Wisata Air Terjun Curug Bugbrug Cisarua Jawa Barat

Destinasi wisata air terjun di Bandung tak terlalu populer dibandingkan wisata kuliner dan wisata belanjanya. Namun, pesona wisata air terjun Curug Bugbrug Cisarua Bandung ini akan memberikan pengalaman yang berkesan buat kalian yang kerap mengunjungi Bandung dengan tujuan yang sama.

Dengan kolam penampungan alami dibawahnya, membuat limpahan air yang tumpah memang seperti saling tumpang tindih. Sayangnya kalian tidak bisa berenang di Curug ini. Pasalnya terdapat pusaran air yang bisa menarik kalian ke dasar sungai.

Lokasi Curug Bugbrug ini berada di ketinggian 1.050 mdpl, dengan tinggi sekitar 50 meter dari puncak Curug hingga permukaan sungai dibawahnya. Asal usul nama Kata Bugbrug menurut warga karena air terjun ini jatuhnya bertumpuk-tumpuk terutama saat debit airnya tinggi.

Wisata Air Terjun Curug Bugbrug Cisarua Jawa Barat

Dalam bahasa Sunda bertumpuk-tumpuk itu dinamakan ngabugbrug. Sejak itulah curug ini dinamakan dengan curug Bugbrug. Sungai yang membentuk kolam dibawahnya ini memiliki kedalaman yang cukup lumayan.

Dalamnya diperkirakan sekitar 3 hingga 4 meter. Jadi pastikan kalian cukup bermain di pinggir saja, mandi-mandi cantik ala Syahrini.

Berkas Cahaya Dari Puncak Curuk Bugbrug

Meskipun asri dan indah, namun untuk menuju lokasi ini tidak mudah. Buat kalian yang sudah terbiasa dilayani di rumah, rasanya sulit deh buat bisa menikmati keindahan alami Curug Bugbrug ini. Bukan karena tersembunyi, Curug Bugbrug ini hanya kurang populer saja di kalangan wisatawan. Namun , curug ini cukup dikenal para backpacker dan para petualang.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Air Terjun Curug Nangka Bogor

Kalian Bisa Solo Traveling ke Curug Bugbrug

Terdapat tiga akses masuk untuk menuju Curug Bugbrug ini. Pertama bisa melalui jalur Curug Cimahi, kedua bisa melalui Villa Istana Bunga dan yang terakhir melalui jalur Komando (tidak jauh dari Dusun Bambu Cisarua). Buat kalian yang membawa motor, bisa dititipka di rumah warga dengan akses jalur Komando ini. Jalur Komando ini juga dikenal sebagai pos pendakian bagi para pendaki gunung yang mau mendaki Gunung Burangrang.

Rimbun dan Padat, Tumbuhan Sekeliling Curug Bugbrug

Setelah memarkirkan motor di sekitar jalur Komando atau di dekat masjid sekitar jalur Komando, kalian harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Iya, buat kalian yang kurang olahraga, saatnya meregangkan otot. Usahakan lakukan peregangan dulu sebelum berjalan kaki menuju Curug Bugbrug ini. Ya, butuh waktu sekitar 30 menit saja untuk bisa menikmati udara segar sekitar Curug Bugbrug.

Hijab Traveler pun tak mau Ketinggalan Melihat Keindahannya

Kalian akan disuguhi dengan pemandangan kaki gunung Burangrang yang epik. Selain melewati rumah-rumah warga, kalian juga akan melewati perkebunan yang asri. Bahkan ada spot selfie di awal jalur trekking berupa pipa besar. Pastikan GPS kalian berfungsi, jika tidak, silahkan bertanya kepada warga, mereka akan dengan ramah menunjukkan arah menuju Curug Bugbrug.

Saat Debit Air Berkurang pun Tetap Terlihat Indah

Curug ini memang tidak terlalu ramai. Kesempatan buat kalian untuk selfie dan befoto dari angle yang berbeda. Mungkin karena kurang promosi sehingga Curug ini memang tidak se populer Tebing Keraton atau Dusun Bambu Cisarua. Harga tiket masuk sangat murah, cuma Rp. 5000 saja kok. Yang penting bawa bekal sendiri dan bawa sampahnya kembali, jangan sampai membuang sampah di sekitar tempat wisata.

BACA JUGA :  Rekomendasi Tempat Wisata Semarang Terbaik!

Curug ini mirip seperti curug yang berada di Geo Park Ciletuh. Pasalnya curug ini berada di Sesar Lembang atau tebing Patahan. Dengan sudut pandang yang pas, kalian serasa berada di Curug Purba Bandung. Tebing ini konon terbentuk karena lava gunung meletus yang membatu jutaan tahun yang lalu.

Tips Menuju Curug Bugbrug

  • Gunakan sandal gunung atau sepatu gunung agar lebih mudah trekking menuju Curug.
  • Curug Bugbrug sudah dilengkapi dengan saung, musholla dan toilet. Jadi jangan khawatir jika kalian kebelet pipis.
  • Banyak terdapat batu besar di sisi Timur Curug. Inilah angle yang paling menarik untuk befoto.
  • Disarankan menggunakan motor agar bisa lebih leluasa.
  • Jangan melanggar dengan berenang di kolam Curug, bahaya ditanggung sendiri.
  • Bawa makanan sendiri dan bawa sampahnya sendiri, jangan pake titip-titip.
  • Hammock sangat disarankan buat tampilan instagram kalian tambah kece.
  • Jika menggunakan angkot, kalian bisa melalui jalur terminal Ledeng kok.

Panduan Menuju Curug Bugbrug Cisarua Bandung Barat

Alamat Curug Bugbrug ini berlokasi di Desa Kertawangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat

 

Comments

comments