9 Manfaat Kayu Bajakah untuk Pengobatan Herbal di Rumah

Anda mungkin pernah mendengar viralnya tanaman kayu bajakah sebagai obat antikanker. Kendati memang mungkin masih banyak yang mempertanyakan dan membutuhkan penelitian lebih dalam soal itu.

Bajakah adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat suku Dayak untuk menyebut tumbuhan merambat yang hidup liar di hutan. Bajakah memang merambat, berbentuk batang pohon tunggal berwarna cokelat. Dulu, orang mengira kayu bajakah hanya ada di Kalimantan Tengah. Nyatanya, di hutan Kalimantan Utara pun ada.

Kabar soal tenarnya kayu bajakah ternyata juga mendorong peningkatan distribusinya. Bahkan Karantina Pertanian Tarakan telah menerbitkan ratusan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan untuk pengeluaran Kayu Bajakah dengan daerah tujuan hampir di seluruh Indonesia.

Ternyata, kayu bajakah ini perlu disertifikasi, untuk memastikan bahwa kayu yang didistribusikan bebas dari hama penyakit karantina.

Mengenal Kayu Bajakah yang Dikenal Mistis Namun Berkhasiat

Tanaman akar bajakah baru populer belakangan ini sebagai bahan pengobatan herbal. Sumber: Akar Bajakah Tunggal

Dilihat dari karakteristiknya, tanaman akar Bajakah termasuk kedalam genus Spatholobus littoralis Hassk. Tanaman ini juga merupakan tanaman merambat pada pohon kayu Karl dari suku Phaseolea.

Tanaman ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan sebanyak 29 spesies yang tumbuh di hutan tropis Indonesia. Tanaman akar bajakah baru populer belakangan ini sebagai bahan pengobatan herbal karena diduga memiliki beberapa kandungan metabolit sekunder.

Bajakah termasuk dalam kategori genus Spatholobus yang pertama kali ditemukan pada tahun 1842 oleh ahli botani bersal dari Jerman yaitu Justus Karl Hasskarl. Akar bajakah ini utamanya diklaim melakukan perbaikan-perbaikan atau penyembuhan pada penderita kanker.

Kayu bajakah diyakini bermanfaat untuk mencegah kanker. Sesuatu yang bermanfaat tentu membawa banyak kebaikan, begitu pula dengan hunian. Apabila saat ini Anda tengah mencari hunian bermanfaat dengan harga terjangkau, cek rumah mulai Rp400 jutaan di sini.

BACA JUGA :  Wow! Kerangka Tokoh Kartun di Dunia Nyata Ternyata Seperti Ini!

9 Manfaat Kayu Bajakah

Masyarakat dayak menggunakan tumbuhan akar bajakah sebagai obat untuk mengembalikan stamina saat beraktivitas di hutan. Sumber: Kayu Bajakah Asli

Berdasarkan uji pendahuluan yang dikutip Jurnal Kementerian Perindustrian, secara kualitatif bajakah tampala mengandung fenolik, flavonoid, tanin dan saponin. Kandungan senyawa metabolit sekunder ini dapat mengobati berbagai penyakit degeneratif, seperti diabetes, kanker, tumor dan lain-lain. Bajakah tampala juga terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Masyarakat dayak sejak dahulu menggunakan tumbuhan akar bajakah sebagai obat untuk mengembalikan stamina saat beraktivitas di hutan, juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Penasaran dengan klaim manfaat lainnya? Di bawah ini sejumlah ulasannya.

1. Cegah Penuaan Dini

Manfaat ini bisa didapatkan dari Bajakah Kalalawit. Sebab diklaim mengandung phenol dan antibacterial. Ekstraknya mengandung katekin tinggi untuk mencegah penyakit jantung, obesitas, dan membantu pembentukan kolagen. Senyawa catechin juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Sebagai Obat Kanker

Aktivitas antioksidan tanaman akar bajakah ini memiliki kategori sangat kuat, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E, dan sebanding dengan aktivitas antioksidan kayu secang. Kadar flavonoid, akar bajakah merah maupun putih, baik dibagian kulit maupun di batang kayunya memiliki kadar yang cukup tinggi.

3. Menjaga Imunitas

Dengan fungsinya sebagai antibiotik, tanaman ini juga memiliki anti inflamasi (anti peradangan), sistem tonik (meningkatkan daya tahan tubuh), sistem imunitas (sistem kekebalan tubuh), mengatasi gangguan pencernaan seperti maag.

4. Meringankan Pegal

Akar bajakah oleh orang Dayak dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi yang mudah lelah dan lesu dalam beraktivitas.

5. Meredakan Disentri

Spesies bajakah lamei tumbuh di hutan tropis lembab yang batangnya menyimpan banyak air yang bisa diminum. Cairan terkandung dalam tanaman ini dipercaya bisa menyembuhkan diare

6. Mempercepat Penyembuhan Luka

Akar bajakah ini mengandung senyawa fenolik, flavonoid, tannin, dan saponin, yang bisa mempercepat pertumbuhan kolagen dan pembentukan epitel baru. Tanaman bajakah ini dikenal bisa menyembuhkan luka dan berbagai penyakit.

