asli Pasang Listrik Pintar!

Fasilitas pendidikan

Fasilitas pendidikan di Kabupaten Bandung Barat juga tersedia cukup banyak. Menurut data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat, terdapat 887 sekolah dasar yang terdiri dari 637 SD negeri dan 250 SD swasta.

Untuk jenjang SMP, terdapat 72 SMP negeri dan 260 SMP swasta. Total SMP di Kabupaten Bandung Barat adalah 332. Pendikan untuk jenjang sekolah menengah atas dan sederajat jumlahnya juga cukup banyak. Ada 18 SMA negeri dan 116 SMA swasta. Sementara itu untuk SMK ada 9 SMK negeri dan 91 SMK swasta. Total ada 234 sekolah untuk jenjang SMA-SMK.

Sementara itu untuk jenjang pendidikan tinggi, terdapat empat perguruan tinggi yaitu:

Politeknik Negeri Bandung (Polban)

Politeknik Negeri Bandung menjadi salah satu Piliteknik terbaik di Indonesia dengan Akreditasi A. Prodi yang disediakan pihak kampus ini adalah Teknik sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan administrasi negara.

Kampus ini berlokasi di Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

IKIP Siliwangi

IKIP Siliwangi adalah kampuas pendidikan yang berdiri sudah cukup lama, tepatnya sejak 1986. Kampus ini memiliki prodi yang cukup lengkap antara lain: PG Paud, PGSD, PBSI dan lainnya. Terdapat beberapa jenjang pendidikan magister antara lain: Matematika, PBSI, dan Pendidikan Masyarakat.

Kampus IKIP Siliwangi berlokasi di Jl. Ciburuy, Kp. Sadang, Desa Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat.

STAI Darul Falah Bandung Barat

Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Falah adalah kampus Islam di Bandung Barat.
Untuk saat ini, program studi yang diampu adalah ilmu agama islam. Sekalipun begitu, mata kuliah yang diajarkan lengkap. Maka dari itu, kampus ini bisa dijadikan rujukan untuk memperdalam ilmu dan nilai-nilai keagamaan.

Kampus STAI Darul Falah berlokasi di Jl. Pasar ikan Cibaraja Selajambe 18/07 Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Bandung Barat 43152

Universitas Advent Indonesia

Perguruan tinggi ini memiliki fakultas cukup lengkap. Di antaranya adalah Fakultas Ilmu Keperawatan, Teknik Informasi, FKIP, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Filsafat. Jenjang pendidikan yang diampu juga beragam.

Selain jenjang sarjana, tersedia juga program sarjana (S2) seperti Fakultas Manajemen dan Filsafat. Universitas Advent Indonesia, merupakan perguruan tinggi dengan prodi terlengkap di Kabupaten Bandung Barat.

Kampus ini berlokasi di Jl. Kolonel Masturi No.288, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia 40559

Fasilitas perbelanjaan

Fasilitas perbelanjaan tersedia cukup lengkap di Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten ini terdapat 16 pasar tradisional seperti Pasar Panorama Lembang, Pasar Buah-buahan Lembang, Pasar Cisarua, Pasar Tagog Padalarang, Pasar Gedong Lima, Pasar Batujajar, Pasar Cililin, Pasar Sindangkerta, dan Pasar Rajamandala.

Selain pasar tradisional, terdapat juga beberapa pasar modern yang terus tumbuh. Menurut data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bandung Barat, sudah ada sekitar 300 pengajuan izin pasar modern, mulai dari mini market hingga super market. Hal ini menunjukkan prospek perkembangan di kabupaten ini sangat menarik.

Salah satu pusat perbelanjaan modern yang baru dibuka dan menjadi ikon di Kabupaten Bandung Barat adalah IKEA di Kota Baru Parahyangan. Setelah IKEA, beberapa pusat pasar modern siap beroperasi seperti Ruko Town Center, Ruko Pancawarna, dan Pasar Moden KBP.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com