Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi: Sejarah, Kapasitas

Stadion Patriot Candrabhaga merupakan sebuah arena yang peruntukan utamanya untuk menggelar pertandingan sepak bola. Stadion yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman, Kayuringin Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat ini termasuk salah satu stadion megah bertaraf internasional.

Berbagai perhelatan laga internasional cukup sering berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga. Yang fenomenal tentu saja ketika menggelar babak penyisihan grup dan perempat final di pesta olahraga Asian Games 2018 silam.

Stadion Patriot Candrabhaga bisa dibilang sebagai stadion multifungsi karena dibangun saat Bekasi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV Tahun 1984 dan terkadang digunakan sebagai tempat konser musik pula.

Mau tahu informasi selengkapnya tentang Stadion Candrabhaga? Yuk, simak uraian berikut ini!

Sejarah Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Sejarah Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Stadion kebanggaan warga Bekasi yang mulai dibangun pada tahun 1980.

Menilik sejarahnya, seperti yang kami rangkum dari berbagai sumber informasi, cikal bakal Stadion Patriot Candrabhaga ini adalah kawasan rawa. Kala itu, masyarakat mengenal kawasan tersebut dengan sebutan Rawa Tembaga.

Pada tahun 1980, kawasan Rawa Tembaga ‘disulap’ menjadi stadion. Ya, Pemerintah Kabupaten Bekasi pada periode itu memulai pembangunan gelanggang olahraga. Hal ini dilakukan seiring dengan rencana penunjukan Bekasi sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV pada tahun 1984.

Yang istimewanya, pembangunan sarana olahraga tersebut bersamaan dengan pembangunan pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi yang sekarang menjadi pusat pemerintahan Kota Bekasi. Jadi, terdapat momentum sejarah bersama di antara keduanya.

Setelah gelanggang olahraga resmi berdiri, maka gelaran Porda Jabar IV dapat dilangsungkan dengan meriah di sini. Usai penyelenggaraan pesta olahraga masyarakat Jawa Barat, arena olahraga tersebut berganti nama menjadi Stadion Bekasi dan digunakan sebagai markas oleh klub sepakobola Persipasi Bekasi.

Menginjak tahun 2012, Stadion Bekasi direnovasi oleh Pemerintah Kota Bekasi. Renovasi besar-besaran ini memakan waktu hampir dua tahun. Setelah selesai renovasi, stadion kembali berganti nama.

BACA JUGA :  Jadwal Buka Puasa Makassar Plus Kota dan Kabupaten di Sekitarnya

Cukup banyak usulan nama yang masuk untuk stadion baru yang jauh lebih megah dari sebelumnya itu. Panitia renovasi kemudian menggabungkan beberapa usulan sehingga muncul satu nama, yakni Stadion Patriot Candrabhaga.

Kata Patriot diambil dari semboyan Kota Bekasi yang dijuluki sebagai Kota Patriot. Sementara kata Candrabhaga diambil dari kata Bhagasasi dan Candrabhaga yang merupakan sebutan untuk Bekasi di masa Kerajaan Tarumanagara. Candra dimaknai sebagai “ibarat bulan” sedangkan bhaga diartikan “bahagia”.

Pada 11 Maret 2014, Walikota Bekasii Rahmat Effendi meresmikan stadion bersamaan dengan perayaan HUT Kota Bekasi. Momen tersebut sekaligus penggunaan secara resmi nama Stadion Patriot Candrabhaga.

Renovasi Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Renovasi Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Renovasi besar-besaran dilakukan agar Stadion Patriot Candrabagha mampu menggelar acara level dunia.

Stadion Patriot Candrabhaga direnovasi besar-besaran pada tahun 2012. Kabarnya renovasi menelan biaya hingga Rp400 miliar yang berasal dari anggaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bekasi.

Dengan dana sebesar itu, Stadion Patriot Candrabhaga memang diproyeksikan menjadi stadion megah bertaraf internasional. Pemugaran meliputi hampir seluruh bagian stadion, terutama tribun penonton yang diperbesar kapasitasnya.

Tribun timur dan barat mengalami perombakan terlebih dahulu. Setelah selesai, dilanjutkan dengan pembangunan tribun selatan dan utara. Dari keseluruhan tribun, kapasitas penonton meningkat hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Pemasangan atap yang bergelombang memberikan kesan semangat yang menggelora. Dari sudut manapun dilihat, Stadion Candrabhaga terlihat indah, megah, dan menawan. Pantas jika di kemudian hari menjadi salah satu ikon Kota Bekasi yang patut dibanggakan.

Selain bagian tribun, renovasi juga menyasar ke bagian lapangan. Penggunaan rumput berstandar internasional mutlak dilakukan karena stadion ini direncanakan masuk dalam kalendar laga-laga kelas dunia.

Selain itu, lintasan atletik melengkapi sekeliling lapangan utama. Lintasan ini juga dibuat dengan standar internasional sehingga atlet-atlet kelas dunia bisa menjajal atau berlatih di sini.

Fasilitas lain yang tentunya tidak bisa diabaikan adalah ruang ganti pemain yang jauh lebih memadai dari sebelumnya. Kemudian sarana umum bagi penonton yang datang, seperti area parkir yang mampu menampung ratusan kendaraan roda empat, toilet, dan tempat ibadah dibikin senyaman mungkin.

