Stadion Wibawa Mukti Fasilitas, Kapasitas, dan Desainnya

Sebagai salah satu daerah penyangga DKI Jakarta, Bekasi tidak bisa dipandang sebelah mata. Daerah yang sedang tumbuh pesat ini memiliki empat stadion, dua di antaranya sudah berskala internasional. Bahkan menjadi home base bagi klub sepak bola liga 1, kasta tertinggi persepakbolaan Indonesia. Salah satu stadion besar tersebut adalah Stadion Wibawa Mukti.

Stadion yang merupakan komplek olahraga ini berada di daerah Industri Cikarang, Bekasi. Segala fasilitas yang ada di stadion ini telah memenuhi standar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Bahkan federasi sepak bola internasional, yaitu FIFA, telah menyatakan bahwa stadion di Bekasi ini layak untuk menjadi tempat pertandingan sepak bola di bawah naungan FIFA. Komplek stadion ini juga kerap digunakan sebagai pusat pelatihan dan kegiatan atlet Jawa Barat serta atlet nasional.

Jadi sudah sepantasnya bila stadion ini menjadi kebanggaan masyarakat Bekasi. Apalagi memang desainnya unik dan megah. Simak apa saja keunggulan dari stadion ini, mulai dari fasilitas, kapasitas, hingga pemilihan desainnya yang mengagumkan di artikel ini.

Stadion wibawa mukti dapat diakses dengan mudah melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek lewat Gerbang Tol Cibatu. Sementara itu untuk transportasi umum terdekat dapat melalui Stasiun Cikarang.

Kapan Stadion Wibawa Mukti Dibangun?

Stadion Wibawa Mukti mengalami dua kali renovasi sebelum menjadi stadion berkelas internasional. (Foto: news.republika.co.id)

Stadion Wibawa Mukti mengalami dua kali renovasi sebelum menjadi stadion berkelas internasional.

Stadion Wibawa Mukti dibangun di atas tanah seluas 20,3 hektare di daerah industri Jababeka, Cikarang, Bekasi. Tepatnya di Jalan Science Boulevard, Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Stadion ini dibangun karena kebutuhan akan sarana olahraga menjelang Porda Jabar XII tahun 2014. Di mana Bekasi didaulat menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat provinsi tersebut. Selain itu Bekasi juga ditunjuk sebagai tuan rumah PON XIX Jabar 2016.

Stadion ini pun mulai dibangun pada tahun 2012. Pembangunan Stadion Wibawa Mukti terdiri dari tujuh tahap dan berlangsung selama dua tahun. Stadion di Bekasi ini diresmikan menjelang Porda Jabar XII, yaitu pada tahun 2014. Pembangunan ini menghabiskan biaya total sekitar Rp 530 miliar.

BACA JUGA :  7 Kucing Persia yang Menggemaskan Nan Lucu

Komplek Stadion Wibawa Mukti merupakan sebuah kawasan hijau berbentuk lingkaran. Pusatnya adalah gedung stadion. Kawasan ini, termasuk stadion, mengalami dua kali pembenahan atau renovasi:

1. Renovasi pertama

Renovasi dilakukan pada tahun 2018 menjelang Asian Games Jakarta Palembang tahun 2018, di mana Stadion Wibawa Mukti menjadi salah satu tempat pertandingan sepak bola.

Pada renovasi ini hal-hal yang dibenahi dan ditata ulang antara lain ruang lobi, lantai dua tribun Barat, lantai tiga tribun Barat, dan lantai satu tribun Timur. Lantai tribun tersebut diganti menjadi keramik. Selain itu lapangan parkir, fasilitas keamanan GOR, dan area panjat tebing juga ditata kembali.

2. Renovasi kedua

Stadion Wibawa Mukti kembali dibenahi ketika Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Kali ini pemerintah daerah menggelontorkan dana hingga Rp 25 miliar untuk pembenahan tersebut, karena stadion ini akan dibuat sesuai dengan standar FIFA.

Beberapa fasilitas stadion yang dibenahi saat itu adalah instalasi listrik, lampu jalan, perawatan rumput, toilet, hingga taman di luar stadion. Bangku untuk penonton pun dibongkar semua dan diganti dengan yang baru.

Dengan fasilitas sesuai standar FIFA ini diharapkan stadion di Bekasi ini turut menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi sepak bola kelas dunia tersebut. Sayang, menjelang pelaksanaan kompetisi, Indonesia tidak jadi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 karena beberapa kendala.

Fasilitas Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti memiliki fasilitas yang cukup lengkap di dalam dan luar stadion. (Foto: jurnalposmedia.com)

Stadion Wibawa Mukti memiliki fasilitas yang cukup lengkap di dalam dan luar stadion.

Saat Stadion Bung Karno sedang direnovasi, Stadion Wibawa Mukti menjadi markas sementara bagi Timnas Sepak Bola Indonesia untuk pertandingan laga internasional. Pemilihan tersebut tentu tidak sembarangan. Ini menunjukkan stadion di Bekasi ini dianggap aman, nyaman, dan memenuhi standar internasional.

BACA JUGA :  Ketika Penjual Gadget Berulah, Netizen Pun Marah

Dan memang stadion ini saat direnovasi telah dibenahi agar sesuai dengan standar FIFA. Inilah beberapa fasilitas yang ada di Stadion Wibawa Mukti selain lapangan sepak bola dan tribun:

  • Lapangan atletik
  • Ruang ganti pemain
  • Bench pemain
  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang konferensi pers

Selain sebagai tempat pertandingan sepak bola, stadion di Bekasi ini juga jadi tempat berlatih dan bertanding olahraga lain. Ini karena stadion ini merupakan sebuah komplek yang memiliki berbagai fasilitas olahraga lain selain sepak bola.

