Begini Foto Kota Mati Fukushima Setelah Bencana Nuklir

Seorang pria diduga masuk ke daerah terlarang di Fukushima Jepang. Daerah ini merupakan daerah yang ditutup karena terkena radiasi nuklir pasca gempa bumi dan tsunami yang menghantam Jepang tahun 2011. Tak aneh jika banyak orang yang penasaran melihat kondisi Fukushima saat ini. Seperti yang dilakukan pria ini yang menyusup masuk ke daerah terlarang tanpa diketahui polisi.

Hingga saat ini, area Fukushima dan sekitarnya memang sengaja ditutup dari orang luar meskipun banyak binatang yang berkeliaran di kota mati tersebut. Meskipun tidak terlarang sepenuhnya, siapapun bisa mengajukan izin untuk memasuki daerah terlarang.

Namun prosesnya bisa memakan waktu hingga 30 hari lamanya. Sebelumnya bahkan sudah ada seorang fotografer yang memasuki daerah terlarang Fukushima untuk mengabadikan tempat-tempat yang ditinggalkan pasca gempa yang menghancurkan fasilitas tenaga nuklir.

Begini Foto Kota Mati Fukushima Setelah Bencana Nuklir

Kini Keow Wee Long, seorang fotografer kebangsaan Malaysia (27) memberanikan diri memasuki daerah terlarang Fukushima untuk mengabadikan kondisi terkini kota mati tersebut. Hanya dengan berbekal masker gas seadanya, Keow Wee Long berhasil mengabadikan kondisi terkini Fukushima. Sontak foto-fotonya menjadi viral di sosial media.

Reaksi netizen sangat beragam. Mulai dari memuji keberanian fotografer tersebut hingga ada yang menyayangkan sikap dan tindakan penerobosan tanpa izin tersebut. Bagaimanapun tindakan Keow Wee Long tidak dibenarkan secara hukum apalagi dia merupakan warga negara asing di Jepang.

BACA JUGA :  Wisata Bukit Panyaweuyan Argapura Majalengka

Keow Wee Long tidak mengindahkan bahaya radiasi yang sedang mengancam. Namun sepertinya ia bergeming. Demi mendapatkan foto-foto eklusif daerah terlarang Fukushima, ia berani menanggung segala resiko termasuk resiko yang mengancam kesehatannya.

Baca juga Foto-Foto Area Terlarang Chernobyl Setelah 30 Tahun

Yang menjadikan sangat menarik adalah lokasi Fukushima yang masih persis sama saat ditinggalkan. Tidak ada sedikitpun barang berharga yang bergeser dan berpindah tempat. Berbeda dengan Chernobyl yang sudah bersih dari barang-barang berharga dengan dugaan dijarah oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Saat Wee Long melihat-lihat di beberapa supermarket pun, hampir semua barang masih berada di tempat dan raknya seperti posisi semula saat ditinggalkan.

Dengan kondisi yang amat mengenaskan dan berserakan, ternyata supermarket itu kerap dikunjungi binatang-binatang peliharaan yang sengaja ditinggalkan pemiliknya saat musibah gempa terjadi. Kini kota ini benar-benar menjadi kota mati yang ditinggalkan selama hampir 5 tahun lamanya. Antara takjub dan sedih, kota ini menjadi saksi bahwa pengelolaan tenaga nuklir memiliki resiko yang tinggi.

Sebuah toko sepatu dengan kondisi yang sangat mengenaskan

Barikade menuju daerah terlarang

Semua barang di supermarket ini masih tersegel dengan rapi

Sebuah konsol game yang masih terbungkus dan belum dibuka

Semua barang berserakan setelah gempa bumi terjadi dan begitu saja ditinggalkan

Kondisi bangunan yang rusak akibat gempa bumi lima tahun silam

 

Comments

comments