BACA JUGA :  Saatnya Bergerak Punya Andil Yang Lebih Besar Untuk Indonesia

Tahun 2017, stadion kebanggaan warga Bekasi ini kembali mengalami renovasi. Meski tidak besar-besaran, perbaikan cukup banyak dilakukan pada area tertentu. Hal itu terkait dengan ditunjuknya Stadion Candrabhaga sebagai salah satu venue penyelenggara pertandingan sepak bola di Asian Games 2018.

Renovasi kali ini meliputi pemeliharaan lapangan dengan rumput jenis zoysia matrella dan saluran air yang lebih representatif agar tidak terjadi genangan. Ditambah lagi dengan perbaikan papan skor berteknologi mutakhir dan penambahan daya lampu.

Selain itu, fasilitas pendukung, seperti ruang ganti pemain dan official yang jauh lebih baik dari sebelumnya serta media center yang bisa diandalkan untuk pendistribusian berita ke berbagai belahan dunia.

Kapasitas Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Kapasitas Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Kapasitas stadion kebanggaan warga Bekasi ini mampu menampung hingga 30.000 penonton.

Selagi masih bernama Stadion Bekasi, kapasitas stadion mampu menampung antara 5.000-10.000 penonton. Setelah direnovasi pada tahun 2012, Stadion Patriot Candrabhaga memiliki kapasitas hingga 30.000 penonton.

Namun menjelang Asian Games 18, jumlah kursi dikurangi sehingga kapasitas penonton maksimal 27.000. Hal itu dilakukan untuk memenuhi standar AFC yang mewajibkan adanya akses evakuasi di setiap tribun. Di samping itu, pemangkasan jumlah kursi juga terkait dengan penyediaan tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas.

Sistem penomoran kursi yang mulai diberlakukan pada tahun 2017 turut menjadi hal baru di Stadion Candrabhaga. Dengan begitu, para penonton bisa duduk di kursi yang bernomor sesuai dengan yang ada di tiket.

Fakta Menarik Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Fakta Menarik Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

Tak hanya pertandingan sepakbola, Stadion Patriot Candrabhaga juga kerap digunakan untuk konser musik dan kegiatan akbar lainnya.

Sebagai stadion modern dan kekinian, Stadion Patriot Candrabhaga memang diperuntukkan bagi gelaran event besar, mulai dari tingkal lokal hingga internasional. Bukan hanya sebatas pertandingan sepak bola, stadion megah ini juga menggelar berbagai event lain yang menarik, seperti konser musik.

Dengan fungsinya yang beragam tersebut, Stadion Candrabhaga menyimpan berbagai fakta menarik. Apa saja kah itu?

Kandang Beberap Klub Sepakbola

Stadion ini menjadi kandang dari beberapa klub sepakbola di Bekasi, seperti Bekasi FC, Persipasi Bekasi, dan Patriot Candrabhaga FC. Tak hanya itu, Stadion Candrabhaga bahkan pernah menjadi kandang bagi dua tim Liga 1, yakni Persija Jakarta dan Bhayangkara FC pada musim kompetisi 2017.

BACA JUGA :  10 Daftar Rumah Sakit di Surabaya Terbaik dan Terbesar

Konser Musik HUT Kota Bekasi

Selain untuk pertandingan sepakbola, Stadion Patriot Candrabhaga juga sering digunakan untuk pagelaran konser skala besar. Biasanya, perayaan HUT Kota Bekasi dilengkapi dengan konser musik yang digelar di stadion ini, seperti pada waktu peringatan HUT Kota Bekasi ke-26 bulan Maret lalu.

Konser yang digelar pada hari Minggu, 19 Maret 2023 tersebut menghadirkan penyanyi dan band nasional, antara lain Ungu, Armada, Vierratale, Pinkan Mambo, Trisuaka, Juwita Bahar, dan juga The Prasetyo Squad.

Ramah bagi Timnas Indonesia

Stadion Patriot Candrabhaga merupakan tempat yang ramah bagi Timnas Indonesia. Timnas Indonesia tercatat sudah tiga kali bermain di stadion tersebut sejak 2014. Tahun 2017, Timnas Indonesia di bawah asuhan Luis Milla tiga kali berlaga di Stadion ini.

Dari tiga laga tersebut, skuad Garuda berhasil meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Timnas Indonesia menang atas Kamboja dengan skor 3-1, imbang melawan Fiji 0-0, dan menang tipis atas Guyana 2-1.

Pernah Difungsikan sebagai RS Darurat bagi Pasien COVID-19

Di masa pandemi Covid-19, Stadion Patriot Candrabhaga beralih fungsi menjadi rumah sakit darurat. Masyarakat sangat terbantu dengan keberadaan RS darurat ini, baik sebagai ruang isolasi maupun perawatan.

Di beberapa gate juga difungsikan sebagai sarana tes gratis bagi warga masyarakat. Hal ini menjadi bentuk pelayanan yang luar biasa bagi masyarakat yang kala itu berjibaku dengan wabah Covid-19.

Pengawasan dan Keamanan Diperketat

Keamanan terus diperketat dari sebelum gelaran Piala AFF U-19 2022 dimulai. Keamanan ini mulai dari pengecekan CCTV atau kamera pengintai yang telah terpasang hingga keamanan fasilitas lainnya.

Sebelumnya pada 2018, telah ada penambahan CCTV. Sebelumnya ada 21, kini ada 60 unit CCTV yang dipasang sejak gelaran Asian Games 2018.

Demikianlah riwayat perjalanan Stadion Patriot Candrabhaga dari yang tampak sederhana hingga kini selalu masuk hitungan dalam setiap gelaran event sepakbola internasional.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com