Stadion Wibawa Mukti juga sering digunakan masyarakat untuk rekreasi atau melakukan olahraga ringan, karena di sekitar stadion terdapat banyak lahan hijau yang rindang.

Berikut beberapa fasilitas tambahan dari Stadion Wibawa Mukti:

  • Jogging track
  • Lapangan bulutangkis
  • Aquatic centre
  • Panjat tebing
  • Skatepark
  • Taman Sehati
  • Tempat bermain anak

Sayangnya, meski fasilitasnya cukup lengkap namun lahan parkir di stadion ini kurang mencukupi. Sebenarnya tersedia dua lahan parkir, yaitu di dekat tribun Barat dan Tribun Timur, namun kedua tempat parkir tersebut hanya mampu menampung 100 mobil.

Kapasitas Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti memiliki empat tribun dengan kapasitas penonton yang berbeda. (Foto: suarabekasi.id)

Stadion di Bekasi ini memiliki empat tribun dengan kapasitas penonton yang berbeda.

Pada umumnya sebuah stadion memiliki empat tribun yang ada di berbagai sisi. Begitu pula dengan Stadion Wibawa Mukti yang terbagi menjadi empat tribun, yaitu tribun Barat, tribun Timur, tribun Utara, dan tribun Selatan. Semua tribun dilengkapi dengan bangku single seat.

Masing-masing tribun memiliki kapasitas yang berbeda. Tribun Utara misalnya, memiliki kapasitas sekitar 3.397 kursi, hampir sama dengan tribun Selatan yang terdiri dari 3.436 kursi.

Sedangkan tribun Barat terbagi menjadi beberapa kategori. Penonton biasa di bagian atas sebanyak 3.530 kursi, sedangkan pada bagian bawah ada 2.184 kursi. Tribun Barat bagian bawah lebih sedikit karena digunakan untuk kategori lain, seperti VVIP, VIP, media, inspektor, dan difabel.

Rincian pembagian kursi pada tribun Barat bagian bawah selain penonton biasa yaitu, kursi VVIP berjumlah 248, VIP 2.452, media 100 kursi, inspektro 25 kursi, dan untuk penonton difabel sebanyak 52 kursi.

BACA JUGA :  5 Jalan Di Indonesia Dengan Pemandangan Keren! Kamu Pernah Lewat Yang Mana?

Tribun Timur juga dibagi dua, yaitu tribun Timur bawah dengan 3.854 kursi dan tribun Timur atas sebanyak 6.117 kursi. Dengan demikian kapasitas keseluruhan stadion sekitar 30.000 penonton.

Yang menyenangkan, kini masing-masing tribun penonton tersebut telah dilengkapi dengan akses keluar masuk yang relatif luas. Hal ini untuk menghindari penumpukan penonton agar tidak terjadi tragedi seperti di Stadion Kanjuruhan. Total akses atau pintu keluar masuk tersebut ada 10 buah.

Tiket masuk ke Stadion Wibawa Mukti sangat terjangkau. Untuk tiket ekonomi dijual dengan harga Rp 20 ribu. Sedangan tiket VIP juga tak jauh berbeda, yaitu Rp 30 ribu. Untuk mencapai stadion ini bisa menggunakan mobil melewati Tol Jakarta-Cikampek keluar gerbang tol Cibatu. Atau naik commuter line turun di Stasiun Cikarang.

Pertandingan Bergengsi di Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti menjadi tempat penyelenggaraan berbagai ajang sepak bola bergengsi. (Foto: Kompas.com)

Stadion di Bekasi ini menjadi tempat penyelenggaraan berbagai ajang sepak bola bergengsi.

Ketika Stadion Gelora Bung Karno direnovasi atau padat oleh pertandingan, Stadion Wibawa Mukti jadi alternatif stadion untuk laga pertandingan bola bergengsi. Stadion ini memang telah menjadi saksi bisu laga-laga seru tingkat nasional maupun dunia. Berikut adalah beberapa pertandingan dan acara bergengsi yang dilakukan di sini:

  1. Pertandingan sepak bola di ajang Asiang Games 2018. Salah satunya antara Timnas Indonesia melawan Uni Emirat Arab pada 24 Agustus 2018.
  2. Pertandingan sepak bola antara Persija melawan Bali United pada tahun 2019.
  3. Uji coba Timnas Indonesia melawan Timnas Hongkong pada Oktober 2018.
  4. Tempat seleksi para pemain Timnas Indonesia U-19 pada April 2019.
  5. Pameran UMKM dan Pesta Rakyat pada Agustus 2022.
  6. Vaksinasi massal pada Februari 2022.

Subscribe, follow Facebook Page Lapakfjbku dan ikuti terus lapakfjbku.com untuk mendapatkan informasi, juga inspirasi terbaru dan setiap hari Anda semakin seru!


Faisal

Faisal

Faisal Rahman adalah seorang blogger muda yang penuh semangat untuk berbagi ide, gagasan, dan pandangan melalui tulisannya. Ia memulai perjalanan blognya selama masa kuliah dan telah mengembangkan bakatnya dalam menulis konten menarik dan beragam.
https://lapakfjbku.com