Tips Lapakfjbku.com

Bajakah termasuk dalam kategori genus Spatholobus yang pertama kali ditemukan pada tahun 1842 oleh ahli botani bersal dari Jerman yaitu Justus Karl Hasskarl. Akar bajakah ini utamanya diklaim melakukan perbaikan-perbaikan atau penyembuhan pada penderita kanker.

7. Mencegah Infeksi Bakteri

Dalam sebuah penelitian menemukan hasil bahwa ekstrak dari akar atau kayu bajakah dapat dimanfaatkan untuk mencegah infeksi yang diakibatkan bakteri. Akar kayu bajakah dapat mencegah infeksi terutama pada jenis bakteri Escherichia coli. Manfaat tersebut disinyalir karena kandungan senyawa alaminya yaitu seperti flavonoid, tanin, saponin, dan juga polifenol.

BACA JUGA :  Kutipan Keren Dari Para Pemain Sepakbola

8. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan senyawa fenolik di dalamnya dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh. Senyawa ini berperan sebagai aktivitas antioksidan yang sangat kuat untuk menangkal radikal bebas pada tubuh.

9. Mencegah Diabetes

Diklaim mampu menyembuhkan penyakit kencing manis atau diabetes mellitus karena khasiatnya memperbaiki organ pankreas yang terganggu, letak pankreas adalah di organ hati. Pankreas berfungsi sebagai memproduksi hormon insulin di dalam tubuh agar kadar gula di dalam darah tidak menumpuk di dalam darah terlalu banyak.

Fakta Kayu Bajakah Pengobatan untuk Kanker

Hasil uji fitokimia menunjukkan kulit maupun akar kayu bajakah mengandung metabolit sekunder alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan fenolat. Sumber: Getty Images

Kepercayaan suku Dayak terhadap khasiat akar Bajakah nggak perlu diragukan lagi, khususnya di daerah Muara Badak, Kutai Kabupaten Kertanegara. Drai sekian banyak manfaat kayu bajakah, salah satu khasiat yang ramai diperbincangkan adalah obat antikanker. Apakah Anda juga memercayainya?

Sebuah riset dilakukan untuk menguji kandungan metabolit sekunder dan toksisitas ekstrak kulit kayu dan akar tanaman kayu Bajakah (U. nervosa). Dari hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa baik kulit kayu maupun kayu akar mengandung metabolit sekunder alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan fenolat.

Apalagi berdasarkan hasil uji mortalitas larva udang Artemia salina, kedua ekstrak ini berpotensi sitotoksik terhadap sel kanker. Senyawa yang dapat bersifat toksik untuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Kementerian Kesehatan sendiri berniat melakukan penelitian lebih dalam terkait manfaat bajakah untuk kanker payudara. Namun, belum ada perencanaan yang lebih detail maupun tindakan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Selanjutnya tanaman bisa digunakan dosis yang tepat sesuai efek yang ditimbulkan, apakah bersifat terapi, suportif, atau pengobatan.

Riset pertama yang sudah dilakukan untuk bajakah bersifat seleksi awal atau penapisan. Kemudian masih perlu ada riset lanjutan dan untuk sampai obat ada banyak tahap yang harus dilalui.

BACA JUGA :  15 Alasan Mengapa Profesi Guru Patut Dibanggakan

Riset lanjutan soal bajakah mungkin akan dilakukan bersama Badan Penelitian Pengembangan dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk menentukan apakah bajakah bisa menjadi obat untuk kanker.

Cara Mengolah Kayu Bajakah Sebagai Obat Herbal di Rumah

Suku Dayak memanfaatkan tumbuhan sebagai obat maupun untuk menjaga kesehatan. Sumber: Tokopedia

Penggunaan tanaman kayu bajakah sebagai obat berbagai jenis penyakit sudah dilakukan suku Dayak. Suku Dayak memanfaatkan 47 jenis tumbuhan dengan kegunaan yang berbeda-beda pula.

Ini dikarenakan pembentukan suku Dayak di Kalimantan Timur yang mempertahankan tradisi yang diturunkan dari menciptakan ke generasi. Mereka tetap memanfaatkan tumbuhan sebagai obat maupun untuk menjaga kesehatan. Resepnya pun sebagai berikut.

  • Ambil beberapa potongan dari akar bajakah kuning Sekitar 4-6 potongan atau secukupnya.
  • Ambil sekitar 2 gelas berukuran sedang.
  • Sediakan panci atau tempat merebus air, masukkan air yang sekitar dua gelas berukuran sedang lalu direbus.
  • Setelah itu masukkan beberapa potongan akar kuning tadi ke dalam panci yang berisi air yang direbus. Tunggu hingga air yang direbus tersisa satu gelas saja.
  • Minum tiga kali sehari, setiap habis makan, lakukanlah pada pagi, siang, dan malam hari. Apabila pasien menggunakan obat dokter, beri jeda waktu 2 jam untuk mengkonsumsi akar bajakah kuning. Konsumsi obat dokter dulu, baru konsumsi obat herbal akar kuning.
  • Apabila airnya tidak berwarna dan tidak berasa lagi, berarti khasiat dari potongan akar kuning itu sudah habis dan gunakan lagi potongan akar kuning yang baru.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com