Kayak Gini Seragam Pramugari Jadul, Mau Tahu Seperti Apa?

Seragam awak kabin udara atau maskapai pesawat penerbangan memang akan membuat siapapun yang melihatnya bak sebuah fashion show di udara. Seragam pramugari bukan hanya sekadar identitas maskapai penerbangan tapi juga merupakan sebuah prestise tersendiri bagi brand maskapai penerbangan. Hal tersebut tercermin dari perkembangan seragam pramugari zaman dulu hingga masa kini.

Pramugari memiliki tugas bukan hanya menjaga keselamatan penumpang namun juga memberikan pelayanan dan memenuhi kebutuhan penumpang pesawat saat mengudara.

Bukan berarti pramugari adalah pembantu di kabin penumpang, makna ini terlalu sempit untuk menjabarkan tugas pokok seorang pramugari pesawat terbang. Inilah mengapa seorang penumpang juga harus mengerti dan memahami tugas pokok seorang awak kabin pesawat terbang seperti pramugari.

Kayak Gini Seragam Pramugari Jadul, Mau Tahu Seperti Apa?

Sebagai salah satu simbol layanan maskapai penerbangan selama mengudara, pramugari memiliki identitas yang bisa dikenal melalui seragamnya. Perkembangan fashion dalam dunia seragam penerbangan ternyata sudah dimulai sejak tahun 1930-an.

Bukan hanya perancang busana biasa namun banyak pula perancang busana tingkat dunia yang ikut merancang seragam-seragam yang digunakan pramugari pesawat terbang saat bertugas.

Salah satunya adalah pramugari Garuda Indonesia yang baru-baru ini mendapatkan penghargaan Skytrax 2016 sebagai World best cabin crew. Sebagai salah satu awak kabin terbaik dunia, seragam pramugari Garuda Indonesia juga membawa pesan budaya, hal tersebut tercermin dalam arti seragam pramugari Garuda Indonesia.

Lalu bagaimana perkembangan seragam pramugari maskapai penerbangan dunia sejak dahulu? Berikut potret perkembangan seragam pramugari dari yang terkesan aneh, unik hingga sangat fashionable dan masih terlihat modern hingga saat ini.

Seragam pramugari United Airlines tahun 1939

 

Seragam pramugari United Airline zaman dulu

 

Seragam pramugari zaman dulu

 

Seragam pramugari warna ungu yang indah

 

Seragam pramugari rancangan Don Loper tahun 1959

Seragam pramugari rancangan Emilio Pucci

seragam pramugari Qantas

 

Seragam Pramugari rancangan Cristobal Balenciaga tahun 1969

 

Seragam Pramugari Japan Airlines rancangan Hanae Mori tahun 1970

 

Eastern Airlines tahun 1990

 

Rancangan Christian Lacroix tahun 2000

 

Seragam Pramugari Virgin Atlantic tahun 2014

 

Seragam pramugari zaman dulu lengkap dengan asesoris penutup kepala bak seorang astronot

Comments

comments

BACA JUGA :  Wisata Air Terjun Curug Luhur Cibodas